Home REKOMENDASI Adu Fitur: OPPO Reno5 F vs OPPO Reno4 F

Adu Fitur: OPPO Reno5 F vs OPPO Reno4 F

adu reno4 f vs reno5f

tabloidpulsa.id – OPPO Reno5 F merupakan varian anyar dari OPPO Reno5 Series dengan banderol harga yang relatif paling terjangkau. Dan OPPO sendiri berkali-kali menyebutkan bahwa Reno5 F merupakan pembaharu dari varian OPPO Reno F sebelumnya, Reno4 F. Adu Fitur berikut akan membahas kedua ponsel tersebut.

Kalau boleh jujur, kedua ponsel ini di atas kertas memang tidak banyak perbedaannya. Chipset yang sama, juga dengan sejumlah spek hardware lain yang setara. Tapi, tidak bisa dipungkiri OPPO Reno5 F yang hadir lebih gress membawa sejumlah keunggulan. Apa saja? 

Perbandingan Harga

Saat tulisan ini dibuat, OPPO Reno5 F dan OPPO Reno4 F memiliki harga yang tidak terpaut jauh. Di mana Reno5 F dijual dengan harga Rp 4.299.000, sementara Reno4 F di angka Rp 3.999.000. Hanya berbeda 300 ribu rupiah saja.

Tapi perlu diingat bahwa OPPO Reno4 F hadir pada bulan Oktober 2020, sementara Reno5 F hadir di Maret 2021. Jeda waktu 5 bulanan itu memungkinkan terjadinya perbedaan pada software untuk kamera, peningkatan UI yang berpotensi pada daya tahan baterai yang lebih baik, serta fitur-fitur kekinian yang makin meningkatkan value si ponsel tersebut.

Perbandingan Desain

Perbedaan pada desain ini sebenarnya tidak begitu terlihat apabila ponsel dalam keadaan menghadap ke depan dengan kondisi layar tidak aktif. Hampir tidak terlihat bedanya. Hanya saja ketika layar aktif, kita bisa melihat perbedaan pada bentuk punch hole layar di keduanya.

Baca Juga:  Inilah Bocoran Desain OPPO Reno5 F

Perbedaan kedua ada pada pendekatan pemberian warna back cover. Dimana OPPO Reno4 F menggunakan garis tegas vertikal yang membagi bidang back cover menjadi dua tekstur berbeda. Sementara OPPO Reno5 F hanya menawarkan satu area pewarnaan saja.

Reno5 F tentu saja menawarkan warna back cover yang berbeda dengan Reno4 F. di Reno5 F kita bisa memilih dua warna gacoan, yakni Fantastic Purple yang terinspirasi dari warna Aurora dan Fluid Black alias hitam metalik. 

Berbeda dengan reno4 F yang menawarkan warna Matte Black alias perpaduan 2 hitam yang pekat dan Mettalic White, yang merupakan perpaduan 2 putih mengkilap di bagian belakang ponsel.

Perbandingan Layar

Untuk layar sih teknologi yang dibawa adalah sama. Sama-sama berukuran 6.43 inci, dengan kayar AMOLED beresolusi FHD+ alias 2400×1080 pixel. Sama-sama membawa layar dengan refresh rate 60Hz dengan in-display fingerprint 3.0 dan perlindungan kaca Gorilla Glass 3+.

Tapi, berkat keputusan menggunakan single punch hole di layar depan, maka Reno5 F memiliki ruang tampil lebih lega jika dibandingkan Reno4 F yang menggunakan dual Punch hole camera.

Baca Juga:  Selain Jaringan, Apa Beda Oppo A74 (4G) dan A74 5G?

Perbandingan Hardware 

Demikian pula pada bagian dapur pacu alias SoC yang disematkan. Baik OPPO Reno5 F maupun Reno4 F menggunakan chipset yang sama, yakni Mediatek Helio P95. Sama-sama membawa RAM sebesar 8GB LPDDR4X dan penyimpanan 128 GB yang bisa ditingkatkan menggunakan MicroSD card hingga 256GB.

Tapi ada dua keuntungan yang dimiliki Reno5 F. Pertama dari sisi software. Karena Reno5F sudah dibekali dengan Color OS terkini (11) berbasis Android 11, maka sejumalh fitur yang dibawa sudah mampu meningkatkan efektivitas penggunaan daya. Di hampir semua fungsi yang dimiliki ponsel. Dengan demikian performa pun dapat berjalan dengan lebih lancar dan lebih klop, antara fitur pada SoC dengan fitur yang ada di Color OS terbaru.

Keuntungan kedua, secara hardware, Reno5 F juga telah menyediakan fitur multi-cooling system. Yang pernah diperkenalkan lewat OPPO Reno4 Pro. Dengan hadirnya fitur multi-cooling ini, maka pembuangan panas bisa berjalan 30% lebih baik sehingga SoC dapat bekerja lebih stabil dalam mendukung semua fungsi ponsel.

Mulai dari game, fungsi kamera, hingga fungsi charging daya yang lebih adem.

Baca Juga:  Pentingnya Fitur AI pada Layar OPPO Reno5 F dan A54

Perbandingan Fitur Terkini

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa OPPO Reno5 F sudah dibekali dengan Color OS 11 secara pre instal. Sementara OPPO Reno4 F hadir masih dengan Color OS 7.2 dan harus melakukan update via OTA. Perbedaan yang signifikan adalah sejumlah fitur-fitur bawaan pada Reno5 F, belum tentu hadir di Reno4 F melalui update tersebut.

Banyak sekali contoh dari fitur yang dimaksud, tapi di antaranya adalah fitur pada kamera semisal AI color portrait, AI Monochrome video, Night Flare Portrait, dan sebagainya. Lalu ada fitur pada layar semisal All Day AI Eye Comfort. Juga pada gaming, semisal Bullet Screen Message, Game Floating windows dan sebagainya.

Dengan kata lain, Reno5 F lebih memungkinkan memliki lebih banyak fitur terkini dibandingkan Reno4 F.

Perbandingan Baterai dan Pengisian Cepat

Nah yang ini adalah yang paling terlihat jelas bedanya. Reno4 F dibekali baterai berkapasitas 4000 mAh dengan pengsisian daya cepat 18 Watt. Sementara Reno5 F membawa baterai dengan kapasitas 4310 mAh dan pengisian daya cepat standar VOOC Flash Charge 4.0, yakni 30W.

OPPO – PR

Previous articleMemotret Layaknya Fotografer dan Merekam Video Layaknya Sutradara dengan Mi 11
Next articleInilah Isi Kotak realme 8 Series dengan Infinite Bold Design & Infinite Clarity Camera
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here