Home REVIEW Review realme Watch 2 dan Watch 2 Pro, Jam Tangan Pintar Anak...

Review realme Watch 2 dan Watch 2 Pro, Jam Tangan Pintar Anak Muda

realme watch 2 dan watch 2 pro

tabloidpulsa.id – Bersamaan dengan peluncuran realme 8 5G kemarin sore (16/06), juga diperkenalkan beberapa produk AIoT yang dua di antaranya telah masuk ke meja review redaksi. Dua produk smart watch besutan realme ini terlihat menarik, memiliki banyak fitur bermanfaat dan tentunya memberikan dua pilihan untuk bisa disesuaikan dengan dana yang tersedia dan kebutuhan Anda.

Ada realme Watch 2 Pro yang dirilis untuk mereka yang berjiwa muda dengan aktivitas yang teramat banyak, juga dengan dana yang relatif tidak terbatas. Menawarkan area pandang di layar yang lebih luas, serta material dengan pewarnaan lebih glossy dan metalik ala-ala stainless pada watch nya.

Harga realme Watch 2 Pro: Rp 899.000,- (flash sale di Rp 799.000,-)

Pilihan Warna: silver metalic, space grey (watch) / Black, light grey (Strap)

Paket Penjualan: realme watch 2 Pro, charging base magnetic, buku manual

realme Watch 2 Pro dikenakan di pergelangan tangan yang besar (sekali)

Lalu berikutnya juga hadir realme Watch 2. Tidak kalah agresif, smartwatch ini menawarkan dalam bentangan layar yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan penggunannya untuk menampilkan watch face yang hanya pas di smartwatch ini dengan harga yang lebih bersahabat.

Harga realme Watch 2: Rp 649,000,- (flash sale di Rp 599.000,-)

Pilihan Warna: Black (watch and strap)

Paket Penjualan: realme Watch 2, charging base magnetic, buku, manual

realme Watch 2 dikenakan di pergelangan tangan manusia normal

Desain Khas Anak Muda

Dilihat dari bagian desain, smart watch ini memang terlihat dirilis untuk anak muda. Terutama pada bagian strap yang dibuat cukup lebar dan terbuat dari bahan plastik lentur liquid silicon dengan lubang yang besar, dilengkapi tulisan “Dare to Leap” yang mencolok di salah satu sisinya.

Baik realme Watch 2 maupun realme Watch 2 Pro memiliki bentuk jam tangan yang kotak persegi yang sama. Dimana keduanya dilapisi oleh kaca 2.5D untuk memberikan kenyamanan saat disentuh dan tampilan yang elegan saat digunakan di pergelangan tangan.

atas: realme Watch 2 Pro, bawah: realme Watch 2

realme Watch 2 memiliki ukuran layar jam tangan 35 mm. Area layar sendiri menempati bagian tengah dengan menyisakan bezel yang lumayan lebar baik di kanan kiri maupun atas dan bawah. Dimana area layar aktif terlihat seperti melebar alias landscape. Padahal resolusinya 1:1 alias 320 x 320 pixel.

Sementara realme Watch 2 Pro memiliki area layar jam tangan 44 mm. Dengan area aktif yang lebih luas berbentuk portrait dengan bezel yang relatif lebih kecil. Menjadikan layar realme Watch 2 Pro ini terlihat lebih lega. Yang menarik resolusi yang dibawa juga menggambarkan bentuknya yang portrait, alias memanjang ke atas, yakni 320 x 385 pixel. Tapi berada di area 1,75 inci.

Layar Terang Mudah Dibaca

Sebagai smartwatch yang kerap kita gunakan untuk menjadi jendela pertama untuk notifikasi yang datang ke ponsel, maka kualitas layar akan menjadi sebuah faktor kunci. Untuk itu realme secara pintar mampu menghadirkan layar yang mumpuni di kedua smartwatch ini. Dengan beberapa penyesuaian.

