Home NEWS Adu Fitur: 3 Jurus Utama OPPO Find N3 Flip Hadapi Persaingan

Adu Fitur: 3 Jurus Utama OPPO Find N3 Flip Hadapi Persaingan

adu fitur find n3 flip vs z flip5

tabloidpulsa.id – Sejak kehadiran ponsel flip pertama secara global di awal tahun 2023 lalu (OPPO Find N2 Flip), OPPO membawa semangat “memberi lebih” dari sekedar ponsel dengan layar yang bisa dilipat. Hal ini terlihat dari penggunaan engsel yang lebih up to date, baterai dan pengisian daya yang tetap flagship, desain cover screen hingga kemampuan kamera yang tetap aduhai meski dibalut desain yang harusnya sih serba terbatas.

Dengan semangat yang sama, OPPO kemudian merilis Find N3 Flip. “Menambal” sejumlah hal yang dirasakan masih bisa diperbaiki di seri sebelumnya, sekaligus menjadi fitur penting alias senjata utama, dalam menghadapi persaingan di pasar ponsel Flip yang cukup sengit.

Di pasaran kita bisa menemukan pesaing yang head to head dengan Find N3 Flip dari kubu Samsung, yakni Galaxy Z Flip5. Produk ini juga hadir untuk memperbaiki seri Z Flip sebelumnya, dengan menyisipkan tren layar lebar pada luar lipatan seperti yang bisa kita temukan juga di beberapa ponsel lipat lainnya yang tidak dirilis di Tanah Air.

Z Flip5 (kiri) Find N3 Flip (kanan)

Secara tampilan saja, perbedaan mendasar dari kedua produk Flip yang ada di pasar Indonesia ini terletak pada ukuran layar luar atau cover screen dan Chipset yang menyertai kedua produk ini.

Tapi berdasarkan sejumlah eksperimen yang kami lakukan, kami menemukan ada beberapa hal yang tidak bisa disimpulkan hanya dengan membahas spesifikasi saja.

Setidaknya ada 3 hal yang menarik untuk dibahas. Kami akan membiarkan Anda menentukan apakah fitur-fitur tersebut daoat menjadi pembeda OPPO Find N3 Flip di pasar ponsel Flip yang tengah menarik perhatian.

Mini Apps sebagai Gerbang Interaksi dengan Cover Screen

Sudah banyak dibahas di tips kami sebelumnya (Tips), kehadiran Mini Apps di Find N3 Flip memungkinkan alur penggunaan ponsel yang lebih cair dan tidak terbatas. Di mana kita bisa memanfaatkan cover screen dengan jauh lebih baik dari seri sebelumnya, melalui kehadiran widget dan aplikasi-aplikasi mini yang tertampil full layaknya di layar utama.

tampilan cover screen Find N3 Flip

Dengan kata lain, meskipun layar cover Find N3 Flip masih menggunakan pendekatan yang sama dengan Find N2 Flip, dan relatif tidak lebih besar dari layar cover Z Flip5, namun pengalaman yang dihadirkan tetap bisa bersaing ketat, bahkan mungkin memenuhi preferensi penggunanya.

Baca Juga:  Tips Bikin Nyaman Gunakan Reno6 dengan Satu Tangan

Tak bisa dipungkiri, secara kosmetik, layar cover lebar memang terlihat menjanjikan. Mampu memperlihatkan gambar dengan lebih besar dan jelas. Memberikan keleluasaan untuk jemari pengguna mengontrol layar tersebut.

tampilkan mini Apps di layar cover Find N3 flip

Namun layar cover milik Find N3 Flip dengan rasio 17:9 akan mengingatkan kita pada layar (utama) ponsel kebanyakan. Yakni mampu tertampil portrait/tegak lurus, atau landscape/horisontal untuk menampilkan konten yang berbeda. Juga mendukung gesture layaknya layar utama.

Sebagai perbandingan, Cover Screen Z Flip 5 yang lebar membentuk area non simetrikal, namun cenderung memperlihatkan konten secara horisontal. Ini perlu dicatat karena akan berpengaruh saat menampilkan aplikasi-aplikasi lewat layar cover kedua ponsel ini.

Kembali ke mini apps. Fitur ini tidak ada di seri Find N Flip sebelumnya. Jadi kami yakin bahwa fitur ini bisa menjadi pembeda dan berani diangkat di Adu Fitur kali ini karena terasa manfaatnya selama kami melakukan review.

Dengan Mini Apps, kita bisa berinteraksi dengan sejumlah aplikasi langsung dari layar cover, sehingga tidak perlu lagi membuka layar utama yang terlipat. Semisal ketika situasi hectic di dalam kendaraan, baik pribadi maupun umum, atau ketika hanya bisa menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Dengan layar tinggi, aplikasi mini akan tertampil layaknya di layar utama. Hampir tidak ada yang terpotong. Hanya saja memang jadi lebih kecil. Dan menyulitkan mereka yang memiliki penglihatan yang tidak fit. Semua informasi tertampil dalam layar. Atau setidaknya lebih banyak informasi yang ditampilkan dibandingkan ketika kita menggunakan layar cover horisontal milik Z Flip5.

Tapi di sisi lain, meskipun informasi yang tertampilkan jadi jauh lebih terbatas, kita bisa lebih nyaman membalas chat di layar horisontal. Larena tombol keyboard virtual akan tertampil lebih besar. Meskipun harus mengorbankan tampilan chat yang jadi tinggal 1, 2 baris saja di atasnya.

