Home Blog Page 529

Indosat Ooredoo Hutchison Dukung Indonesian Basketball League 2022

Indonesian Basketball League

tabloidpulsa.idIndosat Ooredoo Hutchison mengumumkan peran sertanya sebagai salah satu pendukung utama Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Indosat Ooredoo Hutchison melihat penyelenggaraan kompetisi bola basket profesional tertinggi di tanah air ini juga sejalan dengan misinya untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat di Indonesia, yang pada kesempatan ini generasi muda bangsa, sekaligus memajukan cabang olahraga bola basket yang sangat diminati di tanah air.       

Muhammad Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Indosat Ooredoo Hutchison memahami anak muda sebagai generasi penerus bangsa, dan karenanya, akan terus berupaya mendukung mimpi anak muda Indonesia dalam berprestasi, termasuk di cabang olahraga bola basket. Dua produk andalan kami, IM3 Ooredoo dan 3, merupakan merek yang menjadi top of mind di kalangan anak muda. Dukungan Indosat Ooredoo Hutchison di IBL 2022 merupakan bentuk apresiasi kami terhadap anak muda dan talenta olahraga terbaik bangsa agar mereka terus semangat menuai prestasi dan nantinya siap untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.”

Kompetisi Indonesian Basketball League 2022 yang telah resmi dimulai diikuti oleh 15 klub profesional dan satu timnas elite muda yang bakal bertanding dalam enam seri yang digelar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar. Turut hadir pada peresmian dimulainya seri IBL 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, dan nama-nama besar lainnya. Ajang IBL 2022 juga akan diramaikan oleh 222 pemain lokal dan 30 pemain asing di mana babak play-off hingga final nantinya akan memakai sistem home and away.

Seperti diketahui, sejumlah selebritas tanah air ternama turut bergabung meramaikan kompetisi IBL 2022. Di antaranya, Raffi Ahmad yang ikut serta mendaftarkan klub miliknya, RANS PIK Basketball. Juga ada Gading Marten yang menjadi salah satu pemilik sekaligus presiden klub West Bandits Combiphar Solo. Serta, Baim Wong yang kini turut menjabat sebagai presiden klub Satria Muda Pertamina.

Kompetisi IBL 2022 dapat disaksikan secara offline, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan kehadiran penonton maksimal 50% dari kapasitas stadion. Seri pertama berlangsung di Jakarta dari 15-22 Januari, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta pada 10-16 Februari, Solo pada 3-9 Maret, Surabaya pada 13-19 Maret, dan akan berakhir di Denpasar pada 24-30 Maret.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengatakan “Di masa pandemi ini, kami bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh Indosat Ooredoo Hutchison untuk dapat membantu industri olahraga bola basket kembali bangkit. Hal ini penting agar semua dapat terus bekerjasama bahu membahu memberikan yang terbaik untuk Indonesia.”

“Indosat Ooredoo Hutchison, dengan semangatnya Bersatu untuk Indonesia, mendukung penuh kemajuan industri dan olahraga bola basket di Indonesia melalui partisipasi kami di kompetisi IBL 2022. Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022, serta tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang. Kami berharap dapat memberikan pengalaman digital kelas dunia yang terbaik dalam mendukung kelancaran kompetisi IBL 2022 dan mendukung sepak terjang timnas yang di tahun ini juga akan berlaga mengharumkan nama bangsa di FIBA Asia Cup 2022,” tutup Buldansyah.

LINE WEBTOON dan HYBE Luncurkan 7FATES: CHAKHO

LINE WEBTOON

tabloidpulsa.idWEBTOON dan HYBE mengumumkan bahwa 7FATES: CHAKHO, yang sudah banyak ditunggu-tunggu, kini telah terbit secara global dalam sepuluh bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Episode pertama webtoon yang diciptakan dengan kolaborasi antara ikon pop abad ke-21 BTS ini kini tersedia di LINE WEBTOON, dan episode barunya akan tersedia secara mingguan.

7FATES: CHAKHO menyajikan kisah yang dinamis yang menceritakan tujuh pemuda yang terikat oleh takdir. Setelah tumbuh dewasa bersama melalui berbagai halangan dan rintangan, mereka harus bergabung menjadi satu kelompok yang terdiri dari tujuh orang agar bisa menguak takdir mereka.

7FATES: CHAKHO merupakan kisah fantasi modern yang berlatar waktu tak jauh dari masa kini, serta terinspirasi oleh para pemburu harimau era Dinasti Joseon di Korea “Chakhogapsa”. Kisah ini menjadi interpretasi ulang HYBE tentang kisah harimau tradisional Korea dan dunia mitologis binatang buas.

LINE WEBTOON dan HYBE juga akan merilis kisah asli webtoon DARK MOON: THE BLOOD ALTAR dan THE STAR SEEKERS, yang diciptakan atas kerjasama dengan artis-artis HYBE yaitu ENHYPEN dan TOMORROW X TOGETHER. Kisah mereka juga akan tersedia di LINE WEBTOON secara global.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari program Super Casting yang telah diumumkan sebelumnya. Super Casting adalah sekelompok kemitraan global yang membawa beberapa perusahaan hiburan paling menarik di dunia ke dalam dunia LINE WEBTOON.

Super Casting memungkinkan merek hiburan besar bekerja dengan LINE WEBTOON untuk memperluas waralaba IP dan hiburan yang terkenal ke platform, penggemar, dan format baru seperti novel web dan komik web.

