Home REVIEW Review OPPO A74: AMOLED 3 Jutaan, Pertama Bawa RAM Expansion

Review OPPO A74: AMOLED 3 Jutaan, Pertama Bawa RAM Expansion

review oppo a74

tabloidpulsa.id – Diluncurkan bersama dengan OPPO A74 5G, ponsel ini merupakan produk alternatif yang mengisi ceruk ponsel 3 jutaan dengan apik. Meski sedikit tertutup oleh bayang-bayang varian 5G nya, ponsel ini sebenarnya menawarkan sejumlah keunggulan di bagian lain. Layar AMOLED dan Memory Expansion adalah favorit kami, disamping pengisian daya yang cepat tentunya. Berikut review OPPO A74.

Melirik namanya yang berawalan huruf A, mungkin Anda bepikir bahwa A74 lebih ke produk entry. Sayangnya Anda salah, karena meskipun anggota A series, OPPO A74 merupakan ponsel seri A yang sudah merangsek ke kelas yang lebih tinggi.

Kita tidak bisa mengharapkan semua fitur killer bakal ada di ponsel ini, tapi setidaknya ada beberapa hal yang membuatnya mampu menjadi perwakilan OPPO untuk bersaing di kelas harga yang sama.

Harga: Rp 3.499.000,- (harga rilis)

Pilihan Warna:  Prism Black, Midnight Blue

Kelengkapan: Ponsel A74, silicon case, Charger adapter, kabel data USB type C, Earset stereo 3.5 mm, dokumen, Pin Ejector

Dimensi & Berat (mm&gram)160.3 x 73.8 x 7.95 mm / 175 gram
SIM & Jaringan Dual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)ColorOS 11 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYa, MicroSD
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density), AMOLED 16M colors
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 662; Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold& 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver), GPU Adreno 610
RAM & Internal StorageGB RAM128 GB ROM UFS 2.1
Kamera (MP/fitur)belakang/depanBelakang Triple: 48 MP, f/1.7, 26mm (wide) PDAF; 2MP depth, f/2.4; 2MP Macro camera, f/2.4Video: 1080p@30fps, 720p@30fps Depan Single: 16 MP, f/2.4 (wide), 1080p@30fps, 720p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable), charging 33W SuperVOOC Flash Charge
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaQuad Kamera BelakangYa
NFCTidak4K video recordingTidak
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYaRadio FMYa
KelebihanKekurangan
Layar AMOLED membawa kontras tinggi.
Bodi Tipis
Fast charging 33W Super VOOC
Kamera 48 MP dengan bukaan besar.
Mendapat update memory expansion paling awal.
In Display fingerprint Sensor
Tidak ada NFC
Tidak ada lensa ultra wide

Desain Tipis Kekinian

Sejak beberapa tahun belakangan, produk OPPO selalu identik dengan desain ramping, tipis, nyaman digenggam, dengan bagian bezel yang melengkung 3D untuk meningkatkan kenyamanan saat digenggam di satu tangan. Memberikan efek mewah dan tidak murahan.

Hal itu yang kami juga rasakan di OPPO A74. Bahan plastik keras dengan finishing metalik dan glossy bahkan melengkapi efek elegan pada ponsel. Meskipun untuk produk A74 ini terasa lebih mudah menyisakan bekas sidik jari. Terutama untuk mereka yangtangannya kerap berkeringat seperti reviewer.

Tapi OPPO sudah memberi solusi dengan menyiapkan silicon case di paket penjualan. Karena transparan, saya rekomendasikan untuk meggunakannya, karena ponsel jadi lebih aman dari kotor dan kerusakan fatal karena benturan, tanpa menutupi warna asli ponsel.

OPPO menawarkan dua pilihan warna back cover, yakni Prism Black dan Midnight Blue. Dua-duanya merupakan pewarnaan gradasi, gabungan dari warna utama dan warna turunan yang memberikan efek gelap-terang. Terang di bagian atas, dan gelap di bagian bawah.

Sebuah perbedaan yang bisa terlihat secara fisik di OPPO A74 dbandingkan dengan A74 5G ada pada tombol power. Dimana di ponsel ini terlihat lebih menonjol. Anda pasti sudah tahu kenapa, ya! Karena tombol power di OPPO A74 tidak lagi berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Fungsi sensor sidik jari di ponsel ini ada di bagian layar atau in display fingerprint sensor. Tidak mengejutkan mengingat layar ponsel ini sudah AMOLED. Akan kita bahas di bagian display.

Selain tombol power, perbedaan juga terdapat pada bagian kamera. Bukan desainnya sih, melainkan jumlah lensa yang dibawa. Meskipun baru terlihat ketika kita benar-benar berkonsentrasi mencari perbedaannya.

Di bagian depan OPPO A74 dipenuhi dengan layar dan kamera selfie dalam desain punch hole, single di bagian sudut kiri atas. Khas peletakkan kamera selfie OPPO-OPPO terbaru. Sementara itu untuk portasi, ada di bagian bawah terdiri dari jack 3.5 mm audio dan colokan USB type C.

Layar AMOLED dengan Fingerprint Sensor

Beralih ke bagian layar. OPPO A74 membawa display berpanel AMOLED dengan ukuran 6,43 inci. Layar ini memancarkan resolusi Full HD plus alias 2400 x 1080 pixel dalam kerapatan 405 ppi dan refresh rate 60 Hz.

