Home REVIEW Review realme 10 Pro 5G, Bawa Layar 120 Hz Hampir Tanpa Bezel

Review realme 10 Pro 5G, Bawa Layar 120 Hz Hampir Tanpa Bezel

realme 10 pro 5G review

tabloidpulsa.id – Akhirnya keluarga realme 10 Pro kini telah hadir untuk pasar Indonesia. Menghadirkan dua varian realme 10 Pro dan 10 Pro+ yang sama-sama membawa pengalaman baru di sisi layar. Meskipun tidak sementereng realme 10 Pro+, salah satu produk yang paling basic, yakni realme 10 Pro 5G tetap menawarkan sesuatu yang menarik. Tidak hanya di sisi layar bahkan, mari kita review realme 10 Pro 5G secara kelseuruhan.

Meskipun terbilang varian realme 10 Pro yang paling dasar, bukan berarti realme 10 Pro 5G yang hadir di meja review kami tidak memiliki daya tarik. Produk ini harus diakui cukup menggoda, terlebih dengan harga yang ditawarkan. Memang layar akan menjadi poin utama. Tapi di samping itu juga ada kamera, dan juga UI yang mempesona.

Harga: Rp 4.599.000 (8+128 GB)
Pilihan Warna: Dark Matter dan Nebula Blue
Paket Penjualan: Smartphone realme 10 Pro 5G, Charger adapter dan kabel data USB Type C SuperVOOC 33W, Silicon case, buku manual, pin ejector, kartu garansi.

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)163.7 x 74.2 x 8.1 mm/ 190 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1 berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.72 inci, ~93.76% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, IPS LCD 120 Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 695 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU: Adreno 619
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 128 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
108 MP Main Camera F/1.8
2MP Depth Camera F/2.4
Video: 1080p@30fps  

Depan Single: 16MP F/2.4
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain Retro Klasik dengan tepian kotakTidak ada kamera UltraWide
Warna apik dengan bahan anti kotor karena sidik jari dan goresan benda kerasTidak bisa merekam video 4K
Chipset Snapdragon 695 5G dengan penggunaan daya yang efisien
Layar IPS LCD dengan tepian tipis, hanya 1mm. enak dilihat dan enak digunakan karena membawa refresh rate 120 Hz. 
SuperVOOC 33W 
Support Codec Bluetooth HD Audio, LDAC dan LHDC 
Ada Colokan Audio 3.5 mm 

Desain Retro Klasik

Sebelum masuk ke pembahasan layar, kita harus mengapresiasi pemilihan desain yang dilakukan oleh tim realme di perangkat satu ini. Pasalnya realme 10 Pro 5G didesain dengan bentukan retro klasik. Di mana bagian tepi ponsel dibuat kotak, namun tetap memberikan sentuhan lekukan di setiap sudutnya. Estetika retro yang sering kita jumpai di ponsel-ponsel flagship masa lalu.

Bentuk tegas di bagian tepi membuatnya enak untuk digenggam. Meskipun tidak bisa disebut tipis sekali, namun bentukan ini seakan mengurangi efek gendut yang mungkin bisa hadir kalau bentukan ponsel masih mengikuti aliran 2.5D.

Produk yang kami review memiliki warna Dark Matter. Pewarnaan ini utamanya bakal hadir di bagian back cover, namun juga hadir di seluruh bagian pertulangan ponsel, alias tepian ponsel yang kita sebut kotak retro klasik tadi.

Selain warna ini, realme juga menyediakan warna lain yang lebih kalem, yakni Nebula Blue. Keduanya menggunakan pendekatan berbeda di sisi pewarnaan, namun menggunakan teknologi yang sama untuk membuat back cover ponsel ini tidak mudah kotor akibat bekas sidik jari, goresan benda tumpul ataupun akibat benturan yang ringan.

Buat Anda yang mengaku misterius, warna Dark Matter akan cocok untuk tampilan Anda. Syaratnya jangan gunakan silikon case bawaan, karena akan membuatnya terlihat terlalu glossy. Sayang, karena pada dasarnya warna Dark Matter ini cenderung doff, namun tetap memperlikhatkan efek glitter di dalam warna hitam gelap tersebut.

Pada kondisi cahaya yang optimal, kita bisa melihat kerlap kerlip glitter tadi dari warna hitam back cover. Namun di bawah terik matahari akan terlihat lebih ke abu-abu. Pewarnaan yang menarik. Tapi buat Anda yang ingin terlihat ceria maka Nebula Blue akan lebih cocok untuk Anda.

