Home TEKNO Teknologi Wireless Air Charging – Masa Depan Pengisian Daya yang Menjanjikan

Teknologi Wireless Air Charging – Masa Depan Pengisian Daya yang Menjanjikan

Wireless Air Charging - OPPO MWCS 21
Wireless Air Charging - OPPO MWCS 21

TabloidPulsa.id – Setelah sukses dengan teknologi pengisian daya super cepat dengan Super VOOC-nya, OPPO kembali melakukan terobosan dalam hal pengisian daya baterai ponsel mereka dengan teknologi yang dinamakan Wireless ‘Air Charging’.

Teknologi ini memungkinkan baterai ponsel terisi tanpa terhubung kabel ataupun tertempel pada tatakan khusus yang diam di satu tempat. Saat ini belum banyak informasi mengenai teknologi yang digunakan oleh OPPO secara detil, tapi kami akan mencoba menjelaskan cara kerja atau prinsip kerja dari air charging ini.

Terobosan teknologi yang dipamerkan OPPO pada perhelatan MWC Shanghai 2021 ini memperlihatkan bahwa Wireless Air Charging sudah dapat berjalan, bukan lagi konsep seperti beberapa tahun sebelumnya.

Baca Juga:  MediaTek Terpilih untuk Program Sertifikasi Wi-Fi 6E dari Wi-Fi Alliance

Secara garis besar, pada dasarnya metode ini menggunakan cara kerja seperti halnya wireless charging. Hanya saja mengalami pengembangan lebih lanjut, agar benar-benar nirkabel dan terbebas dari kebutuhan untuk terinduksi secara langsung dengan sumber daya.

Secara sederhana, air charging ini menggunakan susunan antena yang terdiri dari “antena suar” dan “antena penerima”. Di mana Antena suar berfungsi mengirimkan sinyal dalam ukuran pita “gelombang milimeter” ke antena penerima atau tiang pengisi.

Cara Kerja Wireless Charging; image by 6park.news

Sekedar mengingatkan gelombang milimeter ini mencakup rentang frekuensi 30 hingga 300 GHz. Artinya frekuensi yang besar.

Nah, antena suar yang juga terdiri dari banyak antena ini akan memiliki beberapa tugas sekaligus. Pertama ia akan menentukan secara presisi dimana ponsel yang memiliki antena penerima, lalu tugas kedua adalah mengirimkan sinyal milimeter ke antena penerima yang spesifik.

Baca Juga:  Perbedaan Power Delivery Charging dan Quick Charge

Sinyal ini kemudian diterima oleh antena penerima lalu diolah ke dalam bentuk energi listrik melalui sebuah komponen tertentu sehingga mampu mengisi daya pada baterai ponsel tanpa harus diam di satu tempat.

Kebayang kan? Masa depan pengisian baterai ponsel dan perangkat lain akan semakin canggih dan tidak merepotkan pengguna lagi. OPPO sendiri sudah menanamkan fitur ini ke ponsel OPPO X 2021 yang sudah bisa dicoba oleh pengunjung MWC Shanghai 2021 ini.

Oh iya masih ingat kan dengan OPPO X 2021? Itu loh ponsel yang memiliki layar yang dapat digulung. Sehingga layar ponsel bisa seperti ponsel biasa dan bisa selebar tablet hanya dengan sebuah mekanisme yang mudah. Jadi ga sabar kan? (Aldrin/USI)

Baca Juga:  Sejarah OPPO Reno Memadukan Konsep Seni, Teknologi & Kreativitas

Previous articleAcer Enduro N3, Laptop Tahan Banting di Kondisi Ekstrem
Next articleTeknologi 5G dan Upaya OPPO Mewujudkannya
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here