Olike Hadirkan Jajaran Speaker Portable Terbaru

Speaker Portable

tabloidpulsa.id – Salah satu perangkat audio yang sangat di minati banyak orang saat ini adalah Bluetooth Speaker Portable. Dengan tersedianya berbagai ukuran, semakin menambah kesan praktis untuk berbagai kebutuhan, ataupun siap untuk dibawa kemana saja. Apalagi, dengan teknologi yang semakin berkembang, speaker berukuran kecil bukan berarti suara yang di hasilkan juga kecil, inilah yang membuat bluetooth speaker menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki dimanapun berada, baik itu dirumah, dikamar, atau bahkan membawanya saat bepergian demi suasana yang lebih menyenangkan.

Olike Indonesia, sebagai perusahan yang menyediakan kebutuhan lifestyle kamu, juga menyediakan berbagai kebutuhan speaker portable yang bisa diandalkan dengan suara lantang dan bass yang bagus tentu dengan harga yang terjangkau pula. Semua speaker portable Olike juga sudah memakai bluetooh versi 5.0 sehingga koneksi lebih lancar dan minim delay, dengan jangkauan 10 m untuk suara yang lebih stabil. Cukup dari harga 80 ribuan, mendengarkan musik atau menonton film akan jadi lebih hidup dengan beragam produk Olike OBS berdasarkan ukurannya berikut ini: 

  1. Olike OBS-200: Bluetooth Speaker OBS-200 adalah speaker terkecil dari line up produk speaker Olike, namun jangan terkecoh dengan ukurannya. Speaker ini memiliki suara yang cukup jernih dan kencang dan mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian dengan kapasitas battery 500 mAh. OBS-200 juga sudah didukung fitur TWS Mode atau bisa di hubungkan dengan speaker lainnya dalam 1 smartphone. Desain berbentuk bulat ditambah logo Olike pada bagian speakernya, berat 160 gram dan dilengkapi tali juga semakin menambah kesan fashionable dan efisien, mudah dibawa dan diletakkan dimanapun.
  2. Olike OBS-400: Berukuran sedikit lebih besar (11 x 7 cm), speaker ini memiliki fitur dual high – frequency horn sehingga kualiatas bass dan treble yang di hasilkan cukup lantang. Berukuran kecil, namun memiliki konektivitas cukup lengkap, yaitu disediakannya slot Micro SD Card, slot USB, dan adanya pilihan mode FM Radio.Wow ada radio juga ya! Dengan 4 tombol yang ada di bagian atas, menggunakan speaker ini juga lebih mudah untuk mengatur volume, play/pause, dan juga memilih Mode Play.  
  3. Olike OBS-110: Selanjutnya, OBS-110 bisa jadi pilihan bagi kalian yang ingin suara lebih besar, karena speaker ini berukuran lebih panjang (18cm) dibanding versi OBS-400. Memiliki dynamic driver 52 mm, kapasitas batterynya pun lebih besar yaitu 1200 mAh dan mampu memainkan musik hingga 8 jam. Di tambah konektivitas yang cukup lengkap dengan adanya slot Micro SD Card, USB dan juga FM Radio.  
  4. Olike OBS-300: Berkukuran lebih besar dan lebih memanjang (38cm), Speaker OBS-300 juga menyediakan konektivitas yang lebih lengkap selain bluetooth, slot Micro SD Card, slot USB, dan FM Radio, yaitu tersedianya port aux 3,5 mm jack audio, sehingga memberikan banyak pilihan mode untuk menggunakannya. OBS-300 juga memiliki fitur Hi – Res Stereo Effect berkat teknologi dual driver dan output power 10W menghasilkan kualitas suara resolusi tinggi yang tajam dan jernih serta efek suara stereo yang bagus. Pada speaker ini juga sudah di sematkan microphone built-in untuk menjawab panggilan secara langsung melalui speaker.
  5. Olike OBS-500: Ini adalah tipe speaker Olike yang paling besar. Memiliki panjang 44cm, speaker OBS-500 ini cocok digunakan sebagai home theater. Dengan fitur Dynamic Bass Boost (DBB) pada speaker ini menghasilkan suara yang sangat dinamis dan membuat satu ruangan terdengar detail secara penuh. Untuk urusan konektivitas, speaker ini juga memiliki banyak opsi seperti port aux 3,5 mm jack audio, slot Micro SD Card, slot USB, dan juga FM Radio. Untuk urusan battery, OBS-500 memilik kapasitas battery 2.400 mAh yang mampu memainkan musik hingga 4 jam dengan volume 60%.

Mendengarkan musik tanpa kompromi dengan beragam pilihan speaker dari Olike. Silahkan cek berbagai produk Olike tersebut di berbagai marketplace kesayangan kamu, atau juga bisa lihat di website resmi Olike di olikeindonesia.com.

Strategi vivo di 2022: Perluas Pangsa Pasar dan Hadirkan Produk Baru

Strategi vivo

tabloidpulsa.id – Sepanjang tahun 2021, vivo terus menghadirkan produk teknologi andalan yang memberikan pengalaman baru dan menarik bagi konsumen secara global, termasuk di Indonesia. Mendorong batasan teknologi mobile imaging melalui implementasi kemitraan global di produk andalan, serta memperluas ekspansi pasar yang kini mencapai lebih dari 60 negara, strategi vivo memperkuat posisinya sebagai salah satu brand teknologi global yang terus tumbuh bersama konsumen. 

Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia menyatakan bahwa pencapaian vivo di pasar global serta di Indonesia didukung konsistensi vivo dalam menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen di setiap market. “Kami beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan konsumen di setiap market, serta terus memperluas diversifikasi produk untuk setiap segmentasi konsumen baik mainstream hingga premium flagship. Kami juga menghadirkan banyak kejutan inovasi dan kolaborasi pada tahun 2021 seperti mensponsori acara olahraga berskala internasional, serta mewujudkan inovasi produk hasil kolaborasi dengan mitra terkemuka. Ini tentu menambah excitement konsumen akan vivo sebagai brand yang terus menghadirkan kejutan”.  

Perluas Pangsa Pasar

Pada tahun 2021, vivo berhasil menyebarkan sayapnya ke enam pasar di berbagai negara yaitu Peru, Republik Ceko, Rumania, Austria, Serbia, dan Meksiko. Melalui pendekatan “More Local, More Global”, vivo mempertahankan momentum pertumbuhannya sepanjang tahun 2021 dan berhasil menempati peringkat keempat di pasar smartphone global dengan pasar sebesar 10 persen di Q3 2021, serta posisi tiga besar di pasar Filipina, Malaysia dan India. Di pasar Indonesia sendiri, vivo menempati posisi pertama brand smartphone di Indonesia berdasarkan laporan terbaru oleh firma riset pasar Canalys untuk Top Smartphone Vendors Kuartal-III 2021. Menurut laporan Canalys, vivo mengamankan persentase market share 23% dari total 9.3 juta unit smartphone yang dikapalkan pada kuartal-III 2021 di Indonesia.

Mengembangkan fasilitas pendukung di berbagai negara, vivo telah memiliki tujuh pusat produksi, termasuk pusat manufaktur resmi di seluruh China, Asia Selatan, serta Asia Tenggara termasuk Indonesia dengan kapasitas produksi 200 juta unit smartphone setiap tahunnya. Selain itu, jaringan ritel fisik vivo juga telah berkembang dengan lebih dari 380.000 pusat penjualan dan pusat pelayanan after-sales secara global. vivo juga turut melakukan ekspansi yang signifikan dari ekosistem digital global yang mencapai lebih dari 120 juta aktivasi AppStore per bulannya, 10,7 miliar unduhan aplikasi, serta lebih dari 100 juta pengguna browser vivo.

Kemitraan Global

Setelah mengumumkan kemitraannya di penghujung 2020, vivo dan ZEISS pada tahun 2021 secara resmi menghadirkan berbagai terobosan baru dalam teknologi fotografi profesional. Teknologi ini dihadirkan dalam dua varian premium flagship X Series, yaitu vivo X60 Series dan X70 Pro yang resmi meluncur di Indonesia pada tahun 2021. vivo dan ZEISS bersama-sama mengembangkan teknologi imaging system pada kamera utama vivo X70 Pro dengan teknologi ZEISS OPTIC yang telah memenuhi standar sertifikasi ZEISS T* Coating, yang dapat meningkatkan transmisi cahaya tampak, sehingga menghasilkan kualitas gambar lebih baik dengan mengurangi pantulan cahaya masuk, terutama pada kondisi cahaya terang yang menyilaukan maupun saat minim cahaya. 

Selain termanifestasi dalam inovasi X Series, vivo dan ZEISS juga menjajaki kemitraan strategis jangka panjang untuk teknologi mobile imaging. Keseriusan vivo ditunjukkan dengan memperkenalkan berbagai mode lensa potret ZEISS yang memenuhi standar ZEISS T* Coating, serta  meluncurkan V1 Imaging Chip pertama oleh vivo yang mampu mendorong batasan mobile imaging computing serta memungkinkan pengguna untuk mengabadikan “Potret Sempurna” dengan lebih mudah.

Merayakan Berbagai Momen Penuh Kebahagiaan dan Kreativitas

Sepanjang tahun 2021, vivo bermitra dengan berbagai organisasi global untuk mendukung acara keolahragaan yang menjadi favorit konsumen untuk semakin menginspirasi kreativitas dan serta membawa kebahagiaan di tahun yang penuh tantangan ini. vivo bergabung dengan UEFA sebagai mitra pertama dalam upacara pembukaan dan penutupan UEFA EURO 2020TM, di mana vivo memamerkan inovasi berorientasi pengguna di depan jutaan penonton global. Sebelum turnamen, vivo memulai debutnya dalam kampanye “To Beautiful Moments”, dan mengajak para penggemar untuk mengabadikan kegembiraan mereka selama menyaksikan pertandingan. Selain itu, tahun lalu vivo mengadakan VISION+ Mobile Photo Awards 2021, yang diluncurkan bekerja sama dengan National Geographic. Kompetisi fotografi smartphone global menerima lebih dari 384.878 foto dari peserta yang berasal dari lebih dari 40 negara. Sebagai pelopor dan inovator dalam teknologi mobile imaging, vivo bertujuan untuk mendorong pengguna untuk mengerahkan kreativitas mereka dan mempercepat perkembangan fotografi smartphone. 

