Home REVIEW Review OPPO Reno7 Z 5G | Desain Kotak, Bawa Dual Orbit Light

Review OPPO Reno7 Z 5G | Desain Kotak, Bawa Dual Orbit Light

reno7 z 5g

tabloidpulsa.id – Beberapa Minggu terakhir PULSA membahas beberapa hal mengenai perangkat OPPO Reno anyar, mulai dari teknologi yang dibawa hingga tebak harga dan akhirnya hari ini Reno7 Series diluncurkan secara resmi untuk pasar Indonesia. Salah satu produknya yaitu OPPO Reno7 Z 5G sudah kami gunakan sejak seminggu terakhir dan berikut adalah ulasan kami.

OPPO Reno7 Z 5G merupakan satu dari 3 produk yang masuk dalam keluarga Reno7 series. Menempati posisi di atas Reno7 (4G) dan di bawah Reno7 5G. Menawarkan beberapa hal menarik di antaranya adalah desain kotak dan juga lampu LED pengingat yang hadir mengelilingi lensa kamera belakang.

Ketika notifikasi ponsel diatur dalam mode silent kadang kita hanya bisa mengandalkan vibrasi. Saat ponsel kita letakkan di saku ini bukanlah sebuah masalah. Karena kita bisa merasakan sesuatu ketika ada notifikasi masuk.

Lalu bagaimana kalau ponsel ada di dalam tas terpisah, atau diletakkan tertelungkup di atas meja. Semisal ketika bertemu dengan klien atau teman lama di sebuah tempat yang agak bising. OPPO sebenarnya sudah punya banyak solusi untuk hal ini. Semisal Edge Lighting di perangkat-perangkat flagship yang tepian displaynya melengkung keluar. Jadi bisa dilihat ada pendaran cahaya di sisi kanan dan kiri ponsel ketika ada notifikasi saat ponsel diletakkan tertelungkup.

Untuk OPPO Reno7 Z 5G OPPO punya solusi yang lebih menarik. Sebenarnya ada dua. Satu adalah dengan menyematkan dual orbit light yang akan menyala sebagai notifikasi seperti pada perangkat Blackberry jaman dulu. Yang kedua dengan memanfaatkan gadget yang juga dirilis bersamaan hari ini, yakni OPPO Watch Free. Dimana notifikasi akan masuk ke jam tangan, bahkan tanpa perlu membuka ponsel pun kita bisa mengintip notifikasi tersebut.

Kita mulai dengan melihat harga resmi dan varian yang tersedia. Juga Spesifikasi lengkap produk ini.

Harga: Rp 5.999.000
Pilihan Warna: Rainbow Spectrum, Cosmic Black
Paket Penjualan: Ponsel OPPO Reno7 Z 5G, kabel data USB Type-C, charger adapter SuperVOOC 33W, Silicon case warna putih susu, dokumen/kartu garansi, PIN Ejector dan nomor perdana SIMPATI dari Telkomsel

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)160.2 x 73.2 x 7.55 mm/ 173 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.4 inci, ~99.8% screen-to-body ratio, 2400 x 1080 pixels, AMOLED 60Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 695 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU: Adreno 619
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 128 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple: 64MP High-Res Main Camera F/1.7 2MP Depth Camera F/2.4 2MP Macro Camera F/2.4 Video: 1080p@30fps   Depan Single: 16MP F/2.4 Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KelebihanKekurangan
* Desain klasik dengan tepian kotak dan keempat sudut yang sedikit membulat
* Warna back cover terlihat berkilau dengan efek cahaya yang berubah tergantung dilihat dari sudut mana dan relatif anti sidik jari
* Chipset Snapdragon 695 5G memiliki sejumlah fitur yang dapat dioptimalkan, juga efisiensi penggunaan daya
* Layar AMOLED dengan tampilan yang mencolok, dan lega
* SuperVOOC 33W mengisi daya dengan lebih cepat
* Kamera dengan fitur AI dan dukungan triple ISP Spectra 346
* Memangkas beberapa fitur semisal refresh rate layar jadi hanya 60Hz
* Tampilan viewfinder kamera tidak/belum diupgrade ke tampilan standar ColorOS 12

Desain Bergaya Klasik dengan Sudut Tegas
Ketika salah satu varian Reno7 diperkenalkan, yakni Reno7 5G, sejumlah penggemar OPPO mempertanyakan kenapa desainnya tidak kotak. Hal ini bisa jadi sebagai cerminan bahwa kecenderungan pengguna ponsel akhir-akhir ini ingin kembali ke desain ponsel klasik yang memberi nuansa kotak, di mana bagian tepi ponsel dibuat bersudut tegas, dengan keempat sudut yang sedikit melengkung.

