Home TEKNO TEKNO | Cara Kerja NFC, Fitur Pembeda OPPO A95 Indonesia

TEKNO | Cara Kerja NFC, Fitur Pembeda OPPO A95 Indonesia

cara kerja NFC

tabloidpulsa.id – Telah dilaporkan sebelumnya di tulisan ini. Bahwa OPPO A95 yang dijual di Indonesia memiliki perbedaan spesifikasi dengan OPPO A95 global. Salah satu perbedaannya terletak pada kehadiran fitur NFC. Nah supaya kita bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan lebih maksimal dan sekaligus mampu menghargai kehadirannya di perangkat baru OPPO, tulisan Tekno kali ini kembali akan membahas mengenai cara kerja fitur NFC tersebut, lebih dekat lagi.

NFC merupakan singkatan dari Near-Field Communication. Sebuah fitur yang memungkinkan smartphone dapat terkoneksi dengan mudah dengan perangkat lain yang kompatibel. Semisal gadget dengan NFC atau dengan NFC tag berupa kartu atau bentukan lain seperti boneka Amiibo yang dirilis oleh Nintendo untuk perangkat Nintendo 3DS dan Switch.

amiibo by Nintendo

Bagaimana Cara kerja NFC?
Seperti halnya Bluetooth dan Wifi, NFC bekerja dengan prinsip mengirim data melalui sinyal gelombang radio. Teknologi yang digunakan NFC didasarkan pada RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi. 

Bedanya dengan Bluetooth dan WiFi, NFC dapat menginduksikan arus listrik terhadap komponen NFC pasif, semisal yang terdapat pada stiker yang tidak memiliki power atau daya sendiri. Tapi memang harus dilakukan berbedakatan, bahkan sampai menempel, berbeda dengan Bluetooth dan WiFi yang bisa tertransmisi dalam rentang jarak yang cukup jauh.

Frekuensi transmisi data NFC ada di 13,56 MHz dan data dapat dikirim dengan kecepatan 106, 212, atau 424 kbps. Lumayan cepat sih.

NFC digolongkan ke dalam 2 (dua) bagian berdasarkan jenisnya, yaitu:

  1. NFC Passive; NFC jenis ini tidak memerlukan sumber daya sendiri. Dikenal juga dengan NFC tag. NFC tag merupakan chip tanpa daya yang biasa di tempelkan pada sebuah kartu, stiker, gantungan kunci atau lainnya. NFC tag hanya menyimpan data yang dapat di baca atau ditulis oleh perangkat NFC Active.
  1. NFC Active; Ini yang banyak terdapat pada smartphone atau perangkat portabel lainnya. Cara kerja NFC jenis ini memerlukan sumber daya untuk dapat berkomunikasi dengan NFC aktif lainnya atau dengan NFC pasif.
Baca Juga:  Perbedaan Noise Isolating dan Noise Cancelling

Lalu NFC pun dapat bekerja dalam 3 (tiga) mode berbeda. Yaitu:

  1. NFC Peer-to-peer: NFC aktif dapat berkomunikasi dengan NFC aktif lainnya untuk saling bertukar data. Smartphone yang dilengkapi NFC mengirim data dengan memancarkan gelombang radio (RF) kepada smartphone atau perangkat NFC aktif lainnya. Smartphone atau perangkat penerima akan menonaktifkan RF saat menunggu kiriman data. Begitu juga sebaliknya sehingga kedua smartphone atau perangkat dapat saling bertukar data.
  1. NFC Reader/Writer: Smartphone atau perangkat yang dilengkapi NFC aktif akan membaca data yang tersimpan dalam NFC pasif. Saat akan membaca data, NFC aktif memancarkan induksi medan magnet yang akan mengoperasikan NFC pasif sehingga NFC pasif dapat memancarkan data yang tersimpan di dalamnya. Jadi NFC pasif mendapatkan sumber daya dari induksi magnet yang dipancarkan perangkat NFC aktif. Untuk membaca atau menulis data di NFC pasif dapat menggunakan aplikasi seperti Trigger app yang bisa didownload di Play store. NFC Tag yang diprogram menggunakan aplikasi ini hanya bisa dibaca menggunakan aplikasi yang sama.
  1. NFC card emulator: Di sini smartphone atau perangkat yang dilengkapi NFC berfungsi layaknya sebuah kartu kredit virtual yang dapat digunakan melakukan pembayaran pada toko dengan alat khusus. Tentu sebelumnya kita harus memiliki akun pembayaran online semacam Google Wallet, Samsung Pay, Apple Pay atau lainnya dengan kartu kredit yang valid. 
Baca Juga:  Apa Itu "Battery Health Engine" pada OPPO Reno8 Pro 5G?
RF ID dan NFC Logo

