26 C
Jakarta
Home Blog

Xiaomi Luncurkan 3 Perangkat IoT Terbaru dan Canggih

Perangkat IoT Xiaomi

tabloidpulsa.id – Selain merilis duo smartphone kembar, Mi 10T dan Mi 10T Pro, Xiaomi juga menghadirkan jajaran perangkat Internet of Things (IoT) terbarunya yakni Mi Watch, Mi Watch Lite dan Mi TV 4 Bezel-less.

Peluncuran produk ekosistem ini sekaligus mengokohkan komitmen Xiaomi sekaligus menerapkan strategi “Smartphone x AIoT” di Indonesia. Xiaomi juga optimis, pada tahun 2021 mendatang untuk menjadi perusahaan AIoT dan gaya hidup nomor satu.

“Sebagai perusahaan AIoT dan gaya hidup nomor satu, kami menawarkan produk yang lebih komprehensif, dan menggandeng lebih banyak mitra untuk bekerja sama sehingga semakin banyak lagi akses terhadap produk Xiaomi di berbagai channel. Tentunya semua kami lakukan untuk para pengguna kami,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Smartwatch Terbaru

Mi Watch Lite

Mi Watch dan Mi Watch Lite menawarkan desain serta fitur untuk memantau kondisi badan, mengukur aktivitas olahraga dari penggunanya, dan menyodorkan informasi penting dari fisik pengguna seperti denyut jantung, siklus tidur, dan tingkat stres. 

Kedua perangkat IoT Xiaomi ini tahan dipergunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter, sehingga tidak perlu dilepas sewaktu mandi, berenang hingga arung jeram. Mi Watch memiliki 117 latihan olahraga yang bisa dimonitor dan disimpan datanya sementara Mi Watch Lite bisa mengukur 11 jenis olahraga. Hanya butuh dua jam untuk mengisi penuh baterai dari Mi Watch dan bisa dipakai kembali sampai 16 hari untuk penggunaan normal.

Mi Watch dilengkapi fitur tambahan seperti GPS yang lebih akurat serta kompas, dan pengukur elevasi serta tekanan udara. Dengan desain premium, Mi Watch yang bobotnya hanya 32 gram memberikan kebebasan dalam berekspresi dan menyesuaikan dengan penampilan sehari-hari dengan pilihan warna tali jam atau tampilan di layar. Layarnya mampu menampilkan warna yang mencolok dan tetap nyaman dilihat meski siang hari berkat panel AMOLED serta dilindungi oleh teknologi Corning Gorilla Glass 3.

Mi Watch Lite datang dengan pilihan yang lebih memikat untuk pengguna lebih umum berkat desain persegi yang simpel dan berbobot 35 gram saja. Dengan kondisi baterai penuh, perangkat ini bisa digunakan hingga 9 hari.

Baik Mi Watch dan Mi Watch Lite memudahkan penggunanya untuk mengetahui pemberitahuan yang masuk ke smartphone berupa pesan baru atau panggilan yang masuk. Termasuk dukungan tampilan emoji dari notifikasi pesan yang masuk untuk menangkap ekspresi dari percakapan dengan rekan atau keluarga tercinta.

“Xiaomi memiliki misi untuk membawa inovasi dan teknologi kepada semua orang guna memperbaiki kualitas hidup. Dengan semakin banyaknya kategori produk yang tersedia di Indonesia, ini berarti semakin mendekati misi kami untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup melalui teknologi. Selain itu, tentunya sekaligus teknologi di perangkat pintar kami membuat penggunanya dapat tampil keren,” kata Head of PR Xiaomi Indonesia Stephanie Sicilia.

Mi TV 4 Bezel-less

Mi TV 4 Bezel-less

Perangkat IoT Xiaomi terbaru ini menjadi pelengkap lini smart TV Xiaomi di tanah air. Berbeda dengan produk sebelumnya, Mi TV 4 Bezel-less ini lebih mewah dan imersif untuk menikmati konten. Mi TV 4 Bezel-less hadir dengan tiga ukuran yakni 32”, 43” dan 55” memiliki bezel yang tipis dan nyaris tidak terlihat serta frame aluminium yang memberikan kesan kokoh dan elegan.

Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K hadir dengan resolusi 4K mendukung HDR10+ serta layar berteknologi Quantum Dot LED untuk menampilkan warna yang lebih akurat, menonjol, dan cerah berkat sertifikasi Dolby Vision. 6 unit speaker dengan output 15W dilengkapi fitur Dolby Audio memberikan suara yang sebening kristal dan efek suara realistik untuk menghasilkan impresi yang tidak terlupa dari konten favorit pengguna.

Satu detail yang dihadirkan oleh Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K adalah fitur Mi Quick Wake yang bisa menghidupkan televisi hingga siap ditonton dalam waktu 5-8 detik, berbeda dengan TV biasa yang membutuhkan waktu hingga 30 detik. Prosesor quad-core MTK 9611 membantu dalam mewujudkan kualitas gambar yang baik serta pengalaman penggunaan yang lancar.

