Home REVIEW Review OPPO Reno8 Z 5G | Kembali Hadirkan Desain Duo Boba

Review OPPO Reno8 Z 5G | Kembali Hadirkan Desain Duo Boba

OPPO Reno8 z 5g

tabloidpulsa.id – OPPO Reno8 Z 5G merupakan varian Reno8 Series terakhir yang resmi dijual bersama OPPO Reno8 Pro 5G. Menghadirkan desain yang mungkin agak familiar bagi pengguna OPPO Tanah Air, namun dengan performa yang tak kalah menjanjikan dari varian-varian OPPO Reno8 Series lainnya.

Dua tonjolan kamera “Boba” yang menjadi ciri khas seri Reno Z hadir kembali di ponsel ini. Tetap menawarkan pencahayaan dual orbit light yang disematkan pada dua bezel kamera belakang, OPPO Reno8 Z 5G memberikan cara baru dalam menyampaikan notifikasi. Tak hanya itu, ponsel ini pun menawarkan kamera yang menarik dan tetap setia pada jalur mereka sebagai sebuah Portrait Expert.

Harga: Rp 5.999.000
Pilihan Warna: Downlight Gold, Starlight Black
Paket Penjualan: Ponsel Reno8 Z 5G, Kabel data USB Type C, Power Adapter SuperVOOC 33W, silicon case, PIN ejetor, buku manual dan kartu garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)160.0 x 73.2 x 7.66 mm/ 181 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1 berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.4 inci, ~99.8% screen-to-body ratio, 2400 x 1080 pixels, AMOLED 60Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 695 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU: Adreno 619
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
64MP High-Res Main Camera F/1.7
2MP Depth Camera F/2.4
2MP Macro Camera F/2.4
Video: 1080p@30fps  

Depan Single: 16MP F/2.4
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

Baca Juga:  OPPO Gandeng Ericsson untuk Kembangkan Teknologi 5G
KELEBIHANKEKURANGAN
Desain Retro Klasik dengan tepian kotak, tipis enak digenggamTidak ada kamera UltraWide
Pewarnaan Pada ponsel terlihat apik, baik di warna gold maupun di warna hitamRefresh rate layar masih 60Hz
Chipset Snapdragon 695 5G memiliki sejumlah fitur yang dapat dioptimalkan
Layar AMOLED dengan tingkat kontras yang tinggi 
SuperVOOC 33W 
Support Codec Bluetooth LDAC 
Ada Colokan Audio 3.5 mm 

Desain Retro dengan Dua Boba yang Menonjol

Sebelum ada yang protes, kami jelaskan dulu ya, bahwa dua boba kamera di bagian belakang OPPO Reno8 Z 5G bukan berarti ponsel ini hanya membawa 2 kamera di belakang. Reno8 Z membawa 3 kamera di bagian belakang. Hanya saja, OPPO meletakkannya pada desain yang unik. Di mana dua lingkaran besar ditata dalam posisi berdampingan atas bawah, sementara kamera satu lagi diletakkan di sisi kirinya, tepat di posisi bersebrangan dengan lampu flash LED.

Saat ini, desain demikian masih hanya bisa kita temukan di dua produk OPPO saja. Dua-duanya adalah produk Reno dan dua-duanya membawa huruf Z di belakang nama ponselnya.

Tapi bukan OPPO kalau tidak menjamin durabilitas ponselnya. Termasuk Reno8 Z 5G ini. OPPO menyatakan meskipun produk ini didesain sangat tipis, dengan bagian bezel yang kotak, alias membawa desain retro klasik, ponsel ini telah melalui pengetesan yang ekstrim. Baik terhadap kondisi suhu yang ektrim, maupun benturan yang keras.

Bagian back covernya terbuat dari material yang tahan goresan, dan juga tidak mudah kotor akibat sidik jari penggunanya. Diberi warna dalam beberapa lapisan sehingga menampilkan glitter dan warna gradasi ciamik, terutama di varian warna Dawnlight Gold.

Baca Juga:  First Impression OPPO Reno5 Marvel Edition

Bagi pecinta audio yang masih mengandalkan headset berkabel, termasuk mereka yang membutuhkan colokan audio 3.5 mm untuk merekam audio sebagai bagian dari konten yang diciptakan misalnya, masih bisa mengandalkan ponsel ini. Tanpa perlu adapter, ponsel ini masih menyediakan port audio 3,5 mm tersebut.

Layar AMOLED 6.4 Inchi

Sebagai anggota seri Reno8 OPPO, ponsel ini juga telah membawa layar AMOLED berukuran 6.4 inci. Tentunya mampu menampilkan warna dengan lebih cemerlang dengan tingkat kontras yang tinggi. Menjadi standar bagi ponsel kelas menengah ke atas milik OPPO. Tapi sayangnya, di Reno8 Z ini Refresh layar masih di angka standar yaitu 60Hz.

Sebenarnya sih tidak terlalu banyak berpengaruh, mengingat frame rate sejumlah game masih banyak yang maksimal di 60Hz, itu pun sudah membuat hardware ngos-ngosan. Tapi bagi mereka yang suka membuka social media, dan browsing konten yang ada di dalamnya, mungkin akan merindukan refresh rate yang lebih tinggi.

Tapi bukan berarti layar Reno8 Z tidak medukung tayangan HDR. Bagi Anda yang suka nonton video yang mendukung format tampilan HDR 10 dan standara HLG, layar ponsel ini sudah bisa menampilkannya dengan baik.

