Home REVIEW Review JBL Tune 115 TWS: Suara Ngebas, Baterai Tahan Lama

Review JBL Tune 115 TWS: Suara Ngebas, Baterai Tahan Lama

JBL Tune 115 TWS

tabloidpulsa.id – Pasar perangkat audio tanah air kembali diserbu sejumlah produk True Wireless Earbuds dari brand kenamaan, salah satunya adalah JBL Tune 115 TWS.

Tampil dengan model desain yang cukup trendi, JBL Tune 115 TWS membawa jargon “ Pure Bass, Zero Cables” dan secara eksklusif tersedia di JBL Official Store Tokopedia, dengan banderolan harga istimewa Rp 999.000 mulai 12-14 Juni 2021.

Untuk yang tingkat mobilitasnya tinggi dan tidak ingin direpotkan oleh kabel yang berseliweran, rasanya TWS ini cocok untuk dijadikan pilihan. Tapi, bagaimana dengan performanya? Simak review JBL Tune 115 TWS berikut ini ya.

Comfort Fit

Desain JBL Tune 115 TWS bisa dibilang tidak jauh beda dengan True Wireless Earbuds kekinian yang mulai banyak beredar di pasaran.

Konsep desainnya terdiri dari dua bagian yakni charging case dan earbuds. Keduanya memiliki dimensi yang mungil, dan pastinya akan nyaman dibawa kemana-mana. Tinggal masukan saja ke dalam kantong baju atau celana.

Selain mungil, bobot keseluruhan dari TWS ini pun cukup ringan, yakni sekitar 51,8 gram saja. Masing-masing earbuds sekitar 5,15 gram, sedangkan charging case-nya 41,5 gram.

Charging case TWS ini memiliki kompartemen khusus untuk tempat earbuds. Di dalamnya, terdapat pin konektor untuk mengubungkan pengisian daya dengan earbuds saat disimpan. Ada juga LED indikator untuk menunjukan notifikasi pengisian daya dan baterai.

Di sisi belakang case, ada port konektor USB berbentuk type-C yang fungsinya sebagai penghubung antara charging case dengan sumber power via kabel data khusus yang tersedia di paket penjualannya.

Untuk earbuds-nya sendiri, JBL menerapkan konsep in-ear dengan ujung mungil yang sebagiannya akan masuk ke dalam telinga. Di bagian paling ujung, ada eartips berbahan karet yang cukup lembut, dan nyaman di dalam telinga.

Secara umum, model desain dari earbuds TWS ini hampir sama seperti beberapa TWS JBL yang sebelumnya sudah lebih dulu edar di pasaran.

Oiya, JBL Tune 115 TWS sendiri menyertakan tiga buah ukuran eartips yang akan menyesuaikan dengan ukuran lubang telinga. Pastikan, Anda memilih yang paling nyaman dan pas.

Selain akan membuat earbuds bisa terpasang dengan solid alias comfort fit, eartips juga akan menentukan kualitas suara termasuk kemampuannya mengisolasi suara dari dalam telinga maupun di sekitar pengguna.

Sebagai informasi, JBL Tune 115 TWS hadir dalam empat pilihan warna yakni putih, hitam, merah dan biru. Kebetulan, unit yang dites PULSA berwarna biru. Pilihan warna ini tentu saja cukup trendi dan cocok menemani keseharian generasi muda yang enerjik.

Kontrol Lengkap

Di bagian earbuds, TWS ini meletakan sistem kontrol khusus. Posisinya ada di bagian depan, di area yang dihiasi logo JBL.

Untuk fungsi kontrolnya sendiri, JBL menyertakannya dengan cukup lengkap. Mulai dari play/pause, reverse/forward hingga akses ke asisten pribadi seperti Siri, Bixby dan Google Assistant.

Tidak hanya itu, karena JBL Tune 115 TWS juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima panggilan telpon, jadi tersedia pula kontrol untuk menjawab atau menutup telpon. Bahkan, ada juga fungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mikrofon.

Saat diuji coba, panel kontrol yang dimiliki oleh TWS ini berfungsi dengan baik dan mampu dengan cepat mengeksekusi tekanan sesuai pengaturan yang telah ditentukan secara default.

Dual Connect

Kemampuan yang menurut kami cukup menarik dari JBL Tune 115 TWS ini adalah Dual Connect. Artinya, earbuds perangkat ini menawarkan dua model fungsi yakni Stereo dan Mono.

Untuk Anda yang ingin menikmati musik secara maksimal, bisa menggunakan kedua earbud yang tertancap di telinga. Atau menggunakan salah satunya saja untuk fungsi menerima panggilan telpon.

Kemampuan ini tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna. Yang pasti, fitur Dual Connect ini jarang disediakan oleh TWS sekelasnya.

