Home REVIEW Review Galaxy Buds FE, Terbaik di Kelas 1 Jutaan

Review Galaxy Buds FE, Terbaik di Kelas 1 Jutaan

Review Galaxy Buds FE

tabloidpulsa.id – Produk audio Samsung terutama di lini Galaxy Buds memang terkenal akan performanya yang premium. Tak heran jika banderolan harganya pun diracik sesuai dengan kualitasnya tersebut. Namun lewat kehadiran lini TWS terbarunya yakni Galaxy Buds FE (Fan Edition), Samsung sepertinya ingin menjangkau target pasar yang lebih luas.

Berbekal banderolan harga yang cukup terjangkau, sekitar 1 jutaan rupiah, Galaxy Buds FE bisa dibilang menjadi salah satu TWS Samsung paling layak dilirik bagi konsumen yang memiliki dana terbatas.

Kabar baiknya, meski dijual dengan harga ‘murah meriah’, Samsung mengklaim tetap menghadirkan teknologi audio paling baru di segmen earbuds dan tentunya fitur-fitur kekinian di Buds FE.

Kebetulan, kami berkesempatan untuk melakukan pengujian langsung Samsung Galaxy Buds FE dan berikut ini ulasan lengkapnya.

Desain yang Nyaman di Telinga

TWS terbaru Samsung ini menghadirkan desain khas Galaxy Buds, Wingtip, yang cukup inovatif.

Konsep desain ini memungkinkan pengguna bisa merasakan ukuran TWS yang benar-benar pas di telinga, sehingga nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kenyamanan ini juga tidak lepas dari bobot earbuds yang cukup ringan, hanya sekitar 5,6 gram saja loh.

Galaxy Buds FE hadir dengan dua ukuran wingtips yang berbeda agar penggunanya bisa menikmati earbuds yang super nyaman.

Selain itu, Galaxy Buds FE juga memiliki area grip yang telah dirancang sedemikian rupa agar earbuds tidak mudah terlepas dari telinga, bahkan saat pengguna aktif bergerak.

Dengan desain yang ergonomis ini, Buds FE tentu saja sangat cocok untuk generasi muda yang tingkat mobilitasnya tinggi dan suka berolahraga.

Apalagi, saat ini banyak orang yang workout di gym, lari, ataupun bersepeda sambil mendengarkan musik favorit lewat TWS yang sama sekali tidak mengganggu aktivitas olahraga.

Tidak hanya itu, untuk menambah kenyamanan telinga, Samsung juga melengkapi Buds FE dengan tiga ukuran eartips (S, M, L) berbahan karet lembut.

Saat dipasangkan ke telinga, eartips ini akan melekat erat di dalam saluran telinga dan tidak mudah copot.

Anda cukup mengatur posisinya agar pas dan nyaman di telinga, tidak perlu untuk memutar-mutarnya.

Baca Juga:  Inidia Daftar Pemenang Film Pendek Kreator Muda Indonesia

Oiya, untuk kualitas desain sendiri sih menurut kami masih cukup baik. Bodi earbuds didominasi bahan plastik glossi yang tidak jauh beda dengan kebanyakan TWS di kelas yang sama.

Di earbuds, pengguna juga akan menjumpai sejumlah kompartemen seperti 3 mikrofon dan 1 speaker di masing-masing earbuds, juga panel khusus untuk pengisian daya earbuds.

Untuk baterainya sendiri, tiap buds membawa kapasitas 60mAh non-removable.

Charging Case Mungil dan Simpel

Layaknya TWS entry-level kebanyakan, Buds FE juga dilengkapi charging case dengan model standar dan bahan plastik.

Dimensi casenya juga cukup mungil dan bisa dengan mudah dimasukan ke dalam saku pakaian. Bobotnya juga ringan, hanya sekitar 40 gram.

Terdapat lampu indikator baterai earbuds di bagian dalam, tepatnya di antara tempat meletakan earbuds. Di sisi depan juga ada lampu indikator untuk informasi baterai casing dan proses pengisian daya.

Di sisi belakang case, terdapat lubang port USB-C untuk pengisian dayanya.

Casing ini memiliki kompartemen khusus di bagian dalam tempat menyimpan kedua earbuds. Dan menghadirkan mekanisme buka tutup yang disokong magnet untuk memperkuat penutupnya.

Buds FE case dibekali baterai berkapasitas 479mAh non-removable.

Koneksi, Kontrol dan Aplikasi

Samsung Galaxy Buds FE disokong chip Bluetooth 5.2 yang mendukung codec SBC, AAC dan SSC (Samsung Scalable Codec). Sayangnya di detail teknis perangkat tidak disebutkan dukungan codec LDAC yang belakangan mulai banyak diadopsi oleh TWS kelas menengah.

Profile Bluetooth yang didukung TWS ini terdiri dari A2DP,AVRCP,HFP dan disokong pula dengan fitur Auto Switch yang memudahkan perpindahan koneksi dari satu perangkat ke perangkat Samsung Galaxy lainnya.

Proses pemasangan dan penyambungan earbuds ke perangkat mobile terbilang cukup mudah. Saat earbuds dikeluarkan dari case dan dipasang ke telinga, notifikasi koneksi earbuds berupa pop-up akan secara otomatis muncul di perangkat mobile.

Pengguna tinggal menghubungkannya saja untuk mengaktifkan dan mengkoneksikan Buds FE.

Jika pop-up notifikasi tidak muncul di perangkat mobile, pengguna bisa mengkoneksikan Buds FE secara manual melalui pencarian koneksi Bluetooth.

Pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi Galaxy Wearable untuk melakukan sejumlah pengaturan Buds FE. Mulai dari yang paling awal, mengkoneksikannya hingga mengatur profile audio.

Baca Juga:  Olike Luncurkan Dua TWS Hero Terbaru

Galaxy Buds FE juga mendukung kontrol sentuh. Touch control ada di tiap earbud dengan posisi di area bagian luar.

Sentuh sekali untuk memutar lagu/pause dan menghentikan fitur baca notifikasi (Bixby). Sentuh dua kali untuk mainkan lagu berikut, dan jawab atau akhiri panggilan telpon.

Sentuh tiga kali untuk memainkan lagu sebelumnya. Sentuh dan tahan beberapa saat untuk mengaktifkan preset, atau menolak panggilan masuk.

Pengguna juga bisa memanfaatkan area sentuh untuk mengatur volume. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur semua fungsi sentuh melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Daya Tahan Baterai Mengesankan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Galaxy Buds FE didukung kapasitas baterai yang cukup besar di masing-masing earbud juga di charging case.

Berdasarkan data teknis, kapasitas baterai yang diusung Buds FE ini dapat menyediakan waktu standby hingga 30 jam dalam sekali pengisian. Ini termasuk kombinasi waktu yang dihasilkan dari earbuds sendiri dan case pengisian.

Untuk pengoperasian secara umum, baterai Buds FE bisa menyediakan waktu selama 6 jam lebih (50% volume, ANC aktif).

Jika dalam kondisi 50% volume dan mode normal, baterai bisa bertahan hingga 8 jam lebih untuk memutar musik.

Kualitas Audio dan ANC Terbaik di Kelasnya

Ini adalah bagian terpenting dan menjadi salah satu fitur unggulan dari Samsung Galaxy Buds FE. Kemampuan noise cancellation-nya digadang-gadang terbaik di kelasnya.

Teknologi Active Noise Cancellation di Buds FE membantu menangkap dan menghilangkan berbagai frekuensi suara yang mengganggu, memastikan bahwa penggunabisa menikmati suara yang lebih bersih dan jernih.

Kami menguji fungsi ANC dari earbud dalam beberapa skenario yang berbeda, seperti kantor, kereta bawah tanah, dan jalanan. Buds FE dapat secara efektif menghilangkan kebisingan frekuensi rendah dan frekuensi menengah yang terus menerus, seperti suara MRT yang berjalan, suara mesin bus dan sebagainya.

Jika pengguna ingin berbicara dengan rekan di sebelah, bisa dengan mudah dan lancar menggunakan mode Ambient Sound tanpa harus melepas earbuds.

Baca Juga:  Samsung Kembangkan LPDDR5X DRAM Tercepat, Optimal untuk AI

Tak cuma andal dalam menyaring suara di sekitar, Galaxy Buds FE juga memiliki kemampuan mumpuni dalam menangkap suara kita sebagai pengguna.

Berkat sistem tiga mikrofon canggih yang didukung dengan teknologi Deep Neural Network (DNN) berbasis AI, Galaxy Buds FE dapat mengeliminasi noise di sekitar dan menangkap suara pengguna dengan maksimal agar lawan bicara dapat mendengar dengan lebih jelas.

Kualitas audio Galaxy Buds FE pun makin superior berkat kemampuannya dalam menghasilkan suara yang detail dan bass yang powerful, berkat teknologi New 1-way speaker.

Jadi, pengguna bisa mendengar musik dari musisi favorit dengan lebih memuaskan.

Dengan kualitas audio yang superior ini, Galaxy Buds FE benar-benar cocok bagi para milenial dan Gen Z yang mobile banget dan tetap ingin produktif di mana saja dan kapan saja serta suka update playlist terbaru untuk jadi mood booster dalam menjalani hari.

Kesimpulan

Galaxy Buds FE adalah TWS terjangkau Samsung yang sangat mengesankan dengan desain yang menawan, koneksi yang baik, kontrol yang mudah, ANC yang memadai, kualitas suara yang luar biasa, dan daya tahan baterai yang solid.

TWS ini cocok untuk pengguna yang menghargai gaya, kenyamanan, dan kualitas audio yang baik.

Dengan banderolan harga Rp 1.399.000, Galaxy Buds FE jadi pilihan untuk pengguna yang mencari earbuds berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Buds FE

Audio dan Video

  • Number of MIC 6
  • Speaker Custom 1-way
  • Ambient Sound Yes
  • Active Noise Cancellation Yes
  • Audio Codec SSC (Samsung Scalable Codec),AAC,SBC

Connectivity

  • Bluetooth Version Bluetooth v5.2
  • Bluetooth Profiles A2DP,AVRCP,HFP
  • Auto SwitchYes

Sensors

  • Hall Sensor,Proximity Sensor,Touch Sensor

Physical specification

  • Earbud Dimension (HxWxD) 19.2 x 17.1 x 22.2 mm
  • Earbud Weight 5.6 g
  • Case Dimension (HxWxD) 50.0 x 50.0 x 27.7 mm
  • Case Weight 40 g

Battery

  • RemovableNo
  • Talk Time/Voice Call 4/14hr (ANC Off), 3.5/13hr (ANC On)
  • Audio Playback Time 8.5/30hr (ANC Off), 6/21hr (ANC On)
  • Battery Capacity (Case) 479 mAh

Services and Applications

  • SmartThings Find Yes
  • Bixby Voice Wake-up Yes

Penulis: HAIRUDDIN

Previous articleOPPO Produksi Ponsel Foldable Pertamanya di Indonesia- Find N3
Next articleErajaya Active Lifestyle Hadirkan DJI Osmo Pocket 3 di Indonesia
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here