Home TEKNO Breathing Light: Fitur Notifikasi OPPO Reno, Dahulu vs Sekarang!

Breathing Light: Fitur Notifikasi OPPO Reno, Dahulu vs Sekarang!

dual orbit breathing light

tabloidpulsa.id – Selain melalui ringtone dan getaran, notifikasi pada ponsel juga dihadirkan melalui permainan cahaya baik itu yang berasal dari layar ataupun lampu LED yang didedikasikan untuk menyampaikan notifikasi. Saat memboomingnya ponsel Blackberry misalnya, atau bahkan jauh sebelum itu, notifikasi LED jadi salah satu alasan untuk membeli sebuah ponsel. Lalu OPPO hadir dengan sebuah fitur yang lebih canggih yang namnya terus berubah mengikuti perkembangan ponselnya itu sendiri, hingga kini diberi nama breathing light.

Tahun 2014, saat OPPO memperkenalkan OPPO Find 7, ada sesuatu yang menarik di sisi notifikasi melalui cahaya ini. Saat itu, OPPO menyebutnya sebagai Skyline notificiation. Di mana ada cahaya berwarna biru di ujung bawah layar ponsel. Yang bergerak ke kanan dan ke kiri.

oppo.com

Intensitas cahaya ini memang tidak terlalu besar, namun bisa terlihat dalam kondisi gelap sekalipun. Jadi ketika kita meletakkan ponsel di meja samping tempat tidur dalam kondisi lampu dimatikan, kita bisa mengetahui ketika ada notifikasi masuk ke dalam ponsel.

Teknologi ini kemudian diperbaiki menjadi versi 2.0 saat OPPO merilis ponsel dengan kamera putar, OPPO N3. Sebuah LED diletakkan pada ujung bawah ponsel. Di bawah bezel terbawah, dengan gerakan yang menyerupai detak jantung.

Nama Skyline Notification akhirnya berubah menjadi Edge Lighting ketika OPPO memperkenalkan lini produk OPPO Find X untuk pertama kali. Hal ini dimungkinkan karena OPPO Find X membawa layar AMOLED yang mencapai sisi samping ponsel, alias layarnya sampai tumpah ke samping.

Dengan demikian pengguna OPPO Find X bisa menyadari ketika datang notifikasi berupa cahaya yang bermain-main di tepian layar seperti ini, bahkan ketika ponsel dalam kondisi tertelungkup. Cahaya dari tepian layar akan terpendar di atas meja dan mempermudah kita mengenali apa yang terjadi.

Menariknya di Edge lighting ini pengguna bisa memilih warna dan ko,binasi warna yang sesuai dengan keinginan. Menjadikannya tampil lebih bisa menyesuaikan theme pada ponsel, atau mood penggunanya di hari itu.

Edge Lighting ini kemudian tetap hadir di produk-produk Find X selanjutnya, termasuk Find X2, Find X3 dan Find X5. Bahkan perangkat tanpa layar melengkung pun kebagian fitur ini. Salah satunya adalah beberapa varian OPPO Reno.

Namun kini, di perangkat Reno terbaru, fitur notifikasi Edge Lighting atau Edge Notification ini berevolusi kembali menjadi sebuah fitur yang dinamakan Breathing Light. Di mana notifikasi akan disampaikan melalui sebuah cahaya LED yang seakan bernapas, mencapai intensitas tinggi lalu pelan-pelan mengurangi intensitasnya samapi redup dan mati dan mengulangi hal tersebut.

Beberapa produk, terutama produk yang memiliki sistem pencahayaan terpisah dari layar, semisal OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno7 4G menjadi produk yang paling tepat untuk  mengadopsi sistem notifikasi seperti ini.

OPPO Reno7 Z 5G misalnya, produk ini membawa dual Orbit Light yang mengelilingi dua lensa kamera utama di bagian belakang ponsel. Merupakan fitur yang pas jika dikombinasikan dengan fitur breathing light seperti ini. Menjadikan kita lebih aware, terhadap notifikasi, meskipun ponsel dalam kondisi tertelungkup di atas meja.

OPPO Reno7 4G pun demikian. Orbit ring light yang ada di salah satu kamera (Micro-Lens) juga berfungsi untuk menyampaikan notifiikasi seperti ini. Menampilkan notifikasi dalam bentuk Breathing Light.

Saat ini, breathing light masih sangat terbatas. Dalam artian belum bisa mengubah warna dan asepek-aspek lainnya. Sangat bisa dipahami mengingat hal tersebut juga dialami oleh percobaan  pertama notifikasi menggunakan cahaya lainnya yang pernah digarap OPPO.

Harapannya, fitur ini akan mengalami pengembangan yang lebih intens sehingga didapat sebuah fitur breathing light yang bisa dipersonalisasi lebih dalam lagi.

Previous articleReview Sharp HP-BC50 Wireless Bone Conduction, Tidak Bikin Telinga Nyeri
Next articleIndosat Jadi Official 5G Partner di Ajang Jakarta E-Prix 2022 Powered by Ericsson
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here