Home REVIEW Review realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition : Apa yang Berubah?

Review realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition : Apa yang Berubah?

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition

tabloidpulsa.id – Sebelumnya kami telah mereview produk realme 10 Pro 5G (baca di sini). Dan sejatinya, produk yang masuk dalam meja review kami kali ini adalah produk yang sama. Beruntung, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition hanya menyediakan satu varian saja, yakni varian RAM 8GB dengan ROM 256GB, yang mana merupakan varian berbeda dari produk realme 10 Pro 5G yang telah kami review sebelumnya.

Setidaknya, kami bisa memperlihatkan apa saja yang dipertahankan, dan apa saja yang berubah atau ditambahkan di produk limited edition kali ini. Termasuk hasil benchmark yang mungkin mengalami peningkatan, karena besaran memori yang lebih baik? Seharusnya sih tidak sampai signifikan atau bisa jadi demikian, karena itu baca terus sampai habis.

Harga: Rp 4.999.000 (8+256 GB)
Pilihan Warna: Coca-Cola Edition
Paket Penjualan: Smartphone realme 10 Pro 5G, Charger adapter dan kabel data USB Type C SuperVOOC 33W, Silicon case, buku manual, pin ejector berbentuk tutup botol, stiker DIY, kartu garansi.

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)163.7 x 74.2 x 8.1 mm/ 190 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI 4.0 berbasis Android 13
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.72 inci, ~93.76% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, IPS LCD 120 Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 695 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU: Adreno 619
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
108 MP Main Camera F/1.8
2MP Depth Camera F/2.4
Video: 1080p@30fps  

Depan Single: 16MP F/2.4
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 33W

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain Retro Klasik dengan tepian kotakTidak ada kamera UltraWide
Warna apik dengan sentuhan Coca-Cola limited editionTidak bisa merekam video 4K
Chipset Snapdragon 695 5G dengan penggunaan daya yang efisien
Layar IPS LCD dengan tepian tipis, hanya 1mm. enak dilihat dan enak digunakan karena membawa refresh rate 120 Hz. 
SuperVOOC 33W 
Support Codec Bluetooth HD Audio, LDAC dan LHDC 
Ada Colokan Audio 3.5 mm 

Desain – Perubahan Terbesar

Baca Juga:  realme Ajak Anak Muda Selamatkan Lingkungan Melalui realme Goes Zero Waste

Perubahan terbesar yang ada di produk limited Edition kali ini adalah di sisi desain. Jika sebelumnya realme 10 Pro 5G dihadirkan hanya dalam dua warna pilihan, kini diberi warna unik, sedemikian rupa hingga mengingatkan kita pada kaleng kemasan Coca-Cola karena ada sentuhan warna metalik matte yang menyerupai aluminum, juga dengan logo Coca-Cola yang dicrop seakan-akan hilang di bagian lengkungan pada kaleng.

tombol power sekaligus fingerprint sensor

Juga ada perpaduan warna hitam dan merah yang merupakan warna korporat Coca-Cola sekaligus memberikan efek klasik. Di bagian ini tetap hadir dua lensa kamera Halo alias membulat yang menjadi ciri khas seri realme 10 Pro 5G.

Layar dan UI

Baca Juga:  Review OPPO A16e | Kini Dengan Satu Kamera di Belakang

Pada bagian layar sebenarnya tidak ada yang berubah. Masih merupakan layar yang menarik berpanel IPS LCD dengan refresh rate dinamis hingga 120 Hz. Dengan bentangan 6.72 inci dan resolusi 2400 x 1800 pixel. Termasuk bezel samping yang tetap dibuat tipis hanya 1 mm, sehingga membuat layar jadi terasa lebih lega untuk segala kebutuhan.

hampir tanpa bezel di sisi layar kanan dan kiri

Tapi di sisi UI bawaan, realme melakukan sejumlah perombakan unik. Dimulai dari theme Coca-Cola, dengan gambar latar gelembung soda pada minuan Coca-Cola yang juga menampilkan gradasi dari hitam gelap di bawah hingga coklat cerah di bagian lebih atas.

Ikon aplikasi juga dibuat sedemikian rupa hingga sejalan dengan tema tampilan Coca-Cola. Hampir semua ikon aplikasi dirombak, terutama aplikasi bawaan sistem, semisal ikon setting yang biasanya diberi gambar gear, kini menjadi tutup botol Coca-Cola berwarna merah.

Sementara ikon-ikon aplikasi Google dan pihak ketiga hanya diberi aksen lingkaran merah di bagian luar sehingga tetap senada dengan ikon-ikon aplikasi lainnya.