Menghadirkan vivo V23 5G

Di tahun 2021, vivo juga semakin meningkatkan standar kamera selfie smartphone dengan vivo V Series. Rangkaian smartphone vivo V21 baru menetapkan standar baru untuk kamera selfie smartphone dengan kamera depan yang memiliki fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang unik. Setelah meluncurkan Seri V23e di tahun 2021, dan di awal tahun 2022 vivo turut menghadirkan vivo V23 5G sebagai generasi terbaru dari V Series, sama seperti V Series sebelumnya, vivo V23 5G nantinya akan menghadirkan inovasi yang fokus di kamera depan serta desain terbaik dikelasnya, dibalut Ultra Slim Design vivo V23 5G akan menjadi smartphone 5G pertama yang membawa teknologi color-changing di Indonesia.

“vivo senantiasa berinovasi dalam teknologi smartphone yang tidak hanya akan mempermudah keseharian para konsumen, namun juga dapat menginspirasi dan mengerahkan kreativitas agar dapat menjalani hari-hari dengan semakin istimewa. Berangkat dari kesuksesan di tahun 2021, kami akan terus melanjutkan perjalanan strategis jangka panjang kami untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen melalui berbagai inovasi terobosan baru serta tetap berorientasi pada pengguna agar dapat menghasilkan berbagai pencapaian baru di tahun 2022”, tutup Edy.

Indosat Ooredoo Hutchison Umumkan Kemitraan dengan redONE

Indosat Ooredoo Hutchison

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan kemitraan dengan PT Merah Satu Indonesia, sebuah perusahaan yang dipandu oleh redONE Network Malaysia. Merah Satu akan menjual, mendistribusikan, dan memasarkan produk dan layanan yang mencakup paket PRIME dari IM3 Ooredoo Postpaid dengan memanfaatkan channel perusahaan yang tersedia di tanah air.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua perusahaan menandai komitmen bersama untuk memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi ke segmen yang belum terlayani, terutama mendorong migrasi prabayar ke pascabayar di kota-kota sekunder dan daerah terpencil di seluruh Indonesia.

Berdasarkan laporan Digital 2021 Indonesia dari We Are Social dan Hootsuite, koneksi seluler di Indonesia mencapai 345,3 juta (tidak termasuk Internet of Things/IoT), dengan 97% berasal dari koneksi prabayar dan 3% lainnya dari pelanggan pascabayar. Angka ini memberikan peluang pasar yang signifikan bagi Indosat Ooredoo Hutchison dan Merah Satu untuk mendorong migrasi dari pelanggan prabayar ke pascabayar melalui kemitraan yang dibentuk.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengatakan “Kami senang dapat bermitra dengan Merah Satu dalam meningkatkan skala produk dan layanan, serta posisi kami menjadi merek yang diakui dan dipilih masyarakat Indonesia. Kemitraan ini berpotensi mendorong konversi pelanggan prabayar menjadi pascabayar yang saat ini masih terbilang rendah, sekaligus membidik warga Indonesia yang bekerja di Asia Tenggara.”

Direktur PT Merah Satu indonesia, Edy Suyento, mengatakan, “Merah Satu bangga dapat berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison dalam kemitraan yang menjanjikan, di mana jaringan penjualan kami di seluruh Indonesia nantinya akan melayani pelanggan yang ingin memigrasikan layanan prabayar mereka sebelumnya ke IM3 Ooredoo Postpaid. Didukung oleh keberadaan Indosat Ooredoo Hutchison sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia dan kesuksesan redONE mendorong migrasi ke pascabayar di Malaysia, Singapura, dan Thailand, kemitraan ini akan menawarkan keuntungan bersama untuk bersaing secara agresif dalam memenangkan pasar di Indonesia dan Asia Tenggara.”

Kemitraan ini akan berfokus pada empat ranah utama. Pertama, memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison ke kota-kota sekunder, dimulai dengan paket PRIME oleh IM3 Ooredoo Postpaid. Pelanggan yang ingin memigrasikan kartu prabayar mereka ke pascabayar dapat mendatangi Toko Premier Merah Satu, yang akan didirikan pada kuartal pertama tahun ini, untuk mendaftar lewat proses hybrid E-KYC. Kedua, meningkatkan layanan produk pascabayar, salah satunya dengan menghadirkan tambahan manfaat lifestyle di kota-kota sasaran.

Ketiga, melakukan diversifikasi dengan pendapatan non-telekomunikasi yang memanfaatkan kanalpemasaran Merah Satu yang luas. Keempat, menghadirkan program “Telcopreneur” bagi konsumen Indonesia yang tertarik mendapatkan penghasilan tambahan, dengan insentif seumur hidup dan jam kerja yang fleksibel, dengan menjual berbagai produk dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison di bawah naungan jaringan pemasaran Merah Satu.

Dengan paket PRIME dari IM3 Ooredoo Postpaid, pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti kuota besar hingga 200 GB, prioritas jaringan & layanan pelanggan, gratis panggilan hingga 300 menit ke semua operator, penyimpanan Google Cloud 100 GB, dan akses premium gratis di Amazon Prime.

Loan Unit, Cara Xiaomi Manjakan Pengguna Layanan Purnajual

Loan Unit

tabloidpulsa.id Xiaomi mengumumkan layanan loan unit atau unit pinjaman untuk dipakai para pengguna yang memperbaiki smartphone mereka di Exclusive Service Center.

Layanan ini merupakan salah satu bentuk cara Xiaomi dalam memanjakan para pengguna agar tetap bisa beraktivitas selama smartphone mereka diperbaiki.

Loan Unit adalah layanan terbaru dari Xiaomi dalam menyediakan smartphone pinjaman yang bisa dipakai untuk sementara sambil menunggu perbaikan rampung di pusat servis.

