Home TIPS & TRICK Begini Caranya Menambah Kapasitas RAM di OPPO A74

Begini Caranya Menambah Kapasitas RAM di OPPO A74

cara menambah rem

tabloidpulsa.id – Seperti yang sudah dibahas pada tulisan tekno beberapa saat lalu, ada sesuatu yang menarik dalam update ColorOS terbaru OPPO A74. Adalah kemampuan sistem untuk menambah besaran memori RAM pada ponsel hingga 5GB lebih besar dari kapasitas yang dibawa.

Dalam tulisan tersebut sudah dibahas bagaimana fitur RAM expansion bekerja dengan memanfaatkan memori internal ponsel yang tidak terpakai saat itu.  Sehingga menghasilkan ruang RAM yang lebih luas untuk berakselerasi dengan lebih baik lagi.

Saat tulisan ini dibuat, memang baru OPPO A74 yang mendukung fitur tersebut. Tapi bukan tidak mungkin, OPPO akan memperkenalkan fitur ini ke ponsel-ponsel mereka sebagai salah satu fitur bawaan ColorOS 11 terbaru.

Baca Juga:  Tips Melakukan Estimasi Biaya Perbaikan Ponsel OPPO via Aplikasi

Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa OPPO A74 sejatinya membawa RAM 6GB. Dengan dukungan memori internal 128GB. Tetapi dengan fitur yang baru muncul di update-an ColorOS 11 di ponsel ini, RAM nya bisa ditambahkan hingga menjadi 11GB.

Sebelum Anda utak-atik RAM expansion ini, silakan cek sistem operasi ponsel OPPO A74 Anda. Apakah sudah terupdate dengan ColorOS 11.1 2021.05.06 CPH2210_11_A. 16? Jika belum silakan update terlebih dahulu.

Jika sudah, masuk ke settings, lalu ke pilihan paling bawah atau About Phone (dalam Bahasa Indonesia disebut Tentang Ponsel).

Di halaman ini Anda akan melihat banyak informasi mengenai ponsel, tetapi kali ini Anda bisa fokus pada info besaran RAM. Sentuh pilihan ini untuk masuk ke fitur RAM Expansion atau dalam Bahasa disebut Penambahan RAM.

Baca Juga:  OPPO Gelar Kontes Mobile Fotografi Portrait Internasional

Di sini Anda bisa menambah RAM dengan mengaktifkan fitur RAM expansion. Sentuh ikon slider di samping kanan pilihan RAM expansion, untuk mengaktifkannya.

Anda bisa menambah besaran RAM dari 3 pilihan kapasitas yang ada, yakni 2 GB, 3GB dan 5GB. Kita akan coba 5GB atau terlihat di layar 5.00 GB.

Setelah selesai. Restart ponsel, dan kembali lagi ke about Phone dan di bagian RAM akan terlihat info tambahan memori pada RAM di samping kapasitas RAM bawaan ponsel.

Mudah, bukan?

Previous articleMemory Expansion, Bikin RAM Jadi Lebih Besar di Ponsel Oppo A74
Next articleXiaomi Resmi Luncurkan Redmi Note 10S, Ini Harganya!
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here