Home REVIEW Review OPPO Reno8 Pro 5G | Tak Hanya Andalkan MariSilicon X

Review OPPO Reno8 Pro 5G | Tak Hanya Andalkan MariSilicon X

reno8 pro 5g

tabloidpulsa.id – OPPO Reno8 Series gelombang kedua hadir secara resmi di Indonesia 15 September 2022. Memperkenalkan dua produk yang terdiri dari OPPO Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G. Kali ini PULSA berkesempatan mereview salah satu di antaranya, yakni varian Reno8 Pro 5G.

Saat diumumkan pertama kali bakal masuk ke Indonesia, produk ini menjadi produk gacoan lini seri Reno8 karena membawa tambahan hardware anyar terkait proses pencitraan yakni MariSilicon X.

Kami sudah tidak sabar melihat bagaimana NPU tambahan ini bekerja di sebuah perangkat yang notabene berbeda dengan Find X5 Pro. Baik dari target pasar, harga, hingga chipset utama yang digunakan.

Harga: Rp 9.999.000
Pilihan warna: Glazed Green, Glazed Black
Paket penjualan: smartphone OPPO Reno8 Pro 5G, silicon case, charger adapter supervooc 80W, kabel data USB Type C, buku manual, SIM ejector, kartu garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)161.2 x 74.2 x 7.3 mm/ 183 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalNo
Layar inci – Tipe Screen6.7 inci, ~90.8% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, AMOLED, 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 8100-Max (5nm); CPU Octa-core (4×2.85 GHz Cortex A78 + 4×2.0 GHz Cortex A55), GPU: Mali-G610 MC6
RAM & Internal Storage12 GB RAM/ 256 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
50 MP f/1.8 Main Camera IMX766
8 MP f/2.2, Super Wideangle
2 MP f/2.4 Macro
Video: 4K 30fps, 1080p 30/60/120/240fps, 720p 960fps  

Depan Single:
32 MP f/2.4 IMX 709
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-ion (non-removable), SuperVOOC 80W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
NPU tambahan MariSilicon X untuk kamera yang jauh lebih baikPosisi harga mendekati flagship
Dual Sensor Camera flagship IMX766 di belakang, IMX709 di depanSelain kamera 50MP yang bersensor IMX 766, hasilnya kurang maksimal (ultrawide, makro)
Layar penuh hampir tanpa bezel
Chipset 5G terkini dengan efisiensi daya yang lebih baik 
Layar AMOLED 120Hz 
SuperVOOC 80W 
Audio superior, Banyak fitur dengan codec Bluetooth yang lengkap 

Desain

OPPO Reno8 Pro 5G melakukan pendekatan desain yang menyerupai flagship. Hal ini terlihat dari bagian back cover yang menggunakan material unibodi, dibentuk sedemikian rupa sehingga membuat area beda tinggi secara perlahan dari titik keseimbangan ponsel menuju ke arah lubang kamera.

Apa yang bisa dirasakan pengguna adalah sebuah sensasi menarik karena mampu menggunakan ponsel dengan nyaman meskipun hanya menahan bagian belakang ponsel dengan satu jari yang diistirahatkan di bagian bukit tersebut di atas.

Tangan jadi tidak mudah merasa lelah. Dan penggunaan dengan model begini bisa dilakukan baik dengan tangan kanan maupun kiri. Kita bisa mengapresiasi desain seperti ini saat menggunakannya dalam waktu lama dan untuk banyak keperluan.

Pewarnaan pada back cover sendiri dibaut sederhana dengan menampilkan warna yang reflektif. Tidak mudah untuk diabadikan menggunakan kamera. Namun jadi terlihat elegan dan mewah.

Dan karena hampir semua bagian berbahan metal unibodi, maka OPPO melakukan effort tambahan dengan memberikan garis-garis antena di beberapa bagian, agar bisa berjalan lebih baik tanpa gangguan dari material yang digunakan.

