Home REVIEW Review Samsung Galaxy M62: Smartphone Kelas Menengah Rasa High End

Review Samsung Galaxy M62: Smartphone Kelas Menengah Rasa High End

Samsung Indonesia baru-baru ini melepas Galaxy M62 ke pasar, smartphone terbaru yang masuk ke jajaran smartphone seri M Samsung 2021. Dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan, Galaxy M62 mengincar segmen kelas menengah. Namun demikian, racikan fitur Galaxy M62 ini menawarkan beberapa keunggulan yang diantaranya masuk kategori high end.

Salah-satu fitur yang kami maksud terkait dengan performa, untuk diketahui chipset yang digunakan oleh Galaxy M62 merupakan buatan Samsung sendiri yakni Exynoss 9825. Samsung memang memiliki portfolio produk chipset yang beragam dan menjadi keuntungan sendiri ketika meramu fitur untuk smartphone buatannya. Exynos 9825 ini adalah chipset yang juga digunakan oleh smartphone high end Samsung seri Galaxy Note 10 Plus. Dengan proses manufaktur 7nm, chipset ini dikenal hemat daya dan punya GPU kuat untuk mendukung grafis gaming.

Fitur lainnya yang menjadi pembeda dengan smartphone menengah yang ada di pasaran saat ini adalah kapasitas baterai 7000 mAh. Samsung tampaknya mengerti betul bahwa di masa pandemic ini makin banyak orang yang mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, atau untuk mendukung produktivitas seperti membuat konten hingga bermain game.

Lalu apakah Samsung Galaxy M62 ini bisa diandalkan menjadi daily driver?  Anda akan mengetahuinya lewat review lengkap kami tentang Samsung Galaxy M62.

Spesifikasi Samsung Galaxy M62

Bodi163,9 x 76,3 x 9,5 mm, 218 g, Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LayarsAMOLED+ 6,7 inci, 1080 x 2400 piksel, 420 nits
ChipsetExynos 9825 (7 nm) CPU: Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M4 & 2×2.4 GHz Cortex-A75 & 4×1.9 GHz Cortex-A55) GPU: Mali-G76 MP12
Memori8 GB RAM/ 256 Gb Penyimpanan
OSAndroid 11, OneUI 3.1
Kamera Belakang64MP, Sensor ultrawide 12 MP, makro 5MPMP, Depth of filed 5MP 5
Kamera Depan32 MP, f/2.2, 26mm (lebar), 1/2.8″, 0.8µm
BateraiLi-Po 7000 mAh yang tidak dapat dilepas, Pengisian Cepat 25W
USBType-C 2.0, USB On-The-Go
Lain-lainSidik Jari (dipasang di samping), Akselerometer, Gyro, Kedekatan, Kompas, jack headphone 3,5m
spesifikasi Ssmsung Galaxy M62

Disain

Disain Samsung Galaxy M62 sekilas mirip dengan Galaxy M51. Dimensi bodinya juga sama, perubahan yang mencolok terlihat pada modul kamera belakang yang berbentuk persegi dan disain pola garis-garis di bagian belakang Galaxy M62. Kemiripan ini mungkin karena keduanya menggendong baterai 7000 mAh serta layarnya yang sama besar 6,7 inci dan juga adanya punch hole atau lubang kamera di bagian depan layar.

Baca Juga:  Bikin Resolusi Hidup Sehat 2021 Dengan Galaxy A02s

Bodinya memang terlihat lebih tebal dibandingkan dengan  smartphone yang menggunakan baterai 5000 mAH. Masih terbilang wajar karena kapasitas baterai yang besar ini juga membutuhkan ruang yang besar. Jika dibandingkan dengan smartphone berbaterai 4500 mAh seperti Galaxy A52, perbandingan ketebalannya 9.5 mm vs 8.4 mm atau hanya selisih 1.1 mm saja.

susunan kamera Galaxy M62

Kemiripan lainnya dengan Galaxy M51 soal letak sensor sidik jarinya yang menyatu dengan tombol power. Terus terang kami suka dengan letak sensor sidik ini karena lebih simple dan tak menggangu estetika.