Masih di bagian back cover kita juga akan menemukan dua lensa kamera yang dibuat sederhana. Sesederhana dua lingkaran cukup besar di sudut kir atas bagian belakang ponsel realme 10 Pro 5G yang tengah kita review. Ditemani oleh satu lampu flash LED dan tulisan realme jauh di bagian bawah.

Smartphone realme 10 Pro 5G tidak membawa tombol power yang menonjol. Diganti dengan tombol power yang sedikit terbenam ke dalam permukaan bagian tulang samping kanan ponsel. Ya, sesuai dengan dugaan kita semua, ini berarti ada sensor sidik jari yang ditanamkan pada tombol power.

Artinya realme 10 Pro 5G tidak membawa sesnor di bawah layar, yang mana berarti ponsel ini tidak membawa layar jenis AMOLED. Kita akan bahas lebih lanjut di bagian layar. Tapi sebelum itu, selain tombol power yang sedikit mendem tadi, di atasnya ada tombol volume. Ada yang menarik nih di sisi volume, karena ada fitur ultraboom speaker. Akan dibahas di bagian software dan UI dalam review realme 10 Pro 5G ini.

Ada colokan audio 3.5 mm di bagian bawah menemani colokan charger USB Type C. Juga corong speaker bawah. Sementara di bagian atas, tepatnya di area sekitar earpiece, ada corong speaker yang membuat ponsel ini memancarkan audio stereo dari kedua sisi ini.

Layar Hampir Tanpa Bezel

Beralih ke bagian depan ponsel. Bagian ini dipenuhi oleh layar berpanel IPS LCD. Bentangannya mencapai 6.72 inci. Melihat angkanya sih keliahatannya besar, tetapi tidak juga. Hal ini diakibatkan karena layar realme 10 Pro 5G ini hadir hampir tanpa bezel. Terutama di bagian sisi kanan dan kiri yang hampir tidak ada jeda dengan bagian tulang samping yang kotak. Hanya sekitar 1 mm saja.

Sementara bagian atas dan bawah bisa dimaklumi, mengingat bagian atas akan bertemu dengan bagian earpiece sekaligus corong speaker kedua. Sementara bagian bawah diperuntukkan untuk mengontrol layar ponsel.

Pihak realme menyebutkan bahwa hal ini dimungkinkan karena mereka menggunakan teknologi RAZR. Memungkinkan perekatan antar bagian di ponsel ini untuk menjadi satu kesatuan tanpa menggunakan lem sehingga bisa terlihat lebih elegan dan tipis.

Jika Anda menggunakan ponsel ini tanpa silicon case bawaan, maka seharusnya layar realme 10 Pro 5G hadir tanpa pelindung layar. Jika dipaksakan dan kebetulan Anda menggunakan kontrol melalui gesture, maka keberadaan plastik pelidung layar (screen protector) bawaan dapat mengganggu interaksi di bagian tepi layar.

Membawa resolusi FHD+ atau sekitar 1080 x 2400 pixel, gambar dan teks yang tertampil di layar terlihat tajam. Ini merupakan standar kenyamanan mata dan sudah harus hadir di ponsel dengan harga yang ditawarkan realme yang kami review, realme 10 Pro 5G ini.

Menariknya, layar realme 10 Pro 5G ini membawa Refresh Rate yang dinamis. Tertinggi ada di angka 120 Hz, tapi bisa turun ke 30 Hz jika diperlukan. Semisal saat kita aktifkan fitur auto-switching, untuk menonton tayangan video di sosmed yang bisa berimbas mengurangi penggunaan daya yang berlebih atau sebagai salah satu upaya hemat daya.

Layar 120 Hz sampai tulisan ini dibuat lebih banyak digunakan untuk kebutuhan scrolling atau browsing konten yang lebih nyaman. Mata kita tidak bakal mudah capek karena perubahan gambar dari pergantian halaman yang kita scrolling, berlangsung lebih cepat dari layar ponsel kebanyakan.

Untuk game sendiri, menurut pengalaman kami masih belum banyak yang mendukung. Angka 60 dan 90 fps sudah cukup mumpuni untuk game ponsel. Tapi ke depannya, tentu bakal menjanjikan ketika developer game mulai berbondong-bondong memanfaatkan teknologi ini.

