Home NEWS Review OPPO Reno11 F 5G, Seri Ekonomis, Software Fantastis

Review OPPO Reno11 F 5G, Seri Ekonomis, Software Fantastis

Review OPPO Reno11 F 5G

tabloidpulsa.id – Tiba-tiba hadir melengkapi Reno11 Series, OPPO Reno11 F 5G menjadi perangkat Seri Reno11 terakhir yang diperkenalkan di Indonesia. Membawa fitur dan software yang sama dengan sesama Reno11 lain, ponsel ini hadir dengan desain kotak, tidak lagi curved, dan harga relatif terjangkau.

Harga: Rp 4.599.000
Pilihan Warna: Ungu Koral, Hijau Palem dan Biru Laut (khusus online)
Paket Penjualan: ponsel OPPO Reno11 F 5G kabel data USB A to C, charger adapter SuperVOOC 67W, silicon case, dokumen, kartu garansi

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)161.1 x 74.7 x 7.5 mm, 177 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 14 berbasis Android 14
Supported storage eksternalMicroSD
Layar inci – Tipe Screen6.7 inci, ~86.4% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, 20.1:9, OLED 120 Hz, HDR 10+, 1100nits
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 7050 (4nm); CPU Octa-core (2×2.6 GHz Cortex-A78 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G68 MC4
RAM & Internal Storage8 GB (+8 GB) RAM/ 256 GB Storage
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
64 MP Main Camera F/1.7
8 MP Ultrawide Camera F/2.2
2 MP Macro Camera
Video: 4K@30fps, 1080p@60fps and 30fps  

Depan Single: 
32MP F/2.4
Video: 4K@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 67W

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain klasik, dan pewarnaan menarik, kotak enak di genggamanSuara tidak stereo
Layar OLED 120Hz bezeless
LinkBoost membantu penggunaan sinyal ponsel di tempat-tempat terpencil
ColorOS 14 dengan image cutoff, file Dock, Smart Touch 
SuperVOOC 67W 
Hasil Kamera tidak mengecewakan 
Volume Booster hingga 300% 

Desain Magnetic Particle

Baca Juga:  Kiprah OPPO di Perhelatan Mobile World Congress (MWC)

Melalui Reno11 F 5G , OPPO memperkenalkan teknik pewarnaan terbaru yang disebut dengan Magnetic Particle. Namun sayang, teknik ini hanya diadopsi oleh ponsel varian warna ungu koral atau coral purple dan biru laut atau ocean blue.

Reno11 F Coral Purple

Dimana warna di bawah lapisan kaca back cover dibuat sedemikian rupa menyerupai benda di alam. Semisal ocean blue, merupakan perpaduan warna azure dan putih yang terlihat seperti buih ombak, dan coral purple memperlihatkan kombinasi warna lilac yang lembut dengan Glitter yang bertebaran.

Produk yang kami review sebenarnya tidak kalah cantiknya. Membawa nafas seri Reno terdahulu dengan metode OPPO Glow yang memadukan warna emerald dan hijau dedaunan, terlihat doff sekaligus misterius. Tergantung dari cahaya yang jatuh ke permukaannya.

Reno11 F Palm Green

Berbeda dengan Reno11 lain, kali ini ponsel dibentuk dengan desain tegas, kotak seperti Reno-Reno awall. Mengingatkan kita pada ponsel lawas. Tapi sekaligus memberi kesan kuat, tidak ringkih.

Namun demikian di keempat bagian sudut tetap dibuat membulat agar tidak terlalu tajam untuk tangan, saat digunakan.

Frame kamera di bagian back cover juga masih menampilkan area kotak persegi yang menopang dua bulatan sama besar berisikan kamera dan bulatan kecil tempat lampu flash bersemayam

Baca Juga:  8 Alasan Kenapa Harus Perbaiki Ponsel OPPO di Service Center Resmi

Meskipun dianggap sebagai versi ekonomis, Reno11 F 5G tidak lagi membawa port audio 3.5 mm nih gan. Jadi kita harus menikmati musik via Bluetooth atau menggunakan adapter USB C to 3.5 mm. Sayang sekali karena ponselnya sendiri tidak membawa speaker stereo alias mono.

Sementara di bagian muka, kita bisa mendapati bagian layar yang tidak bermargin, alias bezelnya tipis banget. Layar semua isinya.

Menariknya, Reno11 F 5G telah mengantungi sertifikat IP65. Artinya ponsel ini telah teruji mampu bertahan dari gempuran air hujan yang deras dan debu yang menyertainya. Jadi bisa digunakan untuk berolahraga, semisal bersepeda atau jogging.

Layar AMOLED 120Hz

OPPO masih menyuguhkan layar ber-resh rate tinggi di semua lini Reno11 series nya. Terbukti pada layar Reno11 F 5G yang tetap membawa panel layar terbaik, dengan AMOLED FHD+ 120Hz.

