Home REVIEW Review Amazfit T-Rex Pro, Smartwatch Tahan Banting dan Anti Air

Review Amazfit T-Rex Pro, Smartwatch Tahan Banting dan Anti Air

Amazfit T-Rex Pro

tabloidpulsa.id – Tren menjaga kesehatan kian meningkat sejak pandemi melanda. Kondisi ini menjadi angin segar bagi industri perangkat teknologi untuk berlomba-lomba menghadirkan produk yang dapat dimanfaatkan untuk memonitor kondisi kesehatan setiap waktu. Salah satunya adalah smartwatch yang belakangan ini kian menjamur.

Tidak hanya menawarkan fitur pemantau kesehatan dan olahraga, smartwatch masa kini pun banyak yang dijejalkan teknologi canggih. Termasuk konsep desain yang tangguh, tahan banting bahkan anti air, sebut saja Amazfit T-Rex Pro.

Smartwatch terbaru yang sudah tersedia di pasaran Indonesia ini memiliki desain ‘macho’, dan kabarnya lolos 15 pengujian berstandar militer loh.

Lantas, seberapa akurat kah wearable device yang dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 ini dalam menyajikan informasi kesehatan? Setangguh apa pula Amazfit T-Rex Pro ini dalam menemani penggunannya dalam menjalani kegiatan sehari-hari? Simak review lengkapnya berikut ini.

Desain Berstandar Militer

Tampilan desain Amazfit T-Rex Pro mengingatkan pada model jam tangan favorit para pecinta kegiatan outdoor. Bodinya memiliki struktur yang cukup kokoh, dengan sudut-sudut bodi yang tegas.

Untuk mnegesankan tampilan yang macho, Amazfit T-Rex Pro juga menyematkan sejumlah skrup metal di beberapa bagian bodi. Termasuk empat buah tombol akses yang agak sedikit menonjol dan kabarnya merupakan perpaduan metal dan plastik keras.

Keempat tombol akses ini masing-masing berfungsi untuk memilih fitur olahraga (Select), ada juga tombol untuk akses fitur kesehatan dan sejumlah fungsi lainnya (Back). Dua tombol lainnya yakni UP untuk akses ke pengaturan cepat, dan DOWN untuk menampilkan informasi aktifitas.

Secara keseluruhan, bodi Amazfit T-Rex Pro dibalut bahan polikarbonat yang dikombinasikan dengan karet khusus. Serta dilengkapi strap (tali jam) berbahan silicon yang lentur namun kuat dengan ukuran sisi panjang 122mm dan pendek 78mm.

Konsep desain smartwatch ini bahkan digadang-gadang telah mengantongi 15 standar pengujian militer, yang menjadikannya tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah.

Seperti yang tercantum di data teknis, Amazfit T-Rex Pro tahan di kondisi suhu panas hingga 70°C, suhu dingin di -40°C, 240 jam di kondisi lembab, 96 jam di air garam, tahan di hujan es serta tahan banting.

Untuk menguji ketahanan desainnya, kami melindasnya dengan sepeda motor dan ternyata Amazfit T-Rex Pro ini memang benar-benar tangguh dan memiliki daya tahan tinggi.

Tidak hanya itu, smartwatch ini juga dibekali kemampuan water resistance 10ATM, yang artinya smartwatch ini bisa tahan digunakan di air hingga kedalaman 100 meter. Cocok nih untuk pecinta surfing, berenang hingga yang hobi menjelajah dunia bawah air.

Amazfit T-Rex Pro dilengkapi layar AMOLED berukuran 1.3 inci beresolusi 360×360 dan  mendukung Always-on Display. Layarnya sendiri berteknologi touchscreen yang kabarnya anti fingerprint. Artinya, layar smartwatch ini tidak akan meninggalkan bekas sidik jari di permukaannya.

Selain itu, layar smartwatch ini juga dilapisi tempered glass yang membuatnya tahan terhadap goresan benda tajam. Namun, kekuatan lapisan kaca ini memang masih belum setangguh Gorilla Glass maupun kristal safir. Tapi setidaknya, masih cukup aman untuk digunakan di segala kondisi.