Layanan ini ditawarkan apabila teknisi dari Exclusive Service Center (ESC) memutuskan bahwa perbaikan tidak bisa selesai pada hari yang sama.

Tipe smartphone yang dipinjamkan bergantung pada kesediaan di ESC tersebut. Ponsel pinjaman dikembalikan saat pengguna mengambil smartphone yang selesai diperbaiki.

Layanan ini untuk sementara hanya tersedia di 50 ESC yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. 

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan dengan cakupan layanan after sales yang terbaik di Indonesia dengan 150+ pusat servis yang tersebar di berbagai kota.

Sebagian Xiaomi Store dan Xiaomi Shop baru-baru ini juga melayani penerimaan unit untuk diperbaiki menjadikan cakupan titik layanan mencapai 400 tempat lebih.

Pertanyaan terkait layanan ini bisa diajukan ke nomor hotline di 0800-1401558.

Sebagai informasi, Xiaomi sendiri menjadi brand smartphone nomor 1 di Indonesia pada Q2 2021 dengan pangsa pasar 28% serta pertumbuhan paling pesat yakni 112% year-on-year. Pencapaian-pencapaian ini menjadi momentum bagi Xiaomi untuk melaju kencang pada tahun 2022.

Ada yang Baru di Fitur Portrait OPPO Reno6 dengan ColorOS 12

coloros 12 portrait

tabloidpulsa.id – Sesuai dengan pembahasan kami sebelumnya di tulisan yang lalu, dimana seri Reno kerap menjadi kanvas bagi teknologi kamera portrait OPPO, rupanya perubahan itu tidak hanya terjadi di setiap pergantian produk. Upaya mengupdate ColorOS ke versi 12 pun membawa perubahan yang cukup signifikan di fitur kamera secara keseluruhan, dan khususnya untuk kebutuhan portrait.

Masih ingat OPPO Reno6 yang telah kami update ke ColorOS 12 beta di tulisan ini? Ponsel ini pun memberikan banyak perubahan, mulai dari sisi tampilan menu, hingga ke fungsi-fungsi spesifik, termasuk kamera.

Perubahan-perubahan apa saja yang kami rasakan setelah mengupgrade ColorOS 12 ini di OPPO Reno6, terutama di sisi fotografi portrait, berikut ulasannya.

Peningkatan OS = Peningkatan Performa AI

Saat OPPO melakukan upgrade software OS, diakui oleh Aryo Meidianto- PR Manager OPPO Indonesia, hal ini tidak sekedar melakukan perbaikan-perbaikan di tampilan saja. Ada effort di sana, khususnya upaya untuk meningkatkan kemampuan AI.

Hal ini terlihat dari hasil uji coba kami ketika menggunakan fitur AI Portrait di OPPO Reno6. Kami membandingkan dua kamera OPPO Reno6 yang membawa ColorOS berbeda. Satu Reno6 masih menggunakan ColorOS 11.1, sedangkan satu lagi sudah terupdate menggunakan ColorOS 12 beta.

Kemudian kami mendapati sesuatu yang menarik. Anda bisa melihat beberapa hasil foto di bawah ini. Dari beberapa hasil foto yang diambil bersamaan dalam mode berbeda tersebut, kami menemukan adanya peningkatan kemampuan pada AI kamera, terutama dalam mengenali obyek foto dan background (latar belakang foto).

Peningkatan kemampuan membedakan obyek foto dengan background ini rupanya berimbas pada beberapa hal dalam portrait OPPO Reno6. Mulai dari dynamic range yang makin baik, terlihat pada foto dengan OPPO Reno6 ColorOS 12, wajah obyek terlihat mendapat porsi brightness yang rata dan cenderung lebih natural.

Selfie bokeh, OPPO Reno6 with ColorOS 11 (left) vs Reno6 ColorOS 12 (right)
AI Bokeh Flair, OPPO Reno6 ColoroOS 11 (left) vs ColorOS 12 (right)
AI Color Portrait, OPPO Reno6 ColoroOS 11 (left) vs ColorOS 12 (right)

Berikutnya pada saat menggunakan mode pemotretan AI Bokeh Flair, cahaya pada background yang dibuat melingkar menjadi lebih lembut saat diabadikan menggunakan OPPO Reno6 dengan ColorOS 12. Sementara di mode efek AI Color Portrait OPPO Reno6 dengan ColorOS 12, hasil foto memperlihatkan nilai kontras dan detil pada obyek yang lebih baik, sehingga membuatnya tampil lebih dramatis. Pemisahan warnanya pun lebih baik, terutama jika Anda perhatikan pada pot bunga di belakang obyek.

Secara umum, bisa dilihat bahwa semua hasil foto portrait yang diabadikan menggunakan OPPO Reno6 dengan ColorOS 12 memperlihatkan warna yang lebih mencolok dibanding dengan menggunakan OPPO Reno6 dengan ColorOS 11.1.

Peningkatan Framerate di ViewFinder

Update ke ColorOS 12 juga merombak hampir sebagian besar tampilan viewfinder. Tapi sebelum kita bahas tampilan viewfinder terutama untuk fungsi Portrait, ada satu hal yang menarik perhatian kami. Yakni di sisi framerate layar viewfinder.

