Home REVIEW Review OPPO A74 5G – Standar Baru Ponsel 5G untuk Semua Segmen

Review OPPO A74 5G – Standar Baru Ponsel 5G untuk Semua Segmen

OPPO A74 5G

tabloidpulsa.id – OPPO A74 5G merupakan ponsel pionir di berbagai hal. Ponsel ini merupakan ponsel A series OPPO pertama yang membawa kemampuan 5G, juga ponsel pertama yang menggunakan Chipset anyar Snapdragon 480, dan yang pasti merupakan ponsel 5G pertama yang dijual di rentang harga mid-low. Berikut ini adalah Review OPPO A74 5G.

Menggunakan chipset anyar Qualcomm yang sengaja dirilis untuk menyediakan akses 5G bagi pasar yang lebih luas di segmen entry ke mid-low budget, OPPO menyiapkan sejumlah fitur mumpuni di sebuah ponsel seri A. Tak sekedar mengandalkan teknologi jaringan yang siap untuk ber-5G, OPPO A74 5G juga membawa performa dan kemampuan AI yang belum ada di ponsel dengan dukungan snapdragon seri 4xx sebelumnya.

Harga: Rp. 3.699.000

Ketersediaan Warna: Fluid Black dan Space Silver

Paket Penjualan: Ponsel OPPO A74 5G, Silicon Soft Case, Charger adapter, Kabel Data USB Type-C, Earphone, Panduan cepat, kartu garansi

ProsesorQualcomm® Snapdragon™480 5G
RAM + ROM6 GB LPDDR4X + 128 GB UFS 2.1
Berat & KetebalanSekitar 180 gram & 8.42mm 
Tampilan Layar6.49-inch FHD+ punch-hole LCD screen2400 x 1080 pixels; 405 PPI; 90HZ Refresh Rate; 90.5% Screen to Body Ratio
Kamera Depan16MP F/2.0
Kamera Utama·     48MP Main Camera F/1.7·     8MP Wide-angle Camera F/2.2·     2MP Mono Camera F/2.4·     2MP Macro Camera F/2.4
Penguncian PerangkatSide Fingerprint Sensor
Kapasitas Baterai18W Fast Charge5000mAh Capacity
JaringanDual-mode 5G, 4G LTE, VoLTE
Konektivitas3.5mm Audio Jack, Bluetooth, NFC
Sistem OperasiColorOS 11.1
WarnaFluid Black & Space Silver 
HargaRp3.699.000

Desain Tipis Khas OPPO Terbaru

Akhir-akhir ini produk OPPO dibuat dalam desain yang pasti Anda semua setuju, elegan dan nyaman di genggaman. Ponsel dibuat tipis dengan bagian tepi layar dibuat melengkung agar tidak menyakiti tangan dan proporsi layar dibuat sedemikian rupa sehingga enak digunakan dengan hanya satu tangan saja.

Tapi bukan OPPO namanya kalau tidak memperkenalkan pendekatan warna yang baru. Dan kali ini giliran warna Space Silver yang menggunakan konsep warm tech, memperlihatkan finishing matte di atas permukaan lapisan silver yang halus.

Selain Space Silver, A74 5G juga menyediakan warna lain yakni Fluid Black, seperti yang kami review kali ini. Mirip dengan warna OPPO Reno5 F yang kami review sebelumnya di sini (LINK). Sepertinya kami cukup berjodoh dengan model warna hitam seperti ini ya? Dan itu bukan hal buruk.

Fluid black ini seperti halnya yang dibawa di Reno5 F merupakan gabungan dari warna hitam dan silver. Membentuk alur warna gradasi yang bisa berubah-ubah tergantung dari sudut datangnya cahaya. Cukup menantang untuk bisa memotret warna asli dari back cover ponsel ini.

Desain tipis seperti ini biasanya akan punya masalah dengan pembuangan panas berlebih dari ruang hardware. Tapi jangan khawatir, seperti halnya dengan beberapa produk sebelumnya, OPPO A74 5G juga memiliki fitur multi-cooling system dengan menggunakan lapisan pelat grafit setebal 0,1 mm di tempat-tempAt yang dibutuhkan. Memisahkannya dengan bagian layar dan back cover.

Baca Juga:  Ini Perbedaan OPPO A96 dengan Versi Terdahulu, OPPO A95

Selebihnya ponsel ini membawa port tradisional seri A, yakni port USB Type C dan port audio 3.5 mm. Serta Sensor sidik jari yang ditanamkan pada tombol power untuk akses yang lebih responsif, aman dan tidak membutuhkan banyak ruang.

Sementara itu, masih di bagian back cover, kita bisa melihat hadirnya 4 kamera utama dan satu lampu flash. Dikumpulkan dalam satu bidang persegi panjang yang menempati pojok kiri atas ponsel. Yang memiliki ketebalan cukup signifikan sehingga terlihat menonjol.

Layar 90 Hz, Nyaman untuk Mata

Beralih ke bagian layar, OPPO A74 5G juga menyediakan layar dengan refresh rate yang relatif tinggi dibandingkan layar normal, yakni 90Hz. Dengan demikian akan terasa nyaman untuk mata, mulai dari saat menggeser-geser menu hingga bermain game.