Berikut beberapa manfaat atau aktifitas yang dapat diperoleh dari adanya teknologi NFC pada smartphone atau perangkat lainnya.


1. Membuka Aplikasi Secara Otomatis
NFC tag dapat digunakan untuk memulai beberapa fungsi, seperti membuka aplikasi resep hanya dengan men-tap ponsel dengan NFC tag yang terpasang di dinding dapur, menyalakan music player hanya dengan menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang berada di samping tempat tidur, dan menyalakan lampu hanya dengan men-tap NFC tag yang terdapat di pintu. Selain itu, kita juga dapat menelepon kekasih kita hanya dengan men-tap NFC tag yang ditempelkan pada foto pacar yang terpajang di meja kerja.

2. Memberitahu Posisi suatu Tempat
Ketika NFC pertama kali diluncurkan, aplikasi yang paling umum adalah ‘check-in’. Pengguna dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko. Dalam lingkup bisnis, kita juga dapat menggunakan NFC untuk memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut.

3. Menjalankan Tugas Tertentu
Selain menjalankan beberapa fungsi yang disebutkan di atas, kita dapat memprogram tag tersebut untuk menjalankan pekerjaan yang rumit. Contohnya jika ingin mengirim pesan ‘selamat pagi’ untuk teman-teman, kita tidak perlu mengetik pesan tersebut secara manual. Kita dapat memprogram sebuah tag dan kita dapat langsung mengirimkan pesan tersebut hanya dengan men-tap ponsel pada tag tersebut.

4. Melakukan Pembayaran
Fungsi NFC yang paling bermanfaat adalah NFC Payment. Pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan men-tap smartphone mereka ke perangkat transaksi, tanpa menggunakan uang tunai atau pun kartu kredit.

Baca Juga:  Posting Instagram Makin Epik dengan Super HDR di Galaxy S24

5. Melakukan Transfer File

Transfer file berukuran besar juga dapat dilakukan dengan menggunakan Android Beam. Caranya dengan mendekatkan dua perangkat (smartphone) yang sama-sama memiliki fitur NFC

6. Menyambungkan Handphone Dengan Wireless Router, Headset dan Speaker

Selain dapat digunakan untuk transaksi pembelian cashless, NFC juga dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan wireless router, headset dan speaker.

7. Memberikan Informasi Smart Card

Informasi smart card yang dimaksud adalah sejenis e-money (kartu uang elektronik) seperti kartu Flash, Mandiri e-money, Brizzi dan lainnya. Dengan menempelkan kartu pada smartphone maka informasi yang terdapat pada kartu seperti nomor kartu dan saldo yang ada di dalamnya akan terlihat. 

Jadi, bagaimana? Sudah kebayang kan bagaimana pemanfaatan NFC dalam kehidupan sehari-hari? Bukan sekedar hanya untuk pembayaran tol dan parkir elektronik, teknologi ini juga sudah banyak digunakan untuk permainan digital dan kemudahan akses antar perangkat yang memiliki protokol yang sama. Semoga bermanfaat. 

OPPO A95 mulai dijual di pasaran hari ini. Dibanderol dengan harga Rp 3.999.000 ponsel ini mengandalkan performa menyeluruh, tidak hanya di sisi kinerja hardware yang berhubungan dengan kenyamanan Bermain game, tetapi juga semua hal terkait desain, layar dan juga kapasitas Baterai beserta teknologi yang mendukungnya. (Aldrin dari berbagai sumber).

Previous articlePintu Token (PTU) Aset Crypto untuk Indonesia Resmi Diperjualbelikan
Next articleReview OPPO A95 | Layar AMOLED, Baterai Awet
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here