Home TEKNO Memory Expansion, Bikin RAM Jadi Lebih Besar di Ponsel Oppo A74

Memory Expansion, Bikin RAM Jadi Lebih Besar di Ponsel Oppo A74

RAM expansion
avast.com

tabloidpulsa.id – Banyak trik atau teknik disematkan agar sebuah smartphone bisa terus bekerja dengan mulus tanpa lag. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kapasitas memori yang ada. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan aplikasi yang membutuhkan kapasitas memori lebih besar dan bertambah besar terus. Memory Expansion adalah salah satu solusinya.

Secara harfiah memory expansion bisa diartikan sebagai peluasan memori. Merupakan terminology lama di dunia computer yang kini mulai digunakan di ponsel. Seperti yang dapat kita temukan pada update software ColorOS 11.1 Android 11 pada April 2021 lalu. 

Pada update kali ini, OPPO tidak hanya menyertakan update terkait security, camera dan system tetapi juga update terkait Memory Expansion. Bahkan peningkatan memori ini mulai dari 2GB hingga 5GB.

Fitur memory expansion atau bisa juga disebut RAM expansion ini untuk sementara hanya tersedia eksklusif untuk A74 4G di Indonesia. 

Lalu apa sih RAM expansion ini? 

Secara sederhana, fitur memory expansion bekerja dengan mengubah memori perangkat yang tidak digunakan pada memori internal ponsel (ROM) menjadi RAM ekstra sehingga perangkat dapat bekerja lebih cepat dan lancar. 

Jadi, sebuah ponsel yang secara fisik membawa RAM dengan kapasitas tertentu kemudian dapat dikembangkan menjadi memiliki RAM yang jauh lebih besar. Sebagai contoh, OPPO A74 membawa RAM 6GB, namun dengan RAM expansion, kapasitas RAM nya bisa ditambah 5GB lagi.

RAM seperti yang telah kita ketahui bertanggung jawab untuk memperlancar sejumlah kegiatan, termasuk dalam mengelola multitasking dan sebagainya. Ketika kapsitasnya berkurang, akselerasi ponsel pun akan makin lambat. Nah di sinilah fungsi RAM Expansion, yang akan meminjam kapasitas memori internal ponsel atau ROM untuk sementara.

Pengertian RAM dan ROM

Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita sedikit membahas apa perbedaan antara RAM dan ROM. Meskipun sama-sama termasuk memori internal pada ponsel, RAM dan ROM memiliki perbedaan fungsi. 

RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk membaca data, menulis data, serta menjalankan aplikasi dengan cepat. 

Sedangkan ROM (Read Only Memory) merupakan ruang penyimpanan yang permanen pada ponsel. 

Perbedaan lainnya adalah RAM merupakan jenis memori dimana data yang ada tidak disimpan secara permanen, sedangkan ROM penyimpanan data bersifat menetap.

Cara Kerja RAM Expansion

Pada dasarnya RAM expansion bukanlah hal yang baru. Teknik atau fitur ini sebelumnya diterapkan pada perangkat komputer (PC atau laptop) dan disebut ‘virtual memory’. Tujuannya adalah mengatasi keterbatasan RAM yang disematkan secara permanen. 

Jadi, RAM expansion bisa disebut juga memori tambahan. Biasanya digunakan saat OS (operating system) menjalankan sebuah program atau aplikasi yang kapasitasnya melebih memori yang tersedia. 

Fitur ini bekerja dengan membuat suatu file khusus yang disebut ‘swapfile’. RAM expansion digunakan pada saat OS kekurangan memori, dimana OS akan memindahkan data yang paling terakhir diakses ke dalam ‘swapfile’ di ROM.

Tentunya ini yang akan membebaskan beberapa ruang kosong pada RAM untuk aplikasi yang akan digunakan selanjutnya. OS akan melakukan hal ini secara terus menerus ketika data baru diisi pada RAM.Pada saat data yang tersimpan di swapfile diperlukan, data tersebut ditukar dengan data yang paling terakhir dipakai di dalam RAM. Hal ini mengakibatkan ‘swapfile’ bersifat seperti RAM, walaupun program tidak dapat secara langsung dijalankan dari ‘swapfile’. Alhasil, perangkat tetap akan berjalan mulus dan lancar meskipun menjalankan aplikasi yang melebihi kapasitas RAM fisik yang dimilikinya.

Untuk cara bagaimana mengaktifkan perbesaran RAM ini di OPPO A74, silakan cek tulisan kami berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here