Home REVIEW Review POCO X3 GT: Bawa Chipset Baru, Performa Powerful

Review POCO X3 GT: Bawa Chipset Baru, Performa Powerful

POCO X3 GT

tabloidpulsa.idPOCO yang saat ini sudah resmi melepaskan diri dari Xiaomi, kembali menghadirkan kejutan baru bagi pasar smartphone tanah air. Vendor smartphone yang kental nuansa kuning ini baru saja merilis gacoan baru smartphone gaming yang membawa jargon “Go Turbo” yakni POCO X3 GT.

Produk yang masuk dalam kategori mid-range dan digadang-gadang sebagai seri X pertama dalam banyak hal ini menawarkan performa lebih kuat serta kecepatan yang super kencang.

Setelah hampir satu bulan merasakan dan mencoba semua fitur yang ditawarkan oleh POCO X3 GT, rasanya dana sekitar Rp 4 jutaan sangat tidak sesuai dengan kinerja super yang dihasilkan. Bukan dalam arti kemahalan, tapi justru harga produk ini ‘sangat murah’.

Dan untuk yang tengah mencari smartphone powerful di rentang harga ini, kami sangat merekomendasikan untuk meminang POCO X3 GT.

Desain Trendi

Dari lineup produk POCO yang sebelumya hadir di pasaran Indonesia, menurut kami X3 GT ini menawarkan sentuhan desain yang cukup berbeda.

Struktur bodinya terlihat lebih gress dengan tekstur dan pewarnaan yang cukup unik. Dimensinya pun terasa nyaman di genggaman dengan ketebalan bodi hanya sekitar 8,9mm dan bobot 193 gram. Sebuah racikan yang pastinya sangat disukai oleh generasi muda masakini.

POCO X3 GT sendiri tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Stargaze Black, Wave Blue dan warna ketiga yang kebetulan terpancar dari unit yang kami ulas adalah Cloud White.

Layar Berkualitas Tinggi

Layar merupakan salah satu keunggulan yang coba ditawarkan POCO X3 GT. Berdasarkan data teknis, DotDisplay yang diusung perangkat ini memiliki ukuran 6,6 inci dengan resolusi full HD+. Dari sini saja sudah kelihatan bahwa X3 GT sangat bersungguh-sungguh ingin menghadirkan pengalaman hiburan yang maksimal bagi penggunanya.

Tidak hanya itu, layar X3 GT pun telah diberikan pamor khusus berupa refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Kombinasi ini pastinya membuat tampilan layar jadi terlihat jernih dan sangat responsif saat jari jemari bermain-main dipermukaannya.

Hanya saja yang patut digarisbawahi, jenis layar yang digunakan masih sebatas IPS LCD, yang oleh sebagian kalangan dianggap masih kurang maksimal jika disandingkan dengan layar Super AMOLED.

Meski begitu, rentang warna DCI-P3 yang tertanam mampu memancarkan warna yang cukup berlimpah, baik warna primer RGB yang lebih tajam hingga warna sekunder CMYK yang cukup kaya.

Satu lagi yang patut mendapat apresiasi, POCO telah menjejalkan teknologi DynamicSwitch yang secara cerdas dapat mengatur kecepatan refresh rate layar dari 30Hs hingga 120Hz sesuai dengan kebutuhan setiap konten yang ditayangkan, sekaligus mengoptimalkan konsumsi daya secara maksimal.

Poin plusnya, POCO untuk pertama kalinya menggunakan pelindung layar yang paling tangguh saat ini di X3 GT, yakni Corning Gorilla Glass Victus. Lapisan kaca ini mampu melindungi layar dari benturan, tahan jatuh serta goresan benda tajam.

Untuk membuktikan kekuatan teknologi tersebut, kami juga sempat menjatuhkan X3 GT dari ketinggian lebih dari satu meter ke permukaan berbahan keras dan memang terbukti Gorilla Glass Victus benar-benar tangguh.

Sebagai informasi, Gorilla Glass Victus saat ini kebanyakan digunakan pada smartphone flagship yang dibanderol dengan harga tinggi, dan POCO menghadirkannya di smartphone terjangkau.

Pertama dengan Dimensity 1100

Selain layar, inilah keunggulan utama X3 GT. Xiaomi untuk pertama kalinya di Indonesia menghadirkan chipset baru yang digadang-gadang masuk dalam kategori flagship ke smartphone kelas menengah.

POCO X3 GT menjadi smartphone POCO pertama yang disokong chipset Dimensity 1100, dengan pabrikasi 6nm yang diklaim menawarkan performa lebih cepat dan hadir dengan konektivitas lebih baik. Jika melihat data dari beberapa aplikasi benchmark, skor yang dicapai Dimensity 1100 ini bisa jauh melampaui Snapdragon 860 loh dan sedikit di atas Snapdragon 865.

