Home REVIEW Review OPPO Reno5 F: Lebih Serius Buat Nge-Game, Multimedia Tetap Keren

Review OPPO Reno5 F: Lebih Serius Buat Nge-Game, Multimedia Tetap Keren

review reno5 f

tabloidpulsa.id – Bulan Maret lalu OPPO Reno5 Series memberikan beberapa kejutan. Mulai dari OPPO Reno5 Marvel Edition hingga munculnya Reno5 Versi terjangkau, OPPO Reno5 F. Produk ini menarik perhatian kami karena mulai berani mengunggulkan kemampuan gaming, selain tentu saja display yang menawan dan fitur kamera yang memanjakan. Ini review kami.

Sebelum masuk ke pembahasan, perlu diingat bahwa OPPO Reno5 F merupakan versi pembaharu dari produk OPPO Reno4 F. Secara spek mungkin tidak jauh berbeda. Tapi sudah kami bahas lewat tulisan Adu Fitur (Cek di sini), bahwa keunggulan Software membuat Reno5 F lebih punya value dibandingan pendahulunya itu.

Review OPPO Reno5 F kali ini tidak akan banyak mengulas perbedaannya dengan ponsel pendahulu, jadi silakan cek link di atas jika Anda masih ingin membandingkannya.

Harga: Rp 4.299.000

Warna: Fantastic Purple, Fluid Black 

Paket Penjualan: ponsel Reno5 F, Charger adapter VOOC versi 4, Kabel data USB Type C, SIM Ejector, panduan keamanan, panduan memulai cepat, casing pelindug, earphone

Dimensi & Berat (mm&gram)160.1 x 73.2 x 7.8 mm/172 gram
SIM & Jaringan 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)ColorOS 11 berbasis Android 11
Supported storage eksternalmicroSD up to 256GB
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci, 2400 x 1080 piksel (~409ppi) 20:9 aspect ratio, AMOLED, 60Hz, 90.8% screen to body ratio, Gorilla Glass 3+
Prosesor/ CPUMediatek Helio P95 Octacore (2×2.2 GHz Cortex & 6×2.0 GHz Cortex A55 (12 nm)/ GPU PowerVM GM9446
RAM & Internal Storage8 GB RAM LPDDR4X/ 128 GB ROM
Kamera (MP/fitur)Belakang: Quad Camera, 48MP (f/1.7) main, 8MP (f/2.2) Ultrawide, 2MP (f/2.4) Makro, 2MP (f/2.4) Mono
Depan: 32MP (f/2.4) selfie camera
Baterai jenis (jenis)4310 mAh (non-removable), Fast charging 30W VOOC 4.0
Spesifikasi

Desain Tipis, Pilihan Warna Baru

Reno5 F dibuat berdasarkan desain seri Reno anyar yang mengutamakan bodi ramping sehingga tampil sederhana namun terlihat modern. Sebagai anggota Reno5 series yang artinya sudah masuk dalam kategori ponsel menengah ke atas, maka material ponsel ini pun sudah tidak bisa diragukan lagi.

Dengan kata lain, ponsel ini enak dilihat, pun terasa eksklusif ketika dipegang.

Penggunaan material panel komposit, pada back cover dan pewarnaan yang dipilih untuk ponsel ini juga menarik untuk dibahas. Meski OPPO sendiri menyatakan bahwa warna gacoannya adalah Fantastic Purple yang berbasis Aurora, warna Fluid Black pun tidak kalah keren.

Dua warna yang tersedia untuk Reno5 F ini merupakan perpaduan warna gradasi yang terpisah secara horisontal. Di mana warna gelap akan berangsur cerah ke bagian bawah dan batasan warna ini bisa berubah ketika dilihat dari beberapa sudut.

Fantastic purple terinspirasi dari warna aurora, yang terdiri dari ungu dan hijau, sementara Fluid Black mengingatkan kita pada warna campuran cairan tinta warna perak dan hitam. Sama-sama bagus dan cocok untuk target market Reno5 F yang merupakan anak muda atau mereka yang baru saja bekerja dan mendapat gaji pertamanya.

Warna pada back cover ini kemudian dilapisi oleh finishing glossy. Nah biasanya tekstur seperti ini akan cepat meninggalkan jejak sidik jari kan? Tapi di Reno5 F tuh tidak terlalu demikian. Kalaupun ada sidik jari yang terlihat, hanya sebentar sidik jari itu akan hilang. Kecuali kalau memang tangan kita terlalu basah karena keringat atau kotoran bekas makanan.

Beralih ke bagian depan, atau muka, di situ sudah barangtentu dipenuhi oleh layar. Tapi ada yang menarik, yakni penggunaan desain single hole-punch untuk meletakkan kamera selfie di bagian pojok kiri. Sementara bezel dibuat tipis dimana bagian atas terlihat lebih tipis dari pada bagian bawah. 

