Home REVIEW Review Infinix Zero 20: Terbaik untuk Segala Kebutuhan

Review Infinix Zero 20: Terbaik untuk Segala Kebutuhan

Review Infinix Zero 20

tabloidpulsa.idInfinix kembali membombardir pasar smartphone tanah air lewat sejumlah produk unggulan terbaru, salah satunya adalah Infinix Zero 20.

Smartphone yang diluncurkan bersamaan dengan Infinix Zero Ultra ini digadang-gadang sebagai pendobrak segmen mid-end, melalui spesifikasi mumpuni yang diusungnya.

Tidak tanggung-tanggung, Infinix Zero 20 membawa sejumlah inovasi kelas premium diantaranya layar terbaik di kelasnya, chipset unggulan, baterai dengan dukungan teknologi fast charging serta kamera beresolusi besar yang baru pertama kali dihadirkan Infinix di lini produk besutannya.

Selain itu semua, Infinix Zero 20 masih menyertakan segudang keunggulan lainnya yang sangat dinanti-nanti para pengguna yang ingin selalu eksis di media sosial. Penasaran? Simak review lengkap Infinix Zero 20 berikut ini ya.

Harga: Rp 3.399.000
Pilihan Warna: Space Gray, Glitter Gold, Green Fantasy
Paket Penjualan: Handset Infinix Zero 20, Silikon case, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.43 x 76.66 x 7.98 mm/ 196 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi a/b/g/n/ac
Sistem Operasi (OS)XOS 10.6, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 256 GB
Layar inci – Tipe Screen6.7 inci, 108.4 cm2 (~86.0% screen-to-body ratio), 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~393 ppi density), AMOLED, 90Hz
Prosesor/ CPUMediatek Helio G99 (6nm); Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G57 MC2
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
108 MP, (wide), PDAF + 13 MP, AF + 2 MP; Quad-LED flash, HDR
Camera Video: 1440p@30fps

Depan Single:
60 MP, (wide), AF, OIS; Dual-LED flash, HDR
Video: 1440p@30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-po (non-removable); Fast charging 45W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Chipset gaming terbaik di kelasnyaTidak mendukung jaringan 5G
Layar AMOLED dengan refresh rate 90HzBodi agak tebal
Baterai tahan lama dengan fast charging 45W
Memori luas plus Extended RAM 
Kamera utama 108MP, kamera depan 60MP + OIS 

Desain Kotak Premium

Tren smartphone dengan desain “kotak” sepertinya sudah merambah ke semua segmen. Mulai dari kelas premium, menengah hingga entry-level.

Baca Juga:  Review Freebuds 4i, Desain Elegan Plus Fitur Peredam Bising (Updated)

Di Infinix Zero 20 ini pun Anda akan disuguhkan konsep desain minimalis yang kental aura smartphone premium dari brand berlogo buah.

Infinix sendiri sejatinya bukan baru pertama kali menerapkan model desain perangkat yang mengotak. Sebelumnya, ada Infinix Hot 12 yang punya desain dengan sebutan “Durable Flat-Edge”.

Meski terkesan ‘ngejiplak’, namun tampilan desain yang dihadirkan Zero 20 ini tentunya tetap memiliki ciri khas tersendiri.

Pertama dan yang cukup mencolok, di bagian belakang perangkat ini terdapat modul kamera yang berbentuk kotak. Sebagian besar permukaannya menyembul keluar, dengan model Double-loop Camera.

Sedikit agak mengganggu sih, namun jika Anda menggunakan soft case yang disertakan dalam paket penjualannya, persoalan ini dapat terselesaikan.

Hanya saja, penggunaan soft case akan membuat bodi Zero 20 jadi terlihat bertambah tebal. Padahal, fisiknya sendiri sejatinya memang memiliki dimensi yang cukup tebal.

Meski begitu, ukuran keseluruhan smartphone ini masih tergolong nyaman untuk digenggam, plus bobotnya pun tidak terlalu berat.

Selain itu, sisi belakang Zero 20 juga dilapisi material khusus yang terasa kesat dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari yang berkeringat.

Kedua, sisi samping bodi Zero 20 dilapisi bahan metal chrome yang terlihat mengkilap, dan membuatnya tampil premium serta berkelas.

Terakhir yang membuat tampilan cover belakangnya terlihat keren adalah penempatan logo “ZERO” yang cukup pas dan terlihat mantap saat smartphone diposisikan layaknya tengah mengambil foto.

Layaknya perangkat terdahulu, Infinix meletakan sejumlah kompartemen penting di sisi bodi. Tombol volume ada di bagian kanan, persis di atas panel sensor sidik jari (fingerprint) yang sekaligus menjadi tombol daya (power).

Sementara sisi bersebelahan, Zero 20 meletakan slot SIM Card yang terdiri dari 2 tempat Kartu SIM dan dibaliknya ada 1 tempat kartu memori microSD.