Terasa perbedaan yang signifikan antara OPPO Reno6 ColorOS 11.1 dengan ColorOS 12. Dimana di OPPO Reno6 ColorOS 11 gerakan obyek di viewfinder terlihat sedikit mengalami patah-patah, alias kurang smooth. Mungkin Anda tidak merasakannya ketika tidak dibandingkan secara langsung dengan layar viewfinder OPPO Reno6 ColorOS 12.

Di OPPO Reno6 ColorOS 12, gerakannya lebih lancar alias smooth tanpa ada gangguan. Dan kami jadi berpikir apakah ini adalah salah satu yang dikejar oleh pihak developer ketika meningkatakan OS, atau ini adalah imbas dari perubahan tata letak ikon dan tampilan fitur kamera pada viewfinder.

Perubahan Pada Tampilan ViewFinder Kamera

ColorOS 12 kalau bisa dibilang melakukan perombakan pada tampilan viewfinder kamera. Khususnya di fungsi portrait, seakan-akan memindahkan semua fungsi interaktif ke satu sisi yang sama, sehingga bisa digunakan lebih nyaman dengan satu tangan. Terlebih untuk kebutuhan mengabadikan gambar dalam posisi vertikal semisal untuk kebutuhan konten TikTok, IG Reels ataupun Youtube Shorts.

Portrait dan satu tangan adalah satu hal yang saling berkaitan. Karena ketika kita memotret dengan mode portrait, ponsel biasanya diposisikan vertikal, sehingga tombol shutter virtual ada di bagian bawah tampilan viewfinder.

Viewfinder mode portrait OPPO Reno6 ColorOS 11 (left) vs ColorOS 12 (right)

Pertama yang paling terlihat adalah perubahan tata letak tombol-tombol fungsi. Di tampilan viewfinder portrait mode ColorOS 11.1 hampir semua diletakkan di bagian atas viewfinder. Mulai dari tombol fungsi AI bokeh, Efek, Timer dan Setting. Sekarang di ColorOS 12, fungsi-fungsi ini disebar sehingga lebih mudah diakses dengan satu tangan.

Menyisakan hanya tombol timer dan settting di bagian atas, sementara fungsi lain dibariskan di bagian bawah viewfinder, di dua sudut berlawanan. Dimana fungsi AI Bokeh atau Blur di letakkan di sudut kiri bawah viewfinder dan fungsi Effects dan retouch (Beautification) diletakkan di satu ikon menempati sudut kanan bawahnya.

Dengan penempatan baru ini semua akses bisa digunakan dengan satu tangan, karena kadang pemotretan modemportrait ini juga banyak digunakan untuk fungsi selfie, menggunakan kamera depan.

Perubahan pada Setingan AI Bokeh

Selanjutnya perbedaan lain di sisi Portrait Photography ada pada Setingan AI Bokeh. Karena saat di ColorOS 11, kita bisa mengaturnya berdasarkan persentase tingkat blur pada background.

Setingan AI bokeh, OPPO Reno6 ColorOS 11 (left) vs ColorOS 12 (right)

Di ColorOS 12 hal ini diubah menggunakan nilai bukaan lensa. Dimana terbesar ada di angka f/0.95 dan tertinggi di f/16. Semakin besar bukaan, maka akan menghasilkan blur pada background dengan persentase lebih tinggi. Sebaliknya semakin kecil di f/16, maka efek blur pada background akan makin menghilang.

Lalu, fitur apa lagi yang mengalami perbaikan selepas upgrade ke ColorOS 12 ini? Ikuti terus ulasan kami di tulisan-tulisan berikutnya.

Lenovo Hadirkan Cara Cerdas Mengatur Suasana Rumah Modern

Lenovo

tabloidpulsa.id – Sangat menyenangkan ketika Anda dapat meng-upgrade rumah Anda dengan cara yang lebih cerdas. Lenovo meluncurkan Lenovo Smart Clock Essential baru dengan Built-in Alexa, perangkat konsumen terbaru dalam jajaran produk inovatif Lenovo smart home yang dirancang untuk membuat kehidupan di rumah lebih mudah dan nyaman. “Alexa, mari kita bersenang-senang.” 

Lenovo Smart Clock Essential adalah smart clock terbaik untuk ruangan mana pun dengan fitur menarik dari Alexa untuk membantu Anda tetap terhubung. Dari mengatur timer, alarm, sampai pengingat, Alexa siap membantu menambahkan item ke keranjang e-commerce Anda dan bahkan mengontrol smart home hanya dengan suara Anda. Sangat mudah untuk mengelola perangkat smart home yang kompatibel dengan Alexa – cukup cari lencana ‘Works with Alexa’ di colokan, lampu, dan lainnya.  

Dengan layar LED besar dan tajam, melihat waktu dan ramalan cuaca dari jauh, atau bertanya saja pada Alexa. Dibuat untuk menjadi pendamping yang ideal, cukup ketuk untuk menghentikan alarm atau tunda dan tidur lebih nyenyak dengan kemampuan peredupan otomatis layarnya. Dibuat tanpa kamera dan dengan sakelar yang disertakan untuk mikrofon, fitur Lenovo Smart Clock Essential dengan Alexa Built-in ini membuat Anda lebih mudah beristirahat karena mengetahui bahwa menjaga privasi selalu menjadi hal utama bagi Lenovo. Estetika eksteriornya yang berbentuk tabung dengan menawarkan dua warna termasuk Misty Blue dan Clay Red dan dibungkus dengan kain lembut yang dapat menyatu dengan hampir semua dekorasi rumah. Namun, jangan khawatir tentang ponsel Anda, kami telah menyertakan port USB ukuran penuh untuk pengisian daya yang nyaman dan minim kabel di samping tempat tidur Anda. 