Lubang speaker ada di bawah, sejajar dengan lubang jack audio dan lubang charger USB type-C. Di sisi kananya ada tombol power dan volume rocker dan tray simcard juga microSD di sebelah kiri. Di bagian atas Anda hanya akan menemukan lubang kecil dan kami menduga itu adalah lubang speaker.

tombol power sekaligus sensor sidik jari

Bodi Galaxy M62 dibalur dengan dual tone color bergradasi yang halus. Ada corak bergaris tipis yang menambah kesan elegan dan permukaannya juga glossy alias mengkilat. Warna pada unit yang kami pegang ini adalah silver dan biru, ada pilihan warna lain yakni silver-hijau dan silver-hitam.

Jangan beranggapan bahwa Galaxy M62 ini bakal merepotkan jika digenggam, pengalaman kami sih masih sangat nyaman, meskipun terasa sedikit berbobot. Mungkin patut dipertimbangkan untuk menambahkan case pelindung karena permukaan Galaxy M62 ini sedikit licin.

Kinerja

Kinerja smartphone sangat berkaitan dengan perform chipset dan besaran RAM. Samsung Galaxy M62 sudah sangat mumpuni untuk digunakan pada berbagai keperluan. Menggunakan chipset Exynos 9825, performa Galaxy M62 bisa mengalahkan smartphone dengan Snapdragon seri 7, skor benchmark dengan aplikasi AnTuTu versi 9 menembus angka 370 ribuan.

Exynos 9825 merupakan chipset kelas high end yang juga digunakan pada Galaxy Note 10 Pro. Jeroan Exynos 9825 terdiri dari CPU 8 core dengan kecepatan hingga 2,73 Ghz dan menggunakan GPU Mali G76-MP2, kartu grafis high end berbasis ARM.

Baca Juga:  Samsung Memimpin Market Soundbar Global dalam Satu Dekade
hasil benchmark dengan Antutu versi 9

Kinerja Galaxy M62 ini juga ditopang dengan RAM 8 GB, sudah terbilang lebih dari cukup untuk menemani berbagai aktivitas Anda. Bermain game PUBG, Mobile Legend dan Genshin Impact terasa lancar tak menemukann kendala. Keluhan soal panas hampir tak kami temukan, bermain game selama setengah jam tidak mengalami overheat.

Satu hal yang tak kalah penting, penyimpanan memorinya yang sangat lega, dengan 256 GB Anda tak lagi butuh microSD untuk ekspansi ruang penyimpanan. Tapi jika Anda seorang yang gemar mengambil gambar video dan butuh tambahan memori, Galaxy M62 juga tetap menyertakan slot microSD.

Kualitas layar Galaxy M62 dengan SuperAMOLED sudah sangat baik. Jenis layar ini terkenal memiliki kontras yang lebih tinggi dan banyak digunakan pada smartphone high end. Dengan lebar 6,7 inci dan resolusi 1080×2400 piksel, layar Galaxy M62 terbilang tajam. Ini yang membuat tampilan video dan game terlihat lebih halus.

layar M62 dengan SuperAmoled

Samsung Galaxy M62 menjalankan sistem operasi Android 11 yang dibalut dengan One UI, antarmuka besutan Samsung. Soal keamanan, Samsung Galaxy M62 tidak hanya mengandalkan sistem keamanan standar Android, tapi ada juga sistem keamanan tambahan buatan Samsung yakni Knox. Samsung juga terkenal paling cepat untuk urusan update OS, sehingga perangkat Anda bisa mendapatkan patch keamanan lebih cepat. Ini sangat penting mengingat banyaknya ancaman malware di dunia maya.  

Samsung Galaxy M62 memang belum mendukung jaringan 5G, tapi ini tentu tak mengurangi kenyamanan Anda. Mengapa? Karena jaringan 5G belum massive di Indonesia. Asalkan jaringan 4G stabil di daerah Anda, bermain game online sudah lebih dari cukup, apalagi sekedar untuk mengakses aplikasi sosmed.  

Kualitas kamera

Samsung Galaxy M62 memiliki setup kamera yang sama dengan M51. Ada pengaturan tiga kamera di bagian belakang dengan sensor utama 64MP dan tiga sensor lainnya yakni kamera ultrawide 12MP, sensor kedalaman 5MP, dan sensor makro 5MP. Beberapa referensi meneyebutkan sensor kamera utama Galaxy M62 menggunakan Sony IMX686.  