Soal kenyamanan saat digunakan, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan spesifikasi resmi T-Rex Pro memiliki bodi dengan ukuran 47.7 x 47.7 x 13.5mm dengan bobot hanya sekitar 59.4 gram. Inilah salah satu alasan yang membuat smartwatch ini nyaman, karena memiliki bodi yang sangat ringan.

Fitur Unggulan

Sesuai tagline yang diusungnya “Explore Your Instinct”, Amazfit T-Rex Pro menawarkan sejumlah kemampuan yang rata-rata jarang dimiliki smartwatch sekelasnya.

Pertama, smartwatch ini didukung empat sistem satelit untuk navigasi yang mampu menyajikan tingkat akurasi yang tinggi, terutama saat digunakan untuk kegiatan olahraga. Misalnya saja bersepeda, jalan, maupun lari.

Dengan kemampuan ini pengguna bisa memantau trek olahraga dengan detail yang tepat, bahkan hasilnya nanti bisa dishare ke media sosial loh.

Fitur unggulan kedua yang ditawarkan oleh Amazfit T-Rex Pro adalah Blood-oxygen Saturation Measurement. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memantau kadar oksigen yang ada di dalam darah.

Dengan sensor khusus yang hampir sebagian besar ada di sisi bawah perangkat, smartwatch ini mampu mendeteksi kadar oksigen darah dengan cukup akurat. Kemampuan ini tentunya cukup penting di kondisi pandemi saat ini.

Berikutnya yang juga ditawarkan oleh Amazfit T-Rex Pro adalah dukungan lebih dari 100 mode olahraga. Mulai dari outdoor running, walking, treadmill, trail running, cycling, swimming, climbing, hiking, ellipticalrowing, soccer, surfing, skiing, fitness, snowboarding hingga olahraga ringan lainnya.

Di masing-masing mode olahraga tersebut, pengguna juga dapat memonitor data-data kritis terkait kegiatan seperti detak jantung, jarak tempuh, kecepatan gerak, tingkat kalori yang dibakar secara real time.

Menariknya lagi, smartwatch ini juga disokong sejumlah algoritma yang dirancang khusus seperti Firstbeat dan ExerSense. Kedua algoritma ini mampu menyesuaikan informasi penting terkait kadar oksigen dan mode olahraga yang paling sering dilakukan oleh pengguna.

Sepanjang pengujian, mode dan fitur terkait olahraga bisa beroperasi dengan baik dan lancar, serta mampu menampilkan informasi yang akurat.

Untuk yang hobi kegiatan outdoor semacam hiking dan climbing, Amazfit T-Rex Pro juga dibekali dengan fitur kompas digital dan barometer loh. Ada juga fitur untuk memantau kondisi cuaca di lokasi yang dikunjungi.

Fitur Kesehatan Favorit

Serupa smartwatch kebanyakan, Amazfit T-Rex Pro juga disokong sejumlah fitur unggulan untuk memantau kondisi tubuh. Biasanya sih untuk menjaga kesehatan biar tetap fit sepanjang hari.

Di perangkat baru ini Amazfit menanamkan BioTracker 2, yang memungkinkan T-Rex Pro untuk memonitor detak jantung penggunanya selama 24 jam. Fitur ini akan secara otomatis merekam detak jantung penggunanya dan menampilkan hasil pantauan secara real time.

Tidak hanya itu, BioTracker 2 juga dapat merekam heart rate variability (HRV) sepanjang hari. Bisa juga untuk memonitor tingkat stress dan memberikan panduan agar pengguna bisa menjalani keseharian dengan lebih santai.

smartwatch ini juga didukung PAI alias Personal Activity Intelligence, yang merupakan sistem penilaian kesehatan dengan menggunakan algoritme khusus untuk mengubah informasi kompleks seperti detak jantung, durasi aktivitas, dan data kesehatan lainnya menjadi satu nilai numerik yang unik untuk setiap pengguna.

Sistem penilaian kesehatan PAI mendukung sebagian besar mode latihan, terlepas dari waktu atau lokasi, dan sebagai tambahan, juga membuat evaluasi kesehatan yang disesuaikan untuk setiap pengguna untuk menawarkan pengalaman pengguna yang lebih personal.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah fitur sleep assistant, yang memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi istirahat. Sensor yang dimiliki oleh Amazfit T-Rex Pro mampu mengenali beberapa gaya tidur pengguna secara otomatis, seperti tidur ringan, sedang hingga lelap.