Sebelumnya kita sudah bahas bahwa layar realme Watch 2 membentang dalam ukuran 35 mm alias 1,4 inci. Membawa resolusi 320 x 320 pixel. Dengan area layar yang aktif yang lebih kecil ini maka tingkat ketajamannya pun jadi tinggi, yakni di angka 323 ppi dengan kecerahan mencapai 600 nits.

Semua tulisan yang muncul di jam tangan ini bisa terlihat dan terbaca walau sekilas kita mengangkat tangan. Oh iya dengan sensor yang ada pada jam tangan ini, layar akan otomatis hidup saat kita mengangkat bagian layar jam ke arah wajah kita.

Kalau realme Watch 2 saja sudah begitu menarik, bagaimana dengan Watch 2 Pro. Sesuai namanya, di Watch 2 Pro layar jam tangan dibuat lebih lebar dan nyaman dipandang. Karena juga menampilkan animasi, realme sengaja membuat layar mungil ini untuk menampilkan tayangan dengan frame rate 30 fps.

Layar berukuran 1,75 inci ini, hampir semuanya merupakan area aktif yang menampilkan pixel dan juga dapat disentuh. Membawa resolusi 320 x 385 pixel dan tingkat kecerahan 600 nits, layar realme  Watch 2 Pro mudah dibaca meski berada di bawah sinar matahari sekalipun.

Jika ukuran menjadi satu hal yang penting untuk Anda, maka Anda yang bertulang tangan besar bisa memilih satu di antara keduanya, baik realme Watch 2 maupun realme Watch 2 Pro karena ukuran jam yang tetap akan terlihat oke saat digunakan. Tapi bagi Anda yang memiliki tulang pergelangan yag kecil, kami sarankan untuk menggunakan realme Watch 2 karena ukurannya akan lebih pas dengan tangan Anda. Tapi itu akan dikembalikan pada selera dan fashion Anda.

Fitur yang Ada Pada Keduanya

Sebagai pengguna smartwatch, hal pertama yang kami manfaatkan pada kedua realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro ini adalah kemampuan sinkronisasi dengan ponsel yang amat mudah. Keduanya menyediakan kemudahan tersebut.

Kita hanya perlu mendownload aplikasi realme Link. Lalu arahkan barcode yang muncul di smartwatch dan selesai. Aplikasi akan terhubung ke ponsel tanpa butuh banyak waktu.  

Hubungan antara smartphone dengan smartwatch atau yang biasa kita sebut sebagai Koneksi Pintar ini yang bakal jadi point penting untuk penggunaaan smartphone dan realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro mampu memfasilitasinya dengan baik. Entah itu untuk notifikasi perpesanan, sosial media, ataupun telepon masuk.

Termasuk di dalamnya kemampuan untuk mengontrol Smart AIoT lain di lingkungan realme. Semisal realme Buds Air, Bluetooth speaker, lampu bohlam, stop kontak dan lain-lain. Menariknya kami pun menemukan fitur remote kamera, cocok bagi jomblo yang suka jalan-jalan sendirian. Ketika mau selfie dengan jarak di luar jangkauan tangan, ada realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro deh.

gambaran fungsi-fungsi yang dibawa realme watch 2 dan watch 2 pro – credit: realme

Layaknya realme Watch yang sudah ada, kedua realme Watch 2 Series ini menyediakan ratusan Watch face yang bisa dipilih sesuai preferensi Anda. Ada lebih dari 100 watch face di dalamnya. Dan menariknya, ada beberapa pilihan yang bisa dikustom. Pastikan saja Anda sudah mengupgrade software realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro ini ke versi yang paling tinggi.

Termasuk mode asisten olahraga, yang mendukung 90 jenis aktivitas. Oke, bagi pengguna smartwatch tentu hal ini bukanlah sesuatu yang asing, dimana sistem akan mengenali kegiatan olah raga yang kita lakukan, atau kita beritahu sistem bahwa kita sedang melakukan olah raga apa. Lalu fitur ini akan mencatatnya ke dalam sebuah tampilan yang informatif sebagai data olah raga yang akan Anda gunakan sebagai acuan aktivitas lainnya.

