Home TEKNO Mengenal RAM LPDDR4X Pada OPPO Reno6

Mengenal RAM LPDDR4X Pada OPPO Reno6

RAM LPDDR4X Reno6
RAM expansion di OPPO Reno6 - ilustrasi

tabloidpulsa.id – Salah satu bagian yang tak kalah penting saat mereview efisiensi dan performa sebuah ponsel gaming tentu saja ada pada RAM. Bukan hanya melihat besaran kapasitasnya saja, juga menimbang teknologi RAM yang digunakan. Seperti RAM LPDDR4X yang dibawa oleh OPPO Reno6 ini. Menjadi salah satu fitur gacoan, saat mengandalkan ponsel untuk bermain game.

Dilihat dari ukuran fabrikasi dan fitur yang dibawa, jenis RAM yang dimaksud merupakan ukuran terkini dan menawarkan teknologi yang masih bisa dibilang up to date. RAM ini sendiri menambahkan fitur penghemat daya dari varian sebelumnya dan sampai saat ini masih digunakan oleh sejumlah sistem chipset baik pada ponsel maupun laptop.

Apa itu RAM?

Sekedar mengingatkan RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Ditujukan pada perangkat penyimpanan data yang bersifat sementara untuk memungkinkan terbukanya sebuah hingga beberapa aplikasi, menulis dan membaca data file yang saat itu tengah berjalan, dan hanya aktif ketika perangkat hidup.

Baca Juga:  Apa Itu Augmented Reality

Berbeda dengan ROM alias read only memory yang bersifat menyimpan data dalam jangka waktu yang lama sampai data tersebut kita hapus dari sana, RAM bekerja seolah-olah sembunyi di belakang sistem dan untuk mengecek penggunaan terkini Anda butuh akses khusus melalui aplikasi atau fitur yang disediakan oleh perangkat.

Singkat kata RAM merupakan salah satu bagian penting dalam berjalannya sebuah perangkat komputing, termasuk ponsel.

LPDDR4X itu apa?

Dalam perkembangannya, RAM memiliki beberapa jenis. Mungkin Anda pernah mendengar istilah-istilah SRAM, DRAM, SDRAM dan yang paling banyak kita dengar belakangan ini adalah DDR RAM yang merupakan generasi terbaru dari SDRAM. Dimana DDR merupakan singkatan dari double data rate, sementara SDRAM adalah singkatan dari Synchronous Dynamic RAM.

Dan yang paling banyak dijumpai di perangkat ponsel, terutama karena jenis kebutuhan akan dayanya yang sangat krusial, dikembangkanlah LPDDR alias Low Power Double Data Rate. Sebuah memori DDR SDRAM yang membutuhkan lebih sedikit daya dalam pengoperasiannya.

Baca Juga:  Selain Chipset, Inilah Alasan OPPO A95 Miliki Performa Prima

Cocok banget untuk perangkat-perangkat ponsel, juga laptop ultra tipis yang bersandar pada power supply dengan kapasitas terbatas.

Dalam perkembangannya, jenis memory ini (LPDDR) mengalami sejumlah evolusi. Sejak diperkenalkan pada perangkat iPhone 3Gs di tahun 2009, diikuti oleh perangkat Samsung Galaxy Tab 7.0 dan iPad generasi pertama, hingga saat ini, sudah ada sekitar 10 tipe RAM LPDDR.

Dimulai dari LPDDR generasi pertama, LPDDR1E,  LPDDR2, LPDDR2E, LPDDR3, LPDDR3E, LPDDR4, LPDDR4X, LPDDR5 dan LPDDR5X. Dibandingkan dengan tipe serupa di generasi yang sama (LPDDR4), LPDDR4X sebenarnya tidak banyak memiliki perbedaan, hanya saja versi LPDDR4X mampu melakukan efisiensi daya hingga 15% lebih baik. Dengan kecepatan transfer data hingga 34.1 Gbps.

8GB RAM LPDDR4X di Reno6

Mengetahui betapa pentingnya peran RAM dalam ponsel bekerja, maka kita bisa menghargai besaran RAM 8GB yang dibawa oleh OPPO Reno6 karena seperti yang telah kita ketahui, ponsel ini memiliki sejumlah fitur yang bakal tergantung pada kemampuan RAM.

Baca Juga:  TEKNO | Cara Kerja NFC, Fitur Pembeda OPPO A95 Indonesia

Salah satunya yang pasti membutuhkan RAM banget adalah fitur-fitur di game space, terutama yang baru saja dibahas beberapa hari terakhir, dimana kita bisa memainkan game sambil menonton video di waktu yang bersamaan. (Link)

Atau fungsi dual space yang memungkinkan seakan-akan ada dua ponsel di dalam satu sistem seperti yang pernah kami bahas di sini. (Link2)

Juga sejumlah kebutuhan lain yang membutuhkan eksekusi multifungsi yang mulus, sehingga semua proses dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengurangi kenyamanan saat menggunakan ponsel ini.

Menariknya, OPPO Reno6 pun masih menyediakan fitur RAM expansion yang bertugas untuk meminjam sejumlah kapasitas dari memori ROM untuk dijadikan ruang berakselerasi ponsel, layaknya RAM, hanya saja lebih fleksibel jika dibutuhkan.

*dari berbagai sumber

Previous articleKadence International: Pembayaran Digital Meningkat Tajam Selama Pandemi
Next articleAVARO Robotic Home Assistant, Bersihkan Lantai dari Virus dan Bakteri
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here