Home REVIEW Review Infinix Zero 30: Pilihan Terbaik untuk Narsis di Media Sosial

Review Infinix Zero 30: Pilihan Terbaik untuk Narsis di Media Sosial

Infinix Zero 30 4G

tabloidpulsa.id – Sebagai salah satu vendor smartphone yang mengerti akan kebutuhan anak muda masa kini, Infinix terus menghadirkan inovasi teknologi terbaru di setiap produk unggulannya, termasuk di Infinix Zero 30.

Smartphone yang baru saja hadir di pasaran Indonesia ini dikemas dengan konsep desain yang cukup menawan, dan disokong sesifikasi serta fitur terbaik di kelasnya.

Sesuai tagline “Bikin Story Anti-Ordinary” yang selalu ditampilkan disemua materi promosinya, Infinix Zero 30 ini digadang-gadang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang hobi narsis di media sosial.

Bukan tanpa alasan sih, label yang diusung Zero 30 ini memang benar-benar bisa diwujudkan lewat teknologi kamera terbaru yang dibawanya.

Penasaran seperti apa performa Infinix Zero 30 ini? Kebetulan tabloidpulsa.id berkesempatan untuk menguji langsung salah satu varian Infinix Zero 30 Series yakni model dengan jaringan 4G LTE.

Cek review lengkap Infinix Zero 30 varian 4G LTE berikut ini.

Harga: Rp 3.099.000
Pilihan Warna: Sunset Gold, Misty Green, Pearly White
Paket Penjualan: Handset Infinix Zero 30, Silikon case, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.5 x 75 x 7.9 mm / 182 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi a/b/g/n/ac
Sistem Operasi (OS)XOS v13, berbasis Android 13
Supported storage eksternalTidak
Layar inci – Tipe Screen6.78 inches, 111.0 cm2 (~90.0% screen-to-body ratio), 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~388 ppi density), AMOLED, 1B colors, 120Hz, 950 nits (peak), Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUMediatek Helio G99 (6nm); Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G57 MC2
RAM & Internal Storage8 GB + 8 GB RAM/ 256 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
108 MP, f/1.7, (wide), 1/1.67″, PDAF + 2 MP, f/2.4 + 2 MP, f/2.4; Quad-LED flash, HDR, panorama
Camera Video: 1440p@30fps, 1080p@30/60fps

Depan Single:
50 MP, f/2.5, (wide), 1/2.76″, PDAF, Dual-LED flash
Video: 1440p@30fps, 1080p@30/60fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable); 45W Charging

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak2K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Layar AMOLED dengan Refresh rate 120HzTidak mendukung jaringan 5G
Kamera utama 108MP, Kamera selfie 50MPTidak ada slot microSD
Baterai 5000 mAh tahan lamaTidak ada audio jack 3.5mm
Fast charging 45W
NFC

Desain Super Slim

Infinix Zero 30 Desain

Desain Infinix Zero 30 4G menawarkan kombinasi yang sempurna antara keindahan estetika dan kenyamanan penggunaan. Dengan bahan premium yang digunakan, smartphone ini memberikan kesan elegan dan solid.

Meski masuk kelas menengah, tampilan fisik Zero 30 justru terlihat seperti smartphone premium yang dibanderol belasan juta rupiah.

Ini terlihat dari model layar yang memiliki sisi melengkung (curve), dengan bezel yang nyaris sangat minimalis. Tidak seperti smartphone menengah lawas yang rata-rata masih mengusung  tepian layar tebal.

Baca Juga:  Infinix Zero 5G 2023 Resmi Meluncur Di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

Tidak hanya model layar melengkung saja yang membuat Zero 30 4G ini tampil mewah, dimensi bodi yang dibawa pun memiliki keunggulan tersendiri.

Berdasarkan data teknis, smartphone ini hanya memiliki ketebalan bodi sekitar 7,9mm yang tentu saja tergolong tipis. Bobotnya pun terasa ringan saat ditenteng. Wajar sih, berat Zero 30 ternyata cuma 182 gram saja loh.

Di bagian belakang, Infinix membalut Zero 30 dengan material khusus yang terasa kesat, tidak licin meski diklaim memiliki lapisan serupa kaca yang membuatnya tampil sedikit glossi.

Varian warnanya juga cukup beragam. Tercacat ada tiga opsi warna yang disediakan yakni Sunset Gold, Misty Green dan Pearly White. Kebetulan unit yang kami uji merupakan warna emas menawan yang jadi favorit banyak kalangan.

