Home LIFESTYLE Bukan Sekedar Pensil, Inilah 5 Fungsi Lain S-Pen Galaxy S23 Ultra

Bukan Sekedar Pensil, Inilah 5 Fungsi Lain S-Pen Galaxy S23 Ultra

S Pen Samsung Galaxy S23 Ultra
samsung

tabloidpulsa.id – Smartphone flagship dari Samsung mengalami fusi yang menarik, dengan menghilangnya seri Galaxy Note dan menghadirkan S Pen ke perangkat Galaxy Ultra mereka. Hal ini berlaku juga untuk seri terbaru S23 Ultra series. Dan sejalan dengan perkembangan teknologi, perangkat yang awalnya hanya dianggap sebagai Stylus ini memiliki banyak kemampuan yang akan mempermudah hidup penggunanya.

Samsung Galaxy S23 Ultra disokong oleh chipset kelas flagship yang terbaik yang ada saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) dan layar lega berukuran 6.8 inci Dynamic AMOLED (akan kita bahas di bawah) yang memungkinkan penggunaan S Pen secara nyaman. Kita bisa berinteraksi dengan dokumen di layar ponsel tanpa gangguan berarti.

Tapi selain untuk membubuhkan tanda tangan di semisal dokumen kantor yang penting, berikut kemampuan S Pen lain yang pastinya akan Anda banyak butuhkan.

  1. Sebagai Remote Kamera

Seperti saat diperkenalkan pertama kali beberapa tahun lalu, S Pen terbaru ini memiliki fungsi remote shutter. Di mana kita bisa meletakkan smartphone di titik yang tidak terjangkau tangan, lalu dengan menekan tombol samping pada S Pen, atau membuat gerakan sederhana yang sudah diatur sebelumnya, akan memicu kamera ponsel untuk menangkap foto.

Situasi berfoto bersama banyak orang adalah salah satu kondisi di mana kita bisa memanfaatkan fitur ini.

  1. Sebagai Kontroler Saat Presentasi
Baca Juga:  Lexar Luncurkan Portable SSD SL600, Transfer Data Super Kencang

Fungsi kendali jarak jauh juga bisa dimanfaatkan ketika kita melakukan presentasi menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra. Memiliki integrasi yang erat dengan akun Microsoft dan kemudahan konektivitas, maka Anda bisa dengan mudah menggunakan PowerPoint langsung dari ponsel ke layar lebar. Di saat seperti ini, Anda bisa memanfaatkan S Pen sebagai alat untuk memindahkan halaman slide satu demi satu.

  1. Mengubah Tulisan Tangan jadi Text Digital

Pengguna smartphone jaman sekarang banyak yang tidak memiliki kemampuan menulis tangan yang rapi dan bagus. Tapi demi komunikasi yang cepat dan intuitif, S Pen di Galaxy S23 Ultra mampu mengubah apa yang kita tulis, semisal di tengah perkuliahan, menjadi sebuah teks digital yang rapi dalam bentuk dokumen. Mahasiswa, wartawan serta sejumlah profesi yang membutuhkan kecepatan dalam menulis mungkin akan membutuhkan fitur ini.

  1. Pointer dan Editing Dokumen Secara Online

Saat melakukan meeting online bersama rekan kerja, atau klien potensial, Anda mungkin akan membutuhkan S Pen. Karena dengan S Pen kita bisa memberikan penekanan pada teks atau dokumen yang dibagikan atau ditampilkan saat meeting online, langsung semisal Live Sharing di Google Meet, dengan cara memberi lingkaran, atau highlight di bawah teks agar semua peserta meeting bisa fokus pada apa yang ditunjuk oleh S Pen. Biasanya hal ini hanya bisa dilakukan ketika kita presentasi menggunakan white board.

  1. Menterjemahkan Kata yang Ditandai
Baca Juga:  Bikin Foto Aesthetic Lebih Gampang Pakai Galaxy S23 FE

Biasanya kita harus membuka lebh dari satu aplikasi untuk mencari tahu arti dari kata atau kalimat berbahasa asing yang kita temui sehari-hari. Nah dengan S Pen hal ini bisa dengan lebih mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengeluarkan S Pen dari tempatnya, lalu arahkan pada teks yang ingin diterjemahkan, klik tombol S Pen dan pilih translate. Semudah itu.

Penggunaan S Pen Lancar Berkat Dukungan Hardware yang Mumpuni

Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk menghasilkan sebuah pengalaman menggunakan S Pen yang nyaman Samsung tentu tidak sembarangan menyematkan fitur ini ke sembarang ponsel. Tentu ada beberapa hal yang harus dipenuhi, baik dari sisi hardware maupun software. Nah khusus hardware nih, biasanya perangkat Samsung Galaxy yang membawa S Pen merupakan kelas flagship tertinggi. Artinya dari sisi hardware merupakan smartphone yang paling baik yang dimiliki oleh Samsung.

Khusus di Galaxy S23 Ultra, hal ini sudah bisa dilihat dari pemilihan chipset yang digunakan. Merupakan chipset flagship terbaik yang dimiliki Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini membawa CPU dengan konfigurasi 1×3.36 GHz Cortex-X3, 2×2.8 GHz Cortex-A715, 2×2.8 GHz Cortex-A710 dan 3×2.0 GHz Cortex-A510. Merupakan kumpulan inti cortex terkini dengan CLock Speed mumpuni. Ditemani GPU Adreno 740 yang akan bertanggung jawab di sisi performa grafis. Flagship!

Baca Juga:  Update Terbaru Try Galaxy Bawa Pengalaman Galaxy Z Flip5 | Z Fold5 ke Pengguna iOS

Display Terbaik untuk Optimalisasi S Pen

Di sisi lain, ada layar yang mumpuni. Tidak selebar layar tablet memang, tapi memberi ruang cukup lega untuk kita menorehkan tanda tangan, atau sekedar bermain-main membuat karya seni di waktu senggang.

Membawa layar panel Dynamic AMOLED 6.8 inci, dan resolusi tinggi 1440 x 3088 pixels, maka goresan S Pen mampu tertampil dengan detail. Terlebih dengan refresh rate 120 Hz dan sejumlah standar tontonan yang tinggi, maka layar ini juga bisa untuk menemani kita dalam menghibur diri.

Dapatkan Pengalaman Terbaik S Pen di Galaxy S23 Series 5G

Anda bisa mendapatkan Galaxy S23 Series 5G secara langsung di toko daring dan gerai retail, dengan harga Rp 19.999.000 (12GB/256GB), Rp 21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp 25.999.000 (12GB/1TB) untuk Samsung Galaxy S23 Ultra. Sementara untuk Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp 15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp 17.999.000 (8GB/512GB) dan Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Previous articleIndiHome LEAD Masuk Babak Playoff
Next articleUSB-C Hub Premium ANKER 552, Solusi Praktis Keterbatasan Konektivitas
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here