Anda menyukai musik? Lenovo Smart Clock Essential juga merupakan smart speaker yang bisa streaming lagu melalui jaringan Wi-Fi Anda dari aplikasi streaming apapun, serta audiobook dan podcast. Speaker full range 3W memenuhi ruangan dengan audio yang jernih. Terus dengarkan konten favorit di sekitar rumah dengan membuat grup speaker, atau atur sistem interkom  untuk mengumumkan waktu makan malam. 

Perlihatkan gaya personal Anda saat dengan beberapa tampilan jam yang dapat disesuaikan, atau pilih aksesori opsional Lenovo yang terus berkembang untuk Smart Clock Essential Anda dengan Alexa Built-in dimulai dengan Lenovo Ambient Light Dock baru. 

Dapat digunakan sebagai lampu di malam hari sebagai cahaya untuk menerangi ruangan dengan delapan mode pencahayaan, seperti warna ceri dan biru laut, warm sunset tones, cahaya pelangi yang indah, serta pencahayaan yang dapat berubah-ubah ataupun memusar untuk suasana yang lebih tenang. Untuk memilih pengaturan cahaya favorit Anda, ketuk dua kali bagian atas Smart Clock Essential dengan Alexa Built-in untuk menelusuri pilihan, mengubah pengaturan cahaya sekitar melalui perintah suara atau dengan menggunakan aplikasi Alexa. 

Smart clock ini memiliki desain yang terinspirasi dari bentuk cumi-cumi dan anjing laut sehingga disenangi oleh anak-anak atau sesuai dengan gaya anak muda. di bagian atas Lenovo Wireless Charging Dock dengan Night Light yang diperkenalkan tahun lalu bersama Lenovo Smart Clock 2 yang membantu mengatasi masalah kabel berantakkan yang tidak perlu dan digantikan menjadi lampu malam dan charging pad

Lenovo Smart Frame juga memiliki tampilan yang tak kalah modern. Dirancang untuk membantu Anda memajang gambar favorit keluarga Anda untuk dipamerkan di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang belajar, Lenovo Smart Frame tidak lagi memerlukan akun Google Foto untuk memuat foto – cukup gunakan ponsel Anda untuk mengunggah gambar ke bingkai penyimpanan. Hal baru lainnya adalah fitur tambahan untuk menaruh sticky note virtual untuk orang terkasih dan teman sekamar di layar yang dapat Anda tuliskan: “Semoga berhasil dalam ujian Anda” atau “Pulanglah jam 5!” – sticky note ini dapat dijadwalkan dan diatur waktunya, sehingga mereka tetap aktif hanya ketika Anda membutuhkannya untuk dilihat. Fungsinya juga akan diperkaya dengan dukungan saluran video, baik dari Library ponsel Anda atau dari akun Google Foto Anda. 

Jika memposting gambar yang sangat menarik adalah salah satu passion Anda, Lenovo Smart Frame akan segera hadir dengan fitur baru, Anda dapat mengakses Instagram yang memungkinkan Anda untuk memamerkan gambar terbaik.  Lenovo terus berinvestasi dalam inovasi untuk masa depan, dan sebagai bagian dari ekosistem yang dapat berkembang untuk Lenovo Smart Frame adalah konsep saluran Aktivitas Interaktif baru yang dipratinjau di CES.

Rancangan desain yang ada berupaya mengubah layar yang tradisional menjadi pengalaman interaktif pop-up yang lebih banyak agar pengguna dapat mengakses aksesoris kebugaran atau mini-game yang kompatibel. Bayangkan bola work out di pergelangan tangan mampu mengirim data kebugaran, statistik kecepatan, bobot gaya resistensi, dan faktor tantangan lainnya melalui Bluetooth.

Gerakan berputar ini membantu jari, pergelangan tangan, lengan, dan bahu mendapatkan kekuatan – dan konsumen dapat melacak peningkatan mereka secara langsung di Lenovo Smart Frame yang terhubung. Tim kami membuatnya berfungsi, dan ini membuka berbagai kemungkinan ekspansi interaktif untuk ekosistem bingkai pintar.

JD.ID Serahkan Bantuan Bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru

tabloidpulsa.id – Duka menyelimuti masyarakat Jawa Timur di penghujung tahun 2021. Pada masa itu,  gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Gunung Semeru, mengeluarkan awan panas dan lahar dingin, yang berhasil meluluhlantakkan ratusan bangunan, merenggut nyawa para hewan ternak bahkan sejumlah warga, akibat terjebak dalam tumpukan abu vulkanik.

Lewat program “Gerakan Brand Untuk Kebaikan, Bantu Korban Bencana Gunung Semeru”, JD.ID dan Kitabisa bekerjasama untuk meringankan beban dan memenuhi sebagian dari kebutuhan para korban pasca erupsi yang sedang dalam proses pemulihan, salah satu-nya dengan upaya pemulihan fasilitas pertanian, sebagai satu dari sekian mata pencaharian utama masyarakat Gunung Semeru.