Produk ini berbasis pada desain ponsel flagship sebelumnya, untuk itu kita tidak bakal bisa menemukan beberapa fitur yang mungkin masih diadopsi oleh produk menengah ke atas. Semisal colokan audio 3.5 mm.

Layar OLED 120Hz

Reno8 Pro 5G membawa layar yang terhampar hampir memenuhi seluruh bagian d pan ponsel. Terlihat cantik, sekaligus memuaskan ketika kita berinteraksi dengan layar ponsel ini. Tidak lagi ditemukan ruang gelap di bagian bawah, karena layar ponsel hampir menyentuh bagian ini.

Menariknya, layar ponsel ini membawa refresh rate 120 Hz yang bisa dipastikan bakal memanjakan Anda ketika browsing aplikasi ataupun timeline sosial media. Sementara untuk game, nampaknya belum banyak game yang mendukung frame rate yang memanfaatkan refresh rate setinggi itu.

Beberapa aplikasi yang memanfaatkan ruang layar ini hadir menjadi highlight ketika kita membuka setingan layar. Termasuk fitur O Haptic yang dioptimasi sehingga kita bisa merasakan sensasi feedback dari layar ketika kita berinteraksi dengannya.

Software

OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan ColorOS 12.1 dan dijadwalkan bakal mendapatkan ColorOS 13 di tahun ini juga. Namun kami belum bisa.memastikan apakah itu baru mendapatkan versi Beta, atau sudah langsung official.

Seperti biasa, ColorOS menawarkan banyak hal menarik. Mulai dari tampilan, hingga pemanfaatan ruang memori internal sebagai RAM expansion.

Chipset Dimensity dan NPU MariSilicon X

Reno8 Pro 5G diperkuat chipset besutan Mediatek, yakni Dimensity 8100 Max, yang membawa 8 inti CPU, 4 berupa cortex A78, dan 4 sisanya berupa cortex A55. Sudah merupakan standar kelas atas untuk unit CPU.

Memiliki fabrikasi 5nm, maka banyak komponen dengan fungsi lain yang bisa disematkan, meskipun dianggap membawa ISP yang kurang maksimal.

Beruntung OPPO menyematkan NPU tambahan untuk mengatasi kemampuan ISP ini. Yakni MariSilicon X, yang sebelumnya hadir di OPPO Find X5 Pro dengan chipset milik Qualcomm.

NPU MariSilicon X sendiri banyak dijelaskan oleh OPPO, hadir sebagai akselerator pemrosesan hasil kamera. Tidak lagi mengandalkan ISP atau image signal processor bawaan chipset utama, kegiatan menangkap gambar, memprosesnya kemudian dipresentasikan menjadi sebuah foto akan dilakukan melalui NPU ini.

Dengan NPU ini Reno8 Pro bisa menghasilkan foto dengan penggunaan hardware yang lebih efisien, waktu lebih cepat dan hasil lebih solid. Tanpa membuat baterai ponsel cepat habis atau proses pengambilan gambar low light jadi bisa lebih cepat dan akurat.

Dari sisi performa hardware secara keseluruhan, OPPO Reno8 Pro terlihat superior. Bahkan dengan dukungan RAM sebesar ponsel flagship, yakni 12 GB ditambah kemampuan RAM expansion juga ruang penyimpanan 255 GB, maka dari sisi kesiapan ponsel ini untuk bermain game sudah bisa dibilang sekelas ponsel flagship.

Kamera dengan Dual Sensor Flagship

Selain NPU, upaya mengoptimalkan kamera pada Reno8 Pro juga terjadi melalui pemilihan sensor pada kamera depan dan belakang ponsel ini.

Seperti yang biasa kita temukan di ponsel-ponsel kelas flagship, kamera OPPO Reno8 Pro menggunakan sensor besutan Sony yakni IMX766 pada bagian belakang. Dari sensor yang beresolusi 50MP kita bisa mendapatkan foto dengan warna, detail dan juga pencahyaan yang apik saat digunakan di kondisi cahaya yang redup sekalipun.