Dilengkapi sertifikasi HDR10+, dengan gamut 100% DCI-P3, tidak ada yang bisa dikeluhkan dari tampilan layar yang menguasai hampir 93.4% bagian depan ponsel ini.

ColorOS 14 dan Fitur Favorit

Selain layar yang tidak dikurangi kualitasnya, ponsel ini juga membawa software yang terbilang lengkap untuk sebuah ponsel Reno.

Gabungan fitur ColorOS 14 dan Android 14 tentunya. Salah satu yang kami suka adalah fitur file dock. Dimana kita bisa menyimpan gambar, teks dan hal-hal kecil lain ke dalam sebuah dok lalu dikeluarkan kembali saat kita membutuhkannya di aplikasi berbeda.

Workflow kita jadi makin ringkas dan efektif. Terutama bagi pembuat konten, dan pewarta yang banyak melakukan riset saat melakukan peliputan.

Baca Juga:  Tanpa NPU Terpisah, Hasil Portrait Reno8 5G Masih Istimewa

Selain itu ada Smart Image Matting, termasuk di dalamnya ada picture cutoff. Dimana kita bisa menekan lama pada Gambar, lalu sistem akan memisahkan gambar yang kitabtekan dengan semua latar belakangnya.

Memori dan CPU

Reno11 F 5G hadir dengan dukungan chipset Mediatek Dimensity 7050. Dengan fabrikasi 6nm, membawa CPU 8 inti, terdiri dari 2 Cortex A78 dan 6 Cortex A55, dan GPU Mali-G68 MC4. Sesuai dengan dugaan, skor Antutunya ada di angka 500 ribuan. Dan ini bukan angka yang buruk jika Anda selama ini menggunakan ponsel untuk kebutuhan kasual.

Disamping itu, ponsel ini juga membawa RAM 8GB yang bisa dimekarkan menjadi 16GB dengan menggunakan fitur RAM expansion. Dengan engine trinity milik ColorOS 14, keberadaan ruang memori virtual yang cukup lega ini akan menjaga kemampuan multitasking ponsel.

Sebagai media penyimpanan, Reno11 F 5G dilengkapi dengan memori internal sebesar 256GB. Sudah cukup mumpuni untuk menyimpan file foto, video dan dokumen penting lainnya.

Layaknya seri Reno11 lain, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur LinkBoost. Yang meningkatkan daya penerimaan sinyal ponsel jadi lebih baik. Dan ketika terputus pun, mampu kembali terhubung dengan lebih cepat. Teknologi ini hanya berlaku di 5 Negara saja, termasuk Indonesia, India, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Kamera dengan Engine Khusus Portrait

Semua Reno11 series telah mengadopsi Engin Portrait Expert, sesuai dengan slogan produk-produk Reno-nya OPPO. Termasuk juga Reno11 F 5G. Dengan spek kamera yang tidak terlalu menonjol, yakni hanya mengandalkan kamera 64 MP sebagai kamera utama, 8MP untuk ultra-wide dan 2MP untuk macro, kehadiran engine portrait ini mengubah pikiran kami.

Dengan engine Portrait Expert, sistem akan melakukan pengenalan wajah dengan baik, artinya mampu melakukan separasi obyek dengan background. Lalu ada skin tone protection, lalu ada clarity and facial enhancement, dan terakhir ada portrait and environment merging.

Hasil jepretan kamera akan menghasilkan gambar yang seimbang, tidak mengorbankan salah satu, dengan warna yang tetap natural dan detail.

Hal ini berlaku juga untuk kamera depan, atau kamera selfie. Kali ini OPPO membawa kamera 32MP yang mampu merekam video dalam resolusi 4K30 fps, seperti kamera utama ponsel ini.

Baterai 5000 mAH dengan SuperVOOC

OPPO Reno11 F 5G diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh. Cukup besar untuk mendukung semua kinerja ponsel. Juga dukungan teknologi pengisian daya cepat SUperVOOC 67W yang mampu mengisi baterai dari nol ke 100% hanya dalam waktu sekitar 48 menit saja.

Kesimpulan

Saat diumumkan pertama kali, kami sedikit skeptis dengan kehadiran OPPO Reno11 F 5G ini. Mengingat kami berharap ada seri Reno11 yang lebih tinggi yang bakal dihadirkan ke Indonesia. Tapi setelah melihat kemampuannya dalam kurun waktu beberapa Minggu ini, kami percaya ponsel ini memiliki pasarnya yang masih setia dengan tone warna kamera OPPO.

Dengan desain klasik yang nayaman digunakan, daya tahan di bawah guyuran hujan, hingga kemampuan kamera portraitnya, ponsel ini akan menjadi produk Reno yang memenuhi kebutuhan mereka dengan dana terbatas.

Previous articleIndosat Berkolaborasi dengan NVIDIA Ciptakan Infrastruktur AI
Next articleTelkomsel Prabayar dan JKT48 Hadirkan Paket kuWOTA JKT48
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here