Untuk menjawab kebutuhan penggemarnya tersebut OPPO menerapkan desain yang pernah digunakan Reno6 5G ini ke dalam dua produk Reno7 yakni Reno7 (4G) dan Reno7 Z 5G yang kita review kali ini.

Bagi reviewer seperti kami hal ini menarik karena menawarkan sesuatu yang baru. Terasa sedikit berbeda ketika digunakan tanpa casing silicon bawaan, memberikan efek “penuh” dalam genggaman, meskipun ponsel ini relatif tipis, khas ponsel-ponsel Reno terdahulu.

Dan ini adalah gerbang pertama yang membawa kami ke pemikiran bahwa ponsel ini mungkin akan memberi kejutan lain di pembahasan berikutnya.

Karena sebelum beranjak dari desain pun kita sepertinya harus membahas warna back cover Reno7 Z deh. Karena OPPO menyematkan dua teknologi berbeda pada dua pilihan warna yang tersedia.

Reno7 Z 5G yang kami review memiliki warna Rainbow Spectrum. Pendekatan warna dan desain back cover varian ini berbeda dengan ponsel yang berwarna cosmic black yang kembali menggunakan teknik OPPO Glow.

Lalu bagaimana dengan yang Rainbow Spectrum? Desain back cover Reno7 Z 5G dengan warna ini menggunakan gabungan dua teknik yakni three layer texture alias tekstur tiga lapisan yang dipadukan dengan teknik Two Layer Coating atau Penerapan dua lapisan.

Lapisan pertama yang ada di atas terdiri dari warna merah, kuning dan hijau, sementara lapisan kedua yang ada di bawahnya membawa lapisan indium reflektif. Sehingga belakang ponsel ini akan memancarkan warna prismatik dari 6 warna dan memantulkan transisi warna merah ke hijau mint, kuning ke ungu serta hijau ke merah muda.

Bisa dilihat dari hasil foto perangkat yang kami gunakan. Akan terlihat berubah warna tergantung dari arah cahaya dan arah lensa kamera.

Masih di bagian belakang ini kita juga menemukan dua lingkaran yang mencuat ke permukaan. Memuat dua lensa kamera ponsel ini, ditemani dengan satu lensa lagi yang hadir secara diagonal namun tidak menonjol, dan satu lampu flash di sisi berlawanan.

Desain ini terlihat fresh, bahkan sebelum kami menyalakan ponsel. Lalu ketika ponsel dinyalakan, rupanya ada sesuatu yang menarik yang tertanam di sekitar dua lingkaran kamera ini.

OPPO menyebutnya sebagai Dual Orbit Light. Dimana muncul pendaran cahaya LED berwarna-warni muncul dari dasar tonjolan dua kamera tersebut yang berfungsi layaknya LED notifikasi.

Lampu ini akan aktif dalam beberapa skenario, yakni saat melakukan charging, ketika ada notifikasi, saat menghidupkan ponsel, dan saat meluncurkan sebuah game. Memberikan beberapa warna semisal biru elektrik, biru muda atau biru cyan tergantung dari skenario di atas.

Seperti biasa, OPPO meletakkan tombol power dan volume di dua sisi berbeda. Dengan tetap menyediakan colokan audio 3.5 mm di sisi yang sama dengan loud speaker dan port USB type-C.

Ponsel ini membawa tray SIM Card yang mampu memuat 2 nano SIM secara berdampingan dan satu Memory MicroSD Card di slot yang sama. Namun demi melakukan efisensi terhadap ukuran ponsel, tray 3 slot ini tidak dibuat memanjang, tetapi cukup tebal untuk memuat SIM card di satu sisi, dan kartu memori di sisi sebaliknya.

Layar AMOLED dengan Dukungan HDR
OPPO Reno7 Z 5G memiliki layar cukup lega, dengan bentangan 6.4 inci. Dan makin terasa luas karena kamera selfie diletakkan dalam desain punch-hole. Menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+ pada 2400 x 1080 pixel dan refresh rate standar di 60Hz menjadikan tampilan layar ponsel ini terlihat “nendang”, dengan warna yang mencolok karena tingkat kontras yang tinggi.

Berdasarkan informasi hardware, layar ponsel ini juga sudah mendukung tampilan HDR10 untuk menikmati tayangan yang memuat profil ini. Dan berdasarkan informasi dari OPPO ponsle ini juga sudah mengantungi sertifikasi HD Streaming untuk Netflix dan Amazon Prime. Dengan demikian sudah bisa dipastikan bahwa ponsel ini membawa Widevine DRM L1.

