Home REVIEW Review ASUS ROG Zephyrus G14 2022: Ringkas dan Lebih Bertenaga

Review ASUS ROG Zephyrus G14 2022: Ringkas dan Lebih Bertenaga

ASUS ROG Zephyrus G14 2022

tabloidpulsa.idASUS Indonesia resmi menghadirkan generasi terbaru laptop gaming unggulannya, ROG Zephyrus G14 2022 ke pasaran tanah air.

Hadir dengan konsep desain yang ringkas, unik sekaligus premium, membuat ASUS ROG Zephyrus G14 GA402 ini sangat ideal bagi para gamer.

Di generasi terbaru ini, ASUS menghadirkan sejumlah peningkatan yang tentunya akan mengkatrol performa laptop gaming ini ke level yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Kebetulan, redaksi tabloidPULSA.id berkesempatan untuk mencoba ROG Zephyrus G14 generasi paling anyar ini sebelum produknya resmi tersedia di pasaran.

Penasaran seperti apa kinerja keseluruhannya? Simak review ASUS ROG Zephyrus G14 2022 berikut ini.

Desain Ringkas Namun Berkelas

Serupa ROG Zephyrus G14 generasi sebelumnya, di produk terbaru ini pun ASUS tetap mempertahankan konsep desain yang bisa dibilang serupa, ringkas untuk sebuah laptop gaming.

Meski begitu, lekukan bodi serta konstruksi fisik keseluruhannya sangat kental aura futuristik dari sebuah laptop gaming pada umumnya. Hal ini juga bisa dilihat dengan tetap adanya label nama Republic of Gamers di bagian pojok bawah cover depan, dengan tampilan logo prismatik yang punya warna hologram baru lebih berkilau.

ROG Zephyrus G14 2022 hadir dengan dua opsi warna yakni Moonlight White dan Eclipse Grey, dan kebetulan unit yang kami review adalah varian warna abu-abu yang tampil elegan.

Secara tampilan, desain laptop ini tidak hanya cocok ditenteng oleh para gamer tapi juga para profesional muda. ROG Zephyrus G14 2022 sendiri memiliki dimensi 31,2×22,7×1,95cm dengan bobot 1,72 Kg.

Saat dibawa untuk bertemu dengan klien, atau nongkrong di coffee shop bersama rekan kerja, ROG Zephyrus G14 tidak terlihat kaku. Menurut kami desainnya mampu beradaptasi dengan baik di segala kebutuhan dan kondisi.

Di sini, ASUS sedikit merubah sisi bodi ROG Zephyrus G14 2022 dan membuatnya terlihat lebih estetik, ramping serta bersih. Sementara bagian bawah mesin didesain menggunakan logam berlubang yang menjaganya tetap tipis, dan mampu membuat jeroan di dalamnya “bernapas” dengan lebih mudah.

ASUS juga mendesain ulang panel indikator untuk menampilkan status sistem dan mencerminkan pola berlian pada sasis. Indikator ini bisa ditemukan pada area tengah sekitar lipatan layar dan keyboard.

Untuk memberi kenyamanan saat diletakan di permukaan datar, ROG Zephyrus G14 2022 ini memiliki bagian engsel yang dapat mengganjal sisi bawah yang disebut ErgoLift, agar sirkulasi udara bisa tetap terjaga. Laptop ini sendiri dapat dibentangkan hingga 180 derajat loh.

Anda yang gamer banget, tetap bisa mempersonalisasikan tampilan cover depan ROG Zephyrus G14 dengan karakter khas AniMe Matrix berupa animasi, teks maupun efek unik lainnya yang tersusun dari kumpulan mini LED yang jumlahnya sekitar 1.449 buah. Lebih banyak dibanding model sebelumnya yang berjumlah 1.215 lubang.

Inovasi ini sejatinya bukan hal baru lagi di lini ROG Zephyrus. Pasalnya, di beberapa produk sebelumnya ASUS sudah menerapkan, namun tentunya dengan teknologi yang masih tergolong standar.

Di ROG Zephyrus  G14 2022 ini, ASUS telah meningkatkan performa AniMe Matrix dengan lebih maksimal. Salah satunya dengan proses milling CNC presisi dengan lebih banyak lubang perforasi dengan jarak yang sangat sempurna. Berdasarkan data teknis, ada14.969 lubang perforasi yang di generasi sebelumnya hanya sekitar 6.536 lubang.

Selain itu, AniMe Matrix terbaru juga menghadirkan visualisasi animasi vivid, virtual pet OMNI serta sejumlah mini game seru yang dapat dimainkan pengguna. Setidaknya ada tiga mini game yang disediakan seperti Shoot ‘em up, Slot Machine dan Whack-A-Mole.

