Home BLOG Ini Dia Daftar OPPO 5G Ready, A74 5G yang Paling Murah

Ini Dia Daftar OPPO 5G Ready, A74 5G yang Paling Murah

OPPO 5G Ready
OPPO - PR

tabloidpulsa.id – Sebenarnya soal membawa teknologi masa depan ke pasar Indonesia sudah dilakukan oleh OPPO sejak awal tahun 2020. Memang di masa itu, sejumlah chipset flagship telah membekali diri dengan modem 5G dan seiring berjalannya waktu, segmen-segmen lain pun kebagian fitur jaringan masa depan ini. Dalam catatan kami OPPO telah mengadopsi chipset 5G hampir di semua segmen untuk ponsel 5G ready mereka, khususnya SoC bikinan Qualcomm.

Sejak memperkenalkan modem 5G X50 di tahun 2018, Qualcomm mulai merilis SoC dengan kemampuan 5G pada tahun 2020 melalui Snapdragon 750G, 765, 765G, 768G yang membawa modem 5G seri X52, Snapdragon 865, 865+ untuk kelas flagship dan Snapdragon 690 untuk kelas menengah.

Lalu berikutnya di 2021 awal, ada seri Snapdragon 888 untuk kelas flagship dan Snapdragon 480 untuk seri Entry atau mid-low. Nah jika dilihat dari ketersediaan SoC tersebut, maka bisa dibilang OPPO telah menggunakan hampir semua pilihan segmen, kecuali yang 690. Setidaknya sampai tulisan ini dibuat.

Untuk menyegarkan ingatan kita bersama, yuk kita lihat ponsel-ponsel OPPO apa saja sih yang sudah siap berjalan di jaringan 5G. Dan tentu saja dengan harga yang paling update ya.

  • OPPO Find X2 dan Find X2 Pro

Tahun 2020 diawali oleh OPPO dengan perjalanan menuju Italia dan Swiss karena perhelatan MWC Barcelona dibatalkan karena pandemi. Dalam rentang waktu ini OPPO memperkenalkan sebuah ponsel flagship bernama OPPO Find X2 series yang terdiri dari 2 varian OPPO Find X2 dan Find X2 Pro. PULSA menjadi salah satu media dari Indonesia yang beruntung merasakan produk ini lebih awal.

Ponsel ini membawa chipset standar flagship saat itu, yakni Qualcomm Snapdragon 865 5G dengan fabrikasi 7nm. Seperti Anda lihat di atas, Chipset ini membawa modem X55 5G besutan qualcomm yang berarti cukup advanced di masanya. Mengingat bahkan OPPO saja belum berani menyebutkan kemampuan 5G nya ke pasar Indonesia saat itu.

5G nya masih berupa “Nice to have” ya bahasa Inggrisnya? Artinya ada fitur mewah yang belum bisa digunakan, namun sebagai gantinya fitur kamera ponsel ini sangat menggemparkan dunia fotografi ponsel saat itu. 

Sampai detik ini ponsel ini masih kami gunakan sebagai daily driver dan mampu melakukan banyak hal, layaknya ponsel flagship. Dan sepertinya masih akan bertahan hingga 2 tahun ke depan.

Saat ini harga OPPO Find X2 yang 5G ready ini ada di angka Rp 11.119.000, sementara untuk OPPO Find X2 Pro tidak ada harga resmi OPPO tapi bisa ditemukan di beberapa e-commerce mulai dari 13 hingga 16 jutaan.

  • OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro ini sedikit lucu. Merupakan produk OPPO dengan teknologi terbaik namun dengan pemasaran yang sedikit unik. Agak terlalu eksklusif. Ponsel ini sudah muncul di situs resmi OPPO Indonesia namun belum ada harga yang disematkan pada produk ini. Sayang sekali ya.

Padahal produk ini telah menyematkan chipset flagship paling ganteng untuk saat ini, yakni Snapdragon 888. SoC ini membawa modem 5G generasi terbaru X60. Meskipun di atas kertas kurang lebih masih sama dengan X55 yang di SD 865, tapi pastinya memuat sejumlah perbaikan dan fitur-fitur mutakhir.