Sudah ColorOS 12 tapi Masih Android 11
OPPO Reno7 Z 5G dan ponsel Reno7 lain sudah menjalankan UI custom paling update ColorOS 12 tapi berbasis Android 11. Hal ini memungkinkan karena pada dasarnya kita banyak beraktifitas menggunakan fitur dari ColorOS ketimbang fitur Android-nya. Dan kita tidak banyak kehilangan sesuatu kecuali beberapa hal yang bakal kita ulas di sisi kamera. Akan kami bahas di tulisan yang berbeda ya.

Dengan ColorOS 12 di Reno7 Z 5G ini kita tetap akan menemukan RAM Expansion, yang mampu meningkatkan besaran RAM seemantara ketika dibutuhkan, dengan cara meminjam dari besaran ROM. Kemudian kita bisa bermain-main dengan avatar 3D OMOJI, Quick Launch, Flexible Windows dan sebagainya.

Chipset Anyar dengan Sejumlah Keunggulan
OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 695 5G. Merupakan chipset 5G anyar untuk kelas menengah ke atas. Menawarkan peningkatan performa yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Chipset ini sudah menggunakan fabrikasi 6nm yang berbuah efisiensi daya lebih baik dari fabrikasi yang lebih besar. Dalam chipset ini juga ada CPU 8 inti yang terbagi dalam 2 cluster, 1 cluster menggunakan 2 inti Kryo 660 Gold berkecepatan 2.2 GHz, sementara 1 cluster lain menggunakan 6 inti Kryo 660 Silver.

Menariknya Kryo 660 Gold ini menggunakan inti Cortex yang baru yakni A78. Sekedar mengingatkan Snapdragon 865 dan 870 masih menggunakan Cortex-A77 untuk keperluan yang sama. dan sama-sama bersanding dengan Cortex A55 (dalam Kryo 660 Silver).

Artinya, sebelum melakukan benchmark sintetis kami bisa berharap banyak pada kemampuan CPU ponsel ini. Yang memang diklaim oleh pihak Qualcomm akan memberikan peningkatan performa sebesar 15% dari chipset sebelumnya.

Ditambah lagi dengan penggunaan GPU Adreno 619, Snapdragon 695 5G juga memiliki potensi peningkatan 35% dari chipset seri 6 sebelumnya di sisi pengolahan grafis.

Dan masih banyak lagi kelebihan chipset ini yang mampu dioptimalkan oleh OPPO, termasuk modem 5G X51 dan sejumlah fitur lain di sisi triple ISP. Anda bisa membacanya lebih lengkap di tulisan ini.

Yang pasti dengan hadirnya chipset 695 5G di Reno7 Z 5G, yang juga dilengkapi dengan RAM 8GB serta ROM 128GB, maka bermain game, ngedit video, editing foto hingga melakukan kegiatan membuat konten lainnya pun bisa dilakukan di ponsel dengan nyaman.

Di sisi software, seperti biasa OPPO juga menyediakan fitur pendukung, semisal Game Focus Mode, agar pengguna bisa bermain game tanpa gangguan dari fungsi ponsel lain. Atau Quick Start Up yang akan memangkas waktu untuk kembali bermain game tanpa harus masuk ke layar loading, dan juga AI System Booster yang akan melakukan optimalisasi perangkat agar bisa mendukung kegiatan gaming penggunanya jadi lebih baik lagi.

Menariknya fungsi-fungsi yang biasa kita temukan di Game Space ini akan secara otomatis muncul saat kita mulai memainkan game. Jadi jangan heran kalau Anda tidak menemukan aplikasi game space di Home Screen.

Kamera Portrait 64MP
Sudah kami informasikan mengenai semangat OPPO untuk tetap meneruskan keahlian mereka dalam hal fotografi dan videografi portrait di Reno7 Series ini. Dan khusus untuk Reno7 Z 5G, OPPO menyematkan kombinasi triple Camera di belakang, dan single camera di depan dengan konfigurasi sebagai berikut.

Kita mulai dari kamera belakang, yang terdiri dari kamera 64MP (f/1.7) High-Resoution sebagai kamera utama, kamera 2MP (f/2.4) Depth untuk memberikan efek jauh-dekat, dan kamera 2MP (f/2.4) makro untuk fotografi dengan jarak pendek.

Sementara untuk bagian depan menggunakan kamera 16MP (f/2.4) dengan kemampuan dan fitur yang relatif setara. Terutama di sisi portrait dan fitur AI yang bisa digunakan hingga kemampuan rekam videonya.