Di antara 90 aktivitas olah raga itu, ada jogging indoor dan outdoor, bersepeda, bermain sepak bola, berkuda, hockey, tinju dan sebagainya. Tapi sepertinya belum ada berenang dan menyelam. Beberapa aktivitas yang dekat dengan air pun hanya memancing, dan ski downhill (salju).

Meskipun demikian, 2 produk smartwatch realme ini telah mengantongi sertifikasi IP68. Sekedar mengingatkan, IP68 berarti produk ini tahan air yang tidak terlalu banyak, seperti keringat yang berlebih atau rendaman air dalam waktu singkat seperti saat mencuci tangan. Cocok kan untuk kondisi pandemi seperti ini?

Ngomongin pandemi, belakangan fitur pembaca kadar oksigen dalam darah jadi makin diminati oleh pengguna wearable device. Di realme Watch 2 dan realme  Watch 2 Pro fitur ini hadir dengan menawarkan monitoring yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Bersama dengan monitoring detak jantung secara realtime dan kontinyu dengan sensor PPG yang disempurnakan, sehingga mampu mendapatkan nilai detak jantung yang lebih akurat sepanjang hari.

GPS yang Presisi dengan Dual-Satelit

Nah untuk fitur ini hanya ada pada realme Watch 2 Pro saja. Dengan receiver yang mampu mendapatkan informasi dari GPS dual Satelit maka realme Watch 2 Pro akan memberikan informasi posisi yag lebih akurat hingga radius 2.5 meter dalam kecepatan 2 detik saja.

Hal ini sangat dibutuhkan bagi para pengguna yang kerap mengkalkulasi rute lari sebelum melakukan olah raga. Atau bagi mereka yang hobi hiking di tempat-tempat baru agar tetap berada di jalur yang tepat.

Dikombinasikan dengan Real Sport Engine, maka kegiatan olah raga pengguna realme Watch 2 Pro akan mendapatkan informasi data yang akurat dan dapat diandalkan untuk mengambil keputusan di masa mendatang.

Daya Tahan Baterai Super Panjang

Kedua realme Watch 2 Series ini dibekali dengan baterai yang mampu bertahan lama. realme Watch 2 membawa baterai berkapasitas 315 mAh. Dalam kondisi optimal mampu bertahan 12 hari dalam sekali pengisian daya. 

Sementara realme Watch 2 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 390 mAh. Dengan fitur heart rate monitor yang koninyu sepanjang 24 jam, baterai ini mampu bertahan selama 14 hari setelah sekali pengisian daya.

Kesimpulan

realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro merupakan hadiah dari realme untuk anak muda yang ingin tampil trendi dan techy. Didesain dengan bentuk jam tangan yang mengotak tidak membuatnya terlihat kaku, berkat sudut-sudutnya yang dibuat menumpul dan nyaman saat dibawa tidur. Fitur kesehatan dan monitoring olah raga akan mendorong kita untuk lebih banyak beraktivitas dan itu adalah hal yang positif.

Tugas Anda kemudian hanya menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dana yang sudah Anda kumpulkan. Selanjutnya Anda bisa bilang: Kenalin nih, Smartwatch Anak Muda!

Dua produk ini sudah bisa dibeli di shopee melalui link berikut realme watch 2 dan realme watch 2 pro mulai tanggal 30 Juni 2021.