Koneksi Bluetooth 5.0

JBL Tune 115 TWS masih mengandalkan koneksi Bluetooth versi standar, yakni 5.0. Padahal, perangkat sekelasnya sudah banyak yang menerapkan model Bluetooth 5.2.

Meski begitu, soal performa koneksi saat terhubung ke smartphone, Bluetooth perangkat ini masih tergolong cukup stabil hingga jarak 10 meter.

Untuk profile Bluetooth-nya sendiri telah mendukung A2DP 1.3, AVRCP1.6, HFP 1.7 dengan frekuensi tramisi dikisaran 2,4GHz dan power < 12dBm.

Pure Bass

Beralih ke kualitas suara. Dengan banderolan harga normal yang sekitar satu jutaan rupiah, rasanya kualitas suara yang dihasilkan oleh JBL Tune 115 TWS ini bisa dibilang sudah sebanding.

Karakter suara yang dihasilkan oleh driver audio dinamis dengan ukuran 5.8mm di TWS ini cukup warm dengan kualitas dentuman bass yang kuat dan mendalam.

Untuk mid bass-nya  terasa saat mendengarkan lagu atau suara dobel pedal bass. Jika Anda suka mendengarkan musik metal, TWS ini rasanya tetap bisa jadi andalan.

Tidak hanya suara bass, untuk vokalnya pun terasa jernih dan memuaskan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kemampuan earbuds TWS ini dalam mengisolasi suara dengan sangat baik.

Selain mendengarkan musik, performa keluaran audio terbaik dari TWS ini pun bisa dirasakan saat digunakan untuk menjawab panggilan telpon.

Dukungan mikrofon khusus di earbuds juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan suara ke lawan bicara dengan kualitas yang jernih dan jelas. Lewat konsep zero cables, bertelpon ria jadi terasa lebih nyaman.

Daya Tahan Baterai Hingga 21 Jam

Soal daya tahan baterai, sepertinya JBL Tune 115 TWS patut diacungi jempol. Pasalnya, jika-rata-rata TWS di kelasnya hanya menyediakan waktu penggunaan untuk mendengarkan musik selama 4 jam, di TWS ini JBL mampu menawarkan ekstra waktu hingga 6 jam nonstop.

Jika dikombinasikan dengan charging case, daya tahan baterai JBL Tune 115 TWS ini sanggup bertahan hingga 21 jam loh. Hampir sepanjang hari.

Kemampuan ini tentu saja berkat dukungan baterai lithium berkapasitas 55 mAh di tiap earbuds, dan 410 mAh untuk charging case-nya.

Bagaimana dengan proses pengisian daya? JBL mengklaim untuk mengisi power dari kondisi kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam saja.

Kesimpulan

Untuk Anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, rasanya JBL Tune 115 TWS ini sangat cocok menemani aktivitas sepanjang hari. Desain earbuds-nya yang trendi pun cukup pas dipadupadankan dengan fesyen, dan yang pasti nyaman di telinga.

Kualitas Pure Bass yang dihasilkan oleh Tune 115 TWS pastinya akan mampu menghadirkan keseruan mendengarkan musik dan bertelpon ria. Apalagi, dukungan daya tahan baterai yang ditawarkan bisa menemani hingga 21 jam.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin memiliki JBL Tune 115 TWS, bisa mendapatkannya secara eksklusif di JBL official store di Tokopedia. Selama masa penawaran awal pada 12-14 Juni 2021, Anda bisa menebusnya dengan harga istimewa Rp 999.000 plus gratis tumbler JBL official untuk 200 orang pembeli pertama.

Spesifikasi JBL Tune 115 TWS

Model TUNE115TWS
Driver size5.8 mm / 0.23” Dynamic driver
Power supply5 V 0.5 A
Weight51.8 g / 0.114 lbs
Earpiece5.15 g / 0.0114 lbs / pc (10.3 g / 0.0227 lbs combined)
Charging case 41.5 g / 0.0915 lbs
Headset battery typeLithium-ion Battery (55 mAh / 3.7 V)
Charging case battery typeLithium-ion Battery (410 mAh / 3.8 V)
Charging time< 2 hrs from empty
Music playtime with BT onup to 6 hrs
Frequency Response20 Hz – 20 kHz
Impedance14 ohm
Maximum SPL95 dB
Sensitivity108 dB SPL@1 kHz / 1 mW
Microphone sensitivity-38 dBV@1 kHz / Pa
Bluetooth version5.0
Bluetooth profile versionA2DP 1.3, AVRCP 1.6, HFP 1.7
Bluetooth transmitter frequency range2.4 GHz – 2.4835 GHz
Bluetooth transmitter power< 12 dBm
Bluetooth transmitter modulationGFSK, π/4 DQPSK, 8DPSK
Maximum operation temperature45 °C

Previous articleBerkendara Aman dengan Helm Pintar OASE Rider
Next articleIndosat Raih Penghargaan Best Equitable Treatment of Shareholders
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here