Layar dengan panel IPS LCD LTPS (Low Temperature Poly-Sillicone) ini secara mengejutkan terlihat mencolok, mampu menampilkan warna dengan apik tidak kalah dengan panel layar lain. Layar dengan warna apik dan refresh rate 90 Hz ini disebut oleh OPPO sebagai Hyper-Color Display. Masuk akal. Dan Anda bisa mencobanya secara langsung saat Anda mau membeli untuk bisa merasakan hal yang sama dengan kami.

Membentang 6.5 inci, layar ponsel ini memuat resolusi FHD+ atau setara dengan 1080 x 2400 pixel. Menghasilkan kepadatan pixel yang relatif apik hingga angka 405 ppi. Baik gambar ikon, ataupun tulisan terlihat padat dan salah satu efeknya ada pada kenyamanan mata saat melihat layar, terutama saat melihat hasil foto di galeri.

Seperti biasa, OPPO juga menyematkan teknologi untuk mengurangi kerusakan pada mata Anda. Ada Sunlight  Screen yang akan aktif ketika ponsel mengenali penggunaan di bawah terik matahari, atau moonlight Screen saat Anda berada di area gelap atau mini cahaya.

Termasuk  juga hadirnya AI Backlight yang akan senantiasa mempelajari kecenderungan Anda saat berada di kondisi pencahayaan tertentu untuk nantinya diaplikasikan secara otomatis sat menemukan kondisi cahaya yang sama.

Percayalah, awalnya agak kurang nyaman karena kita terbiasa di segala kondisi menggunakan kecerahan paling tinggi. Tapi ini demi kesehatan mata Anda, jadi bertahanlah dan pasti Anda bisa terbiasa dalam waktu yang tidak terlalu lama.

ColorOS 11.1 Penuh Fitur Menarik

Beberapa kali di setiap review OPPO kami selalu menyebutkan hal ini. Bahwasannya kehadiran ColorOS akan menambah pengalmaan Anda dalam berponsel. Begitu banyak hal yang ditawarkan, terutama untuk colorOS ini. Baik yang sudah terinstal sebagai aplikasi dan fitur bawaan, maupun fitur lain yang bisa didownload dari OPPO App Market.

Baca Juga:  OPPO Reno6 Sudah Bisa Dibeli Mulai Besok, Harga Rp 5 Jutaan

Game Space atau ruang game merupakan salah satu yang tidak bisa tidak digunakan. Karena dengan aplikasi ini kita bisa mendapatkan pengalaman ngegame yang eksklusif. Dengan fitur-fitur killer semisal Bullet Notification, di mana kita bisa membaca pesan teman di layar game tanpa perlu membuka apapun, atau Game Assistant yang memuat banyak fitur kustomisasi untuk memperlancar hobi Anda dalam bermain game di ponsel.

Pada bagian fotografi juga demikian, ada sejumlah fitur AI yang dimunculkan oleh ColorOS untuk meningkatkan bidikan dan hasil jepret kamera ponsel ini. Termasuk juga efisiensi penggunaan memori dan daya melalui fitur Phone Manager.

Snapdragon 480, Dua Kali Lebih Powerful

Berikutnya kita masuk ke dalam otak dari OPPO A74 5G. Tidak lain dan tidak bukan adalah chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 480. Merupakan produk anyar Qualcomm tahun 2021 yang sengaja dibuat untuk memenuhi portofolio chipset 5G mereka. Setelah sebelumnya sudah membuat seri 8xx, 7xx dan 6xx dengan dukungan 5G, kini giliran seri 4xx yang mendapatkan update.

Oke sebelum masuk ke dalam pembahasan apa pengaruhnya ke OPPO A74 5G kita akan review secara singkat dulu SoC ini ya. Karena meskipun memiliki kode angka 4 di depan, yang notabene adalah chipset untuk seri menengah ke bawah bahkan sampai ke entry level, rupanya SD 480 dengan fabrikasi 8nm ini menawarkan sejumlah lompatan teknologi.

Hal ini dijelaskan oleh pihak Qualcomm bahwasannya saat sebuah produk telah siap digunakan untuk berjalan di jaringan 5G, maka mereka pun harus siap untuk berakselerasi dengan performa yang standar 5G. 

Dengan kata lain, peningkatan 2 x lipat dari seri 4xx terdahulu, yakni SD 460, dengan menanamkan inti Kryo 460 di CPU dan penggunaan GPU kelas atas Adreno 619 adalah upaya untuk menyiapkan produk dengan SD 480 agar mampu berjalan baik di jaringan 5G nantinya.

Sebagai contoh lain nih. tidak heran jika chipset ini pun menanamkan triple ISP chip untuk kamera yang lebih baik. Karena dengan 5G, kita bisa melakukan video call dengan resolusi yang lebih tinggi, atau mebgirimkan video yang lebih besar. Bandingkan dengan seri 4xx yang sebelumnya hanya mendukung dual ISP 14-bit saja.