Ditemani oleh kamera wide 8MP dan juga kamera makro 2MP maka ketiga lensa ini akan bekerja menghasilkan foto sesuai dengan yang Anda harapkan.

Di bagian depan alias kamera Selfie, OPPO Reno8 Pro juga membawa sensor flagship. Hasil kerja sama OPPO dan Sony ya lkni IMX709.

Masih mengusung Portrait Expert, di ponsel ini masih tersedia fitur portrait AI yang bakal menambah ciamik hasil foto. Ada colorPortaitAi, juga Bokeh flare AI yang bisa dimaksimalkan ketika hunting foto.

Hasil kamera:

selfie camera

Baterai dan superVooc 80W

Kembali kami menemukan satu hal yang membuat produk ini lebih mendekati produk flagship. Dukungan SuperVooc 80W yang saat ini masih ditemukan di OPPO flagship, dibawa juga oleh Reno8 Pro 5G.

Membawa kapasitas 4500 mAh, dengan efisiensi sistem yang sudah bisa dibilang jauh lebih baik dari produk setahun sebelumnya, baterai Reno8 Pro bisa bertahan cukup lama. DNA yang terpenting pengisian dayanya bisa jauh lebih cepat.

Audio yang Superior?

Berawal dari ketidaksengajaan kami mendengarkan musik melalui speaker bawaan ponsel dlaam volume tinggi, kami melihat banyak potensi di Reno8 Pro, khusunya di sisi audio.

Usut punya usut ternyata pihak OPPO memang telah mengupayakan sejumlah hal terkaitboutput audio dari ponsel ini. Pertama mereka menyematkan teknologi non linear correction pada speaker stereo assymetric nya ini.

Algoritma NLC tersebut meningkatkan tingkat kecerahan audio atau lebih tepatnya disebut clarity hingga pada nada dan frekuensi tinggi.

Suara vokal yang terlihat tetap jelas adalah salah satu contoh nyata yang bisa kita rasakan. Tanpa merasa telinga kita ditusuk-tusuk akibat frequency dan treble yang terlalu tinggi. Solid dan meski tanpa gain dan bass boster layaknya speaker bluetooth portable, suara yang dihasilkan oleh spekarr bawaan ponsel ini sudah cukup mumpuni untuk dijadikan speaker utama saat di ruang kamar.

Kedua di sisi dukungan codec Bluetooth. Ponsel ini membawa hampir semua codec Bluetooth baik HD maupun standar latency rendah untuk bermain game misalnya.

Mulai dari SBC, AAC, LHDC, LDAC dan semua codec dari Qualcomm APTX. Hal ini membantu bagi mereka yang menginginkan kualitas tertinggi dari sebuah koneksi bluetooth headset.

Apakah dengan dmeikian Reno8 Pro 5G meruapkan ponsel yang tepat untuk audiophile. Kenapa tidak?

Berikutnya adalah hadirnya dukungan Real HD Audio hasil kerja sama OPPO dengan DIRAC Research. Bagi Anda yang menginginkan output audio yang terkostumisasi sesuai dengan selera, maka fitur ini bisa dicoba. Menghadirkan preset audio yang jamak kita butuhkan.

KESIMPULAN

Selama pengenalan di awal kami sangat tertarik melihat kemampuan NPU MariSilicon X pada Reno8 Pro yang nyatanya teruji dengan baik melalui sejumlah percobaan untuk mendukung review ini. Tapi di balik itu Reno8 Pro juga menyimpan banyak hal menarik termasuk pada sisi audio dan juga desain yang pintar.

Previous articleCatut Logo dan Konten Secara Ilegal, Vidio Pidanakan Penyedia STB Welhome
Next articleANKER eufy Robovac 11s, Robot Pembersih Pintar Harga Terjangkau dengan BoostIQ
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here