Hal ini bisa kita manfaatkan saat menggunakan ponsel dengan satu jari. Dimana layar bawah ponsel memberi ruang untuk jemari kita bersitirahat dan mengurangi efek salah pencet.

Tombol volume dan power seperti biasa diletakkan di sisi yang berbeda, sementara port USB dan lubang jack Audio 3.5 mm berada di bagian bawah ponsel.

Layar AMOLED, Nyaman di Setiap Waktu

Reno5 F membawa layar AMOLED dengan bentangan 6.43 inci. Layar ini mampu memancarkan warna yang mencolok, enak dipandang dan dengan kerapatan tinggi. Karena telah mendukung resolusi FHD+ yakni 2400 x 1080 pixel, dengan refresh rate standar 60Hzz.

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian desain, layar AMOLED ini menyisakan satu bagian untuk lubang kamera atau disebut juga Single Punch-Hole Display. Hal ini membuat layar semakin lega dan perbandingan layar ke semua badan ponsel jadi tinggi sekali, yakni 90.8%.

Layar OPPO Reno5 F juga sudah dilindungi dengan lapisan kaca pelindung Gorilla Glass 3+, yang akan memberikan proteksi tambahan agar layar tak mudah rusak.

Masih di sisi layar, ponsel ini juga telah menyematkan teknologi In-Display Fingerprint 3.0 yang diklaim akan lebih aman. Selain cepat mendeteksi sidik jari kita, juga mampu membedakan mana sidik jari yang benar mana yang palsu berkat teknologi kompensasi cahaya terbaru yang dibawa.

Tapi yang paling akan sering kita rasakan adalah fitur all-day AI eye comfort-nya sih. Di mana AI akan mengenali pencahayaan yang terjadi di mana kita menggunakan ponsel ini. Jika AI mendeteksi kita tengah menggunakan di bawah terik matahari, maka ia akan mengaktifkan teknologi Sunlight Screen.

Namun sebaliknya, jika AI mendeteksi kita berada di kondisi cahaya malam yang relatif gelap, maka AI akan engaktifkan fitur Moonlight Screen. Di mana secara otomatis meredupkan layar ke kercerahan terendah 2 nits, dengan temperatur warna juga yang lebih rendah.

ColorOS 11 yang Condong untuk Nge-Game

Hal pertama yang memperkuat pernyataan OPPO bahwa Reno5 F adalah juga sebuah ponsel gaming hadir di salah satu fitur bawaan ColorOS11-nya. Reno5 F ini sudah ColorOS 11 sejak diluncurkan, sejak lahir. Dan beberapa fitur unik juga sudah dibawa ponsel ini termasuk Game Space, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai fitur ruang game.

Fitur ini akan membuat penggunanya bermain game sesuai dengan kebutuhan, karena memiliki 3 mode bermain. Mempengaruhi kinerja hardware yang terkait, termasuk baterai, RAM, dan CPU/GPU. Tapi bukan itu saja yang menarik.

Hadirnya mode game fokus menjadi salah satu yang paling membantu kita betah nge-game berlama-lama. Di mode ini, secara otomatis sistem ponsel akan memblok semua alarm, notifikasi, panggilan masuk, Quick settings, gesture navigation, bahkan game assistant juga.

Padahal mode game focus ini berada di game assistant yang punya banyak fitur di dalamnya. Game assistant ini aktif langsung saat kita memainkan game dan tersembunyi di sebelah kiri layar dan kita bisa membukanya dengan megusap layar masuk ke dalam.

Dalam game assistant kita bisa megatur agar semua pesan bisa tertampil dalam bentuk bullet notification. Pesan whatsapp misalnya, bisa tertampil sebagai sebuah running text di layar saat ngegame. Pas banget nih buat yang main game PUBGM, saat tengah mengendap-endap dan mengawasi sekitar, pesan masuk bisa tetap terbaca tanpa mengahalangi pandangan.

Kita bisa mengatur berapa lambat gerakannya agar bisa kita baca, dan tingkat opacitynya agar tidak terlalu mengganggu saat bermain game.

Banyak banget sih fitur di ColorOS11 Reno5 F ini untuk dibahas lebih lanjut. Khususnya di bagian gaming ini. Hmmm tunggu ulasan mengenai ASL 2021 dan fitur game yang ada di OPPO Reno5 F lebih dalam lagi beberapa saat setelah tulisan ini Anda baca ya.

Intinya, selain ringan, dan tampil sederhana ColorOS 11 berbasis Android 11 ini akan memanjakan pengguna Reno5 F di sejumlah kebutuhan dan fungsi. Game mungkin hanya salah satu yang mendapatkan upgrade. Tapi jangan lupa juga di sisi multimedia, Reno5 F tetaplah ponsel OPPO dengan colorOS 11 lengkap dengan fitur pendukung untuk para creator yang termasuk lengkap di kelasnya.