Dalam prakteknya, kamera OPPO Reno7 Z 5G memberikan hasil yang menarik. Menawarkan sejumlah peningkatan yang signifikan dibanding OPPO Reno sebelumnya. Terutama di sisi AI yang mampu mengoptimalkan pengenalan pintar pada background dan obyek utama. Hasilnya foto portrait terlihat lebih rapi. Dan juga foto malam (night Mode) terlihat apik dengan noise yang terminimalisir.

Bagian kamera ini bakal kita bahas habis-habisan di tulisan yang terpisah, dengan hasil foto yang lebih layak. Untuk sementara, check these out..

Normal Mode in Low Light Condition (resize for web)
Normal Photo Mode HDR ON (resize for web)
Normal Photo Mode HDR OFF (resize for web)
Portrait Mode object non human, not supposed to be (resize for web)
Photo Mode Selfie Camera (resize for web)
portrait mode in super Low Light (resize for web)

Baterai 4500 mAh dan SuperVOOC 33W
Dengan chipset yang mampu melakukan efisiensi daya lebih baik, disandingkan dengan ColorOS 12 yang membawa fitur-fitur penghemat baterai dan baterai berkapasitas 4500 mAh, maka OPPO Reno7 Z 5G bisa memberikan daya tahan yang positif bagi mereka yang menggunakan ponsel untuk beraktivitas seharian di luar ruangan.

Bahkan tanpa membawa powerbank pun rasanya aman, karena ponsel ini juga sudah dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 33W. Mampu memberikan suntikan daya yang cukup untuk digunakan berjam-jam hanya dalam hitungan menit saja.

Aksesoris Terbaik untuk Reno7 Z 5G
Dalam acara peluncuran OPPO Reno7 Z 5G juga diperkenalkan sebuah aksesoris berupa perangkat jam tangan pintar yakni OPPO Watch Free. Langsung saja kita bahas kelebihannya di tulisan ini. Dengan nantinya akan ada review terpisah membahas OPPO Watch Free dalam pemakaian 2 Minggu terakhir.

Review Singkat OPPO Watch Free | Jam Pintar Bergaya Gelang Sport

OPPO Watch Free merupakan perpaduan antara OPPO Band dan OPPO Watch. Ketika Dua perangkat tadi dikawinkan ya akan menghasilkan perangkat seperti ini. Memuat sejumlah hal penting dengan otak pintar layaknya Smart Watch tapi dengan ukuran lebih kecil dan baterai yang tahan lama hingga 14 hari.

OPPO Watch Free tersedia dalam 2 warna, yakni Black dan Vanilla, dengan bentukan jam menyerupai OPPO Watch yang diperamping dan diperkecil. Hingga memuat layar sebesar 1.64 inchi saja, atau tingginya hanya 46 mm. Ditemani dengan sebuah strap atau tali dari plastik dengan tekstur kulit yang fleksibel dan nyaman. Untuk saya yang berbadan dan bertulang besar pun masih cukup normal, tidak terlihat kekecilan sama sekali.

Cara menghubungkan Watch Free ke Reno7 Z 5G pun sangat mudah. Kita hanya perlu menginstal aplikasi Heytap Health. Lalu pilih menambahkan perangkat, lalu OPPO Watch Free kita hubungkan dengan charger hingga dikenali oleh HeyTap Health, lalu sinkronisasikan ketika kedua perangkat memperlihatkan angka yang sama.

OPPO Watch Free membawa semua sensor yang dibutuhkan oleh sebuah perangkat jam tangan pintar. Mulai dari sensor gerakan, sensor detak jantung, sensor kualitas O2 dalam darah, dan sensor cahaya. Mampu melakukan monitoring terhadap gerakan dan perpindahan tempat penggunanya, SpO2 secara kontinyu, detak jantung secara real time, tidur dan monitoring suara dengkur, dibantu oleh aplikasi Heytap.

OPPO Watch Free juga mampu mengingatkan kita untuk melakukan gerakan ketika dirasa terlalu lama diam, mengingatkan kita untuk meminum air secara berkala hingga jumlah air yang ditargetkan dalam sehari, mengingatkan kapan kita harus tidur dan kapan kita harus bernafas menenangkan diri.

Berikut adalah Spesifikasi dan Harga OPPO Watch Free

Harga: Rp 1.399.000

Previous articleHiPajak Raih Pendanaan Terbaru dari 1982 Ventures
Next articleOPPO Reno7 Series 5G dan OPPO Watch Free Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harganya
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here