Home REVIEW Review realme GT Neo 3 | Cepat Isi Daya, Sudah 5G dan...

Review realme GT Neo 3 | Cepat Isi Daya, Sudah 5G dan Oke di Performa

realme gt neo3 80w

tabloidpulsa.id – Beberapa bulan lalu, PULSA sempat mencoba kecepatan teknologi pengisian daya tercepat yang pernah kami rasakan. Melalui sebuah perangkat prototype dengan desain seadanya, dan saat itu kami diberitahu bahwa kecepatan pengisian daya ini bakal hadir di sebuah produk bernama realme GT Neo 3. Tak perlu menunggu lama, produk dengan pengisian daya cepat itu kini hadir di pasar Indonesia, menjadikannya sebagai ponsel pertama dengan pengisian daya 150W. Sekaligus menjadikannya sebagai ponsel dengan pengisian daya tercepat saat tulisan ini dibuat.

Lalu realme Indonesia memperkenalkan dua varian realme GT Neo 3 ke pasar Tanah Air, yakni realme GT Neo 3 dengan pengisian daya 150W atau disebut dengan UltraDart Charge 150W dan satu lagi adalah produk dengan pengisian daya 80W atau disebut SuperDart Charge. Selain berbeda di harga, praktis hanya sisi pengsian daya saja yang berbeda.

Singkat cerita, realme Indonesia berbaik hati mengirimkan salah satu produk tersebut ke meja review redaksi PULSA. Dan menariknya, produk yang dikirimkan adalah produk dengan pengisian daya 80W, bukan yang 150W. Pas banget dengan harapan kami, karena kami ingin sekali melihat perbedaannya dengan produk 150W.

Tapi bagaimanapun, apakah itu 80W maupun 150W, keduanya sudah bisa dibilang merupakan teknologi pengisian daya yang cepat saat ini. Daya 150W tentu saja sudah mutlak bisa dibilang terbesar untuk sebuah ekosistem pengisian ulang daya baterai ponsel. Begitupun dengan 80W. Meskipun sejumlah flagship yang bermunculan belakangan ini sudah membawa pengisian daya dengan ekosistem serupa dengan daya 80W yang menggantikan teknologi pengisian daya yang lebih umum sebelumnya, yakni 65W. Itupun belum banyak.

Berikut ini adalah hasil review kami setelah menggunannya selama kurang dari seminggu terakhir.

Harga: Rp 6.799.000
Pilihan Warna: Nitro Blue, Sprint White, Asphalt Black
Paket Penjualan: Ponsel realme GT Neo 3, Silikon case, Charger adapter SuperDart Charge 80W, Kabel data USB Type-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)163.3 x 75.6 x 8.2 mm/ 188 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G Ready/4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI 3.0, berbasis Android 12
Supported storage eksternalTidak
Layar inci – Tipe Screen6.7 inci, ~94.2% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, AMOLED, 120 Hz, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 8100 (5 nm); CPU Octa-core (4×2.85 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G610 MC6
RAM & Internal Storage8 GB RAM / 256 GB ROM RAM LPDDR5 UFS 3.1
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
50 MP f/1.9 Main Camera (Sony IMX766)
8 MP f/2.3 Super Wide
2 MP f/2.4 Makro
Video: 4K 60/30fps, 1080p 60/30fps  

Depan Single:
16 MP f/2.5
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-ion (non-removable), 80W SuperDart Charge

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
SuperDart Charging 80W, mengisi 50% hanya dalam waktu 12 menitTidak ada colokan audio 3.5 mm
RAM expansion hingga 5GB untuk akselerasi yang lebih baikTidak ada slot memori tambahan
Street photography mode, mudah mengaktifkan kamera dalam momen spontan 
Kamera 108MP dengan sejumlah kelebihannya 
Layar Super AMOLED 120Hz 
Baterai besar 4500 mAh 
Desain back cover enak dilihat 
NFC 360 derajat 

Back Cover dengan Sentuhan Mobil Balap
Bagian desain di setiap review produk realme kerap menjadi fokus utama kami. Pasalnya setiap merilis produk baru, realme tidak bosannya memperkenalkan pendekatan desain yang berbeda. Termasuk yang hadir di realme GT Neo 3 ini.

Dengan semangat yang sama dengan seri terdahulu, realme GT Neo 3 kembali menghadirkan sentuhan stiker vinyl mobil balap. Beberapa orang menyebutnya sebagai racing stripe atau garis balapan, tapi beberapa yang lain menyebutnya sebagai Le Mans Stripes atau rally Stripes.

Sehingga, ketika diterapkan di produk dengan warna Nitro Blue (biru) garis kembar berwarna putih ini jadi mengingatkan kita pada mobil balap Dodge Viper GTS. Yang membuat stiker putih ini juga bisa disebut sebagai Viper Stripes. Sementara saat diterapkan di ponsel berwarna putih, akan mengingatkan kita pada Mustang GT350.