Spesifikasi

 realme Watch 2 Prorealme Watch 2
TampilanWarna: Hitam & SilverWarna: Hitam
 Ukuran: 255.2 x 38.9 x 12.65mmUkuran: 257.6 x 35.7 x 12.2mm 
 Berat:  40g (dengan tali)Berat: 38g
Tali Pergelangan TanganTipe: Tali pergelangan tangan yang dapat dilepasTipe: Tali pergelangan tangan yang dapat dilepas
 Lebar: 22mmLebar: 22mm
 Panjang yang dapat disesuaikan: 150-215mmPanjang yang dapat disesuaikan: 130-220mm
LayarUkuran layar: 1.75″ (4,4cm)Ukuran layar: 1,4” (3.5cm)
 Resolusi: 320*385 pixelResolusi: 320*320, 323 PPI
 Layar Sentuh FullscreenLayar Sentuh Fullscreen
BateraiBaterai: 390mAhBaterai:315mAh
 Daya tahan baterai: 14 hari (dengan 24 jam monitor detak jantung aktif)Daya tahan baterai:12 hari
SensorSensor akselerometer 3 sumbuSensor akselerometer 3 sumbu
 Sensor detak jantungSensor detak jantung
 Sensor kadar oksigen darahSensor kadar oksigen darah
 IP68 Water ResistantIP68 Water Resistant
KonektivitasBluetooth 5.0Bluetooth 5.0
 realme Link APPrealme Link APP
 Android 5.0+, iOS 11Android 5.0+, iOS 11
Sports modesJalan-jalan di Luar ruangan, Jalan-jalan di Dalam Ruangan, Lari di Luar Ruangan, Lari di Dalam Ruangan, Bersepeda di Luar Ruangan, Bersepeda Dinamis, Hiking, Kriket, Badminton, Lompat Tali. Yoga, Dayung, Latihan Kekuatan, Basket, Mesin Eliptikal, Latihan Bebas, dan 90 Mode Olahraga lainnyaJalan-jalan di Luar ruangan, Jalan-jalan di Dalam Ruangan, Lari di Luar Ruangan, Lari di Dalam Ruangan, Bersepeda di Luar Ruangan, Bersepeda Dinamis, Hiking, Kriket, Yoga, Dayung, Latihan Kekuatan, Basket, Mesin Eliptikal, Latihan Bebas, dan 90 Mode Olahraga lainnya
 * Pembaruan OTA dibutuhkan untuk mode olahraga lainnya* Pembaruan OTA dibutuhkan untuk mode olahraga lainnya
Monitor Kesehatan24-jam Monitor Detak Jantung, Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah, Pengingat Berdiri, Pengingat Minum, Pengingat Detak Jantung Tinggi/Rendah, Penghitung Langkah, Kalori, Jarak, Rekaman Aktivitas24-jam Monitor Detak Jantung, Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah, Pengingat Berdiri, Pengingat Minum, Pengingat Detak Jantung Tinggi/Rendah
   
Fitur LainnyaKontrol Musik, Kontrol Kamera, Cari Telepon, Meditasi, Stopwatch, Jam, Ramalan Cuaca, Tampilan Tanggal, Pembaruan OTA, Antarmuka Multi-Bahasa, Notifikasi Telepon, Pengingat Pesan, Alarm Pengingat, Pengingat Target Langkah, Pengingat Baterai Lemah, Penyesuaian Kecerahan, Penyesuaian Getar, Pemantau Penggunaan, Angkat Pergelangan Tangan untuk Menyalakan Layar, Mode Hemat Daya, Mode Jangan Diganggu, Pengaturan Cepat; AIoT Control (realme Link)Kontrol Musik, Kontrol Kamera, Cari Telepon, Meditasi, Stopwatch, Jam, Ramalan Cuaca, Tampilan Tanggal, Pembaruan OTA, Notifikasi Telepon, Pengingat Pesan, Alarm Pengingat, Pengingat Target Langkah, Pengingat Baterai Lemah, Penyesuaian Kecerahan, Penyesuaian Getar, Pemantau Penggunaan, Angkat Pergelangan Tangan untuk Menyalakan Layar, Mode Hemat Daya, Mode Jangan Diganggu
Previous articleReview Samsung Galaxy M62: Smartphone Kelas Menengah Rasa High End
Next articleCatat! Inilah Jadwal Flash Sale realme 8 5G dan Perangkat AIoT realme
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here