Hal yang paling penting yang bisa kita rasakan dengan teknologi refresh rate tinggi ini adalah respon sentuhan, atau touch sampling yang juga bakal tinggi. Menjadikan kontrol ketika bermain game bisa lebih akurat dan berlangsung dengan cepat.

realme UI 4.0 dan Fitur Bawaan

Hadir di awal tahun 2023, realme 10 Pro 5G, produk yang kita review kali ini, sudah kedapatan membawa UI terbaru yakni realme UI 4.0 berbasai Android 13. Hal ini akan menghemat waktu kita untuk melakukan update secara mandiri, dan kita usdah bisa langsung menikmati fitur-fitur bawaan Android 13 dan realme UI 4.0 ini.

Satu-satunya yang mengganggu dari sisi tampilan dan experience adalah adanya layer app drawer yang hadir secara default, yang mengharuskan kita masuk lebih dalam untuk menemukan aplikasi yang baru diinstal. Tapi tenang, seperti halnya di OS saudaranya, tampilan atau opsi app drawer ini bisa kita ubah dari bagian settings. Jadi tidak juga menjadi maslaah besar.

Selebihnya tampilan realme UI 4.0 ini terlihat bersih, rapi dan terbilang sangat to the point. Apa yang kita butuhkan akan mudah dicari dan dieksekusi.

Audio di realme 10 Pro 5G juga menarik untuk kita review karena bekerja sama dengan Dirac Research. Hal ini terlihat dari hadirnya Real Sound Technology dan juga Clarity Stereo Speaker untuk menikmati audio yang bisa disesuaikan dengan preset yang ada. Dan bagi mereka yang membutuhkan, ada juga fitur 200% UltraBoom Speaker. Dengan menekan tombol volume atas hingga melebihi batas maksimal.

Mereka yang mungkin terjebak di keramaian pasar, namun harus menelpon ibu soal belanjaan, akan membutuhkan fitur ini. Atau mereka yang tengah berkumpul bersama keluarga, melakukan video call dengan sanak saudara di luar kota yang tidak bisa hadir, bisa juga memanfaatkannya.

Untuk menikmati HD audio via Bluetooth pun ponsel ini sudah mendukung hanpir semua codec audio HD, termasuk LDAC dan LHDC. Sudah mumpuni untuk mendengarkan musik via aplikasi kesayangan, ataupun untuk menonton video dan drama serial.

Selain itu, realme UI 4.0 juga membawa fitur Dynamic RAM. Fitur ini akan meningkatkan besaran RAM pada ponsel dengan cara meminjam sementara memori yang berasal dari penyimapanan internal.

Didukung Snapdragon 695 5G

Masuk ke dalam review bagian hardware, realme 10 Pro 5G didukung oleh chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 695 5G. Chipset ini membawa CPU, GPU, Memori dan sejumlah chip lain yang mampu menghemat penggunaan daya dan juga dikenal mampu menampilkan framerate yang lebih stabil dibandingkan dengan produk lain yang menggunkaan chipset lain (yang setara).

SoC ini membawa CPU 8 inti, dengan konfigurasi 2 inti Kryo 660 Gold dengan clock speed 2.2 GHz dan 6 inti Kryo 660 Silver dengan kecepatan 1.8 GHz. Juga GPU kelas menengah ke atas yakni Adreno 619. RAM LPDDR 4X 8 GB dan ROM UFS 2.2 128 GB.

Memiliki fabrikasi 6nm, maka jarak antara tiap katoda terbilang rapat dan memungkinkan terjadinya penggunaan daya yang efisien, juga penambahan chip AI yang lebih bervariasi.

Kami mencoba menghitung performa realme 10 Pro 5G ini dengan beberapa aplikasi benchmark dan berikut adalah hasilnya. Yang pasti, ponsel ini memiliki performa di rata-rata ponsel kelas menengah, bahkan bisa melebihi. Hal itu terlihat selama proses review realme 10 Pro 5G. Ketika kami banyak mencoba beberapa aplikasi editing, kamera dan juga game dalam waktu yang hampir bersamaan.

Baterai Besar dengan Pengisian Daya SuperVOOC 33W

Smartphone realme 10 5G disokong oleh baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Dengan SoC yang efisien serta realme UI yang juga aman dari penggunaan daya berlebih, maka kapasitas sebesar ini mampu mendukung penggunaan kami selama proses review realme 10 Pro 5G. dalam 5 hari terakhir hanya melakukan sekali charging.

Proses pengisian daya pun terbilang cepat. Menggunakan teknologi pengisian daya SuperVOOC 33W, baterai ponsel dapat terisi dari nol hingga 50 % hanya dalam waktu 29 menit saja. Dan speerti yang telah kita ketahui, SuperVOOC sudah terbukti aman karena membawa chipset 4 inti untuk mengidentifikasi kondisi pengisian daya baik di ponsel maupun di bagian adaptornya.

