Home TEKNO Multi-Cooling System di OPPO Reno5 F, Untuk Apa?

Multi-Cooling System di OPPO Reno5 F, Untuk Apa?

cooling system oppo reno5 f
OPPO - PR

tabloidpulsa.id – Saat smartphone semakin canggih, dengan fungsi yang semakin komplek, tentunya prosesor yang digunakan juga semakin cepat. Namun efek yang tidak bisa dihindari adalah semakin panasnya komponen di dalam smartphone tersebut.

Untuk itu, syarat sebuah smartphone handal saat ini adalah adanya sistem pendingin yang dapat diandalkan. Syarat adanya sistem pendingin yang handal tidak hanya untuk smartphone gaming saja, melainkan juga smartphone kelas menengah ke atas.

Baru-baru ini OPPO memperkenalkan varian termurah dari OPPO Reno5 Series, yakni OPPO Reno5 F, yang hadir dengan teknologi pendingin yang dapat diandalkan. OPPO telah menyematkan fitur mobile cooling system yang disebut “Multi Cooling System” di perangkat terbarunya tersebut.

Menjadikan OPPO Reno5 F, tidak hanya handal untuk urusan foto dan videografi, juga untuk kebutuhan gaming.

Sebenarnya teknologi pendingin yang dimiliki produk OPPO sudah tersedia sejak OPPO Reno4 Pro. Hanya saja pada OPPO Reno5 F teknologi yang digunakan semakin disempurnakan.

Sistem Multi Pendingin

Tentu saja penyempurnaan itu dilakukan untuk memastikan tingkat kinerja yang konsisten dan superior. Seperti halnya pada OPPO Reno4 Pro, OPPO menerapkan mekanisme pendinginan yang kompleks. OPPO telah mengaplikasikan Multi-cooling System pada Reno4 Pro, dengan menghadirkan kombinasi tabung grafit, lembaran grafit, dan foil tembaga untuk pendinginan tiga dimensi. Manfaat tambahannya adalah menghemat berat 1 gr jika dibandingkan dengan mekanisme pendinginan tabung tembaga. Dengan sistem multi pendingin, pengguna dapat menikmati kinerja pendinginan yang canggih bahkan dalam handset yang sangat ringan.

Sistem multi pendingin bekerja dengan optimasi pada perangkat keras. Material tersebut dapat meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30 persen sekaligus meningkatkan kekuatan struktur perangkat.

Optimasi perangkat keras lainnya dilakukan pada tata letak lembaran grafit di bingkai tengah, dan menambahkan empat lapisan tabung grafit untuk meningkatkan pembuangan panas dari CPU dan chip hard drive. Penambahan jumlah lapisan lembaran grafit di sekitar layar dari 2 menjadi 3 lapisan, meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30 persen dan tanpa menambah ketebalan perangkat.

Sistem pendingin untuk smartphone dengan tebal 1 mm bukanlah hal yang baru. Dengan teknologi heatpipe, panas yang mengalir pada prosesor mampu ditranfer 5x lebih besar dibanding teknologi non heatpipe.

Mengapa sistem pendingin pada smartphone perlu dibuat setipis mungkin hingga 1 mm? Tentu saja karena ruang di smartphone sangat sempit. Sehingga sulit rasanya bila dipasangkan fan seperti halnya laptop. Selain tidak cukup untuk menempatkan heatsink seperti tembaga tebal, alasan lainnya tentu saja akan membentur bodi belakang smartphone menjadi membengkak.

Membuat sistem pendingin smartphone dengan lembaran pengantar panas menghasilkan output yang lebih baik dengan bahan metal tipis atau granit. Pada peredam panas dengan sistem alur pipa cairan bekerja dengan cara menyebarkan panas di seluruh badan heatsink. Cairan ini akan mengalir mengikuti perbedaan panas dan dingin dan membuat pendinginan yang merata.

Khusus untuk OPPO Reno5 F, strategi ini dimulai dengan mendesain lapisan penutup baterai dengan ketebalan 0,55 mm, lalu meletakkan lapisan grafit setebal 0,1 mm pada bagian layar untuk membuang panas secara efektif.

Berikutnya OPPO juga mengurangi pembentukan panas melalui desain motherboard yang lebih efektif dan optimal, sehingga mampu melakukan pembuangan panas hingga 30% lebih baik dari produk-produk sebelumnya.

Dengan adanya sistem pendingin ini kita bisa bermain game tanpa gangguan, pun saat kita bermain game sambil melakukan charging, kita bisa terhindar dari panas yang mengganggu. Optimasi pembuangan panas ini juga akan membantu saat kita merekam video, memotret dan melakukan aktivitas apapun dengan ponsel ini.

Jika pembuangan panas bisa terjadi secara efektif, maka kinerja hardware yang ada di dalam ponsel pun akan semakin optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here