Home REVIEW Review Samsung Galaxy A12, Tampil Keren dengan Baterai Besar

Review Samsung Galaxy A12, Tampil Keren dengan Baterai Besar

foto utama samsung galaxy A12

tabloidpulsa.id – Menjelang pergantian tahun 2020 lalu, Samsung Indonesia merilis seri A terbaru yakni Samsung Galaxy A12. Perangkat ini melengkapi jajaran seri A yang sudah ada dengan fitur yang semakin menarik. Jika Anda mungkin beranggapan bahwa Samsung “pelit” akan fitur di seri termurahnya, maka anggapan itu tidak lagi berlaku. Cek review kami berikut ini.

Samsung Galaxy A12 hadir dengan beragam fitur kekinian juga dengan disain yang menawan. Fitur kamera dan kapasitas baterai besar menjadi nilai hal yang paling diperhatikan. Selain itu, aplikasi bawaan Samsung ikut memperkaya kemampuan perangkat ini.  

Disain

Samsung Galaxy A12 hadir dengan panel layar IPS berukuran 6,5 inci, 720×1600 piksel. Bezel-nya lumayan tipis dan terdapat notch atau poni di bagian atas layar sebagai wadah kamera depan.  Layarnya terbilang tajam dengan resolusi 720×1600 piksel dan punya rasio 20:9 yang terlihat memanjang. 

Beralih ke bagian belakang, kita akan menemukan empat kamera yang disusun seperti dadu. Di bawah kamera ada lampu flash untuk membantu penerangan dalam pengambilan gambar foto di lingkungan kurang cahaya juga sekaligus bisa difungsikan sebagai lampu senter. 

Bodi belakang Samsung Galaxy A12 ini menggunakan bahan plastik berkualitas. Ciri khas Galaxy A12 ini terdapat dua bidang yang berbeda, di bagian atas hingga ke bagian sepertiga dari bawah memiliki tektur garis-garis tipis yang membuatnya lebih mudah digenggam dan selebihnya memiliki permuakaan yang halus. Tak ada keterangan lain di bagian belakangnya kecuali logo Samsung saja.  Lalu dimana letak pemindai sidik jari? Samsung Galaxy A12 ini menggabungkan tombol power sekaligus sebagai pemindai sidik jari. Ini yang membuat disain Galaxy A12 terlihat lebih simple. 

Dengan dimensi bodi 164 x 75.8 x 8.9 mm, secara keseluruhan bodi Samsung Galaxy A12 terbilang tipis, bahkan untuk sekelas smartphone dengan kapasitas baterai 5000 mAh. Bodi tipis Galaxy A12 ini ternyata juga masih memiliki ruang microSD dedicated, yang artinya kita bisa menambahkan kapasitas penyimpanan dengan microSD tanpa harus mengorbankan slot SIM Card kedua. 

DI bagian samping kanan kita akan menemukan tombol power dan volume rocker, sementara di samping kiri ada tray SIM card dan microSD. Di bagian bawah kita akan menemukan lubang spaker, jack audio dan lubang charger USB type-C. 

Kamera

Fitur kamera Samsung Galaxy A12 termasuk yang special. Dibekali dengan empat lensa di bagian belakang untuk mengadopsi beberapa mode foto. Lensa utama menggunakan sensor 48 MP yang kami yakini adalah sensor buatan sendiri ISOCELL GM-2 dengan teknologi Tetracell. Kemampuannya tak perlu diragukan lagi sebab sensor ini juga digunakan di beberapa merek smartphone lain. Sensor lainnya ada 5MP wide angle, 2 MP makro dan 2 MP untuk depth of field (bokeh). 

Keunggulan dari sensor utama Galaxy A12 ini adalah kemampuannya menangkap gambar pada kondisi lingkungan minim cahaya dan juga pada kondisi terang. Ini berkat ukuran piksel 0.8 mikron yang bisa digabungkan menjadi satu piksel berukuran 1.16 mikron. Jadi, jika pada kondisi terang maka sensor akan bisa dimaksimalkan dengan ukuran 0.8 mikron untuk menghasilkan gambar 48 megapiksel dan pada kondisi kurang cahaya maka sensor akan menggunakan piksel 1.16 mikron dengan hasil gambar 12 MP yang ciamik. Singkatnya, kita bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal pada kondisi lingkungan yang berbeda. 