Intinya sih desain back cover ponsel ini mencoba mengangkat sisi “kecepatan”. Karena selain pengisian daya yang cepat, GT Neo 3 juga diperkuat dengan chipset mediatek yang bisa dibilang kelas premium, sehingga mampu menyokong performa di atas rata-rata. Antutu Benchmark yang kami lakukan saja menghasilkan nilai yang cukup mengesankan dengan angka di atas 800 ribu hingga mendekati 900 ribu-an. Akselerasi yang menjanjikan untuk bermain game dengan nyaman.

Lalu dengan modem 5G yang siap digunakan ketika layanan 5G sudah bisa dinikmati oleh lebih banyak orang di Indonesia, ponsel ini juga siap digunakan ngebut saat melakukan browsing, download file atau bertukar informasi menggunakan jaringan ini.

Back cover GT Neo 3 dibuat halus karena lapisan terluarnya terbuat dari kaca kusam atau matte, yang membuatnya tidak mudah kotor karena keringat penggunanya. Tapi apakah jadi licin? Selama kami gunakan sih tidak terlalu. Tapi ada baiknya untuk keamanan, gunakan casing silikon bawaan ponsel agar lebih ngegrip.

Realme GT Neo 3 dijual dengan harga cukup tinggi, namun tidak setinggi flagship realme yang sudah ada. PULSA sih melihatnya sebagai ponsel premium yang menempati kelas menengah ke atas, namun dengan performa yang mendekati flagship. Tapi biasanya, ponsel yang ada di kelas ini masih menyediakan jack audio 3.5 mm. Untuk bermain game atau menikmati file multimedia, kita bisa mengandalkan produk TWS realme atau converter audio ke port USB Type C ponsel ini.

Layar AMOLED 120Hz
Ada yang menarik di bagian layar realme GT Neo 3, yakni di bagian lubang kamera yang kini diletakkan di bagian tengah. Tidak lagi mendekati salah satu sudut layar. Layar dengan bentangan 6.7 inci ini memuat resolusi FHD+ atau lebih tepatnya di besaran 1080 x 2412 pixel.

Dengan panel AMOLED, maka resolusi layar terlihat solid, ikon tertampi detail dengan tingkat kerapatan yang cukup memuaskan. Dengan teknologi refresh rate layar yang mencapai maksimal di angka 120Hz, maka layar realme GT Neo 3 akan makin memanjakan kita, terutama saat berinteraksi dengan aplikasi yang mendukung, semisal Instagram, Tiktok dan sebagainya.

Oh iya, dengan membawa chip khusus untuk tampilan layar, realme GT Neo 3 pun bisa menyajikan refresh rate tinggi untuk kebutuhan ngegame. Sehingga bisa diraih gameplay yang lancar hingga 120fps. Chip ini juga dipercaya mampu melakukan render GPU dan interpolasi sehingga meningkatkan efisiensi daya ponsel secara keseluruhan.

Selain 120Hz, refresh rate layar juga bisa diubah ke 90Hz atau ke normal 60Hz jika dirasa perlu menghemat daya. Karena dengan mengaktifkan refresh rate layar tertinggi, daya yang dibutuhkan pun akan semakin besar.

Layar realme GT Neo 3 dilindungi dengan lapisan kaca keras besutan corning yakni Gorilla Glass 5.

realme UI 3.0 Berbasis Android 12
Smartphone realme GT Neo 3 menjalankan UI custom realme UI 3.0 berbasis Android 12. Merupakan salah satu dari beberapa UI Custom favorit kami karena tampilannya yang bersih, mudah menemukan apa yang kita cari dan cenderung tidak berat, terutama ketika dijalankan pada perangkat dengan RAM di atas 4GB.

UI custom ini membawa beberapa fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari. Baik saat kehabisan baterai di tengah jalan, kehabisan RAM, atau saat mencoba berkreasi dengan fitur bawaan kamera dan mengeditnya untuk dibagikan di media sosial. Semua aplikasi bawaan yang tersedia, sudah bisa mendukung kegiatan tersebut.

Termasuk saat kita ingin bermain game tanpa diganggu, atau memfokuskan semua fungsi hardware hanya untuk bermain game.

Chipset 5G Performa Tinggi
Menjadi produk yang menempati hierarki yang termasuk tinggi, realme GT Neo 3 tidak bisa sekedar hadir dengan menyajikan kemampuan pengisian daya cepat saja. Ponsel ini diperkuat dengan chipset Mediatek Dimensity 8100, yang memiliki fabrikasi 5nm, sehingga terkenal hemat daya, juga membawa modem 5G yang relatif lengkap.

