Home TEKNO Apa Saja Kelebihan Corning Gorilla Glass Victus

Apa Saja Kelebihan Corning Gorilla Glass Victus

Corning Gorilla Glass Victus memiliki desain ringan dan tipis juga diklaim lebih tahan gores dua kali lipat dibanding pendahulunya.

Gorilla Glass Timeline
Kelebihan Corning Gorilla Glass Victus (image: corning.com)

TabloidPulsa.id – Perhelatan CES 2021 menghadirkan banyak teknologi baru atau teknologi yang diperbarukan. Salah satunya adalah lapisan pelindung layar “Corning Gorilla Glass Victus”. Seperti kita ketahui, lapisan pelindung pada layar merupakan hal yang penting. Apa kelebihan yang dimiliki “Corning Gorilla Glass Victus” dibanding lapisan pelindung layar lainnya atau bila dibandingkan versi terdahulu dari Corning Gorilla Glass? Berikut sedikit penjelasannya.

Sebelum membahas langsung “Corning Gorilla Glass Victus”, ada baiknya merefresh kembali penjelasan tentang lapisan pelindung layar yang ada pada ponsel. Karena begitu banyaknya jenis lapisan pelindung layar ini terkadang membuat pengguna mengira bahwa semuanya sama saja atau beda-beda tipis. Padahal tidak demikian.

Secara umum, lapisan pelindung ini terbagi kepada 2 kategori, pertama adalah lapisan pelindung layar yang sifatnya tidak permanen dan biasanya dibeli sebagai asesoris tambahan. Kedua, lapisan pelindung layar yang merupakan bawaan pabrik dan tertanam langsung pada layar ponsel. Nah, Corning Gorilla Glass termasuk jenis yang kedua yaitu lapisan pelindung layar yang merupakan bawaan pabrik dan tertanam langsung pada layar ponsel.

Gorilla Glass
image: corning.com

Corning Gorilla Glass
Lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass merupakan lapisan kaca yang direkayasa dengan menggabungkan ketipisan, keringanan dan daya tahannya terhadap kerusakan. Kaca ini lebih banyak digunakan sebagai kaca pelapis perangkat elektronik portabel seperti smartphone, wearable device, layar laptop hingga layar smart TV.

Selain tahan gores, keunggulan lainnya terletak pada lapisannya yang sangat tipis dan ringan tapi juga tetap kuat, sehingga tidak akan mempengaruhi tingkat sensitivitas layar sentuh pada smarphone.

Corning Gorilla Glass terus berkembang dan mengalami peningkatan kemampuan. Pada Corning Gorilla Glass 1, pelapis ini masih dapat pecah jika terbentur benda kasar atau keras. Corning Gorilla Glass 2 mengalami pengurangan ketebalan sebesar 20 persen namun tetap mempertahankan ketahanan sama seperti generasi sebelumnya. Gorilla Glass 3 jauh lebih kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih tahan terhadap goresan hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan Gorilla Glass 2. Selain itu, jika goresan tetap terjadi pada Gorilla Glass 3, goresan terlihat lebih halus sampai dengan 40% dibanding generasi sebelumnya.

Gorilla Glass 4 meningkatkan perlindungan terhadap benturan dengan bidang tajam, yang merupakan penyebab utama pecahnya layar perangkat. Bidang tajam yang dimaksud di sini adalah permukaan benda yang tidak rata, seperti aspal dan beton, yang seringkali menjadi tempat mendarat ponsel ketika terjatuh. Dan yang terbaru, Gorilla Glass 5 memiliki ketahanan sebesar 80% ketika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter. Sementara pendahulunya, Gorilla Glass 4 hanya bertahan dari ketinggian 1 meter saja.

Corning Gorilla Glass 6 merupakan hasil pengembangan dari Corning Gorilla Glass 5. Gorilla Glass 6 diciptakan dengan material kaca baru yang bisa diperkuat secara kimiawi untuk mendapatkan tingkat ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan Gorilla Glass 5.

Dari hasil pengujian yang dilakukan Corning, smartphone yang diperkuat Corning Gorilla Glass 6 mampu bertahan hingga 15 kali saat dijatuhkan dari ketinggian 1 meter di permukaan yang tidak rata. Ini artinya Corning Gorilla Glass 6 memiliki tingkat ketahanan yang 2 kali lebih kuat dibandingkan Corning Gorilla Glass 5.

Corning Gorilla Glass Victus
Corning Gorilla Glass Victus diklaim dapat bertahan ketika terjatuh hingga ketinggian 2 meter di permukaan keras. Sebagai perbandingan, kaca pelindung generasi sebelumnya dari Corning, Gorilla Glass 6, hanya bertahan pada ketinggian 1,6 meter.

Gorilla Glass Victus juga diklaim lebih tahan gores dua kali lipat dibanding pendahulunya, dan hingga empat kali lebih tahan gores dibanding kaca pelindung yang terbuat dari aluminosilicate. Dengan kata lain, dibutuhkan dua kali lipat usaha untuk dapat menggores Victus dibandingkan pada Gorilla Glass 6.

Corning Gorilla Glass Victus juga memiliki desain ringan dan tipis. Ini membuat perangkat menjadi jauh lebih tipis dan ringan. Bahkan lapisan ini juga dikenakan pada modul kamera. Karena modul kamera yang lebih besar dan menonjol dapat menjadi penyebab lensa ponsel menjadi lebih rentan retak.

Kelebihan lainnya adalah, dengan adanya jaringan 5G maka penggunaan kaca akan lebih luas pada ponsel. Ini karena beberapa material tidak baik untuk aktivitas pada perangkat, misalnya logam yang bisa menjadi penghalang dan tidak kondusif untuk pengisian daya nirkabel. Dan Corning Gorilla Glass Victus menjadi pilihan.

Sebenarnya masih ada beberapa informasi terkait Gorilla Glass Victus namun masih dalam tahap pengembangan seperti mampu memproteksi terhadap virus Covid-19 atau kaca yang mampu dilipat.

Dikutip dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here