SoC, Baterai dan Sistem Pendingin 

Berikutnya kita bahas apa sih yang membuat Reno5 F juga disebut sebagai ponsel yang cocok untuk ngegame hardcore. Tentu saja itu semua terkait dengan SoC yang dibawa. Mediatek Helio P95, lengkap dengan NPU yang memadai dan fungsi akselerasi saluran ganda WiFI dan 4G untuk mendongkrak kecepatan koneksi.

Chipset yang membawa CPU berinti 8 ini memiliki kecepatan hingga 2.2 GHz dan membawa GPU IMG 9XM-HP8 di kecepatan 970 MHz. Dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB, maka di atas kertas SoC yang dibawa sudah mumpuni untuk bermain game yang berat sekalipun.

Ditambah dengan hadirnya teknologi Multi-cooling System pada Reno5 F, mampu membuang panas 21,9% lebih efisien, maka kinerja ponsel bisa meningkat lebih baik. Tidak hanya untuk kebutuhan ngegame, tapi juga untuk solusi kamera dan aplikasi video yang terkenal berat.

OPPO Reno5 F didesain sedemikian rupa, dengan menempatkan sejumlah lapisan tabung grafit dan lembaran grafit di area sekitar chipset tapi tetap mempertahankan bodi agar tetap ramping dan nyaman digenggam.

Ponsel ini juga memiliki sensor suhu yang disematkan di seluruh bagian ponsel, sehingga saat terdeteksi ada panas berlebih, sistem akan mengoptimalkan frekuensi CPU dan arus pengisian daya. Dengan demikian, rasanya aman-aman saja ketika kita bermain game sambil melakukan charging.

Reno5 F membawa baterai berkapasitas 4310 mAh dengan teknologi pengisian daya cepat VOOC versi 4, yang memungkinkan pengecasan 30W. Hanya 56 menit, ponsel terisi penuh dan dengan pengisian 5 menit saja, ponsel dapat digunakan untk menonton youtube hingga mendekati 3 jam.

Kamera dengan Fitur Anyar

Sudah menjadi ciri khas OPPO, di mana sebuah ponsel baru akan membawa fitur kamera anyar yang berebda dari yang lain. Di samping tentu saja fitur-fitur AI lawas yang juga hadir menjadi gacoan produk ini.

Tapi sebelum sampai ke sana, mari kita lihat konfigurasi kamera utama yang dibawa ponsel ini. OPPO Reno5 F membawa 4 lensa kamera utama, yakni 48MP (f/1.7), 8MP ultrawide (f/2.2), 2MP kamera makro (f/2.4) dan 2MP kamera mono (f/2.4).

Ditambah satu kamera selfie yang diletakkan di depan. Kamera ini membawa resolusi 32 MP (f/2.4).

Fitur baru yang dibawa Reno5 F adalah fitur Dynamic Bokeh. Di bagian foto portrait, kita bisa mengaktifkan efek, yang letaknya di kiri atas berbentuk 3 lingkaran saling beririsan. Ketika ikon ini aktif atau nyala, maka di bagian bawah akan ada pilihan pertama berupa Dynamic Bokeh, menemani efek lain yakni neon portrait, AI color Portrait dan filter lainnya.

Dynamic bokeh ini akan membuat bagian belakang foto firi kita terlihat bergerak dinamis. Seakan-akan kita sedang bergerak atau memunculkan efek panning yang biasa dilakukan menggunakan gerakan tertentu.

Hasilnya kece. Membuat foto portret kita terlihat lebih menarik dan dinamis.

Selain itu tetap hadir fitur-fitur andalah Reo5 series, semisal AI Color Portrait yang juga bisa digunakan dalam video. Mengisolasi warna pada obyek manusia lalu memudarkan warna background. Lalu ada juga AI Color isolation, yang terdiri dari Crimson, Forest Green dan Sky blue. Nah kalau ini tidak hanya obyek manusia yang bisa ditangkap.

Command nya berdasarkan warna. Menjadikan video kita tampil lebih unik dan menarik. Berikut beberapa hasil foto dan video menggunakan fitur-fitur yang disebutkan di atas.

Kesimpulan

Meskipun disebut-sebut sebagai anggota Reno5 Series termurah, bukan berarti Reno5 F membawa fitur yang murahan. Sejumlah fungsi yang biasa hadir di seri Reno5 juga tetap hadir di ponsel ini. Bahkan dengan beberapa sentuhan di sisi software dan hardware, produk ini bahkan siap untuk digunakan berlama-lama bermain game.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here