Di sisi bawah bodis, perangkat ini meletakan audio jack 3,5mm, mikrofon, USB type-C dan corong speaker.

Poin plusnya, Infinix Zero 20 ini juga menyertakan corong speaker lain yang ada di bagian sisi atas untuk menunjukan kemampuan audio yang dibawanya berupa Dual Speaker dengan dukungan DTS Audio.

Oiya sebagai informasi, Infinix Zero 20 sendiri hadir dengan tiga pilihan warna trendi yakni Space Gray, Glitter Gold, Green Fantasy.

Layar AMOLED 90Hz

Selain tampil engan desain berkelas, Infinix Zero 20 juga mengusung model layar pilihan yang cukup ngetren. Top-Notch yang diusung perangkat ini tampil lebih minimalis dan unik dibanding produk sekelasnya.

Tidak hanya itu, Infinix juga sangat memperhatikan harapan konsumen dengan menghadirkan teknologi layar terbaik di segmen premium yakni AMOLED.

Baca Juga:  Review OPPO Find N3 Flip, Percobaan Kedua yang Menjanjikan

Layar jenis ini digadang-gadang sanggup menghadirkan tampilan sinematik dengan warna vivid serta gambar yang super tajam.

Dengan ukuran 6,7 inci, layar smartphone ini sudah mengusung resolusi Full HD+ serta mendukung frame rate 90Hz. Suatu kombinasi yang mumpuni untuk menyajikan konten-konten terbaik dan kenyamanan saat menelusuri layar untuk mencari informasi menarik di media sosial.

Keunggulan lain yang coba dihadirkan Infinix, layar Zero 20 juga telah mengantongi sertifikasi TUV Rheindland untuk kenyamanan mata dan mencegah efek cahaya biru berlebih sampai ke mata.

Lewat kombinasi dengan antarmuka XOS v12 berbasis Android 12, pengguna juga bisa melakukan sejumlah personalisasi terkait tampilan layar.

Mulai dengan mengaktifkan Dark Mode, mengatur Brightness, menyesuaikan refresh rate layar sesuai kebutuhan, mengeset Ultra Touch agar proses geser-geser layar jadi lebih maksimal, hingga melakukan sedikit utak-atik di Color Style supaya warna yang muncul di layar terlihat lebih optimal.

Kamera Terbaik di Kelasnya

Inilah keunggulan utama dari Infinix Zero 20. Sesuai dengan tagline yang diusungnya “World’s Best Vlog Camera”, smartphone ini menjagokan kamera depan yang memiliki resolusi super besar dan diklaim yang pertama hadir di perangkat mid-end.

Di bagian poni mungilnya ini, Zero 20 menanamkan sensor kamera berkekuatan 60MP Ultra-high-resolution yang mampu menghasilkan jepretan yang sangat realistis dan jernih serta detail yang memukau.

Menariknya, untuk mendapatkan hasil foto terbaik Infinix mengkombinasikan kamera depan ini dengan teknologi OIS loh. Berdasarkan pantauan kami, kolaborasi sensor besar dengan OIS untuk kamera depan baru pertama kali hadir di smartphone mid-end, dan beruntung Zero 20 menjadi salah satunya membawa keunggulan tersebut.

Berdasarkan hasil uji coba, kamera depan smartphone ini memang cukup piawai dalam membidik serta menghasilkan foto selfie yang sangat memadai untuk langsung dibagi ke platform media sosial.

Poin plusnya, kamera depan ini juga telah dilengkapi dengan fitur Auto Focus, yang dapat mendeteksi wajah sekaligus mengatur titik fokus dengan cepat dan akurat.

Bagaimana dengan selfie dimalam hari? Jangan khawatir, berkat dukungan Super Flash Light yang ada di samping kamera depan, aksi selfie di lokasi minim cahaya jadi tetap maksimal. Anda bisa menghasilkan foto diri dengan detail dan warna yang terlihat seperti aslinya.

Selain kamera depan, Infinix Zero 20 juga mengunggulkan kamera 108MP yang tertanam di bagian belakang. Kamera ini juga dikolaborasikan dengan sensor 13MP dan 2MP.

Untuk ukuran smartphone di level harga 3 jutaan, kualitas bidikan kamera utama Zero 20 terbilang sangat mumpuni. Detail foto, ketajaman gambar serta warna yang tertampil terlihat benar-benar solid.

Baca Juga:  Review ROG Phone 5s Pro | Versi Terbaik, Tetap Dikemas Unik

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan eksplorasi serta menghasilkan foto-foto yang lebih artistik menggunakan fitur dan filter yang disediakan kamera Infinix Zero 20.