Pengguna juga tetap bisa menampilkan visualisasi audio (equalizer) yang dapat berubah sesuai lantunan lagu. Atau tampilan kalender, alarm dan masa pakai baterai layaknya di AniMe Matrix generasi sebelumnya.

ROG Zephyrus G14 2022 GA402 memiliki fitur touchpad yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Hal ini untuk menyesuaikan dengan tampilan rasio aspek 16:10 yang baru untuk kontrol responsif.

Sementara untuk struktur keyboardnya sendiri, laptop gaming terbaru ini tetap mengadopsi model sebelumnya. Tombol chicletnya cukup besar dan nyaman ditekan, dengan jarak antar tombol yang cukup renggang. Teknologi N-Key Rollover pun tetap dihadirkan untuk membuat setiap input diterjemahkan dengan akurat.

Menariknya, laptop gaming ini memiliki tombol keyboard dengan backlit terang yang dapat dipersonalisasi. Anda bisa melakukan pengaturan backlit ini di ROG Armory Crate, dengan beberapa pilihan efek. Bahkan dengan AURA Sync, Anda pun bisa mensingkronisasi tampilan warna backlit sesuai perangkat yang kompatibel.

Laptop gaming ini juga tetap menyediakan empat hotkey untuk pengaturan volume, mute mikrofon serta akses cepat ke ROG Armory Crate. Tombol shortcut gaming juga bisa dipersonalisasikan sesuai kebutuhan. Bisa diatur sebagai tombol cepat membuka aplikasi, tombol fungsi atau digunakan sebagai makro.

Serupa generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 2022 juga tetap menghadirkan tombol power yang berfungsi ganda sebagai panel sensor sidik jari, dan terintegrasi dengan Windows Hello.

Port dan Konektivitas

Meski memiliki bodi yang terbilang ramping, nyatanya ROG Zephyrus G14 2022 ini menyertakan port yang cukup lengkap. Mulai dua USB Type-C 3.2 Gen2, dua USB Type-A 3.2, HDMI 2.0b, audio combo jack 3.5mm dan slot microSD card reader (UHS II).

Menariknya, USB Type-C yang ada di sisi kiri ternyata mendukung DisplayPort 1.4 dan fitur Power Delivery.

Sementara untuk konektivitas, ROG Zephyrus G14 2022 ini dilengkapi Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2. Teknologi Wi-Fi 6E ini digadang-gadang mampu menghadirkan tingkat kestabilan serta kecepatan koneksi mendekati kabel.

Layar

Sesuai tipenya, laptop gaming ini mengusung layar berukuran 14 inci yang tampil maksimal dengan bezel tipisnya. ROG Nebula Display ini mendukung resolusi FHD+ (1920×1200) 16:10 rasio aspek dengan DCI-P3 100% dan mendukung refresh rate 144Hz serta 500 nits brightness.

Layar IPS laptop gaming ini mendukung response time 3ms, serta mendukung Dolby Vision HDR. Kolaborasi ini tentunya akan menghadirkan pengalaman menikmati konten multimedia termasuk gaming yang lebih optimal.

Dolby Vision ini meningkat pada video HDR 4K standar, menyesuaikan visual secara dinamis untuk membuat setiap gambar lebih kaya, lebih cerah, dan lebih hidup. Kreator dapat memfilmkan dan mengedit streaming, video, dan konten lainnya dalam format yang biasa digunakan oleh professional.

Tidak hanya itu saja, layar dari ROG Zephyrus G14 pun memiliki sertifikat PANTONE Validated Display karena sudah dikalibrasi secara langsung untuk memberikan warna akurat. Maka dari itu, laptop ini juga bisa digunakan oleh para content creator berkat layarnya yang unggulan.

Performa

ROG Zephyrus G14 yang kami uji ini didukung prosesor generasi terbaru yakni AMD Ryzen 7 6800HS dengan pabrikasi 6nm, yang memiliki 8 Core dan 16 Threads. Ini merupakan seri laptop gaming ROG pertama yang menggunakan AMD Ryzen 6000 Series.

Sedangkan untuk kinerja grafis, laptop gaming ini mengandalkan AMD Radeon RX 6700S GDDR6@8GB, serta didukung RAM 16GB DDR5 yang terdiri dari 8GB on board dan 8GB SO-DIMM. Untuk ruang penyimpanannya, laptop ini menggunakan SSD M.2 NVMe PCIe  4.0 berkapasitas 512GB.

Kombinasi hardware seperti ini tentunya tidak perlu diragukan lagi performanya. Semua fungsi laptop yang menggunakan Windows 11 Home Edition ini bisa dijalankan dengan sangat gegas dan bertenaga.

ROG Zephyrus G14 sendiri menyertakan beragam opsi untuk mengoptimalkan performa keseluruhan, yang bisa diatur pada ROG Armory Crate. Mulai pilihan standar Windows, Silent, Performance, Turbo hingga Manual.

