Home REVIEW Review realme C25, Baterai Tahan Lama, Entry Level Tahan Banting

Review realme C25, Baterai Tahan Lama, Entry Level Tahan Banting

review realme C25

tabloidpulsa.id – Akhir Kuartal pertama 2021 ini pasar Indonesia sudah diramaikan produk baru yang menyasar semua pangsa, dari paling tinggi hingga paling rendah. Tak terkecuali realme, yang langsung menggebrak dengan dua produk untuk pasar paling bawah. Kali ini giliran realme C25 yang masuk ke meja redaksi untuk kita review lebih dalam.

Ponsel ini membawa tiga kamera 48MP dengan AI dan baterai besar 6000 mAh. Standar baru ponsel-ponsel entry level yang tahan lama, ga bikin ribet, tapi juga dapat diandalkan untuk mengabadikan momen indah dalam hidup penggunanya.

Selain C25, di saat yang bersamaan realme juga memperkenalkan C21, yang akan kami sajikan di review lain. Dua produk yang sama-sama telah memiliki serifikasi TüV Rheinland di rentang harga 2 jutaan. Cek link ini kembali, akan kami update harga setelah peluncurannya. 

HARGA: Rp 2.299.000 (varian 4/64 GB), Rp 2.499.000 (varian 4/128 GB)

Paket Penjualan: Ponsel realme C25, Silicon case, kabel data type C, charger adapter 18W, kartu garansi dan panduan cepat.

Pilihan Warna: Water Blue, Water Grey

Desain

Kembali ke C25, sekilas produk ini tidak mencerminkan produk entry level sama sekali. Perawakannya relatif sama dengan produk ponsel jaman now, dengan layar memanjang ke atas. Bahkan jika dibandingkan dengan ponsel flagship dari kubu sebelah, pun sama besar. Bedanya, bagian permukaan ponsel realme C25 tidak terdiri dari layar semua.

Meskipun demikian ponsel ini tidak bisa dibilang tipis. Membawa kapasitas baterai besar 6000 mAh, rasanya ini bisa dimaafkan, toh ketika kita letakkan di saku kemeja ponsel ini tidak memperlihatkan tonjolan yang signifikan.

Bagian back cover dibuat dari bahan plastik dengan pewarnaan tunggal. Hanya saja ada perbedaan di sisi tekstur, di mana bagian terluas diberi teksur garis-garis diagonal, sementara bagian paling kiri dibuat mulus dengan ukiran tulisan realme. Tersedia dua warna menarik, yakni Water Grey dan Water Blue. Yang bisa dipadupadankan sesuai dengan kecenderungan gaya Anda.

Masih di bagian belakang, kita juga bisa menemukan area sensor sidik jari. Dibuat dalam bentuk lingkaran kecil berada condong ke atas, sehingga mudah dijangkau oleh jari telunjuk saat memegang ponsel ini.

Di bagian ini juga tempat diletakkannya area kamera. Berada di dalam area segi empat, tiga lensa kamera ditemani oleh satu lampu led untuk tambahan penerangan. Kita akan bahas lebih banyak bagian kamera ini di pembahasan khusus di bawah.

Tapi sebelumnya kita juga harus membahas detil-detil penting pada bagian lain. Pertama adalah slot SIM card, yang menyediakan 3 kompartemen. 2 untuk nano SIM dan 1 untuk microSD card. Jadi kedua nomor Anda bisa digunakan bersamaan dengan ruang ppenyimpanan tambahan, tanpa harus ada yang dikorbankan.

Lalu di bagian bawah kita bisa mendapati port USB TypeC dan jack audio 3.5 mm. Memberikan lebih banyak opsi pada pengguna untuk bisa menikmati musik menggunakan headset favorit yang telah dimiliki.

Seperti yang telah disebutkan di bagian awal, bahwasannya realme C25 ini termasuk ponsel entry level pertama yang menjalani sertifikasi keandalan tinggi TüV Rheinland. Dengan demikian, maka bisa dibilang ponsel ini sudah teruji durabilitasnya karena telah melalui tahapan-tahapan “penyiksaan” yang menjadi simulasi penggunaan ponsel anak-anak muda masa kini.

Mulai dari tes jatuh, abrasi, lingkungan ekstrim, suhu tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan hingga masa pakai tombol-tombol yang dibawanya. 

Display dan UI

Ponsel realme C25 membawa layar lebar 6,5 inci dalam ratio 20:9. Artinya layar ponsel ini cukup tinggi, namun masih dalam jangkauan satu tangan. Beberapa kegiatan yang berhubungan dengan tampilan luas, semisal ngegame, nonton atau memotret akan mendapatkan keuntungan dari ukuran layar ini.

Resolusinya sendiri adalah HD+ atau dengan kata lain 720 x 1600 pixel. Ukuran standar untuk menampilkan gambar yang padat dan ikon-ikon serta teks yang tetap jelas.

Dengan realme UI 2.0 berbasis Android 11, maka tampilan ponsel ini pun terlihat menarik, lapang, sederhana dan memudahkan siapa saja yang baru pertama kali menggunakannya.

Terlebih dengan kehadiran app tray yang terpisah dari home page (secara default), maka kita bisa dengan mudah mencari aplikasi yang diinginkan hanya dengan mengangkat layar home ke atas. Terutama bagi Anda yang menginstal banyak aplikasi dalam satu ponsel.

