Home NEWS Riset Samsung: 7 dari 10 Konsumen Online Asia Tenggara adalah Gamer

Riset Samsung: 7 dari 10 Konsumen Online Asia Tenggara adalah Gamer

Samsung Gaming Insight Study

tabloidpulsa.id – Samsung Electronics Co. Ltd mengumumkan temuan dari penelitian Southeast Asia and Oceania (SEAO) Gaming Insight Study, yang menemukan bahwa 7 dari 10 konsumen online di wilayah ini adalah gamer. Dilakukan dalam kemitraan dengan ONE Esports, lebih dari 6.800 konsumen berusia 18 hingga 49 tahun di tujuh pasar (Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) disurvei pada kuartal terakhir tahun 2022, menunjukkan kecintaan yang tinggi terhadap gaming baik di rumah ataupun saat sedang mobile.  

Di seluruh wilayah, bermain untuk menghilangkan stres dan bersantai disebutkan sebagai alasan utama untuk bermain game (74%), dengan rata-rata 7 jam seminggu dihabiskan untuk bermain game. Sebagian besar gamer (92%) lebih suka bermain game dengan nyaman di rumah, dan lebih dari separuh gamer (58%) menghabiskan rata-rata USD $30 per bulan untuk pembelian terkait game seperti konten online eksklusif, tiket turnamen esports, langganan streamer, skin, dan koleksi merchandise.

Baca Juga:  Erajaya Group Produksi Feature Phone Nokia di Semarang

Gaming Insight Study ini mengidentifikasi empat kepribadian gamer yang berbeda di kalangan penggemar game di wilayah ini – Hardcore Gamer, Gaming Enthusiast, Casual Gamer & Spectator, serta Casual Gamer, berdasarkan total waktu yang mereka habiskan untuk bermain game dan menonton konten game atau esports. Studi tersebut menemukan bahwa lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei (54%) melakukan hobi ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu, yang terdiri dari Hardcore Gamer dan Gaming Enthusiast, seperti digambarkan pada bagan berikut:

Gaming Enthusiast dan Hardcore Gamer sangat menekuni hobi mereka, di mana aktivitas gaming yang paling sering mereka lakukan termasuk menonton video seputar gaming, mendiskusikan game dengan orang lain, membaca update dan berita seputar game, membelanjakan uang untuk benda-benda terkait game, dan terakhir, mengikuti persona gaming di sosial media.

Carl Nordenberg, Regional Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oseania, menjelaskan, “Saat ini bermain game lebih dari sekadar hobi – ini adalah pengisi waktu luang yang menyatukan orang-orang. Wilayah Asia Tenggara dan Oseania memiliki komunitas gamer yang sangat besar, dan penelitian ini menyoroti kebutuhan dan kebiasaan bermain game mereka yang unik, baik sebagai pemain maupun sebagai penggemar e-sports. Dengan pemahaman ini, kami dapat terus memberdayakan pengguna Samsung untuk menikmati passion mereka sepenuhnya. Baik di perangkat Galaxy, QLED TV atau monitor gaming kami yang mumpuni, Samsung menghadirkan pengalaman gaming terunggul, baik untuk casual gamer maupun hardcore.”

Baca Juga:  Selain Galaxy AI, Ini 3 Lompatan Besar Fitur Galaxy S24 Series

Jane Guo, Vice President, Analytics & Insights, ONE Esports, berkata, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Samsung dalam studi ini, didukung oleh consumer insight pihak pertama di perusahaan kami. Studi ini mengungkap pasar besar penggemar game dan fans hardcore esports di wilayah SEAO, yang mencari performa unggul dan pengalaman bermain game dan menonton yang superior saat memilih perangkat dan aksesori seperti smartphone, laptop, headphone, dan monitor. Rangkaian perangkat gaming inovatif Samsung memungkinkan mereka terhubung dengan konsumen ini secara meyakinkan.”

Dirancang untuk setiap kebutuhan gaming Anda

Main Screen 7,6 inci Galaxy Z Fold4 dengan refresh rate adaptif 120Hz memberikan pengalaman bermain game yang imersif di mana pun Anda berada.

Mobile gamer yang ingin bermain game di mana saja tanpa mengorbankan gameplay dan kualitas grafis dapat mencoba perangkat serbaguna dan mumpuni seperti Galaxy S23 Series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Tab S8 Ultra dan Galaxy A Series.

Baca Juga:  Mau Traveling? Pakai Galaxy S22 Ultra 5G Buat Hasil Konten yang Epic

Gamer PC dan konsol dapat memilih dari monitor terbaik Samsung, Odyssey Ark dan Odyssey OLED, sementara mereka yang menginginkan pengalaman gaming yang benar-benar imersif di layar besar, terdapat pilihan Samsung Neo QLED QN90.

Di sisi lain, mereka yang suka menonton konten game dapat mempertimbangkan perangkat seperti Samsung Galaxy Z Flip4, Smart Monitor M8, dan The Sero. 

Previous articleOPPO Reno8 T 5G Sudah Bisa Dipesan di Awal Maret
Next articlerealme Resmi Luncurkan realme GT3 Secara Global di MWC 2023
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here