Home REVIEW Review Amazfit GTR 3: Desain Stylish, Fitur Kesehatan Komplit

Review Amazfit GTR 3: Desain Stylish, Fitur Kesehatan Komplit

Amazfit GTR 3

tabloidpulsa.id – Amazfit resmi memboyong tiga model smartwatch terbarunya ke Indonesia yakni Amazfit GTR 3, GTR 3 Pro dan GTS 3.

Dengan slogan Smart Health Made Easy, Amazfit GT 3 Series tak hanya menampilkan desain yang stylish melainkan juga menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk menjalani gaya hidup sehat dan aktif.

Beruntung, tabloid PULSA berkesempatan untuk mengulas lebih dalam salah satu model smartwatch tersebut, dan inilah Amazfit GTR 3.

Hampir satu bulan tim tabloid PULSA menggunakan smartwatch yang beroperasi di platform Zepp OS untuk memantau aktifitas kesehatan tubuh.

Tanpa berpanjang lebar, berikut hasil pengujian terhadap smartwatch yang dibanderol dengan harga Rp 2.399.000 ini.

Desain

Amazfit GTR 3 hadir dengan konsep desain yang cukup stylish. Bodinya bulat dengan tampilan klasik, dan punya sudut yang melengkung.

Konstruksi fisik smartwatch ini menggunakan material aluminium yang ringan namun kuat. Bobotnya sendiri hanya sekitar 32 gram.

Kombinasi ini tentu saja membuat tampilan keseluruhan terlihat premium, dan sangat cocok digunakan oleh para milenial yang enerjik.

Di sisi kanan bodi, terdapat dua navigation crown alias tombol akses ke sejumlah menu serta fitur unggulan yang dimiliki GTR 3. Bentuknya klasik, layaknya jam tangan analog.

Area bawah memiliki bagian yang sedikit menyembul dengan bentuk melingkar. Di sinilah Amazfit menanamkan sejumlah sensor penting, termasuk pin khusus untuk pengisian daya.

Beralih ke bagian tali jam atau istilah kerennya strap. Amazfit GTR  3 menerapkan model strap quick release, yang memiliki pengunci dengan per khusus yang memudahkan pengguna untuk melepas pengait tali jam dan menggonta-ganti strap sesuai keinginan.

Menariknya, di paket penjualan Amazfit GTR 3 sudah dibekali strap berbahan karet antibacterial fluoroelastomer. Model tali jam ini sangat nyaman dilingkarkan pada pergelangan tangan, dan selama penggunaan pun tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca Juga:  StartGo Army Force, Smartwatch untuk Gaya Hidup Sehat

Poin menarik yang dimiliki oleh Amazfit GTR 3 ini adalah dukungan 5ATM water resistance, yang menjadikan smartwatch ini bisa digunakan berenang atau berolahraga yang menguras keringat.

Oiya, di dalam paket penjualannya Amazfit GTR 3 menyertakan buku panduan pengguna plus kartu garansi dan charger.

Layar dan User Interface

Di lineup produk smartwatch besutannya, Amazfit selalu menghadirkan inovasi paling kekinian, termasuk soal layar dan tampilan antarmukanya.

Berdasarkan data teknis, Di GTR 3 ini Amazfit menanamkan layar AMOLED HD 1,39 inci yang sanggup menghadirkan tampilan visual premium dan berkelas.

Meski memiliki ukuran layar standar jam tangan digital kebanyakan, namun keberadaan bezel tipis yang diusung oleh Amazfit GTR 3 ini membuat tampilan layar terlihat luas.

Untuk perbandingan layar dengan bodi sendiri, GTR 3 memiliki 66% screen to body ratio dan kepadatan piksel layar mencapai 326ppi.

Keunggulan layar smartwatch ini adalah bisa menampilkan interface jam dengan jelas meski digunakan langsung di bawah terik sinar matahari.

Dari sisi user interface, tampilan jam tangan pintar ini pun cukup variatif. Beragam pilihan watch face disediakan Amazfit, dan siap untuk dipilih. Mulai dari yang model analog, hingga kombinasi digital. Anda tinggal menyentuh dan tahan layar beberapa saat di tampilan watch face untuk memilih mana yang disukai.

Atau, Anda juga bisa melakukan pengaturan untuk tampilan watch face maupun settingan lain melalui aplikasi Zepp.

Selama penggunaan, layar sentuh di GTR 3 ini terbilang cukup responsif. Aksi telusur dan memilih-milih fitur yang disediakan pun cukup gegas dan lancar.

Begitu pun soal tampilan, antarmuka Zepp OS milik Amazfit GTR 3 ini cukup sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Katalog menu tersusun dengan apik. Di sini, Anda bisa memanfaatkan navigation crown untuk memilih fitur-fitur yang diinginkan.