Sejumlah fitur menarik bawaan UI dan juga Android 11 bisa dinikmati di sini. Untuk ukuran ponsel 2 jutaan, UI terupdate seperti ini akan meningkatkan pengalaman Anda ketika berponsel, mulai dari tampilan hingga efektivitas penggunaan daya.

realme UI 2.0 juga membawa sejumlah fitur kustomisasi yang telah ditingkatkan, semisal fitur ART+ yang memungkinkan Anda mendesain ulang bentuk ikon aplikasi pada ponsel. Jadi kemungkinan isi ponsel Anda berbeda dengan milik teman, akan semakin besar.

Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya, yang akan kami bahas di tulisan khusus yang terpisah.

Performa Hardware dan Daya Tahan Baterai

Ponsel anyar realme yang kita review kali ini membawa chipset besutan Mediatek, yakni Helio G70 dengan fabrikasi 12nm. Membawa prosesor 8 inti Cortex A75 berkecepatan 2.0 GHz. Di atas kertas, prosesor pada chipset ini mampu mendukung kebutuhan gamer di ponsel pemula.

Dibekali RAM LPDDR4X sebesar 4GB, baik untuk varian ROM 64GB maupun 128GB, maka performa ponsel dapat terjaga hingga 20 persen lebih baik melampaui kinerja ponsel yang membawa varian RAM yang lebih lawas.

Chipset ini bisa diajak bermain sejumlah game berat dengan hasil yang memuaskan. Tidak diset ke setelan grafis paling tinggi, namun mampu melahap beberapa game yang biasa kami gunakan dalam review, semisal PUBG Mobile dan Freefire.

Bahkan dengan dukungan baterai berkapasitas 6000 mAh, dan ditambah dengan efektivitas penggunaan daya oleh Helio G70 akan menjadikan ponsel ini tahan lama dalam sekali pengisian daya. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, untuk bertelpon nih, baterai ponsel ini sanggup mendungkung sampe 43,17 jam. Sampai berbusa, gan!

Hal ini sangat mungkin terjadi juga karena realme UI memiliki fitur Super Power Saving Mode. Tunggu-tunggu, jadi kapasitas sudah besar, chipset juga sudah efektif, dan ditambah lagi fitur power saving yang canggih. Anda bisa pergi ke kantor tanpa membawa charger ini, ya kan?

Ditambah dengan pengisian daya 18W, maka mengisi baterai sampai penuh pun bisa ditinggal sambil tidur. Tidak ada waktu yang terbuang percuma.

Triple AI 48 MP Camera

Soal daya tahan baterai dan performa memang sudah tidak perlu diragukan lagi, tapi jangan khawatir soal fungsi imaging nya juga. Karena ponsel ini membawa tiga kamera utama yang dilengkapi AI. Banyak fitur menarik yang bisa kita manfaatkan guna menghiasi timeline medfia sosial kita, tanpa harus sama dengan pengguna ponsel lain.

Tapi sebelum ke sana, kita akan bahas 3 kamera utama yang dibawa. Merupakan konfigurasi dari satu kamera 48MP, dengan bukaan besar f/1.8, lalu 1 kamera makro 2MP dengan bukaan f/2.4 dan 1 kamera B&W juga dengan aperture f/2.4.

Kamera 48MP dengan aperture besar ini menjadi kunci untuk dapat menghasilkan gambar yang jelas, meskipun diambil dalam ruangan yang minim cahaya. Mampu melakukan perbesaran secara digital hingga 5x zoom. Dan auto fokus phase detection (PDAF).

Untuk mode malam, realme C25 menghadirkan Super Nightscape yang memberikan hasil tangkapan malam yang baik. Mode foto malam juga dibekali oleh Night Filter khas realme yang membuat hasil foto malam naik ke tingkat selanjutnya. 

Kamera makro, mampu melakukan pengambilan gambar jarak dekat hingga 4cm. menghasilkan gambar yang detil. Sementara kamera B&W memberikan efek artistik, memberikan exposure dan kontras yang lebih tinggi.

Selain 3 kamera utama di atas, realme C25 juga membawa kamera selfie 8MP. Kamera ini mendukung AI beauty, HDR, Portrait mode dan panoselfie. Dengan kata lain, semua kebutuhan Anda dalam berkamera ponsel sudah tersedia di sini. 

mode portrait
mode supermakro

Daya Tahan

realme menganggap serius daya tahan dalam setiap produknya. Dalam hal ini, realme bekerja sama denganTÜV Rheinland untuk menguji durabilitas realme C25. Alhasil, realme C25 telah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability.

Sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability mencakup 23 pengujian utama termasuk jatuh, uji lingkungan ekstrim, serta abrasi karena penggunaan yang mampu membuat pudarnya warna pada bagian belakang smartphone. Sehingga pengguna bisa menjadi lebih percaya diri dan merasa aman saat membawa realme C25 ke berbagai tempat.  

Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun.

Kesimpulan

Memenuhi standar uji TÜV Rheinland menjadikan realme C25 ponsel yang tahan banting. Dengan membawa baterai tahan lama, chipset dengan pemakain daya yang efektif, serta fitur dalam UI yang mampu melakukan penghematan daya secara signifikan, maka ponsle ini bisa dibilang membawa semua perbekalan untuk menjadi ponsel entry level yang patut diperhitungkan. realme C25 sudah bisa didapatkan di Lazada http://bit.ly/lazada-realme-pr , Shopee http://bit.ly/shopee-realme-pr , dan situs resmi realme Indonesia https://buy.realme.com/id/goods/183 . 

Previous articleTambah Disayang Pasangan dengan AIoT Terbaru dari Xiaomi
Next articleASUS Hadirkan TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama Dengan 11th Gen Intel Core H Series
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here