Home REVIEW Review OPPO Reno5 5G: Lebih Mahal 2 Juta, Performa Lebih Menggoda

Review OPPO Reno5 5G: Lebih Mahal 2 Juta, Performa Lebih Menggoda

Review OPPO Reno5 5G

tabloidpulsa.id – Model kedua di lini Reno5 Series ini bisa dibilang sebagai varian dengan spesifikasi hardware paling tinggi. Bukan hanya karena membawa chipset terbaik di kelasnya, namun smartphone ini juga telah mendukung jaringan 5G yang belakangan ini gaungnya tengah gencar dikumandangkan.

Bahkan, kehadiran teknologi 5G ini sepertinya membawa tren baru di kalangan masyarakat. Seperti pantauan PULSA, beberapa calon konsumen yang ingin membeli smartphone baru kerap menanyakan teknologi ini. Kesannya, jika smartphone masa kini tidak mendukung 5G sepertinya terasa kurang menarik. OPPO pun cukup peduli dengan harapan para pengguna setianya, dan akhirnya meluncurkan Reno5 5G.

Meski begitu, untuk di Indonesia sendiri teknologi 5G memang secara komersial belum resmi tersedia. Bahkan, regulasi terkait 5G ini sendiri masih terus dibahas dan masih harus menunggu setahun atau dua tahun kedepan untuk benar-benar siap dinikmati.

Terlepas dari itu semua, kehadiran OPPO Reno5 5G ini tentu saja menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik bagi konsumen. Apalagi, dengan banderolan harga sekitar Rp 7 juta untuk sebuah smartphone 5G saat ini, rasanya masih terbilang cukup terjangkau. Lantas, bagaimana dari sisi performa? Apakah Reno5 5G ini cukup powerful? Langsung saja, simak review OPPO Reno5 5G berikut ini.

Desain Trendi

Soal tampilan, Reno5 5G memang tidak jauh beda dengan Reno5 biasa. Tetap terlihat premium dengan bodi yang tergolong slim.

Di sini, OPPO kembali menunjukan kepiawaiannya dalam mengemas sebuah produk. Desain Reno5 5G yang diuji PULSA ini merupakan varian warna Galactic Silver yang tentu saja memiliki sedikit perbedaan dibanding versi warna Starry Black.

Warna yang didominasi silver pada perangkat ini menerapkan proses Diamond Spectrum. Teknologi ini juga dikolaborasikan dengan Reno Glow 2.0 yang menghadirkan efek visual warna berbeda jika dilihat dari berbagai sudut dan pencahayaan.

Tidak hanya itu, model ini juga memiliki detail yang berkilau dengan tekstur yang sedikit kesat, dan membuatnya terbebas dari bekas sidik jari yang kerap tercetak di permukaan glossi seperti di varian Starry Black.

Seperti halnya seri Reno5 biasa, versi 5G ini pun dirancang dengan desain bodi yang ramping. Ketebalan bodinya cuma sekitar 7,9mm. Dibanding Reno5 standar memang masih sedikit agak lebih tebal Reno5 5G. Perlu diketahui, Reno5 Starry Black punya ketebalan bodi 7,7mm dan Reno5 Fantasy Silver 7,8mm.

Selain tipis, bodi Reno5 5G juga cukup ringan loh. Berdasarkan data teknis, bobot perangkat ini hanya sekitar 180 gram. Dengan begitu, tentu saja perangkat ini akan terasa nyaman dalam genggaman tangan dan hal ini pun kami rasakan sepanjang review OPPO Reno5 5G dilakukan.

Satu hal yang patut digarisbawahi, struktur desain Reno5 5G ini menerapkan model standar. Di bagian depan menggunakan konstruksi 2.5D yang terlihat lebih flat ketimbang bagian belakang dengan bentuk yang lebih cekung (curve). Dan untuk material bodi yang digunakan adalah plastik polikarbonat.

Layar AMOLED 90Hz

Di bagian depan ini, OPPO melambari Reno5 5G dengan layar AMOLED berukuran 6.4 inci. Model layar yang digunakan memang sedikit berbeda dari Reno4 Series. Dimana Reno5 5G mengusung single punch hole.  