Chipset flaghsip generasi anyar ini pun telah membawa triple ISP 14 bit. Hanya berbeda sedikit dari triple ISP 12 bit-nya SD 480, tapi sudah barang tentu membawa sejumlah chip tambahan mengingat fabrikasinya yang sangat kecil 5nm.

Dengan ISP dan teknologi yang bertanggung jawab pada fotografi Find X3 Pro dipercaya mampu melakukan perbesaran gambar yang sangat jelas dan signifikan bahkan mendekati kemampuan sebuah tanda kutip mikroskop elektrik.

Sebagai lulusan jurusan Biologi Murni, saya sedikit penasaran sebenarnya. Hehe.. kapan-kapan akan kita bahas lebih dalam.

Harganya, sekali lagi saya kesulitan menemukan harga resmi yang berlaku saat ini dari pihak OPPO. Karena memang belum secara resmi dijual di sini sih kayaknya. Tapi di Eropa ponsel ini dijual dengan harga 19,6 jutaan rupiah. Sepertinya harga di Indonesia bakal lebih rendah dari ini.

  • OPPO Reno5 5G

Setelah nyaman dengan dua produk kelas flagship, OPPO juga ikut meramaikan pasar ponsel 5G Ready di kelas lebih rendah yakni mid-end melalui produk OPPO Reno5 5G. Kembali, salah satu anggota dari OPPO Reno5 Series ini membawa SoC besutan Qualcomm, Snapdragon 765G.

Fabrikasinya sama dengan Snapdragon 865 yaitu 7nm. Cukup kecil sehingga memungkinkan pihak Qualcom untuk menambahkan banyak fitur ke dalamya. Sementara bagi pihak OPPO dapat memaksimalkannya sesuai dengan kebutuhan pengguna dan Sistem Operasi yang mereka miliki.

Hasilnya sebuah ponsel kelas menengah ke atas (Mid-End) yang menawarkan performa apik, fitur fotografi ciamik serta jangan lupa juga efisiensi daya yang maksimal dengan flash charging 65W SuperVOOC 2.0.

Anda bisa baca review lengkapnya di link berikut.

Harganya, saat ini ponsel OPPO Reno5 5G dijual dengan harga Rp 6.998.000.

  • OPPO A74 5G

Nah, ini dia! Memanfaatkan momen rilisnya Snapdragon 480 5G di Januari 2021, OPPO langsung membangun produk menarik dengan chipset ini demi menyiapkan perangkat 5G Ready yang bisa dimiliki oleh lebih banyak kalangan.

Produk yang baru saja dirilis tanggal 21 April 2021 lalu di Indonesia ini merupakan produk 5G termurah di pasaran. Salah satu alasannya karena merupakan produk pertama yang menggunakan chipset Snapdragon seri 4 ini. Jadi untuk soal harga susah buat dilawan produk lain.

Snapdragon 480 sendiri membawa modem 5G X51 yang memungkinkan download maksimal di kecepatan 2.5 Gbit per detik dan upload di 660 Mbit per detik. Kenceng banget gan, meskipun tidak sekencang X55 dan X60. Karena fabrikasinya pun 8nm, alias sedikit lebih besar dari SD 765G dan 865 5G.

Masih bisa dimaklumi, mengingat seri 4XX Snapdragon ini memang menyasar market yang lebih rendah. Namun seperti yang sudah kami tulis di review OPPO A74 5G dan tulisan mengenai Snapdragon 480 berikut ini, pengguna yang belum bisa menikmati 5G nya tetap masih dsapat memanfaatkan sejumlah lompatan teknologi yang ditawarkan.

Dalam artian bahwa ponsel ini menawarkan performa yang apik, fotografi yang menarik serta perangkat yang bisa dipamerkan karena desainnya yang premium dan tampil elegan.

Produk ini hanya dijual dengan harga Rp 3.699.000 atau separuh dari harga Reno5 5G yang membawa SoC 765G.

Previous articleReview OPPO A74 5G – Standar Baru Ponsel 5G untuk Semua Segmen
Next articleReview Amazfit T-Rex Pro, Smartwatch Tahan Banting dan Anti Air
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here