Coca-Cola Theme

Tidak hanya sampai tampilan ikon, realme juga menambahkan sejumlah audio ikonik. Semisal nada khas atau jingle Coca-Cola alias Cola Official Music, bunyi tutup botol terbuka yang diikuti bunyi soda keluar dari lubang botol atau disebut Open Happiness, dan bunyi soda memecah ketika dituangkan ke dalam gelas atau disebut Cola Bubbles.

Bunyi dan musik ini secara default telah menjadi nada dering Anda, untuk telepon, sms dan bahkan suara shutter kamera. Jadi pastikan Anda telah memahami ini sebelum mengambil foto di keramaian, kecualil kalau memang Anda tengah mencari perhatian.

Baca Juga:  Review Redmi Note 12: 2 Jutaan dengan Layar AMOLED dan Kamera 50MP

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada yang berubah. Termasuk kemampuan dynamic RAM hingga 8GB.

Chipset dan Memori – Kali ini ROM 256 GB

Untuk urusan chipset, kembali realme 10 Pro 5G edisi Coa-Cola mengandalkan chipset Snapdragon 695 5G. SoC ini membawa CPU 8 inti, dengan konfigurasi 2 inti Kryo 660 Gold dengan clock speed 2.2 GHz dan 6 inti Kryo 660 Silver dengan kecepatan 1.8 GHz. Juga GPU kelas menengah ke atas yakni Adreno 619. RAM LPDDR 4X 8 GB dan ROM UFS 2.2 128 GB.

Bedanya, kali ini varian memori yang tersedia hanya ada satu. Yakni 8/256 GB. Berbeda dari produk yang sebelumnya kami review yang merupakan varian 8/128 GB. Seharusnya sih tidak banyak yang berubah, terutama karena besaran RAM nya yang terbilang sama.

Dan ternyata benar adanya. Ketika kami coba benchmark dengan aplikasi benchmark yang sama, ponsel inipun menghasilkan nilai yang kurang lebih sama. Hanya saja dengan besaran ROM lebih besar, maka kita bisa menyimpan lebih banyak foto dan file lain.

Baterai dan Fast Charging

Tidak ada yang berubah di bagian ini dan itu yang kami harapkan. Seperti halnya realme 10 Pro 5G yang telah kami review sebelumnya kapasitas baterai 5000 mAh yang dibawa sudah mencukupi kebutuhan kami dalam beraktivitas seharian. Bahkan saat dibawa sebagai ponsel navigasi dan fotografi di kesempatan perjalanan mudik Lebaran 2023, ponsel ini bisa bertahan 3 hari tanpa pengecasan sama sekali.

Hal yang bisa kita nikmati di sebuah ponsel baru dengan kapasitas besar. Daya tahan baterai ini tentu akan berkurang seiring berjalannya waktu, namun dengan rekam jejak seperti di atas, nampaknya baterai produk ini bisa bertahan beberapa tahun sampai kita merasakan ada yang berubah.

Menariknya ponsel ini pun dilengkapi dengan teknologi pengisian daya ccepat yang terbukti aman, yakni SuperVOOC dengan besaran daya yang dihantarkan 33W. Secara teori mampu mengisi baterai dari nol ke 50% dalam waktu 30 menit saja.

Kamera

Demikian halnya di bagian fotografi. Kamera realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition adalah kamera yang sama dengan produk versi sebelumnya, yang mana tidak mengecewakan kami. Memotret jadi lebih sat set berkat adanya fitur Street Photography 3.0 yang memudahkan kita masuk fitur kamera dengan cepat dan menyediakan sejumlah efek menarik bertema Coca-Cola 1980-an.

Kamera ponsel ini mengadopsi teknologi Hypershot Imaging Architecture yang sebelumnya hanya hadir di seri GT saja. Maka wajar jika hasil foto pun terasa apik, dan memotret jadi lebih menyenangkan.

Termasuk untuk mengabadikan momen di malam hari atau saat cahaya kurang berpihak pada kita.

outdoor
indoor
portrait
portrait02
night coca-cola 80’s
night normal

Kesimpulan

Sekedar mengingatkan, harga realme 10 Pro 5G varian 8/256 GB dijual Rp 4.999.000 saat launching. Ini berarti dengan tambahan desain, software dan sejumlah pernak-pernik Coca-Cola lainnya realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition dijual dengan harga yang sama. Menarik bukan? Hal yang jarang ditemui pada ponsel kolaborasi lainnya. Tetap mempertahankan apa yang terbaik yang dimiliki, dan harga varian biasa, lalu menambahkan value bertema minuman berkarbonasi kesukaan saya di waktu muda, maka produk edisi terbatas ini bisa jadi produk koleksi yang digunakan sehari-hari.         

Previous articleSegera Hadir, Huawei Matepad 11 (2023) Si Tablet Rasa PC
Next articleFind N2 Flip, Flagship OPPO Pertama yang Diproduksi di Indonesia
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here