Untuk Anda yang hobi memadupadankan perangkat gadget dengan fesyen, desain dan pilihan warna Infinix Zero 30 ini sangat cocok untuk beragam kebutuhan. Mulai dari yang santai, hingga acara bertema glamor.

Satu lagi keunggulan desain Zero 30 yang membuatnya nyaman digunakan di segala kondisi yakni dukungan IP54. Dengan IP rating ini, Zero 30 akan tahan percikan air. Minimal hujan gerimis saja sih masih bisa tahan, asal jangan sengaja direndam ya.

Bagi Anda yang pernah merasakan beberapa model smartphone flagship dengan bodi tipis dan berlayar lengkung, Zero 30 ini memang benar-benar mengadopsinya dengan baik. Termasuk mengatur dan memposisikan sejumlah tombol kontrol serta port koneksi.

Infinix Zero 30 Port

Di sisi kanan misalnya, dihiasi tombol volume dan power. Sisi seberangnya polos. Bagian atas ada corong speaker dan mikrofon, dan bagian bawah diramaikan dengan slot kartu SIM, mikrofon, USB-C serta lubang speaker.

Infinix Zero 30 SIM Tray

Tidak ada jack audio 3.5mm di perangkat ini. Meski begitu, dukungan speaker stereo dengan DTS Sound hasil kolaborasi dengan JBL dan audio Hi-Res, tentunya akan menambah sensai memuaskan saat menonton streaming film maupun mendengarkan musik menggunakan headphone Bluetooth maupun TWS.

Layar Jernih

Infinix Zero 30 Display

Seperti yang sudah disingung sebelumnya, layar menjadi salah satu daya tarik utama Infinix Zero 30. Smartphone ini sudah dibekali layar 3D Curved AMOLED dengan bentang 6.78 inci.

Berdasarkan spesifikasi teknis, layar Zero 30 memiliki rasio aspek 20:9 dengan screen-to-body-ratio 93.7% dan punya kecerahan maksimal mencapai 950 nits, 100% DCI-P3 Color Gamut dan 10-bit warna..

Dengan spesifikasi ini, layar Zero 30 mampu menampilkan ketajaman dan kejernihan gambar yang sangat memukau. Bahkan, masih mampu terlihat dengan jelas meski digunakan langsung di bawah sinar matahari.

Cocok nih untuk yang hobi marathon film di Netflix, bisa menikmati tayangan yang memuaskan dan nyaman di mata. Untuk kenyamanan mata ini, Zero 30 sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland.

Tidak hanya itu, kecanggihan layar Zero 30 juga dilengkapi dengan 120Hz refresh rate dan 360Hz touch sampling rate yang membuat aksi telusur layar jadi semakin gegas, halus dan lancar tanpa hambatan.

Untuk Anda yang kerap teledor menyimpan smartphone, Zero 30 telah memiliki perlindungan khusus yang melapisi layar yakni Corning Gorilla Glass 5.

Lewat teknologi ini, layar Zero 30 jadi aman dari goresan benda tajam, tapi tidak untuk dibanting atau sengaja dijatuhkan loh ya.

Baca Juga:  Infinix Zero 5G Resmi Hadir di Indonesia

Bagi Anda yang suka melakukan personalisasi tampilan layar, antarmuka XOS 13 berbasiskan Android 13 menghadirkan sejumlah pengaturan tambahan yang pastinya akan menambah maksimal performa layar.

Infinix Zero 30 Display Personalisasi

Di sini, tersedia pengaturan refresh rate, Always on Display, High Brightness Mode, Eye Care, Ultra Touch, Color Style hingga optimalisasi gesture control.

Oiya, Zero 30 juga menanamkan sensor sidik jari di dalam layar yang memiliki tingkat responsifitas tinggi dalam mendeteksi data fingerprint.

Infinix mengklaim untuk sensor ini mampu membuka layar dengan sangat cepat, teknisnya sekitar 322ms, dan didukung Anti-counterfeit Detection (anti pemalsuan) serta mendukung sertifikasi keamanan Google BCR 13.

Kamera Terbaik di Kelasnya

Infinix Zero 30 Camera

Sesuai tagline “Bikin Story Anti-Ordinary”, kamera menjadi unggulan utama Infinix Zero 30. Sistem kamera di perangkat ini memiliki tiga sensor dengan format modul berbentuk kotak yang agak menyembul di bodi belakang bagian atas.