Untuk yang biasa ngulik hardware smartphone, pastinya sudah paham dengan karakteristik dan performa chipset Snapdragon seri 8xx.

Dimensity 1100 di POCO X3 GT tersusun atas Quad-core ARM Cortex-A78 terbaru dengan clockspeed hingga 2,6GHz dan ditandem Quad-core ARM Cortex-A55. Untuk mendapatkan performa yang maksimal terutama untuk urusan gaming, arsitektur CPU ini dikombinasikan dengan upgraded nine-core GPU Mali-G77 yang berjalan di 836MHz.

Menariknya, X3 GT juga dilengkapi teknologi pendingin canggih yakni LiquidCool Technology 2.0, yang sanggup menjaga jeroan perangkat ini tetap dingin hingga 11 derajat celcius dibanding teknologi sebelumnya. Cocok untuk yang hobi main game sepanjang hari.

Nah, kinerja daleman POCO X3 GT ini pun turut diperkuat dengan kapasitas memori yang cukup besar. Di pasaran Indonesia, X3 GT hadir dalam dua model yakni RAM 8GB dengan storage 128GB serta varian RAM 8GB dengan internal 256GB.

Menariknya, dukungan teknologi UFS 3.1 di perangkat ini memungkinkan untuk loading aplikasi maupun file jadi lebih cepat, boot-up perangkat yang lebih ngacir serta pengoperasian yang mulus saat berganti-ganti aplikasi berkat latensi yang rendah.

Satu lagi yang patut untuk dipertimbangkan,  perangkat ini juga mendukung teknologi untuk meningkatkan kapasitas RAM lewat fitur Expandable RAM hingga 2GB. Fitur ini sejatinya mulai banyak diterapkan pada smartphone-smartphone terbaru, baik kelas flagship maupun mid-to-low.

Saat diujicoba memainkan beragam jenis mobile gaming mulai dari yang specnya standar hingga yang tinggi, kinerja X3 GT ini benar-benar patut untuk diacungi jempol.

Untuk game, POCO X3 GT juga dilengkapi fitur Game Turbo yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan performa saat bermain game.

Bagi yang masih penasaran dengan kinerja keseluruhan POCO X3 GT, bisa mengintip data hasil benchmark yang menggunakan sejumlah aplikasi favorit. Dari semua aplikasi tersebut, X3 GT mebukukan skor yang terbilang wow.

Baterai 5000 mAh dengan 67W Turbo-charge

Selain kapasitas memori, dukungan sumber power juga sangat berpengaruh terhadap experience yang ditawarkan oleh smartphone. Beruntung, X3 GT ini sangat memahami kebutuhaan penggunanya.

Perangkat ini membekali diri dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang untuk ukuran smartphone menengah saat ini sudah tergolong cukup besar, dan bisa memberikan waktu penggunaan yang panjang. Bahkan, untuk penggunaan normal dalam sekali isi ulang dapat bertahan hampir seharian penuh.

Kemampuan ini juga masih bisa ditingkatkan, pasalnya POCO X3 GT juga menyertakan sistem manajemen power yang apik, termasuk hadirnya fitur peghemat daya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Tidak cukup sampai di situ saja, X3 GT juga menyertakan teknologi pengisian daya super cepat yakni 67W turbo-charging. Berdasarkan data teknis dan hasil uji, proses pengisian daya dari kondisi 0% hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja.

Untuk yang biasa gonta-ganti adaptor dan kabel charger, sebaiknya tidak dilakukan lagi jika Anda menggunakan POCO X3 GT. Karena, untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pengisian daya tersebut harus menggunakan adaptor dan kabel bawaan POCO sendiri.

64MP AI Triple Camera Kelas Flagship

Meski secara khusus lebih menonjolkan performa hardware terutama untuk urusan gaming dan entertainment, nyatanya X3 GT ini tetap mengakomodasi kebutuhan fotografi para pecintanya.

Di perangkat ini, POCO menanamkan tiga buah kamera yang menurut klaim POCO menawarkan kemampuan foto yang tidak kalah tangguh dengan smartphone premium.

Untuk konfigurasinya, ada kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera utama perangkat ini dilengkapi bukaan lensa yang besar yakni f/1.79 dan mampu mendokumentasikan gambar-gambar dengan detail yang tajam serta warna natural.

Untuk yang hobi foto landscape, kamera ultra-wide perangkat ini pun bisa menghasilkan foto-foto keren. Apalagi jika dikombinasikan dengan filter keren yang telah tersedia.

Lantas untuk yang suka foto macro, kamera perangkat ini juga mampu menampilkan detail yang cukup tajam dari sebuah target foto dunia mini.

POCO X3 GT pun menyertakan sejumlah opsi menarik yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan kreasi foto maupun video menggunakan kamera belakang. Mulai dari mode Pro, Night Mode, 64MP, Kloning, Dual video, video pendek, slo-mo, timelapse, Tilt-shift, real-time video bokeh, dan perekaman video HDR.