Chipset ini membawa CPU dengan 8 inti yang terbagi dalam 2 cluster. Yakni cluster performa yang terdiri dari 4 inti Cortex-A78 dengan clock speed 2.85 GHz dan cluster efisiensi beranggotakan 4 inti Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0 GHz. Ditemani GPU Mali-G610 MC6, di atas kertas ponsel ini mampu berakselerasi dengan baik, ketika digunakan untuk kegiatan sehari-hari, hingga kebutuhan rendering 3D ketika bermain game.

Selain CPU dan GPU chipset ini juga membawa APU 580 yang merupakan APU generasi ke-5 dari Mediatek yang memuat beberapa fungsi semisal grafis, Super resolution dan sejumlah fungsi AI lain yang akan meningkatkan value dan pengalaman berponsel dengan realme GT Neo 3 ini.

Bersama chipset ini juga, realme GT Neo 3 menyematkan RAM LPDDR5 6400Mhz dengan besaran 8GB dan ROM UFS 3.1 sebesar 256GB. Dengan tambahan fitur RAM expansion yang disediakan oleh UI, memori ponsel ini terbilang besar.

Sebagai chipset dengan akselerasi tinggi, tentu saja akan melepas panas yang cukup signifikan. Nah di sisi ini, realme telah membangun sistem pendinginannya sendiri. Dengan luas 39606 mm persegi, area pendingin ini menyediakan ruang uap dengan stainless steel vapor cooling system max. Membuat ponsel terasa tetap adem meskipun saat dicharge dengan kecepatan tinggi 80W, atau saat digunakan bermain game sambil dicolokkan ke charger.

Baterai ponsel ini sendiri memiliki kapasitas 4500 mAh, dengan dual cell sehingga saat diisi akan mengisinya secara pararel dan memungkinkan pengisian yang cepat secara berkesinambungan. Sistem pengisian daya SuperDart 80W dan juga UltraDart 150W di varian lain juga dijamin keamanannya karena arsitektur pengisian daya yang pintar, terdiri dari chipset khusus UltraDart Adaptive Dual chipset, manajemen kontrol arus melalui sebuah MCU, konektor baterai FPC Ganda dan sebagainya.

Kamera 50MP dengan Sensor Flagship
Smartphone realme GT Neo 3 membawa kamera dengan sensor yang biasa hadir di ponsel-ponsel flagship lain, yakni Sony IMX766. Membawa resolusi 50MP, sensor berukuran 1/1.56 inci ini mampu menangkap lebih banyak cahaya. Dipadukan dengan teknologi binning 4 in 1, maka obyek foto yang tertangkap sensor akan menghasilkan foto yang jauh lebih detail dan bisa dicrop menjadi foto yang memiliki kualitas yang tidak terlalu turun.

Selain sensor dan lensa yang mumpuni, dari sisi software realme pun tetap mempertahakan Street Mode. Memungkinkan penggunanya untuk mengakses kamera lebih cepat saat menemukan kejadian unik nan spontan. Dan dengan sejumlah filter street yang telah disediakan, kita akan dibawa utuk bisa berkreasi dengan lebih mudah.

Sebelum melihat hasil fotonya secara lebih jelas, ada baiknya kita mengetahui konfigurasi kamera yang dibawa oleh ponsel ini, baik di belakang maupun di bagian depan. Di belakang realme GT Neo 3 membawa 3 lensa kamera, terdiri dari kamera 50MP sebagai kamera utama, kamera 8MP untuk kebutuhan ultra wide dan 2MP untuk kebutuhan makro.

Kamera belakang ini mampu merekam video hingga resolusi 4K dalam framerate 60fps.

Sementara di bagian depan, ada satu kamera 16MP yang mampu merekam video 1080p dalam 30fps.

Berikut ini ada beberapa hasil foto untuk Anda bisa menilai kemampuan kamera realme GT Neo 3. Tapi sebagai disclaimer, bahwa kami tidak melakukan post editing terhadap hasil foto yang kami ambil. Kami hanya melakukan resizing sehingga fotonya dapat ertampil dengan apik di website kami.

Kesimpulan
Kehadiran realme GT Neo 3 merupakan momentum yang tepat bagi realme untuk mengklaim tahta tertinggi pengisian daya tercepat saat ini. Dengan ekosistem dan arsitektur yang sedemikian rupa, pengisian daya dengan kekuatan 150W dan 80W bisa berjalan dengan aman, sehingga penggunanya pun akan merasa nyaman.


Menariknya selain “menjual” kecepatan mengisi daya baterai, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan ‘jeroan’ yang mumpuni sebagai salah satu penerus seri GT NEO yang memang hadir untuk menyajikan performa optimal di harga yang relatif minimal.

Previous articleOlike Indonesia Hadir di Jakarta Fair, Tawarkan Diskon Hingga 55%
Next articlePULSA AWARDS MID YEAR 2022 | Most Valuable Phone
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here