Home REVIEW Review OPPO Enco Air: Hadir dengan Driver Besar, Lebih Asik Buat Musik

Review OPPO Enco Air: Hadir dengan Driver Besar, Lebih Asik Buat Musik

Oppo Enco AIr

tabloidpulsa.id – Hai pembaca setia Tabloid PULSA, beberapa hari ini mungkin Anda sudah membaca berita dan tulisan fitur mengenai audio dan TWS dengan gambar foto sebuah TWS misterius. Tidak lain dan tidak bukan itu adalah perangkat TWS OPPO anyar, yang bakal dirilis awal bulan Juli ini dan sudah ada di meja review kami sejak seminggu lalu, diberi nama OPPO Enco Air.

Sesuai namanya, produk True Wireess Stereo Bluetooth satu ini terkesan ringan seperti udara, tidak banyak pernak-pernik, alias tidak membawa eartips karet tambahan tapi menghasilkan audio yang bakal bisa diterima oleh semua kalangan.

Desain buds yang cenderung tidak menusuk ke lubang telinga, tone output yang balance, tanpa menghilangkan bass dan trebel yang juga tetap dipersembahkan dengan apik adalah dua hal yang paling terasa sejak awal pemakaian. Cek ulasan lengkapnya berikut ini.

Harga: Rp 999.000,-

Pilihan Warna: Misty White, Misty Black

Kelengkapan: TWS OPPO Enco Air Stereo, Charger case, kabel data USB to USB type-C, Dokumen

ColorMisty White/Misty Black
Driver12 mm Dynamic driver
Speaker Sensitivity112 dB @ 1 kHz
Frequency Response Range20 Hz ~ 20 kHz
Microphone Sensitivity-38 dBV/Pa
Bluetooth CodecAAC/SBC
Bluetooth VersionBT 5.2
Effective Bluetooth Range10 m
Battery TypeRechargeable lithium-ion battery
Battery Capacity25 mAh (Earphones)/440 mAh (charging case)
Charge Time*1.5 h (full device)
Charging PortUSB Type-C
Water-resistance—EarphoneIPX4
Weight—entire Device40.4 g
Spesifikasi
Audio Bluetooth codec OPPO Enco AIr

Desain Earbud dengan Tangkai

OPPO Enco Air hadir dengan desain paling mencolok dibandingkan TWS-TWS sebelumnya. Hal ini terlihat dari bentuk charger case-nya yang memiliki bagian penutup transparan. Memperlihatkan sedikit bentuk buds mulai dari bagian luar.

Budsnya sendiri dibuat dengan desain klasik. Ujungnya membuat bentukan kepala alien, alias oval membuat sudut ke arah bagian luar, yang nantinya bakal masuk ke bagian dalam telinga. Corong speaker diletakkan terbuka di bagian tersebut.

Di ujung lain, TWS ini membawa bentukan tangkai pendek. TIdak terlalu menjuntai keluar telinga. Tapi cukup untuk memberi dukungan pada mic yang diperuntukkan untuk bercakap. Seperti yang sudah-sudah desain seperti ini lebih efektif dalam menangkap suara pengguna saat bercakap di telepon.

ANC vs Passive Noise

Meski tidak membawa fitur ANC untuk menahan suara yang masuk ke dalam telinga pengguna, TWS ini memiliki fitur noise cancellation ketika TWS digunakan untuk bercakap. Akan kita bahas di bagian kualitas audio.

Material earbudsnya sendiri terlihat apik berbahan plastik keras dengan lapisan glossy dan sesuai penampakannya, awalnya saya pikir akan licin, terlebih ketika magnetnya masih kuat menahan earbud saat akan dikeluarkan dari charging case-nya untuk pertama kali. Tapi ketika dikenakan di telinga, ternyata tidak selicin itu.

Bahkan lekukan-lekukan pada earbud menciptakan efek penguncian di daun telinga kita. Desain seperti ini tidak membuat telinga kita sakit ketika digunakan berlama-lama.