Selain untuk foto, kamera dibelakang ini juga cukup worth-it untuk digunakan untuk merekam video layaknya kamera depan. Momen traveling bisa didokumentasikan dengan cukup maksimal.

Untuk yang penasaran dengan hasil jepretan kamera Infinix Zero 20, bisa melihatnya di bawah ini.

Performa

Meski lebih menonjolkan kemampuan kamera, namun Infinix juga tetap memperhatikan sisi performa. Di Zero 20 ini, Infinix menghadirkan dapur pacu berkelas yakni MediaTek Helio G99 yang dikirim memiliki performa aduhal dalam hal menjalankan proses multitasking.

Selain itu, chipset yang dibangun dengan basis pabrikasi 6nm ini juga digadang-gadang ramah terhadap konsumsi daya. Berdasarkan data teknis, chipset ini membawa prosesor Octa-core dengan clock speed maksimal hingga 2.2GHz.

Untuk mendapatkan performa yang maksimal, Zero 20 didukung RAM 8GB yang juga mendukung fitur Ekspansi RAM hingga 5GB. Artinya, Zero 20 secara teknis memiliki kapasitas RAM 13GB.

Tambahan RAM yang digunakan perangkat ini berasal dari storage internal yang memang secara khusus dialokasikan oleh fitur RAM Expansion.

Selain kapasitas RAM yang besar, Zero 20 juga didukung memori internal yang cukup luas, yakni 256GB. Bonusnya, masih ada slot memori Ekspansi microSD yang dapat disisipkan kartu microSD hingga 256GB.

Kolaborasi jeroan ini tentunya tidak perlu diragukan lagi kinerjanya. Untuk membuktikan kemampuannya ini, kami melakukan sejumlah pengujian. Pertama, memainkan sejumlah game favorit hingga yang memiliki spesifikasi cukup tinggi.

Hasilnya, sebagian besar game mobile yang ngetren bisa dijalankan dengan lancar dan bebas lagi. Mulai dari Genshin Impact, Apex Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, AoV hingga game balapan bisa berjalan mulus.

Lantas bagaimana dengan isu over hening saat menggunakan smartphone? Tenang, untuk menanggulangi hal ini Infinix telah menghadirkan teknologi pendingin khusus di Zero 20.

Teknologi yang disebut VC Liquid-cooled ini memiliki area vapor chamber yang didesain luas dan mampu menyalurkan panas secara merata. Saat dites menjalankan game dan membuka sejumlah aplikasi lain, Zero 20 memang mengalami peningkatan panas yang cukup signifikan.

Namun, dengan teknologi pendingin yang dimilikinya bodi perangkat pun dengan cepat bisa menyesuaikan dan menurunkan temperatur ke level aman.

Untuk yang masih penasaran dengan performa Zero 20, kami juga melakukan sejumlah benchmark menggunakan beberapa aplikasi dan hasilnya terbilang cukup memuaskan untuk ukuran smartphone 3 jutaan.

Baterai

Layaknya smartphone Infinix di Zero Series sebelumnya, perangkat terbaru ini pun disokong kapasitas baterai yang cukup besar.

Berdasarkan data teknis, Zero 20 dibekali baterai 4500 mAh, yang juga dipotong sistem manajemen power mumpuni garapan Infinix.

Untuk penggunaan normal, baterai perangkat ini bisa bertahan lebih dari 1 hari. Bahkan, sepanjang pengujian yang kami lakukan, baterai Zero 20 dapat bertahan hingga 2 hari.

Menariknya, Infinix juga menjelaskan Zero 20 dengan teknologi pengisian daya cepat 45W yang diklaim dapat mengisi baterai hingga 70% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Performa baterai yang dimiliki oleh Zero 20 tentunya sangat pas untuk mendukung aktivitas pengguna, mulai dari menikmati multimedia, bermain game, berkomunikasi hingga menemani traveling.

Poin plusnya, smartphone ini tetap menyediakan adapter charger di paket penjualan dengan kapasitas 45 Watt.

Kesimpulan

Jika dilihat dari spesifikasi serta fitur unggulan yang dibawanya, Infinix Zero 20 memang sangat cocok untuk Anda yang hobi foto dan traveling. Performa kamera depan 60MP + OIS yang dikolaborasikan dengan kamera belakang 108MP, mampu menjadikan perangkat ini sebagai alat vlogging yang andal.

Tidak hanya itu, kinerja jeroannya pun patut untuk diacungi jempol termasuk kapasitas baterai yang tahan lama plus teknologi fast charging 45W.

Nah, untuk yang penasaran dan ingin mendapatkannya, Infinix Zero 20 sudah tersedia di  official store Infinix di seluruh e-commerce tanah air salah satunya di Shopee.

Previous articleJAGAT Bawa Kreator, Startup, dan Nusantara ke Dunia Virtual
Next article4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Bikin Konten Foto Malam Hari
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here