Kamera 108MP dengan Bokeh Flare Portrait

Beralih ke bagian kamera, realme tetap menyediakan fitur street photography 3.0 yang membuatnya berbeda dari ponsel lain. Membawa dua kamera di bagian belakang, yakni 108 MP dengan sensor Samsung HM6 dan kamera 2 MP untuk kebutuhan portrait, juga 1 kamera selfie 16 MP di bagian depan, ponsel ini mampu menghasilkan foto yang tajam di kondisi pencahayaan yang optimal.

Dengan sensor kamera yang mampu mereproduksi gambar menjadi 108 MP, maka hasil foto bisa terlihat tajam dan padat bahkan ketika harus di crop untuk melakukan perbesaran. Hanya saja kita harus menggunakannya di kondisi cahaya yang mendukung dan juga posisi yang stabil.

Untuk warna, hasil foto memperlihatkan warna yang menarik. Ada upaya dari AI untuk melakukan kontrol warna berdasarkan jenis obyek yang terbaca oleh AI. Hasilnya bagus, sebagian besar upayanya berhasil memberi warna dan menghidupkan hasil foto.

Demikian juga untuk penggunaan di malam hari. Fitur Night Mode pada kamera ponsel ini berhasil menghasilkan foto malam yang detail tanpa kesulitan yang berarti.

Menariknya di bagian portrait, realme 10 Pro 5G juga menyediakan efek Bokeh Flare Portrait yang mampu mengubah cahaya pada background untuk tertampil lebih halus, membulat, sehingga hasil foto portrait akan terlihat lebih dramatis.

Sayangnya untuk perekaman video, kamera realme 10 Pro 5G yang kami review (varian 8/128 GB) hanya mampu merekam video di resolusi FHD (1920 x 1080 pixel) dalam frame rate 30 fps saja.

Bonus untuk Anda: realme TechLife Air Purifier

Dalam evet peluncuran realme 10 Pro Series barusan, juga diperkenalkan sebuah perangkat rumahan realme TechLife, berupa sebuah Air Purifier Pro. Perangkat ini merupakan perangkat pintar anyar besutan realme yang bisa kami rekomendasikan untuk ada di rumah Anda karena mengontrolnya pun sangat mudah, apabila Anda termasuk pengguna ponsel realme.

Sudah menjadi sebuah ekosistem rumah pintar, ponsel realme 10 Pro 5G yang kami review atau realme lainnya, bisa berkomunikasi dengan realme TechLife Air Purifier Pro. Mengontrolnya dari jauh, dan membuat jadwal yang bisa disesuaikan agar udara di rumah kita bisa lebih bersih, terbebas dair partikel berbahay dan virus.

Perangkat yang mampu memurnikan udara dalam ruangan yang cukup luas ini, disebut-sebut mampu menyaring 99.98 % partikel solid yang berada di udara hingga yang berukuran 0.3 mikron.

Produk dengan desain cantik ini bisa Anda letakkan di sudut ruangan tanpa mengurangi nilai estetika dari ruangan tersebut. Bahkan mungkin akan meningkatkannya. Berbentuk balok persegi panjang yang ringan karena terbuat dari material plastik berwarna putih, air purifier pro bisa masuk dengan cat tembok apapun.

Perangkat ini menggunakan daya sekitar 45 Watt. Dengan sejumlah setingan yang bisa diatur dengan mudah melalui tombol dan layar yang informatif. Dan dijual dengan harga Rp 1.299.000.-

Kesimpulan Review realme 10 Pro 5G

Smartphone realme 10 Pro 5G menghadirkan pengalaman menggenggam layar hampir tanpa bezel. Bagian tepi kanan dan kiri ponsel dibatasi oleh layar. Perlu dicatat bahwa panel layar yang dibawa bukan AMOLED, artinya ada keterbatasan pada bentukan layar, namun realme 10 Pro 5G mampu menampilkannya dengan apik di permukaan yang rata dengan tepian yang tipis.

Selain layar, ponsel ini juga membawa beberapa teknologi yang dibutuhkan, termasuk besaran baterai yang mumpuni dengan pengisian daya cepat 33W yang akan membuat kehidupan kita bisa tertolong tanpa harus sering menunggu ponsel terisi penuh.

Previous articlePOCO Siapkan Smartphone Ekstrem Terbaru
Next articleAlibaba Cloud Luncurkan Apsara Developer Community
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here