Meski begitu,  OPPO Reno5 5G mampu memberikan pengalaman tampilan tepi ke tepi yang lebih imersif dengan 91,7 % screen-to-body ratio, dibandingkan dengan 90,7% pada OPPO Reno4.

Soal ketajaman dan kejernihan, layar perangkat ini memang tidak kalah canggih. Resolusi Full HD+ yang diusungnya sanggup menampilkan konten smartphone dengan detail yang tajam dan penuh warna. Apalagi, di pengaturan display juga telah disediakan opsi color mode yang bisa diatur ke opsi Vivid.

Untuk yang hobi nonton video di smartphone, layar Reno5 5G mampu memberikan sensasi yang lebih maksimal karena telah dibekali OSIE visual effect. Tidak hanya itu, layar perangkat ini pun telah mengantongi sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime HD loh.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya, layar OPPO Reno5 5G pun telah lolos verifikasi dan juga mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display yang dirancang untuk melindungi penglihatan pengguna saat menggunakan perangkat dalam waktu lama.

Di bagian layar ini, OPPO juga menanamkan salah satu fitur keamanan yakni Hidden Fingerprint Unlock alias sensor sidik jari di bawah layar, yang dapat dimanfaatkan untuk membuka kunci layar berdasarkan data biometric sidik jari.

Antarmuka ColorOS 11

Sama seperti Reno5 standar, Reno5 5G pun telah didukung antarmuka paling baru garapan OPPO yakni ColorOS versi 11.1. UI kustom ini menggunakan basis Android 11 yang juga masih terbilang gress dikenalkan oleh Google.

Sebagai platform UI terbaru, tentu saja banyak pula hal baru yang disediakan oleh OPPO. Baik untuk meningkatkan performa keseluruhan, atau sekadar untuk personalisasi tampilan supaya lebih keliatan beda dari perangkat sejenis.

Di ColorOS 11.1 ini ada beberapa fitur keren yang rasanya cukup sayang untuk tidak dieksplorasi, salah satunya adalah urusan tampilan layar. Mulai dari Dark Mode yang kini hadir dengan pengaturan yang lebih beragam, hingga hadirnya mode Always-On Display (AOD) yang menawarkan opsi personalisasi yang lebih unik.

Tidak hanya itu saja, di ColorOS 11 ini OPPO juga memperkaya sistem keamanan perangkat lewat beragam patch dan opsi penting lainnya seperti Privacy Protection. Di Reno5 5G Anda bisa menemukan sejumlah fitur untuk kebutuhan keamanan ini seperti App lock, Hide Apps, Private safe, System cloner dan Kid Space.

AI Quad Camera dengan Fitur Baru

Untuk struktur kamera, Reno5 5G masih mengadopsi model yang sama dengan Reno5 standar. Di sini, Reno5 5G menampilkan sistem quad camera dengan struktur kamera yang terdiri dari 64MP sensor utama, 8MP ultra-wide f/2.2, 2MP macro dan 2MP depth yang masing-masing memiliki bukaan f/2.4.

Yang agak berbeda, Reno5 5G menanamkan kamera selfie 32MP. Padahal, Reno5 biasa kekuatan kamera selfienya sudah 44MP. Nah di sini lah beberapa fitur penting yang ada di Reno5 standar, justru tidak terakomodasi dengan maksimal di Reno5 5G. Salah satunya adalah AON sensor dan AI Color Portrait yang tidak tersedia di Reno5 5G.

Di perangkat ini, OPPO juga tetap menjadikan videografi sebagai salah satu keunggulan utamanya. Lewat OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, perangkat ini akan mampu menghasilkan rekaman video potret yang lebih maksimal.

Anda yang tengah menggeluti video, rasanya patut mencoba beberapa fitur penting di Reno5 5G ini salah satunya adalah AI Highlight Video. Fitur ini secara otomatis mampu mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

Di review OPPO Reno5 5G, kami menguji beberapa fungsi kamera yang paling sering digunakan, slah satunya fitur Night Mode. Dan hasil jepretan kamera perangkat ini terbilang masih bisa untuk dibanggakan.