Sebagai bonus OPPO Enco Air ini telah mengantongi sertifikasi IPX4, yang artinya masih akan aman ketika digunakan berolah raga dan berkeringat, atau bahkan saat tak sengaja terpapar oleh cipratan air yang tidak terlalu banyak.

Beralih ke charging casenya. Selain unik karena memiliki bagian tutup yang transparan- Baik itu untuk varian berwana putih maupun hitam, juga memiliki bentuk yang bulat pipih, agak sedikit oval tapi tidak terlalu oval.

Mirip batu kerikil yang digunakan untuk menggosok badan saat mandi. Hmm dulu ya, dulu! Atau batu yang dipanaskan untuk terapi, mungkin?

Di bagian engsel ada tulisan OPPO. Dengan fontasi berwarna perak (untuk varian putih), sehingga tidak terlalu mencolok, terlihat seperti stiker dan tak sengaja mengingatkan saya pada perangkat TWS OPPO lain, OPPO Enco X yang meletakkan logo Dynaudio di tempat yang sama dan pendekatan yang tidak jauh berbeda.

Di bagian kanan Charger case ini ada tombol koneksi, dan di bagian bawah ada lubang colokan USB Type-C untuk melakukan charging.

Karena relatif kecil, maka charger case OPPO Enco Air ini biasa kami letakkan di saku belakang celana jeans, atau di saku kemeja. Dan selama ini sih tidak mengganggu pergerakan dan tidak juga merusak TWS tersebut.

Driver dan Codec

OPPO Enco Air membawa driver dinamis berukuran besar, yakni 12mm dengan bahan titanium komposit. Sementara casing driver terbuat dari bahan polyethylene naphthalate berlapis titanium, sejenis polyester yang dikenal sebagai penghalang oksigen, dapat secara efektif menekan getara tersegmen dan meningkatkan transien audio.

Sementara bagian tepinya dibuat dengan bahan polyurethane yang ringan dan tahan lama. Perpaduan bahan-bahan ini akan menghasilkan suara dengan jangkauan bass yang dinamis dan mempertahankan suara agar tetap halus, tapi juga seimbang.

Secara software OPPO Enco Air membawa sejumlah codec yang support high definition (AAC) dan subband codec (SBC). Cek tulisan kami di sini untuk info mengenai codec tersebut.

OPPO Enco Air juga telah menyematkan chip Bluetooth 5.2 dengan transmisi binaural. Dengan tipe koneksi seperti ini, masing-masing buds akan terhubung ke perangkat induk secara bersamaan. Mengakibatkan penggunaan daya yang seimbang di antara keduanya.

Dan yang paling utama adalah latency yang rendah. Tercatat OPPO Enco Air memiliki latency hanya 94 ms. Untuk ponsel OPPO lawas (Sebelum ColorOS11), dan ponsel Android lain dengan bantuan aplikasi heymelody terinstal, bahkan bisa dikurangi lagi hingga 47 ms.

Kontrol dan Pengenalan Otomatis

Seperti biasa, untuk masalah pairing dengan ponsel OPPO, terutama dengan ColorOS 11, OPPO Enco Air bisa disambungkan secara cepat bahkan dengan tampilan jendela pop-up yang muncul di layar ponsel.

Bagi ponsel OPPO lawas dan perangkat Andoid lain bisa melakukan pairing biasa lewat settingan Bluetooth atau lewat aplikasi HeyMelody yang bisa didownload dari Play Store. Tapi berhubung kami melakukan review sebelum produknya dirilis, maka saat ini HeyMelody belum mengenali TWS ini.

TWS ini juga memiliki sensor-sensor pintar yang mengenali apakah buds tengah dikenakan atau tidak. Dalam posisi mendengarkan musik, secara otomatis musik akan berhenti ketika kita melepas salah satu earbud. Dan ketika kita tidak menyimpannya di dalam charger case, (saat tidak digunakan) maka earbud akan masuk ke mode konsumsi daya rendah alias sleep mode untuk menghemat masa pakai baterai.