Juga dengan makin kecilnya fabrikasi chipset, yakni 8nm, maka Qualcomm bisa menyematkan lebih banyak fungsi ke dalam sistem chip ini. Terutama di sisi audio dengan Dirac 2.0 dan dukungan refresh rate hingga 120Hz.

Jadi, keuntungannya bagi pengguna OPPO A74 5G, meskipun jaringan 5G nya belum bisa digunakan, kita masih bisa merasakan lompatan teknologi ini untuk kegiatan sehari-hari. Sepanjang review, kami memotret, nonton tayangan streaming dan nge-game tanpa ada masalah dan merupakan beberapa hal yang bisa kita rasakan langsung manfaatnya dari penggunaan chipset ini.

Baca Juga:  OPPO Experience Store Terbaru Hadir di Palembang, Ada Diskon Hingga 70%

Semisal saat menerima panggilan telepon, suara kita benar-benar akan terisolasi dari suara lain di background sehingga obrolan semakin terasa lebih privasi tanpa terganggu noise dari luar.

Dan itu sudah termasuk ditemani dengan RAM 6GB LPDDR4X dan ruang penyimpanan internal 128GB. Beberapa pengalaman kami saat mereview ponsel ini sih sama sekali tidak menunjukkan bahwa ponsel ini adalah ponsel dengan dukungan Snapdragon seri 4xx.

Sayangnya, meski baterai yang dibawa sudah cukup besar untuk mengawal semua kemampuan OPPO A74 5G yang kami review, OPPO tidak menyematkan teknologi VOOC nya di produk ini. Sebagai gantinya, OPPO menyiapkan standar fast charging generasi awal yakni 18W untuk mengisi baterai berkapasitas 5000 mAh ini.

Untungnya OPPO telah menjamin keamanan ponsel ini saat dicharge semalaman sambil ditinggal tidur. Karena ponsel ini telah memiliki sejumlah sensor panas, bahkan bisa mengatur panas sendiri, sehingga mampu mengurangi kejadian fatal yang mungkin bisa disebabkan oleh faktor pengisian daya ponsel.

4 Kamera dengan AI

Selanjutnya kita akan membahas bagian fotografi alias imaging OPPO A74 5G. Dari IG kami http//instagram.com/pulsachannel mungkin Anda sudah mendapat gambaran hasilnya akan seperti apa. Yang pasti ada proses peningkatan warna menjadi lebih dramatis. Terlihat mencolok dengan warna yang menyeruak lebih berani.

Anda yang tidak menyukai karakter seperti ini bisa mengaturnya lebih lanjut di pengaturan manual, atau dengan menonaktifkan fungsi AI. Tapi bagi pemotret pemula, tentu ini akan membantu.

Tapi hey, kita belum berkenalan dengan konfigurasi kameranya nih. Ya, OPPO A74 5G membawa 4 kamera utama. Terdiri dari kamera 48MP dengan bukaan f/1.7 sebagai kamera wide (utama), lalu ada kamera 8MP dengan bukaan f/2.2 ultra wide 119 derajat. Ditemani dengan 2MP kamera macro dengan bukaan f/2.4 dan 2MP kamera depth juga dengan bukaan f/2.4.

Dari sini kita bisa mengharapkan performa yang umpuni di bawah sinar yang tidak menguntungkan. Bukaan f/1.7 pada kamera utama akan memberikan ruang lebih pada masuknya cahaya dan hal ini makin menjelaskan pada kami mengapa saat digunakan di cahaya redup hasilnya tetap mumpuni.

Lalu untuk kebutuhan selfie, OPPO A74 5G yang kami review ini menggunakan kamera 16MP dengan bukaan f/2.0 yang tertempel pada layar dengan desain puch hole. Khas ponsel OPPO anyar.

Hasilnya bisa Anda lihat pada gambar-gambar berikut.

Kesimpulan

Teknologi 5G yang menjanjikan hingga tak sabar kita dibuatnya, nampaknya akan segera hadir di Indonesia dalam waktu yang tidak lama lagi. Mungkin setahun ke depan kita bisa melihat produk-produk dengan dukungan jaringan selular tingkat tinggi ini bermunculan demi mempersiapkan diri di sisi hardware.

OPPO A74 5G termasuk yang paling agresif dan beruntung bisa mendapatkan kesempatan menjadi pertama di kelas mid-low. Menawarkan 5G untuk kelas yang lebih rendah dari produk-produk 5G mereka sebelumnya. Sebagai bonus, sambil menunggu jaringan 5G dimulai, kita bisa merasakan peningkatan performa yang signifikan dan fitur-fitur tambahan yang menarik dari sebuah chipset seri 4xx dengan harga yang relatif terjangkau.

Sayangnya, saat review OPPO A74 5G ini dilakukan, produknya tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas dan hanya dijual melalui Online dan e-commerce tertentu saja. Cek Link berikut untuk info lebih lanjut LINK.

Previous articleSmart TV Generasi Terbaru TCL A20 Resmi Hadir di Indonesia
Next articleIni Dia Daftar OPPO 5G Ready, A74 5G yang Paling Murah
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here