Dalam kondisi tempat yang minim cahaya, algoritma Ultra Night Video akan aktif secara otomatis untuk mencerahkan lingkungan sekitar, sementara pada saat cahaya latar kuat akan mengaktifkan algoritma Live HDR untuk mengurangi area yang terlalu terang.

Kedua fungsi tersebut menghasilkan video dengan eksposur dan kecerahan yang lebih baik, lebih sedikit noise, dan warna yang jernih dan alami hanya dengan satu klik tombol “AI” saat dalam mode video.

Reno5 5G memperkenalkan Portrait Beautification Video, sebuah fitur yang mampu mendeteksi sebanyak 194 titik fitur wajah untuk memberikan optimalisasi wajah yang disesuaikan secara spesifik berdasarkan masing-masing individu. Pada fitur tersebut terdapat 8 alat yang dapat disesuaikan, menawarkan kebebasan untuk menyempurnakan detail wajah. Pengguna juga memiliki akses ke berbagai efek kecantikan untuk video grup.

Dual-view Video memungkinkan video ditangkap dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fungsi perekaman perspektif ganda ini dengan mudah menggabungkan pengguna dan objek yang direkam dalam satu bingkai video yang sama, sehingga cocok digunakan untuk para vlogger dan konten kreator.

Performa bidikan potret pada OPPO Reno5 5G juga telah melalui peningkatan yang signifikan dengan OPPO Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem ini memungkinkan pengguna mengambil bidikan yang jelas dari subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil yang tajam. OPPO Reno5 5G didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan tekstur kaya dalam gambar potret dan memberi pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan.

Untuk hasil foto yang lebih lengkap, bisa dilihat di Flickr Tabloid PULSA ya.

Performa Lebih Bertenaga

Nah di sini lah peningkatan yang cukup signifikan dihadirkan oleh OPPO Reno5 5G. Berbekal chipset Snapdragon 765G, performa perangkat ini digadang-gadang akan jauh lebih maksimal ketimbang Reno5.

Oiya sebagai informasi, jeroan yang ditanamkan ke board perangkat ini menggunakan pabrikasi 7nm dan tersusun oleh prosesor Octa-core 1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver, yang dikolaborasikan dengan grafis Adreno 620. Secara teknis memang setingkat diatas Snapdragon 720G milik Reno5 biasa.

Sementara untuk mendukung kemampuannya, OPPO Reno5 5G disokong RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Sayangnya, perangkat ini tidak dilengkapi slot memori ekspansi loh ya.

Soal kinerja dapur pacu Reno5 5G ini sepertinya tidak perlu diragukan. Akselerasinya dalam menjalankan semua fungsi perangkat sudah tentu akan lancar jaya, tanpa ada masalah berarti.

Bagaimana dengan kemampuan gaming? Ini pun sepertinya tidak perlu untuk diperdebatkan panjang lebar. Hampir semua jenis game , baik yang standar maupun berat bisa dilibas dengan baik. Apalagi, OPPO Reno5 5G sendiri telah membekali diri dengan sejumlah fitur penting terkait gaming.

Mulai dari Gaming Shortcut Mode, Gamer Mode, Bullet Screen Messages, hingga Adjustable Gaming Touch mampu menciptakan lingkungan dan pengalaman baru dalam bermain game. Fitur-fitur ini juga masih ada kaitannya dengan ColorOS 11.1 yang dibawa oleh Reno5 5G.

Sebagai pembuktian, di review OPPO Reno5 5G ini kami juga melakukan uji benchmark menggunakan beberapa aplikasi benchmark. Dari kesemuanya, perangkat ini mampu mendapatkan skor yang cukup memuaskan. Setidaknya jika disandingkan dengan smartphone dikelas yang sama.