OPPO Labs menyediakan hampir 80 lebih aplikasi mini yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Find N3 Flip. Dan menurut sumber terpercaya di OPPO, ini akan terus bertambah seiring dengan feedback pengguna.

Baca Juga:  Rekomendasi TWS Latensi Rendah untuk Ngegame di OPPO Reno6

Beberapa aplikasi penting semisal Grab, Gojek, OVO dan lain-lain sudah didukung Mini Apps dan berjalan tanpa masalah. Dan yang penting bisa menampilkan lebih banyak informasi.

Di sisi lain, Z Flip5 melakukan dua pendekatan, yakni menyiapkan aplikasi yang bisa tertampil di cover screen secara In house melalui lab mereka. Dan juga menggunakan app tambahan berupa aplikasi Good Lock. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, tapi keduanya sama-sama menampilkannya dalam layar cover yang horisontal.

saat menampilkan tiktok

Saat menayangkan video portrait semisal tiktok, atau Youtube Shorts, maka cover screen Find N3 Flip bisa lebih baik, karena mampu mengoptimalkan area layar. Sementara di Z flip5 akan tertampil lebih kecil di tengah area layar dengan background hitam yang cukup signifikan.

saat menampilkan video youtube

Saat membuka video landscape semisal video youtube atau Netflix, keduanya bisa sama-sama apik. Hanya saja di Find N3 Flip kita harus effort memutar ponsel 90 derajat.

Sebagai penampil Maps, Find N3 Flip masih lebih baik karena kita bisa mengantisipasi belokan demi belokan karena tertampil lengkap layaknya di layar ponsel normal. Smeentara di Z Flip5 aka banyak area yang terpotong, terutama di bagian atas dan bawah, yang justru menjadi krusial.

tips mini apps oppo find n3 flip

Mana yang cocok untuk Anda? Silakan tentukan sendiri dengan mencobanya langsung di lokasi penjualan kedua ponsel ini.

Telefoto Portrait

Satu hal yang diupayakan OPPO Find N3 Flip adalah tetap menyediakan sarana memotret yang flagship, meskipun dalam desain yang relatif terbatas. Ponsel lipat sendiri tidak memiliki ruang yang sama besar dengan desain ponsel biasa. Ditambah dengan kehadiran layar Cover yang lebar, menjadikan ruang bagi kamera semakin kecil.

kamera

Menariknya Find N3 Flip mampu mengatasi keterbatasan ini dengan membawa kamera yang meningkat secara signifikan ketimbang seri Find N Flip sebelumnya.

Tetap menggunakan kerja sama co-engineered bersama Hasselblad, kali ini Find N3 Flip menyediakan kamera mumpuni untuk kebutuhan lain, semisal ultrawide dan telefoto. Khusus telefoto, ini merupakan langkah yang sudah ditebak menjadi langkah yang inline dengan arah perkembangan fotografi mobile OPPO yakni portrait Telefoto.

Baca Juga:  POCO Indonesia Buka POCO Store Pertama di Dunia

Dengan kamera telefoto 2x dengan panjang fokus setara 47mm ini kita bisa menghasilkan foto portrait telefoto yang apik melalui mode portrait. Selain itu kita bisa memanfaatkan kemampuan foto zoom 5X dengan kualitas optik.

Sampai tulisan ini dibuat, kemampuan kamera Find N3 Flip ini masih yang terbaik di antara ponsel Flip yang ada di pasaran.

Lipatan yang Lebih Tak Terlihat

Sejak di seri Find N Flip sebelumnya, engsel yang digunakan oleh OPPO mampu memberikan efek dramatis terhadap bagian layar yang terlipat. Harus diakui bahwa ini tidak berarti lipatannya bisa sepenuhnya tak terlihat. Tapi setelah beberapa kali membandingkan secara langsung dengan produk flip lain, kami rasakan lipatan pada layar utama Find N3 Flip tidak semencolok produk pembanding.


posisi 1, Find N3 Flip (kiri) Z Flip5 (kanan)

posisi 2, Find N3 Flip (kanan) Z Flip5 (kiri)

Kami bisa menyebutnya “lebih rapi” dan cenderung tidak memiliki parit atau lengkungan ke bawah di area lipatan. Jadi ketika bermain game dan tangan mengusap bagian ini, akan lebih tidak terasa dibanding produk flip lainnya.

Fitur Lain

Selain 3 hal di atas, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kami mention. Baik yang masih ada hubungan dengan 3 fitur yang kami sebutkan di atas, maupun fitur lain yang bisa jadi faktor untuk memilih.

Semisal saat menggunakan layar cover sebagai viewfinder di mode FlexCam. Karena layar cover Find N3 Flip cenderung menyerupai layar utama, maka semua UI kamera tetap akan terlihat apik di layar viewfinder. Kita tidak akan kehilangan apapun. Hal ini berbeda dengan pendekatan yang dilakukan oleh Z Flip5.

Berikutnya di sisi kecerahan layar, Z Flip5 memiliki kecerahan layar baik utama maupun cover screen yang lebih tinggi. Jadi terlihat lebih menyeruak dan menggoda. Tapi, OPPO Find N3 Flip melaukan pendekatan berbeda. Layar Find N3 Flip mengadopsi teknologi bebas polarized atau COE (color on encapsulation) dimana kita bisa tetap nyaman menggunakan ponsel di bawah terik matahari sambil menggunakan kacamata hitam. Semisal ketika berlibur di pinggir pantai, mungkin.

Previous articleAlomedika, Platform Digital Demi Pemerataan Layanan Kesehatan
Next articlerealme Hadirkan Program Layanan Purna Jual, Bikin Extra Nyaman
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here