Home TIPS & TRICK Setingan Wajib OPPO Reno5 Agar Makin Nyaman Digunakan

Setingan Wajib OPPO Reno5 Agar Makin Nyaman Digunakan

setingan oppo reno5
ilustrasi wake screen

tabloidpulsa.id – Secara default kita tidak perlu meragukan kenyamanan penggunaan yang ditawarkan oleh OPPO Reno5, baik di sisi desain ponsel hingga ke UI yang dibawa. Tapi pengalaman kami dalam menggunakan ponsel-ponsel dengan ColorOS terbaru mungkin akan membantu Anda meningkatkan kenyaman tersebut dengan sejumlah Setingan Wajib berikut ini.

Jadi, setelah Anda mengaktifkan OPPO Reno5 dan mengetahui sejumlah fitur unggulan yang akan memudahkan kehidupan Anda, kami sarankan untuk melakukan sejumlah setingan penting untuk memaksimalkan ponsel ini.

  1. Pengaturan Navigasi Agar Lebih Futuristik

Kita mungkin sudah terbiasa menggunakan tobol-tombol virtual yang muncul di bagian bawah layar. Biasanya terdiri dari tombol home, back dan tombol fungsi tambahan. Sejak Android 10, kita bisa mengurangi ketergantungan kepada tombol ini dan melakukan navigasi hanya dengan mengusap layar ke kiri dan kanan, atau dari bawah ke atas.

Di OPPO Reno5 Anda bisa mengaturnya lewat Settings (Pengaturan) > Convenience Tools (Alat praktis) > Navigation (Navigasi). Di sini kita kemudian pilih untuk mengaktifkan Swipe gestures from both side (Getsure usap dari kedua sisi).

Kini, Anda bisa kembali ke layar sebelumnya (menggantikan tombol BACK) dengan mengusap layar dari dalam ke sisi luar, baik di sisi kanan ke bagian kanan, atau di sisi kiri ke bagian kiri. Lalu Anda pun bisa kembali ke layar HOME dengan menggeser layar dari bagian bawah ke atas.

Ketika mengusap layar dari bawah ke atas dan menahannya beberapa detik, kita pun akan mengaktifkan fungsi multitasking atau melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang terbuka. Lalu juga bisa untuk berpindah dari satu aplikasi ke apalikasi lain yang terbuka dengan menggeser ke kanan atau kiri bagian layar paling bawah.

Dengan sejumlah latihan, Anda akan dapat menguasai setingan wajib ini dan sulit untuk kembali menggunakan tombol-tombol virtual seperti semula.

2. Raise to Wake dan Double Tap to Wake

Dalam kondisi default, layar ponsel OPPO Reno5 akan aktif jika kita tekan tombol power. Sebenarnya sih tidak ada masalah di situ, hanya saja bagi pengguna veteran ColorOS seperti kami, hal sederhana ini harusnya bisa lebih “enak” lagi jika kita aktifkan beberapa fitur di pengaturan.

Fitur raise to wake atau dalam pengaturan bahasa Indonesia disebut “angkat untuk membangunkan” … memungkinkan layar ponsel yang mati untuk aktif saat mengenali pergerakan ponsel dari posisi horisontal ke diagonal atau vertikal. Atau dengan kata lain minimal ada perubahan sudut di 45 derajat.

Cara mengaktifkannya mudah, Anda hanya perlu ke Settings (pengaturan) lalu masuk ke Convenience Tools (Alat Praktis) > Gestures & motions (Gestur & Gerakan), lalu aktifkan Raise to wake (Angkat untuk membangunkan) di kolom gerakan.

Lalu jika mengangkat ponsel untuk mengaktifkan layar dianggap memakan terlalu banyak kalori,  Anda bisa mengaktikan layar dengan mengetuknya dua kali. Anda bisa melakukan ini ketika meletakkan ponsel di meja kerja atau meja makan. Layar ponsel aktif saat Anda mengetuknya dua kali, dan Anda bisa meliriknya sesaat tanpa harus mengangkat ponsel.

Cara mengaktifkannya pun tidak sulit. Anda hanya perlu e Settings (Pengaturan) > Convenience Tools (Alat pratis) > Gestures & motions (gesture & Gerakan) > Screen-off gestures (Gesture layar-mati), aktifkan Double tap to turn screen on (Ketuk ganda agar layar hidup). Mudah, bukan?

Previous articleShopeePay Talk Bagikan Kiat Sukses Lewat Bisnis Franchise
Next articleHuawei Freebuds Studio : Headphone Premium dengan Noise Cancellation dan Audio High Definition
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here