Untuk konfigurasi kamera Zero 30 sendiri terdiri dari kamera utama 108MP dengan sonsor Samsung HM6 yang punya ukuran sensor 1/1.67” dan bukaan f/1.75. Tersusun atas 6P lens, yang sudah mendukung fitur OIS dan PDAF.

Sementara untuk dua kamera lainnya yakni sensor 2MP + 2MP, tanpa dukungan lensa ultra-wide. Jika Anda mencari kamera ultra-wide, bisa memilih Infinix Zero 30 5G ya.

Di bagian depan, Zero 30 4G membenamkan kamera 50MP dengan sensor Samsung JN1 yang memiliki ukuran 1/2.76”, 5P lens dan aperture f/2.5.

Spesifikasi kamera depan ini lah yang jadi jualan utama Zero 30. Apalagi, kamera ini sudah didukung kemampuan merekam video beresolusi 2K dengan kecepatan 30fps.

Tidak hanya itu, sokongan fitur autofocus di kamera depan ini juga sanggup menghasilkan rekaman gambar maupun video yang super keren.

Buat yang hobi nge-vlog atau sekadar membuat video singkat untuk dibagikan di story medsos, kemampuan kamera depan Zero 30 ini patut untuk dipertimbangkan loh.

Apalagi, banyak fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan seperti Night Mode dengan dukungan Dual micro-slit Flashlight, ada juga fitur Dual Video dan filter sinematik seperti 2.35: 1 serta Movie Filter.

Infinix Zero 30 Camera UI

Untuk hasil rekaman video yang lebih maksimal, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur Ultra Steady atau Ultimate Video Enhancement.

Sebelum merekam video, Anda juga bisa mengatur tingkat bokeh terlebih dulu untuk menambah kesan artistik loh.

Dukungan kecerdasan buatan (AI) juga telah disematkan untuk kamera depan. Di sini, Anda bisa mengaktifkannya untuk menghasilkan detail wajah yang lebih cakep.

Soal kualitas, hasil kamera depan ini mampu tampil maksimal dengan detail gambar yang tajam, natural dan warna alami.

Hal yang sama juga terlihat dari jepretan kamera belakang yang terlihat memukau dan otentik. Detail fotonya benar-benar terlihat memukau khas smartphone kelas atas, dan tak terbayangkan kalau sejatinya diambil dari kamera seharga 3 jutaan saja.

Jepretan foto di kondisi pencahayaan rendah pun terlihat apik, dan mampu memancarkan kesan estetik.

Anda yang ingin menghasilkan foto dengan latar langit yang keren tapi kondisi mendung, bisa loh memanfaatkan fitur Sky Shop.

Baca Juga:  AI Highlight Video, Fitur Kunci Maksimalkan Kamera OPPO Reno5 5G

Ada sekitar 12 filter keren yang bisa mengubah tampilan langit menjadi lebih keren dalam waktu sekejap saja.

Berikut hasil jepretan kamera Infinix Zero 30 4G.

Performa

Infinix Zero 30 About

Untuk versi 4G LTE, Infinix Zero 30 dibekali dapur pacu MediaTek Helio G99 dengan pabrikasi 6nm yang tersusun atas prosesor delapan inti (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), serta disokong GPU Mali-G57 MC2.

Kinerja mulusnya ditopang oleh memori yang cukup besar dan luas. RAM standarnya 8GB, namun dengan teknologi MemFusion Anda bisa menambahkan virtual RAM hingga 8GB sehingga totalnya jadi 16GB.

Virtual RAM ini diambil dari sebagian storage internal yang sedang tidak digunakan. Sementara memori internalnya sendiri, Zero 30 memiiki kapasitas 256GB. Sayangnya, di smartphone ini tidak ada slot memori ekspansi layaknya kelas mid to low kebanyakan.

Kombinasi jeroan ini tidak hanya piawai dalam menjalani fungsi multitasking, tapi trengginas pula menjalankan aplikasi dan game dengan grafis yang cukup  berat.

Sepanjang pengujian, tidak ada masalah berarti yang kami temukan. Semua fungsi bisa dijalankan dengan lancar dan minim lag.

Hampir sebagian besar game-game favorit anam muda masa kini pun bisa dieksekusi dengan baik dan lancar.

Bahkan, untuk pengaturan grafis di beberapa game Battle Royale dan MOBA bisa diset rata kanan loh.