Bahkan dengan fitur yang dimiliki oleh SomnusCare, T-Rex Pro mampu mendeteksi kelainan pernapasan selama tidur dan memberikan beberapa saran penting yang dapat diterapkan oleh pengguna.

Personal Assistant

Selain menawarkan kemampuan untuk memantau kesehatan tubuh serta aktivitas olahraga, Amazfit T-Rex Pro juga mendukung fungsi sebagai asisten pribadi. Pengguna dapat memantau semua aktivitas smartphone melalui perangkat jam tangan pintar ini.

Lewat koneksi Bluetooth 5.0 BLE, pengguna dapat mengkoneksikan smartwatch inike smartphone dan melakukan banyak pengaturan penting melalui aplikasi mobile khusus yang disebut Zepp.

Di aplikasi ini, pengguna dapat mengatur reminder, hingga notifikasi aplikasi penting semacam pesan, WhatsApp, Facebook, Instagram, Gmail, Yahoo, Telegram dan sebagainya.

Notifikasi yang masuk akan tertampil di layar smartwatch, dan pengguna dapat melihat detail dari notifikasi tersebut secara lengkap. Hanya saja, di perangkat ini tidak ada fungsi untuk membalas atau menjawab pesan langsung dari smartwatch.

Masih di aplikasi Zepp, pengguna juga dapat mengatur tampilan watch face sesuai keinginan. Amazfit T-Rex Pro sendiri didukung puluhan watch face yang siap untuk digunakan dan semuanya gratis.

No Third Party App

Amazfit T-Rex Pro hadir dengan dukungan platform RTOS layaknya beberapa pendahulunya. Alhasil, perangkat ini pun tidak didukung oleh aplikasi pihak ketiga, terutama untuk urusan multimedia.

Meski secara default Amazfit T-Rex Pro dilengkapi fitur pemutar musik, namun sifatnya terbatas dan tetap harus terkoneksi dengan smartphone. Artinya, fitur ini hanya berfungsi untuk mengontrol pemutar musik yang ada di smartphone.

Baterai

Daya tahan baterai kerap menjadi isu yang sangat vital dari sebuah smartwatch. Beruntung, Amazfit T-Rex Pro ini sudah disokong sistem manajemen power yang handal. Kapasitas baterai yang tertanam di perangkat ini pun cukup besar untuk ukuran smartwatch, yakni 390 mAh.

Untuk standby saja, bisa bertahan hingga lebih dari 18 hari. Sementara penggunaan yang cukup aktif, baterai perangkat ini normalnya bisa tahan hingga 9 hari. Namun, jika fungsi pelacakan GPS selalu aktif, baterai perangkat ini standarnya dapat bertahan hingga lebih dari 1,5 hari.

Oiya, untuk mekanisme pengisian daya Amazfit T-Rex Pro mengandalkan magnetic pin yang ada di bagian bawah bodi, tepatnya mengapit kompartemen sensor. Untuk pengisian daya dari posisi kosong hingga penuh, perangkat ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Kesimpulan

Untuk pecinta kegiatan luar ruang yang menginginkan smartwatch GPS dengan banderolan harga terjangkau, Amazfit T-Rex Pro bisa menjadi pilihan yang cukup menarik.

Desainnya yang macho serta sudah mengantongi hasil uji berstandar militer, menjadi nilai plus yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya itu, Amazfit T-Rex Pro juga menawarkan fitur kesehatan komplit dan memiliki tingkat akurasi yang cukup tangguh. Tambahannya, sejumlah mode olahraga pun siap dinikmati penggunanya baik yang sifatnya standar maupun yang cukup ekstrim.

Bagi yang tertarik dan ingin mendapatkan Amazfit T-Rex Pro, bisa langsung memburunya di official store Amazfit di Shopee. Dan selama Ramadan, akan ada penawaran menarik berupa potongn harga hingga 51% plus voucher tambahan dari Shopee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here