Home TEKNO Snapdragon 695 5G, Chipset yang Digunakan OPPO Reno7 Z 5G

Snapdragon 695 5G, Chipset yang Digunakan OPPO Reno7 Z 5G

snapdragon 695

tabloidpulsa.id – Salah satu kabar yang beredar kemarin 24 Februari 2022 adalah dipastikannya tanggal kapan hadirnya perangkat Reno7 Series OPPO. Dan salah satu produknya adalah OPPO Reno7 Z 5G yang membawa chipset anyar dari Qualcomm, Snapdragon 695 5G.

Bagi mereka yang mengikuti perkembangan teknologi chipset besutan Qualcomm, pastinya bakal tak sabar menantikan bagaimana OPPO akan mengoptimalkan kemampuan chipset 5G anyar ini ke dalam ponsel jagoannya kali ini.

Karena meskipun namanya diawali dengan angka 6, chipset Snapdragon 695 5G diketahui telah membawa sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya. Peningkatan apa saja, terutama yang signifikan di chipset seri 6 terbaru ini? Berikut ulasannya!

Fabrikasi 6nm
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa arti pentingnya dari sebuah fabrikasi? Secara awam bisa kami jelaskan bahwa semakin kecil fabrikasi maka akan semakin baik. Perubahan ukuran fabrikasi jelas membutuhkan teknologi yang lebih lanjut dan dulu cenderung mahal.

Nanometer dalam satuan fabrikasi cenderung ditujukan sebagai jarak minimum antara sumber (source) dengan cerat (drain) dari sebuah transistor. Dengan demikian semakin kecil, maka akan semakin banyak transistor yang bisa diterapkan dalam satu chip dengan luas yang sama, atau di sisi daya, maka dengan semakin pendek jarak ini maka akan semakin memubutuhkan daya yang lebih efisien.

Nah sekarang, chipset seri 6 Snapdragon sudah melalui proses fabrikasi 6nm juga. Sehingga mampu memberikan efisiensi penggunaan daya yang jauh lebih baik, juga memungkinkan produsen untuk menambahkan chip baru dengan fungsi yang lebih kaya, semisal AI atau ISP yang lebih baik.

CPU dengan Core Cortex A78
Diketahui Snapdragon 695 5G ini membawa CPU 8 core yang menggunakan konfigurasi big.LITTLE 2×2.2 GHz Kryo 660 Gold dan 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver. Kryo 660 sendiri merupakan perpaduan cortex A78 (Gold) dengan Cortex A55 (Silver).

Cortex A78 sendiri merupakan core anyar yang merupakan pembaharuan dari Cortex A77 yang dengan konfigurasi sama digunakan oleh beberapa seri Snapdragon 8xx generasi sebelumnya, semisal 870 5G.

Pihak Qualcomm sendiri menyatakan bahwa cortex A78 ini akan memberikan performa lebih baik sekitar 7-15% dari generasi sebelumnya. Dan menariknya ini hadir di seri 6xx. Maka tidak heran jika chipset ini dalam kondisi optimum akan meberikan hasil benchmark sintetis yang menarik, di kisaran angka 400.000-an di Antutu Benchmark. Bisa sedikit di bawahnya atau bahkan bisa lebih tinggi.

Dan ini sangat menjanjikan bagi mereka yang membutuhkan ponsel dengan chipset relatif terjangkau, namun dnegan performa yang di atas rata-rata. Selama ponsel itu tidak dijual dengan harga yang terlalu tinggi.

GPU Adreno 619
Merupakan satu kesatuan yang bertanggung jawab untuk hasil benchmarl sintetis, CPU dengan cortex A78 di atas, dibantu dengan GPU Adreno 619 merupakan perpaduan yang menarik.

Adreno 619 sebelumnya juga sudah hadir di chipset Snapdragon seri 750G dan 480 5G. Sebuah rentang yang sangat jauh sebenarnya, namun sudah terbukti mampu mengangkat performa grafis di kedua chipset tersebut.

ISP Spectra 346
Snapdragon 695 5G juga membawa ISP dengan triple processor Spectra 346. Dengan spesifikasi dan kemampuan yang dibawa sepertinya akan menjanjikan bagi hasil kamera OPPO Reno7 Z.

Kecepatan pemrosesan gambar yang tinggi, bahkan hingga dukungan rekam video 4K juga akurasi warna yang makin baik, bisa saja hadir di perangkat OPPO Reno terbaru ini, kalau pihak OPPO memutuskan untuk mengoptimalkan semua fungsi triple ISP ini.

Modem 5G X51
Snapdragon 695 5G juga membawa modem 5G Snapdragon X51 yang mendukung sejumlah frekuensi dan mode untuk bisa fleksibel dan dapat diakses oleh kebutuhan operator dimana ponsel ini bakal digunakan. Termasuk Sub-6 GHz dan mmWave, SA dan NSA, TDD FDD dan DSS.

Bagi pengguna ponsel di Indonesia, ketika 5G sudah bisa diakses oleh “umum”, maka sebenarnya kita tidak perlu tahu macam-macam tentang ini karena produsen ponsel yang dua tahun belakangan merilis ponsel untuk kebutuhan 5G telah bekerja sama secara berkesinambungan dengan pihak operator dan pemerintah sebagai regulator untuk memastikan fungsi 5G yang diaktifkan adalah sesuai dengan yang digunakan di Indonesia.

OPPO Indonesia termasuk yang paling kooperatif dalam hal ini dan telah disampaikan oleh menkominfo beberapa waktu lalu, sehingga kami percaya OPPO Reno7 Z 5G ini sudah disiapkan sedemikian rupa, agar benar-benar 5G ready. Dan kalau dilihat dari kemampuan chipsetnya, memang sudah sangat mendukung.

Jadi bikin penasaran bakal seperti apa ga sih ponselnya? OPPO Reno7 Z 5G bakal meluncur tanggal 2 Maret 2022. Tonton lewat sosial media OPPO, akan kami update jadwalnya di Instagram kami @pulsachannel.

Previous articleSebelum Reno7 5G, Ponsel OPPO Apa Saja yang Sudah 5G?
Next articleMenebak Harga OPPO Reno7 Z 5G
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here