Meskipun menggunakan sensor yang sama dengan M51, pemrosesan gambar tingkat lanjut pada M62 menghasilkan gambar yang lebih baik. Mengapa? Karena Galaxy M62 menggunakan chipset yang lebih yang juga berpengaruh pada pemrosesan gambar.

Baca Juga:  3 Tips Simple Push Rank dengan Galaxy A53 5G
foto ultrawide , kondisi mendung

Foto yang diambil pada kondisi cahaya terang misalnya di luar ruang pada waktu siang, hasilnya memuaskan dengan detail yang tajam dengan warna yang kaya dan rentang dinamis yang memuaskan. Foto 64MP juga didukung dengan HDR sehingga tidak banyak mengorbankan kualitas gambar. Tapi, untuk pengambilan gambar pada malam hari kami sarankan baik menggunakan mode normal.

hasil foto M62 , kualitas baik berkaat HDR

Mode malam akan membantu Anda mendapatkan gambar yang baik pada lingkungan gelap. Dengan mode ini bisa mengurangi noise dan mendapatkan lebih banyak cahaya ke dalam gambar.

Foto makro, objek asli hanya berukuran 2 cm

Untuk kamera ultrawide, Galaxy M62 bisa dibilang mudah menjadi salah satu yang terbaik di segmennya. Hasil fotonya memiliki rentang dinamis yang baik dan tingkat detail juga memuaskan. Profil warna gambar ultrawide sedikit berbeda dari sensor utama. Selain itu, sensor ini memiliki FOV 120 derajat dan koreksi distorsinya juga cukup baik.

Samsung Galaxy M62 memiliki sensor kedalaman 5MP dan sensor makro 5MP. Berbicara tentang foto portrait, hasilnya terbilang halus. Selain itu, HDR membantu menjaga agar cahaya latar tetap terkendali. Sedangkan untuk foto makro, cukup bagus untuk mendapatkan detail dari objek foto.

Foto portrait selfie

Sekarang ke kamera depan, sensor 32MP mengambil foto yang bagus di bawah pencahayaan yang baik. Sekali lagi, fitur HDR membantu menjaga cahaya latar tetap terkendali bahkan dalam situasi sulit dan hasilnya berbicara banyak terutama pada foto potret. Secara keseluruhan, kamera selfie M62 cukup keren.

hassil foto malam dengan Night Mode, kualitas jempolan

Samsung M62 dapat merekam video hingga 4k 30fps. Kualitas video sangat bagus pada 4K dan bahkan pada 1080p. Untuk penyetabil gambar M62 mengandalkan EIS yang menghasilkan video yang cukup stabil.

Baterai dan Pengisian Daya

Berbekal baterai 7000 mAh, Samsung Galaxy M62 bisa menemani Anda lebih dari satu hari untuk pemakaian standar.  Yang jelas, untuk penggemar game dan fotogarfi, baterai 7000 mAh ini bakal nyaman dipakai seharian penuh. Pengalaman kami memainkan game PUBG selama 40 menit baterai yang terpakai hanya berkurang sekitar 6 persen.

Baterai besar ini didukung dengan pengisian daya cepat 25W. Untuk nmengisi baterai 7000 mAh nari nol hingga full hanya membutukan waktu 2 jam lebih sedikit. Baterai besar ini juga dimanfaarkan untuk mengisi baterai smartphone lain. Jadi jika rekan Anda kehabisan baterai, bisa dicas dengan M62. Fitur ini disebut Power Sharing.

Kesimpulan

Dengan baterai besar, Samsung Galaxy M62 cocok bagi Anda yang punya mobilitas tinggi juga buat Anda yang doyan nge-game seharian. Chipset Exynos 9825 sudah sangat tepat untuk menghadirkan performa tinggi kelas smartphone high end serta pengalaman multimedia yang keren. Tidak ada dukungan jaringan 5G bukan hambatan untuk saat ini, dan buat yang membutuhkan NFC, Galaxy M62 ini juga sudah tersedia. (*)

Previous article3 Indonesia Berikan Kuota Besar dengan Harga Hemat
Next articleReview realme Watch 2 dan Watch 2 Pro, Jam Tangan Pintar Anak Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here