Standar ponsel kelas menengah yang memancarkan warna secara tajam, merata dan tingkat hitam maksimal yang menghasilkan nilai kontras yag sangat tinggi. Khas AMOLED.

Tidak heran saat pertama mengaktifkan ponsel sampai pada saatnya kita menonton konten di ponsel ini, kita akan merasa dimanjakan oleh layar ini. Termasuk soal responsivitas yang disuguhkan.

Dan dengan jenis layar seperti ini OPPO bisa meletakkan sensor sidik jari di balik display. Sehingga bisa menghemat tempat dan mengajak penggunanya untuk merasakan fitur mewah ini di OPPO A series.

Dengan jenis layar AMOLED ini juga kita bisa menampilkan layar always on Display dengan lebih baik lagi.

ColorOS 11 dengan Memory Expansion

Seperti yang sudah dibahas di tulisan ini, bahwa melalui update OS terbarunya OPPO A74 ini termasuk perangkat OPPO pertama yang mendapat fitur memory expansion. Dimana kita bisa meningkatkan RAM bawaan dengan “meminjam” hingga 5 GB dari memory internal ponsel.

Tapi ingat, agar fitur ini hadir, Anda perlu memastikan sudah megupdate Color OS 11 ke update-an terakhir. Atau Anda bisa cek cara mengaktifkannya di sini.

Fitur RAM expansion ini akan membuat akselerasi ponsel bisa lebih baik, terutama untuk mednukung muti tasking atau bermain game.

Selain itu, beberapa fitur setia ColorOS 11 tetap hadir d ponsel ini. Semisal clone phone, phone manager, Game Space, HeyTap cloud dan sebagainya. Untuk SoLoop bisa Anda install lewat App Market.

Chipset dan Memory Bawaan

OPPO A74 menggunakan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 662. Chipset ini membawa CPU dengan 8 inti. Terdiri dari 4 inti Kryo 260 gold dengan speed 2.0 GHz dan 4 inti Kryo 260 Sliver dengan speed 1.8 GHz. 

Juga membawa GPU Adreno 610. GPU ponsel-ponsel kelas menengah tentunya dan RAM 6GB LPDDR4x serta ROM 128 GB UFS 2.1. Seperti yang telah kita ketahui dengan update software per bulan Mei kemarin, user atau pengguna bisa meningkatkan RAM ponsel ini ketika dibutuhkan dengan meminjam kapasitas memori dari ROM.

OPPO A74 ini merupakan ponsel pertama yang kebagian fitur ini. Sebelum bulan Juni besok akan hadir di OPPO Reno5 dan Reno5 5G.

Soal performa, kita bisa bilag bahwa ponsel ini bisa menjalankan beberapa game dan aplikasi secara lancar. Memang bukan yang tercepat di kelasnya, namun sudah cukup memuaskan. Chipset yang digunakan, serta ColorOS yang sudah makin efektif juga membuat performa ponsel ini di area mumpuni di kelas menengah.

Hal tersebut bisa dilihat pada hasil penghitungan benchmark seperti yang terlihat di foto berikut.

3 Kamera Utama Tanpa Ultra Wide

Berbeda dengan OPPO A74 5G, ponsel ini hanya membawa 3 kamera utama. Terdiri dari 1 kamera 48MP dengan f/1.7, dan 2 kamera 2MP f/2.4 untuk kebutuhan makro dan depth. Di atas kertas sih sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan fotografi dan videografi, terutama di kondisi pencahayaan yang redup.

Pengaturannya cenderung sederhana, dengan menampilkan 4 mode utama di slider bawah viewfinder dan satu kolom More untuk mode-mode tambahan.

Hasilnya, sesuai dugaan kami, bisa diandalkan di kondisi pencahayaan yang redup dan bahkan menghasilkan gambar dramatis ketika mengaktifkan mode night. 

Sementara itu kamera depan 16 MP f/2.4 juga menghasilkan gambar yang tajam. Dengan mode pemotretan yang hampir sama dengan kamera utama.

Bagaimana dengan videonya? Ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi maksimal Full HD 1920 x 1080 px dalam framerate 30 fps. Baik untuk kamera depan maupun belakang.

Baterai dan Pengisian Daya Cepat

OPPO A74 (4G) dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Dan tentu saja sebuah fitur yang tidak dimiliki versi 5G, Super VOOC 33W Flash charge. Fitur ini akan membuat hidup Anda lebih ringan karena bisa mengsisi daya ponsel sampai penuh hanya 1 jam lebih sedikit.

Kapasitas 5000 mAh juga termasuk besar untuk mendukung semua kemampuan ponsel. Mulai dari layar, hingga kebutuhan networking. Tapi dengan chipset yang efisien serta OS yang juga mampu melakukan efisiensi daya, maka daya tahannya jadi makin apik saja.

Kesimpulan

OPPO A74 memang tidak memiliki fitur jaringan 5G ataupun NFC seperti kembarannya (A74 5G), tapi OPPO membekali ponsel ini dengan sejumlah fitur lain yang lebih menggoda. Semisal layar AMOLED, pengisian daya 33W Flash Charge dan Memory expansion yang kebagian lebih awal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here