Home TIPS & TRICK Tes Main Game Sambil Nonton di OPPO Reno6. Senyaman Apa?

Tes Main Game Sambil Nonton di OPPO Reno6. Senyaman Apa?

game nonton reno6

tabloidpulsa.id – Bermain game dengan nyaman di sebuah ponsel sudah merupakan anugerah bagi para pengguna ponsel tersebut. Tidak merasakan lag dan bisa merasakan respon game yang tinggi, itu sudah cukup sebenarnya. OPPO Reno6 yang sudah dirilis sejak Juni lalu, termasuk yang tidak membuat kami ragu untuk mendapatkan pengalaman positif saat bermain game seperti itu. Tapi kami kemudian pengen lihat, sejauh apa sih hardware ponsel ini bisa menjaga kenyamanan bermain game sambil nonton di saat bersamaan dengan mencoba fitur baru mereka Game Floating Windows.

Secara teori, mengaktifkan dua hingga beberapa aplikasi berat dapat menurunkan performa ponsel secara drastis. Karena akan lebih banyak RAM yang digunakan atau minimal saling berebut memori satu sama lain. Untuk itu, tantangan ini cukup menarik, karena kalau bisa membuat dua kegiatan berjalan dengan nyaman, apalagi satu kan?

Fitur Game Floating Window ini dibawa oleh ColorOS 11, jadi kemungkinan besar Anda akan menemukan fitur yang sama di ponsel-ponsel OPPO lain yang menjalankan software ini. Untuk itu, dalam kesempatan ini, kami akan lebih condong melihat pengalamannya, dan pemanfaatan fitur ini secara optimal untuk bermain game dan nonton video di OPPO Reno6.

Apa itur Game Floating Window?

Sesuai namanya, fitur ini akan mengubah tampilan game dari full screen (yang secara defaultnya demikian), menjadi sebuah jendela yang mengapung di atas layar ponsel. Menariknya, ketika di-resize seperti ini, area jendela yang terapung tadi, masih dapat menerima input sentuhan kita, sehingga game tersebut masih dapat dimainkan dengan normal.

Fitur game floating window ini memiliki dua ukuran bawaan, yakni ukuran sedang selebar mendekati lebar layar saat posisi vertikal, dan ukuran kecil atau mini windows. Karena pada dasarnya, fitur ini awalnya dibuat supaya kita tidak kehilangan momen ngegame, saat harus membuka aplikasi penting lain, semisal email, sms, chat dan sebagainya.

Jadi ketika dalam ukuran mini windows, sepertinya kita tidak bisa memainkan gamenya deh, karena layarnya akan terlalu kecil untuk jari kita menari-nari di atasnya.

Bagaimana Cara Mengakses Game Floating Windows?

Caranya mudah sekali. Saat tengah memainkan game, Anda bisa menekan tombol multitasking, atau kalau Anda mengontrol ponsel meggunakan gesture swap layar, maka angkat layar dari bawah ke atas lalu tahan. Kita akan melihat satu area dimana semua aplikasi yang terbuka ada di sini.

Di layar aplikasi game Anda, ketuk tombol yang muncul di ujung kanan, berbentuk dua titik. Di situ akan muncul 4 pilihan, Anda pilih floating windows.

Saat sudah berhasil mengambang di atas layar home ponsel, Anda bisa menahan bagian tengah atas jendela aplikasi untuk menggeser ke posisi yang tepat, atau tahan lebih lama untuk menjadikannya full screen kembali, atau menjadi mini window. Mudah, bukan?

Sambil Menonton Netflix dan Youtube, Apakah Bisa Bermain Game?

Tentu saja, kami sudah mencobanya beberapa kali. Hanya saja ada beberapa catatan yang harus Anda perhatikan. Caranya juga mudah banget sih. Pertama posisikan game dalam bentuk jendela mengapung, lalu buka netflix atau Youtube dari layar home.

Khusus untuk Netflix, saat film sudah berjalan, posisi layar akan menjadi landscape. Artinya kita agak susah mengontrol permainan di jendela mengapung dengan tangan kita. Karena memegang ponsel dalam posisi landscape saja sudah susah, dan ingat ukuran layar mengapung cenderung lebih sempit, jadi akan tidak dapat dijangkau oleh salah satu tangan kita. Tapi soal performa, kami tidak terlalu merasakan penurunan kualitas yang mengganggu. Tetap bisa main asik sambil nonton film kesukaan.

Selain Netflix, sejumlah aplikasi tontonan lain seperti Amazon Prime Video dan HBO GO memiliki perilaku yang sama. Jadi kurang lebih pengalaman saat main game dan nonton video di aplikasi tersebut akan sama untuk semu apengguna OPPO Reno6.

Bagaimana dengan Youtube? Nah karena video youtube dapat ditonton dalam posisi ponsel vertikal, maka bermain game di layar mengambang pun jadi makin nyaman. Karena dua tangan kita bisa bermain di bagian layar terbawah di atas jendela game yang mengambang.

Penurunan performa tidak terlalu kentara, itupun kalau memang ada. Karena pengalaman kami sih tidak begitu mengganggu. Sayangnya untuk beberapa game, agak kurang adaptif sehingga memaksa kita untuk menutup layar game untuk sementara dan membukanya kembali, supaya efek gambarnya tidak terdistorsi. Atau bahasa kami mengalami “skew” karena perbedaan aspek ratio.

Selain Youtube, kami menemukan aplikasi tontonan lain yang memiliki sifat yang sama yaitu Disney+ Hotstar. Jadi kurang lebih pengalaman main game dan nonton di aplikasi-aplikasi tersebut akan sama, terutama saat OPPO Reno6 Anda dalam kondisi prima dan tidak membuka aplikasi lainnya.

Game-Game Paling Cocok untuk Floating Windows

Menurut kami, game-game yang memiliki fitur auto, baik itu auto berjalan ke tujuan maupun auto bertempur mengumpulkan item seperti game-game MMORPG adalah tipe game yang terbaik untuk fungsi ini.

Ragnarok X: Next Generation, The Legend of Neverland dan game-game serupa merupakan game terbaik untuk digunakan dalam posisi game floating window seperti ini. Dimana akan meminimalisir kontrol pemainnya, agar tidak terlalu sibuk di layar yang sempit.

Lalu berikutnya adalah game-game yang dapat dikontrol menggunakan gamepad. Dengan menggunakan gamepad, maka permasalahan saat main game sambil nonton Netflix, Prime Video, ataupun HBO GO (posisi layar harus landscape) pun terpecahkan di Reno6. Jangan takut bakal mengganggu salah satu windows, karena kontroler atau gamepad akan berfungsi ke layar terakhir yang disentuh.

Game seperti Unrully Heroes, Call of Duty Mobile dan semua game yang dapat dikontrol menggunakan gamepad merupakan game terbaik untuk dimainkan sambil nonton netflix atau aplikasi lain yang mengharuskan layar tersaji dalam posisi landscape.

Bagaimana, mudah bukan?

Previous articlePenjualan Perdana Reno6 Series 5G Resmi Dibuka, Cek Bonus Menariknya!
Next articleBhinneka.Com dan Pemkot Ternate Bangun Lokapasar “MILIK TERNATE”
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here