Selama digunakan bermain game, kondisi bodi Zero 30 terasa tetap normal-normal saja. Tidak mengalami over heat atau level panas yang naik drastis.

Hal ini bisa jadi karena Zero 30 digadang-gadang memiliki teknologi pendingin khusus VC Liquid Cooling System yang luasnya mencapai 4273mm dan terdiri dari 11 lapisan pendingin.

Infinix sendiri mengklaim teknologi pendingin ini mampu menurunkan temperatur maksimal hingga 7 derajat Celcius.

Satu lagi yang tidak kalah kerennya adalah dukungan teknologi UPS di Zero 30 yang secara dramatis dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal seluler maupun WiFi dan meningkatkan pengalaman saat bermain game online.

Zero 30 juga dibekali sejumlah fitur penting untuk meningkatkan pengalaman bermain game salah satunya adalah game mode, yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur beragam notifikasi, graphic enhancement juga bypass charging.

Secara teknis, fitur Bypass Charging ini akan melangsungkan pasokan daya ke sumber power tanpa melewati baterai, mereduksi efek panas berlebih dan meningkatkan masa pakai baterai. Tapi syaratnya, Anda harus menggunakan charger bawaan Infinix Zero 30 ya.

Bagi yang masih penasaran dengan performa smartphone ini, kami juga melakukan pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark.

Secara umum, Zero 30 mampu menunjukan kinerja benchmark yang baik dan optimal. Berikut daftar benchmark lebih lengkapnya:

Infinix Zero 30 Benchmark

Baterai

Infinix Zero 30 Charger Adapter

Dengan baterai berkapasitas besar 5000 mAh, Infinix Zero 30 4G menawarkan daya tahan yang mengesankan.

Dapat digunakan sepanjang hari dengan penggunaan normal dan dilengkapi dengan fitur penghemat daya cerdas, smartphone ini adalah teman ideal untuk kegiatan sehari-hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Menariknya, Zero 30 juga sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat 45W. Untuk pengisian daya dari posisi 0% hingga 75% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Infinix Zero 30 Battery Saver

Poin plusnya, teknologi pengisian daya di Zero 30 telah lolos 41 pengujian keamanan dari TUV Rheinland dan mendukung teknologi Power Delivery (PD) 3.0.

Dengan dukungan PD 3.0, Zero 30 bisa dimanfaatkan sebagai powerbank untuk mengisi daya perangkat mobile lainnya.

Fitur Lainnya

Infinix Zero 30 hadir dengan dukungan antarmuka XOS 13 berbasiskan Android 13 yang dipastikan bakal mendapat dukungan pembaruan Security Update selama 2 tahun.

Antarmuka terbaru Infinix ini menyertakan pula sejumlah fungsi tambahan yang cukup keren, salah satunya adalah Folax. Fitur asisten pribadi ini mirip dengan Google Voice Assistant, tapi kerennya Folax sudah terintegrasi dengan ChatGPT loh.

Jadi, Anda bisa menanyakan apa saja ke Folax dan mendapatkan jawaban akurat dengan detail yang terperinci.

Ada juga Folax Translate yang bisa dimanfaatkan untuk mentranslate chattingan, suara maupun gambar teks yang terdeteksi dari hasil foto.

Nah yang pastinya sangat bermanfaat bagi pengguna Zero 30 adalah dukungan NFC. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengecek bahkan mengisi ulang saldo e-money.

Kesimpulan

Infinix Zero 30 Sales Package

Bagi Anda yang tengah mencari smartphone berkualitas untuk vlogging dan meramaikan story medsos dengan banderolan harga terjangkau, Infinix Zero 30 4G merupakan pilihan yang sulit untuk dicari tandingannya.

Secara keseluruhan, Infinix Zero 30 4G adalah smartphone yang memikat dengan kombinasi desain elegan, layar cemerlang, kamera berkualitas tinggi, performa cepat, daya tahan baterai yang luar biasa, dan fitur-fitur canggih lainnya.

Saat ini, Infinix Zero 30 4G bisa didapatkan dengan harga Rp 3.099.000 baik secara online maupun offline.

Penulis: HAIRUDDIN

Previous articleSamsung Galaxy Tab A9 dan Tab A9+ Tersedia Mulai 2 Jutaan
Next articleForwat Cup 2023 Jadi Ajang Kolaborasi Industri ICT
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here