Bagi yang hobi selfie, POCO X3 GT menanamkan kamera depan 16MP yang tertanam di bolongan layar dengan lingkaran yang mungil. Kamera ini memiliki bukaan f/2.5 yang sudah dibekali teknologi AI.

Outdoor normal
Indoor
Macro
Portrait
Clone Mode
Night Mode

Fitur Lain

Sebagai tambahan, X3 GT juga menawarkan sejumlah inovasi baru yang pastinya sangat dibutuhkan pengguna saat ini. Pertama, perangkat ini hadir dengan membawa platform Android 11 yang diramu menggunakan antarmuka khas POCO yakni MIUI 12.5, dan menawarkan sejumlah fitur khas yang jarang ada di perangkat lain.

Hanya saja, keluhan para pengguna terkait hadirnya iklan di MIUI memang menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi POCO untuk bisa menyempurnaakannya. Setidaknya, tetap dapat memberi kenyamanan bagi pengguna.

Selain itu ada juga dukungan speaker ganda dengan Dolby Atmos, yang pastinya sanggup menghadirkan kualitas Hi-res audio saat menikmati tayangan hiburan.

POCO X3 GT juga dilengkapi X-Axis Haptic (getaran tiga dimensi) sekelas dengan smartphone profesional. Seolah-olah Anda ada di dalamnya. Setiap ketukan memberi umpan balik yang realistis dan berbeda di ujung jari.

Untuk para pengguna di perkotaan di era serba digital, POCO X3 GT pun cukup memahami kebutuhan akan akses layanan berbasis NFC. Melalui fitur NFC di perangkat ini, Anda bisa dengan mudah mengecek isi saldo uang digital (e-money) hingga melakukan topup.

Satu lagi yang tidak kalah menariknya, POCO X3 GT merupakan salah satu dari sekian produk Xiaomi maupun POCO yang sudah didukung teknologi 5G.

Teknologi masa depan yang hadir di POCO X3 GT ini sudah mendukung dual 5G. Berdasarkan data teknis, band 5G di smartphone terbaru POCO Indonesia ini memang belum  bisa mendukung semua frekuensi 5G yang dimiliki oleh operator seluler tanah air.

Sebagai informasi, POCO X3 GT mendukung band n3 (1800MHz) yang ditawarkaan oleh Indosat dan XL. Sementara utuk pengguna jaringan Telkomsel, tidak bisa menikmati layanan 5G karena perangkaat ini tidak mendukung band n40 (2300MHz).

Kesimpulan

Tagline “Go Turbo” yang diusung oleh POCO X3 GT memang bukan hanya sebuah isapan jempol saja. Di perangkat ini POCO benar-benar kembali mampu menunjukan jati dirinya sebagai vendor yang sangat perduli akan performa sebuah smartphone.

Dukungan chipset Dimensity 1100 menjadikannya sebagai yang pertama membawa teknologi gaming flagship di kelas menengah.

Selain performanya ‘ngacir’, POCO X3 GT juga menawarkan fasilitas yang sangat komplit. Mulai dari triple camera 64MP yang ampuh untuk foto, teknologi 5G, baterai besar dengan 67W turbo-charging hingga fitur NFC yang pastinya sangat dinanti-nanti para anak muda.

Yang paling penting, semua kemampuan itu bisa ditebus dengan harga yang sangat terjangkau. Sebagai informasi, POCO X3 GT bisa didapatkan dengan banderolan harga Rp 4.399.000 untuk varian 8GB+128GB, dan Rp 4.799.000 untuk model 8GB+256GB. Konsumen bisa mendapatkannya  secara Online di Po.co.id, JD.ID, Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak & Akulaku. Sementara untuk Offline bisa mengunjungi Authorized POCO Stores Authorized Mi Stores Authorized Mi Shops Mi Partners.

Spesifikasi Lengkap POCO X3 GT

 POCO X3 GT
Sistem OperasiAndroid 11, MIUI 12.5 for POCO
Layar6.6″ IPS LCD, 120Hz, HDR10, 450 nits (typ) 100% DCI-P3
Berat193 g
ProsesorMediaTek Dimensity 1100, 5G (6 nm)
 
GPUMali-G77 MC9
RAM/ROM128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM UFS 3.1
Kamera Belakang64 MP (f/1.8, lensa wide), 0.7µm, PDAF 4K@30fps, 1080p@30/60/12 0fps
Kamera Depan16 MP (f/2.5), 1.0µm. 1080p@30fps, 720p@120fps, 960fps
KoneksiUSB Type-C 2.0, USB to Aux
Baterai5000mAh
Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
FiturFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, compass, color spectrum
Previous articleInstal Game Berukuran Besar pakai OPPO Share Saja!
Next articleHP Luncurkan 2 Laptop Gaming Terbaru di Indonesia
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here