Seperti OPPO Enco sebelumnya, OPPO Enco Air juga membawa semua kontrol yang dibutuhkan dalam sebuah perangkat audio wireless. Fungsi pengaturan volume, berpindah ke lagu berikutnya, dan menerima/menutup telepon. Atau disesuaikan dengan kebiasaan Anda melaui setingan Bluetooth ColorOS11 atau HeyMelody app.

Kualitas Suara

Karena desainnya yang semi-in-ear alias open fit, OPPO Enco Air bisa dibilang tidak melakukan isolasi secara fisik secara penuh, sehingga mengurangi kelelahan pada bagian telinga. Biasanya, audio yang kita terima akan cenderung flat alias datar dan seimbang.

Ternyata kami salah. Dengan penyesuaian posisi saat digunakan di telinga kita, OPPO Enco Air mampu mempresentasikan semua frekuensi dengan apik. Tidak benar-benar flat, tapi masih bisa dibilang seimbang.

Ketika memainkan file audio lossless berformat FLAC, meskipun audio yang dihantarkan lewat Bluetooth tidak lossless dan lewat sejumlah aplikasi terlihat bahwa hanya dibatasi di 16 bit, 48kHz saja, menggunakan codec AAC atau pilihan Use high-quality audio dipastikan sudah ON.

Itu sudah termasuk kualitas audio CD sih gan. Atau ada di kisaran 384 kbps, yang mana itu pun sudah memperlihatkan separasi yang apik dengan bass ditampilkan secara bulat, trebel yang terasa lembut dengan suara tengah yang tetap mencolok.

Memanfaatkan diameter driver yang cukup besar untuk ukuran TWS, OPPO Enco Air menghantarkan audio yang memanjakan telinga pendengar musik secara umum. Awalnya kami yang basshead akan kecewa, dan ternyata salah lagi. Bass-nya tetap empuk, meski memang tidak terlalu mendebarkan jantung.

Untuk digunakan bertelepon pun hasilnya positif. Saat kondisi di sekitar kita sepi sampai dengan kebisingan yang ringan, suara yang sampai ke lawan bicara akan terdengar bersih, bulat dan tidak terdengar jauh.

Tetapi untuk kondisi yang benar-benar bising, semisal di tengah keramaian kendaraan, sistem akan melakukan noise reduction yang menyebabkan hadirnya distorsi suara yang tersampaikan. Masih terdengar tapi dengan frekuensi yang kurang stabil.

OPPO Enco Air mengadopsi teknologi beamforming mikrofon ganda, di mana setiap earphone memiliki dua mikrfon internal yang sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal. Dan dibantu dengan teknologi AI DNN, mampu meredam kebisingan secara pintar dengan memisahkan suara manusia dengan suara latar secara realtime.

Baterai Tahan Lama

Masing-masing buds earphone OPPO Enco Air membawa baterai berkapasitas 25 mAh, sementara Charger Case nya membawa baterai berkapasitas 440 mAh. Kalau earphone sanggup bertahan selama 4 jam, maka charger case-nya bisa mensupport hingga 24 jam penuh untuk mendengarkan musik.

Jika digunakan untuk bercakap, maka kita bisa ngobrol sampai 2.5 jam sampai earphone nya kehabisan baterai. Dengan dukungan charge case, maka secara total kita bisa ngobrol 17 jam dalam sekali pengisian daya.

Kesimpulan

OPPO Enco Air masuk ke dalam kategori TWS yang asik buat dengerin musik. Membawa driver besar, dengan kualitas audio yang apik dan daya tahan baterai yang bandel menjadikannya pilihan tepat untuk mereka yang mencari kualitas di harga terjangkau.

Harganya hanya Rp 999.000,- berada di antara perangkat OPPO Enco Free W31 dan OPPO Enco W51, dengan desain dan karakter suara yang berbeda.

Oh iya, perangkat ini dijual sejak 2 Juli 2021. Jadi jangan sampai ketinggalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here