Kinerja ini juga terlihat dari hasil benchmark menggunakan sejumlah aplikasi. Pengujian menggunakan Cinebench R15, rata-rata frame rate yang didapatkan untuk pengujian OpenGL adalah 91.86 FPS.

Sementaraa untuk performa CPU maksimal di 1059 cb. Sementara dengan aplikasi Cinebench R20, laptop ini mengantongi performa CPU di angka 2500 pts.

Untuk menguji kinerja memori, kami menggunakan aplikasi CrystalDiskMark dan hasil yang dicapai di review ASUS ROG Zephyrus G14 generasi terbaru ini menunjukan kemampuan read & write yang sangat mumpuni.

Jadi, tidak perlu heran jika berbagai jenis game dengan spesifikasi tinggi dapat dilibas dengan lancar oleh ROG Zephyrus G14 2022. Hal ini juga tidak lepas dari dukungan  MUX Switch, yang dapat mengalokasi kebutuhan grafis dengan lebih baik. Untuk game kompetitif, Anda dapat mengaktifkan mode GPU langsung yang mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja rata-rata hingga 5-10%.

Sistem  Pendingin dan Baterai

Sebagai laptop gaming, tentunya isu over heating menjadi hal yang paling banyak dipertanyakan. Beruntung, di ROG Zephyrus G14 2022 ini ASUS sangat memperhatikannya. Performa hardware yang kuat membutuhkan sistem pendingin yang kuat pula, apalagi dengan desain yang ringkas.

Laptop ini mengemas vapor chamber untuk CPU dan GPU dengan liquid metal thermal untuk menyalurkan panas secara lebih efisien dari komponen terpanas. Dalam mode ‘Silent’ selama tugas daya rendah, teknologi 0dB memungkinkan kipas dinonaktifkan secara otomatis untuk pengalaman yang benar-benar senyap.

Dibandingkan dengan heat pipe konvensional yang hanya mentransfer panas di sepanjang porosnya, desain vapor chamber menyebarkan panas ke seluruh permukaannya, menciptakan area yang lebih luas untuk pembuangan panas yang cepat di ruang kecil. Mereduksi suhu komponen dan membantu meningkatkan stabilitas sertan keandalan jangka panjang.

Berdasarkan data teknis, ROG Intelligent Cooling ini mampu mendongkrak temperatur CPU hingga 10 derajat lebih dingin, dann thermal conductivity 14 kali lebih baik.

Laptop gaming terbaru ini juga mendesain ulang Arc Flow Fans dengan 84 curved blades, untuk menghasilkan udara dingin yang lebih optimal namun tetap senyap. Ada juga Anti-Dust Tunnels 2.0 yang dapat menyalurkan udara panas dengan peningkatan 15% lebih baik.

Satu lagi yang masih terkait dengan sistem pendingin di ROG Zephyrus G14 2022 ini adalah hadirnya filter penyaring debu yang bisa mencegah debu masuk ke dalam sasis.

Lantas bagaimana dengan daya tahan baterai laptop ini? ASUS ROG Zephyrus G14 punya daya tahan yang cukup baik dari baterai berkekuatan 76WHrs. Untuk penggunaan normal, bisa bertahan hingga lebih dari 7 jam.

Laptop ini dibekali adapter berkekuatan 100W dan mendukung teknologi fast charging, yang dapat mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Kesimpulan

Kepiawaian ASUS dalam meracik sebuah laptop gaming yang mumpuni di segala aspek, kembali terbukti pada ROG Zephyrus G14 2022. Desain yang ringkas serta spesifikasi hardware paling baru menawarkan performa tertinggi untuk menikmati game, hiburan sekaligus produktivitas.

Untuk yang berminat dengan laptop gaming terbaru ini, ASUS membanderol ROG Zephyrus G14 GA402 dengan harga mulai Rp 20 jutaan dan tersedia di seluruh jaringan penjualan laptop ASUS di tanah air baik online maupun offline.

Kelebihan ASUS ROG Zephyrus G14 2022

  • Performa bertenaga dengan CPU AMD Ryzen 6000 Series
  • Layar terbaik dengan dukungan grafis  AMD Radeon RX 6700S
  • Desain unik dengan bodi ramping
  • Baterai tergolong awet untuk laptop gaming
  • Banyak fitur inovatif

Kekurangan  ASUS ROG Zephyrus G14 2022

  • Bodi panas di beberapa bagian, yang bisa mengganggu saat digunakan
  • Slot card reader hanya mendukung jenis microSD.
Previous articleZenius Jadi Mitra Promosi Pariwisata Indonesia Kemenparekraf
Next articleTECNO POVA 3 Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here