Satu lagi yang sepertinya patut untuk dijadikan pertimbangan, Reno5 5G juga ternyata selain mendukung network 5G juga dilengkapi dengan fitur NFC. Jadi, untuk yang ingin cek saldo maupun top-up e-money bisa nih memanfaatkannya.

Terkait dengan network 5G, sepertinya selama regulasi belum rampung di wilayah Indonesia, untuk kemampuan ini belum bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Padahal, jika komersialisasi 5G sudah berjalan maka banyak hal yang dapat dimanfaatkan dengan adanya teknologi 5G di perangkat ini.

Baterai 4300 dengan 65W SuperVOOC 2.0

Selain dapur pacu, peningkatan dan perbedaan mencolok yang dihadirkan Reno5 5G adalah soal baterai dan teknologi pengiringnya. Di perangkat ini, OPPO menanamkan baterai berkapasitas 4300 mAh.

Dari sisi kapasitas dan manajemen power yang dibawa Reno5 5G, secara garis besar baterai ini mampu menghadirkan waktu pengoperasian perangkat yang cukup panjang. Dalam kondisi normal, baterainya bisa bertahan selama satu harian.

Menariknya, OPPO Reno5 5G ini dibekali pengisian daya 65W SuperVOOC 2.0. Teknologi ini dapat mengisi perangkat Reno5 5G hingga 100% dalam waktu 35 menit saja loh.

Kesimpulan

Dari hasil review OPPO Reno5 5G ini kami berkesimpulan bahwa kehadiran teknologi 5G di perangkat ini sepertinya merupakan alasan yang paling oke untuk meminangnya dan menjadikannya sebagai daily driver. Meski 5G sendiri masih belum bisa dinikmati untuk waktu dekat ini, setidaknya Reno5 5G bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, terlebih bagi Anda yang tidak sering berganti-ganti smartphone.

Untuk Anda yang kurang memperdulikan 5G, bisa juga menjadikan Snapdragon 765G sebagai alasan utama menggaet Reno5 5G ini. Dan sebagai tambahannya, perangkat ini juga sudah dilengkapi teknologi fast charging super canggih 65W SuperVOOC 2.0, ada NFC dan punya kamera dengan kemampuan video yang patut diacungi jempol.

Spesifikasi OPPO Reno5 5G:                                       :

Dimensi & Berat (mm&gram)159.1 x 73.4 x 7.9 mm/172 gram
SIM & JaringanDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)Android 11 + ColorOS 11.1
Memori eksternalTidak
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci AMOLED, Full HD+ (2400 x 1080 pixels),~410 ppi; Aspect rasio 20:9, 90Hz refresh rate, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUOcta-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver), Snapdragon 765G (7 nm) / Adreno 620 GPU
RAM & Internal Storage8GB RAM / 128GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang (Quad): 64MP f/1.7, PDAF + 8MP, f/2.2 (ultra-wide) + 2MP, f/2.4 (Macro) + 2MP, f/2.4 (depth); LED flash, HDR, panorama Video: 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps; gyro-EIS, HDR Depan: 32MP, f/2.4 (wide), HDR Video:  1080p@30/120fps, gyro-EIS
Baterai jenis (jenis)Li-Po 4300 mAh (non-removable), 65W SuperVOOC 2.0, Reverse Charging

Fitur Utama OPPO Reno5 5G:

Removable batteryTidakFingerprint (In-Display)Ya
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaQuad Kamera BelakangYa
NFCYa4K video recordingYa
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYaRadio FMYa

Kesimpulan Plus Minus (+/-)     :

KelebihanKekurangan
Snapdragon 765G
5G Ready
Quad camera 64MP, fitur video baru
Baterai besar dengan 65W SuperVOOC 2.0
ColorOS 11.1
NFC
Tidak ada slot microSD
Fitur kamera tidak selengkap versi standar
Speaker mono

Paket Penjualan               : Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector

Warna                                  : Galactic Silver, Starry Black

Harga                                    : Rp 6.999.000

Previous articleAI Highlight Video, Fitur Kunci Maksimalkan Kamera OPPO Reno5 5G
Next articleHuawei Mate X2 (infografis)
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here