Home TEKNO Apa itu Perlindungan IPX4 Pada Perangkat OPPO A54?

Apa itu Perlindungan IPX4 Pada Perangkat OPPO A54?

OPPO A54 ilustrasi
OPPO - PR

tabloidpulsa.id – Perangkat yang bersifat mobile tentu membutuhkan ketahanan lebih dibanding perangkat yang hanya berada dalam ruangan. Karena itu fitur tambahan sebagai pelindung di luar ruangan menjadi keharusan agar perangkat lebih awet dalam pemakaian penggunanya. Salah satu standar untuk menggambarkan perlindungan terhadap sebuah perangkat sudah sering kita dengar sebagai standar IP (Ingress Protection) yang diperlihatkan melalui sebuah indeks atau rating IP. Seperti IPX4, IPX7 dan sebagainya.

IP (Ingress Protection) sendiri secara bahasa dapat diartikan dengan ketahanan dari susupan eksternal. IP selalu dilanjutkan dengan kode sambungan di belakangnya. 

Nah, sejumlah produk ponsel sudah dilengkapi dengan standar IP ini sebagai salah satu jaminan bahwa produk tersebut aman dari tekanan beberapa material eksternal. Dan salah satunya adalah ponsel terjangkau dari OPPO, yakni A54.

Selain membawa layar punch hole yang sebelumnya jarang ditemukan di ponsel dengan rentang harga 2 jutaan, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan desain premium, juga standar IPX4. Menjadikannya cukup tangguh meski dibalut oleh warna yang elegan.

Lalu, apa itu IPX4? Untuk membahas lebih lanjut, kita akan perlihatkan sejumlah rating IP berdasarkan standa yang ada berikut ini.

Rating IP Berdasarkan Standar IEC

IP memiliki peringkat atau rating yang merupakan standar internasional dalam menentukan kualitas dari sebuah produk dari aspek ketahanan perangkat terhadap air dan debu. Rating ini dibakukan dengan serangkaian test yang ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). 

Berdasarkan Standar nomor 529, IP memiliki tingkatan sebagai berikut:

IPX0 – Pemakaian wajar; tidak pernah diuji coba ketahanan terhadap air.

IPX1 – Dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal.

IPX2 – Dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal bahkan ketika kerangka penutup miring sampai dengan 15 derajat.

IPX3 – Dapat terlindungi dari cipratan air yang halus.

IPX4 – Dapat terlindungi dari cipratan air normal.

IPX5 – Dapat terlindungi dari semprotan air.

IPX6 – Dapat terlindungi dari semprotan air yang kuat.

IPX7 – Mampu terendam di dalam air.

IPX8 – Cocok untuk terendam di dalam air secara berkelanjutan dalam waktu yang lama.

Dari penjelasan tingkatan IP di atas, terlihat jelas bahwa standar IPX4 diberikan pada perangkat yang mampu bertahan hidup dari cipratan air dari segala penjuru arah. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa OPPO A54 termasuk tahan akan cipratan air normal dan atau anti tetesan keringat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here