Beberapa mode foto yang bisa kita manfaatkan seperti mode Makro, Panorama, Pro dan mode kihusus untuk menjepret makanan. Kamera Galaxy A12 ini juga dibekali fitur yang terbilang keren yakni FokusLive dimana kita bisa mengatur tingkat bokeh secaca manual sebelum mengambil gambar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

outdoor
indoor

Mode makro juga tersedia, dengan fitur ini kita bisa mendapatkan foto yang lebih detail dengan pengambilan gambar dari jarak dekat 5 – 10 cm.  Hasislnya bisa Anda lihat, gambar bunga yang kami ambil ini dari jarak 5 cm. 

Beralih ke fitur video, Galaxy A12 ini memiliki kemampuan mengabadikan gambar bergerak dengan reolusi maksimal FHD 1920X1080 @30fps. Kualitas yang sudah terbilang lumayan buat yang suka merekam video untuk membuat konten.  

Untuk kamera depan, Samsung Galaxy A12 menawarkan hasil jepretan hingga 8 MP dan perekam video dengan ukuran yang setara dengan kamera belakang  1080p@30fps. Tersedia juga beberapa pilihan filter untuk mendapatkan hasil foto sesuai tema yang diinginkan. Hasil foto selfie bisa dibilang tak terlalu ‘lebay’ alias tetap natural juga jernih dan itu yang kani suka dari kamera Samung. 

Performa

Kinerja smartphone seringkali menjadi bahan pertimbangan paling dominan sebelum memutuskan untuk dibeli. Nah, Samsung Galaxy A12 ini bisa dikatakan sudah lebih dari cukup sebagai smartphone yang ada di level mid to low. Ada dua pilihan RAM yang ditawarkan yakni varian RAM 4 GB dan 6 GB, namun keduanya memiliki kapasitas penyimpanan 128 GB, kapasitas yang lumayan gede buat harga smartphone di bawah Rp3 jutaan. Perangkat Samsung Galaxy A12 yang kami uji ini merupakan varian RAM 4 GB. 

Chipset yang digunakan Samsung Galaxy A12 ini mengandalkan buatan Mediatek yakni Helio P35, dengan prosesor yang bisa digeber hingga 1,8 Ghz. Dibangun dengan proses teknologi 12nm, chipset octa core dengan GPU PowerVR ini masih cukup handal menangani berbagai aplikasi dan game-game mobile level menengah. Untuk game moba, semua bisa dimainkan dengan lancar seperti AoV dan Mobile Legend. PUBG pun masih cukup baik pada penyetingan grafis low to mid. 

Sistem operasi Galaxy A12 ini menjalankan Android 10 yang dibalut dengan antarmuka One UI versi 2,5. Berbeda dengan smartphone besutan negeri Tiongkok, antarmuka One UI tak banyak dijejali aplikasi pra install jadi jelas lebih enteng. Pun ramah untuk digunakan, cukup geser ke atas, kanan dan kiri untuk mengakses menu yang ada. 

Samsung Galaxy A12 ini juga dibundel dengan aplikasi Microsoft seperi Office, One Drive sampai Outlook. Fitur keamananya juga lebih mumpuni, jadi selain sistem keamanan standar Android, Galaxy A12 juga dilengkapi dengan Knox, sistem keamanan perangkat besutan Samsung. Aplikasi bawaan Samsung seperti Samsung Pay, Samsung Member dan Galaxy Store ada di dalamnya. 

Baterai

Kapasitas baterai besar dengan 5000 mAh merupakan padanan yang tepat mengingat penggunaan smartphone yang kini semakin intens di masa pandemi. Dengan kapasitas segini, kita bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan smartphone seharian tanpa harus kuatir baterai kehabisan daya.  Selain kapasitas yang besar, Galaxy A12 ini telah didukunug dengan pengisian daya cepat 15A. 

Pada pengujian yang kami lakukan dengan penggunaan standar, seperti browsing, mengambil foto, mendengarkan music, streaming video dan sesekali bermain game online terbukti bisa on seharian. Tapi daya tahan baterai ini tentu sangat tergantung dari kualitas sinyal operator di tempat Anda dan seberapa intens menggunakan aplikasi boros daya semisal game online. 

Kesimpulan

Dengan banderol di bawah Rp 3 juta, Samsung A12 layak dipinang dengan pertimbangan, kualitas kamera yang mumpuni, baterai besar, kapasitas memori lega dan chipset yang cukup untuk menemani Anda menjalankan berbagai aktivitas. (D. Iskandar) 

Previous articleEdisi Khusus ASUS X GUNDAM Series Sudah Tersedia di Indonesia
Next articleXiaomi Pastikan Mi 11 Hadir di Indonesia
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here