Kamera selfie diletakkan pada sebuah lubang punch hole yang ada di sudut kiri atasa layar, sehingga tidak mengganggu saat memainkan game, atau tengah menonton film yang seru dalam satu layar penuh.

ColorOS 12.1 dan Segera 13

Harus diakui, salah satu faktor kesuksesan ponsel-ponsel OPPO adalah sistem softwarenya alias ColorOS yang selalu mengalami perbaikan. Seperti di Reno8 Z 5G ini, saat Anda baru mengaktifkannya, Anda sudah bisa mendapatkan pengalaman ber-ColorOS 12.1 yang mana itu adalah yang paling up to date untuk OS yang berbasi Android 12.

Banyak hal yang diperbaiki di versi ini. Selain tentu saja banyak fitur bawaan yang sudah kita kenal sejak produk-produk terdahulu semisal Games, RAM Expansion, Super Power Saving mode pada baterai dan seterusnya.

Baca Juga:  Review JBL Endurance Peak II: TWS Powerhook nan Kokoh

Dan kabar menariknya, OPPO bakal segera mengupdate Reno8 Z 5G ini ke ColorOS 13 dalam waktu dekat. Setidaknya versi Beta-nya bakal bisa dirasakan lebih dulu sejak Desember 2022. Menjadi prioritas karena ponsel ini termasuk ponsel anyar dalam seri Reno8.

Performa Hardware

OPPO Reno8 Z 5G diperkuat chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 695 5G. Chipset kelas menengah atas yang relatif baru diadopsi oleh beberapa ponsel di tahun 2022 ini. Membawa fabrikasi 6nm sehingga bisa dibilang efisien dalam penggunaan daya, serta mampu memuat lebih banyak fungsi ke dalam chipset ini.

Selain CPU 8 inti dengan 2 cluster 6 vs 2 inti, chipset ini pun membawa GPU Adreno 619, triple ISP untuk pengolahan hasil kamera yang lebih baik, RAM berjenis LPDDR4X sebesar 8GB dan penyimpanan internal berjenis UFS 2.2 sebesar 256 GB.

Semua tahu bagaimana panas tercipta ketika chipset dengan performa menjanjikan ini bertemu dengan layar AMOLED. Untuk itu, OPPO juga membenamkan 6 lapisan cooling system yang menjaga suhu ponsel tetap dingin meski sedang digunakan secara ekstrim, termasuk untuk bermain game.

Bermaingame, mengedit video, mengedit foto, bersosial media dan sebagainya bisa dilkaukan tanpa hambatan di ponsel ini. Meski bukan varian tertinggi, kita bisa mengandalkannya untuk membuat konten yang menarik.

Dari hasil benchmark terlihat bahwa “jeroan “ Reno8 Z 5G merupakan standar jeroan ponsel kelas menengah dan itu tidaklah buruk sama sekali.

Baterai dengan SuperVOOC 33W

Selain membawa chipset yang menggunakan daya secara efisien, fitur penghemat daya semisal Super Power Saving Mode, ponsel ini pun menyematkan baterai berkapasitas besar 4500 mAh. Standar kapasitas baterai dengan teknologi pengisin daya SuperVOOC.

Sementara untuk pengisian daya SuperVOOC-nya ponsel ini menerapkan daya 33W, yang memungkinkan kita mengisi daya ponsel dari nol sampai 100% dalam kecepatan sekitar 1 jam 15 menit saja.

Kamera Tetap Mumpuni

Pertama diperkenalkan Reno8 Series kerap membuat kita tak sabar untuk merasakan produk varian tertinggi Reno8 Pro 5G. Karena hadirnya NPU tambahan serta semua hal yang bersifat flagship yang disematkan kepadanya. Tapi nyatanya tidak hanya Reno8 Pro 5G saja yang mencuri perhatian kami. Setidaknya di sisi kamera. Reno8 Z 5G pun mampu berbicara banyak.

Tanpa membawa lensa SuperWide, kamera belakang Reno8 Z 5G hanya terdiri dari 1 kamera utama 64MP dengan sensor Omnivision, lalu ada lensa 2MP untuk Depth dan 2MP untuk Macro.

Sementara untuk kamera depan ada lensa 16MP dengan sensor Sony IMX471.

Perekaman video pun masih di resolusi favorit saat ini, yakni 1080p dalam frame rate maksimum di 30 fps.

Seperti biasa, dukungan teknologi AI dari ColorOS 12, juga hadirnya EIS hingga dukungan ISP jempolan dari Qualcomm, memberi pengaruh positif pada foto maupun video yang dihasilkan. Baik dari segi pewarnaan, ketajaman foto hingga tingkat noise yang sangat berkurang.

Kesimpulan

Jika dana menjadi soal, maka varian Reno8 5G paling terjangkau adalah Reno8 Z 5G ini. Dengannya Anda bisa mendapatkan semua fitur yang dibutuhkan. Baik untuk kebutuhan berponsel standar, maupun content creation.

OPPO Reno8 Z sudah bisa didapatkan secara online di seluruh jaringan e-commerce terkemuka Indonesia. Sedangkan secara offline dapat dibeli di OPPO Gallery, OPPO Store, dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia dengan harga Rp5.999.000,-

Previous articleOPPO Padukan Teknologi Audio Enco Air2 Pro dengan Kegiatan Meditasi
Next articleBikin Aktivitas Lebih Seru dengan FlexCam, Ponsel Lain Lewat
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here