Baca Juga:  OASE Akan Luncurkan Smartwatch Terbaru, Horizon W1

Fitur

Setelah mengulas bagian kulitnya Amazfit GTR 3, sekarang saatnya mengulik sisi daleman. Terutama fitur-fitur apa saja sih yang ditawarkan oleh smartwatch trendi ini.

Layaknya smartwatch masa kini, tentunya fitur yang paling menonjol dari GTR 3 adalah fungsi pemantau kesehatan. Ya, di smartwatch ini Amazfit menawarkan 4-in-1 pengukuran kesehatan yang didukung BioTracker 3.0.

Mulai dari menampilkan PAI dengan skor yang cukup akurat, pemantauan detak jantung sepanjang hari, pengukuran oksigen darah, workout, pengukuran tingkat stress, kualitas tidur, alarm, kalender hingga cuaca.

Untuk fase tidur, GTR 3 dapat mendeteksi berapa menit Anda bangun, dalam kondisi REM (Rapid Eye Movement), tidur ringan, dan tidur lelap. Cocok nih untuk Anda yang ingin memantau kualitas tidur dan supaya tetap terlihat segar di pagi hari.

Amazfit GTR 3 juga menyertakan fitur kompas digital, barometer, pemaantau latihan pernapasan, stopwatch, countdown timer hingga bisa dijadikan sebagai camera remote untuk perangkat smartphone.

Soal akurasi perhitungan, sensor khusus yang digunakan oleh Amazfit GTR 3 ini mampu mengkalkulasi semua fungsi kesehatan dengan cukup tepat dan akurat.

Selain soal kesehatan, Amazfit GTR 3 juga menghadirkan lebih dari 150+ mode olahraga. Mulai dari outdoor running, walking, treadmill, outdoor cycling, indoor cycling, pool swimming, climbing, hiking, elliptical, rowing machine, atrength training, Yoga dan lain sebagainya.

Di sini, Anda bisa memilih mana saja olahraga yang kerap dilakukan, dan langsung gunakan untuk memantau aktivitasnya.

Selama pengujian, tim tabloid PULSA mencoba memanfaatkan fitur walking untuk mengecek jarak dan kecepatan saat berjalan santai di pagi hari. Di tampilan fitur walking ini, juga bisa dilihat indikator detak jantung.

Baca Juga:  Unboxing Redmi Pad SE, Tablet Terjangkau untuk Hiburan Keluarga

Satu kendala yang ditemukan saat mencoba salah satu fitur pemantau olahraga ini, GPS kerap mengalami masalah. Namun, bukan problem yang terlalu mengganggu secara keseluruhan sih.

Daya Tahan Baterai

Baterai dengan daya tahan prima menjadi salah satu keunggulan utama di sebuah smartwatch, dan Amazfit sepertinya sangat memahami ha tersebut.

Jika di kebanyakan smartwatch sekelasnya memiliki daya tahan baterai sekitar 2 hari dalam sekali pengisian daya, GTR 3 ini mampu menyuguhkan daya tahan baterai yag lebih panjang.

Berdasarkan pengujian di lapangan, baterai berkapasitas 450 mAh di Amazfit GTR 3 ini sanggup menyediakan waktu penggunaan hingga lebih dari 10 hari.

Bahkan berdasarkan data teknis, untuk kondisi penggunaan normal baterai smartwatch ini bisa bertahan hingga 21 hari dalam sekali pengisian.

Tapi soal ketahanan baterai ini tentu saja tergantung pula dengan banyaknya variabel, termasuk intensitas penggunaan fitur di dalamnya.

Menariknya, Amazfit GTR 3 juga dilengkapi dengan mode penghemat daya (battery saver) yang bisa ditemukan pada pengaturan baterai. Namun jika mode penghemat ini diaktifkan, makan GTR 3 hanya bisa mencatat langkah dan informasi tidur standar.

Kesimpulan

Amazfit GTR 3 merupakan pilihan tepat untuk Anda yang tengah mencari smartwatch dengan segudang fitur kesehatan dan olahraga. Teknologi serta dukungan sensor berkinerja tinggi dan akurat di jam tangan pintar ini bisa menjadi bumbu manis untuk langsung meminangnya.

Tidak hanya itu, desain klasik dengan visual premium yang disuguhkan oleh smartwatch ini pun bisa menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi, GTR 3 juga didukung daya tahan baterai yang cukup tangguh.

Nah, untuk yang tertarik dan ingin memilikinya bisa langsung di Official Amazfit Store yang terdapat di sejumlah e-commerce ternama di Indonesia dengan banderolan harga Rp 2.399.000.

Previous articleReview OPPO A95 | Layar AMOLED, Baterai Awet
Next articleSelain Chipset, Inilah Alasan OPPO A95 Miliki Performa Prima
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here