Terkait dengan penyerahan bantuan bagi korban bencana Gunung Semeru, Leo Haryono, selaku Chief Marketing Officer (CMO) JD.ID, mengungkapkan, “Pemulihan ekonomi melalui bantuan pemulihan fasilitas pertanian merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dan harus segera dilakukan agar tidak menghambat proses pemulihan masyarakat terdampak. Kami menargetkan pada bulan Januari ini, bantuan sudah bisa dialokasikan kepada para korban dengan mata pencaharian petani. Selanjut-nya perbaikan fasilitas umum, dan pendidikan juga menjadi perhatian kami, agar kemudian seluruh bantuan dapat dialokasikan sebelum Maret 2022, dengan harapan seluruh masyarakat Gunung Semeru dapat segera beraktifitas seperti sedia kala.”

Lebih lanjut Leo Haryono juga menjelaskan bahwa menjadi sebuah platform pemenuh kebutuhan masyarakat itu tidak semata-mata soal jualan dan mencari keuntungan, namun juga sebagai perpanjangan tangan masyarakat dengan menyediakan sarana sosial untuk berbagi dan membantu sesama.

“JD.ID memiliki misi untuk membawa kebahagiaan (“joy”) melalui keberadaan kami, tidak hanya kepada para pelanggan, namun juga kepada seluruh masyarakat Indonesia. Melalui penyaluran bantuan ini, kami berharap agar JD.ID dapat terus menjadi salah satu sumber sukacita di tengah masyarakat, baik melalui peran kami sebagai platform e-commerce penyedia kebutuhan atau sebagai sarana sosial untuk menolong satu sama lain”, pungkas Leo.

Marisa Thara Wardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa menyampaikan, kolaborasi bersama ini merupakan wujud kontribusi untuk membantu sesama yang membutuhkan dan terdampak pasca erupsi Semeru. “Terima kasih JD.ID sudah berpartisipasi dalam Gerakan Brand untuk Kebaikan (GEBRAKAN) bantu korban bencana Gunung Semeru. Donasi sebesar 75 juta ini akan kami salurkan untuk mendukung kebutuhan korban pasca bencana. Pendistribusian donasi yang diberikan JD.ID dibagi 2 tahap, tahap 1 senilai 25 % atau Rp 25.000.000 akan disalurkan untuk Bantuan Pertanian bulan Januari 2022 dan tahap 2,  75% senilai Rp 50.000.000 akan disalurkan pada periode Feb-Maret 2022”.

“Distribusi donasi tahap 2 akan disalurkan untuk salah satu bentuk bantuan seperti, Infrastruktur (kebutuhan air bersih, pembuatan MCK Umum, Tempat Ibadah) atau Pendidikan (Bantuan perlengkapan belajar, rehabilitasi sekolah) atau Pemulihan Ekonomi (Peternakan, Perkebunan, Usaha, Kebutuhan Harian)” ujar Marisa.

Sebagai informasi, Gunung Semeru meletus pada bulan Desember silam, tepat-nya pada Sabtu, 4 Desember 2021. Melalui data yang JD.ID peroleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat 10.400 orang warga yang terdampak berlokasi di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang. Selain itu, total rumah yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru ini mencapai 1.027 unit, baik mengalami kerusakan berat maupun ringan.

TECNO POVA Seri Terbaru Akan Segera Rilis di Indonesia

TECNO POVA

tabloidpulsa.idTECNO Mobile akan segera meluncurkan seri terbaru TECNO POVA di Indonesia. Kehadiran seri lanjutan POVA ini merupakan jawaban atas permintaan penggemar TECNO yang terus tumbuh sejak brand ini hadir di Indonesia pada November 2020.

Sebelumnya, TECNO Mobile sukses merilis TECNO POVA 2 yang menyasar pecinta gaming pada akhir 2021 lalu. Daya baterai sebesar 7.000 mAh menjadi keunggulan TECNO POVA 2 yang mendukung para hardcoregamers untuk dapat bermain lebih lama. Dengan kisaran harga 2 juta yang tetap terjangkau, seri pendahulu ini menawarkan harga dan spesifikasi terbaik di kelasnya.

Melanjutkan kesuksesan tersebut, pekan depan TECNO akan meluncurkan seri terbaru yang akan menghadirkan spesifikasi entry-level smartphone dengan harga di bawah 2 juta. Daya baterai 6.000 mAh serta kemampuan fast charging menjadi keunggulan utama produk teranyar. Selain itu, layar luas juga akan mendukung kenyamanan pengguna dalam menonton film ataupun bermain game dari smartphone. Perpaduan tiga keunggulan utama tersebut memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman premium, namun dengan harga yang tetap terjangkau.

“Permintaan penggemar untuk menghadirkan produk TECNO yang lebih terjangkau, namun tetap powerful untuk menikmati berbagai entertainment hingga bekerja dari smartphone menjadi latar belakang diluncurkannya seri terbaru TECNO POVA ini. Di awal tahun kami juga melihat tren work-life balance banyak didambakan oleh anak muda. Kami yakin kehadiran seri terbaru ini dapat pilihan yang cocok untuk memfasilitasi kebutuhan Gen Z dan Millennial,” kata Anson Xia, Country Manager TECNO Mobile Indonesia.

Tak hanya meluncurkan seri terbaru, TECNO Mobile juga akan memberikan kejutan bagi penggemar TECNO di Indonesia dengan membawa seri baru selain SPARK maupun POVA yaitu TECNO POP serta produk TWS, TECNO Buds 2 bersamaan dalam waktu dekat.

Produk terbaru dari TECNO Mobile ini akan diluncurkan secara resmi pada 17 Januari 2022 lewat platform e-commerce di Indonesia yaitu Lazada dan Akulaku.

Editor's Pick