Nikmati PatchWall untuk mendapatkan rekomendasi konten-konten terbaik sewaktu menggunakan TV, juga persingkat waktu dengan memanfaatkan fitur perintah suara dari Mi Bluetooth Remote. Orang tua bisa memanfaatkan Kids Mode yang hanya merekomendasikan konten ramah anak, menjadikan televisi ini sebagai pelengkap dari kehangatan keluarga. 

Harga dan ketersediaan

Mi Watch dan Mi Watch Lite akan dijual di Shopee bersama Mi TV 4 Bezel-less 32”, Mi TV 4 Bezel-less 43” bisa didapatkan di JD.ID sementara Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K ditawarkan di Lazada.

TipePenjualan PerdanaHarga PerkenalanHarga Reguler
Mi Watch22 Desember 2020 Pukul 13.00 WIB   Online:  – Shopee – Mi.com   Offline:  – Authorized Mi StoreRp 1,499,000Rp 1,599,000
Mi Watch Lite15  Desember 2020 Pukul 13.00 WIB   Online:  – Shopee – Mi.com   Offline:  – Authorized Mi StoreRp 799,000Rp 899,000
Mi TV 4 Bezel-less 32”15  Desember 2020 Pukul 13.00 WIB   Online:  – Shopee – Mi.com   Offline:  – Authorized Mi StoreRp 2,399,000Rp 2,499,000
Mi TV 4 Bezel-less 43”22  Desember 2020 Pukul 13.00 WIB   Online:  – JD.ID – Mi.com   Offline:  – Authorized Mi StoreRp 3,599,000Rp 3,799,000
Mi TV Bezel-less 55” 4K22  Desember 2020 Pukul 13.00 WIB   Online:  – Lazada – Mi.com   Offline:  – Authorized Mi StoreRp 7,599,000Rp 7,999,000

Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro Resmi Hadir di Indonesia, Intip Harga Resminya

Xiaomi Mi 10T Series Launch

tabloidpulsa.id – Setelah sebelumnya ‘menggoda’ para mifans tanah air lewat sejumlah teaser, termasuk menampilkan seri premium Mi 10 Ultra Transparent Edition beberapa waktu lalu, akhirnya Xiaomi resmi memboyong seri flagship paling barunya, Mi 10T Series, ke pasaran Indonesia.

Seri smartphone yang membawa jargon “Entertainment Flagship” ini hadir dalam dua model yakni Mi 10T dan Mi 10T Pro. Keduanya menjadi penutup rangkaian produk Xiaomi di tahun 2020 ini.

Berbeda dengan Mi 10 yang telah edar di pasaran, Mi 10T Series hadir dengan membawa pendekatan berbeda, yakni berupa tingkat refresh rate layar tertinggi di jajaran perangkat Xiaomi saat ini.

Dalam peluncuran bertajuk “Technology for a Better Life”, seri Mi 10T menawarkan layar dengan tingkat refresh rate 144Hz untuk menghadirkan pengalaman menikmati konten di layar yang mengalir halus serta memainkan gim yang lebih responsive.

Tidak hanya itu, Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro juga disokong performa terbaik di kelasnya, desain premium, dan kamera yang andal.

Pun demikian, Mi 10T dan Mi 10T Pro memahami bahwa pengalaman pengguna adalah segalanya sehingga menyediakan fitur dual speakers serta side fingerprint sensor untuk pemakaian yang natural, dan tentunya dukungan teknologi pengisian daya cepat sebagai bonus menarik.

“Mi 10T memiliki layar dengan refresh rate 144Hz demi menghadirkan pengalaman visual yang sempurna bagi pengguna. Bersama keunggulan lainnya seperti performa, kamera, serta fitur unggulan, smartphone ini menggabungkan teknologi terbaik dari seri Mi 10. Kami menghimpun teknologi terbaik untuk menghadirkan entertainment flagship kepada pengguna,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Secara tampilan, Xiaomi Mi 10T Series membawa konsep desain yang lebih segar ketimbang Mi 10 Series. Mulai dari modul kamera yang tampil unik dengan desain “halo ring”, serta panel layar 6,67 inch beresolusi Full HD+.

Menariknya, selain membawa refresh rate 144Hz tertinggi di kelasnya, ada juga teknologi MEMC dan AdaptiveSync untuk mendongkrak performa layar agar pengalaman menikmati konten hiburan lebih nyaman.

Menawarkan tampilan warna yang akurat berkat teknologi TrueColor dengan hasil lebih baik dari standar, layar Mi 10T dan Mi 10T Pro adalah pilihan terbaik di industri saat ini. Sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light membuatnya aman untuk mata meski menatap layar dalam waktu panjang. Satu fitur yang menarik adalah simulasi kertas oleh layar melalui fitur Reading Mode 3.0 agar nyaman dibaca.

Spesifikasi Mi 10T dan Mi 10T Pro

Tidak hanya menawarkan desain serta fasilitas hiburan yang powerful, lini smartphone yang diotaki chipset flagship Qualcomm Snapdragon 865 ini pun cocok untuk para pegiat mobile photography.

Mi 10T dilengkapi kamera kelas flagship berkemampuan di atas rata-rata untuk merekam video hingga resolusi 8K serta fitur kamera untuk menghasilkan konten kreatif dan menarik perhatian seperti photo and video clone, long exposure modes, time-lapse selfie, dan dual video.

Mi 10T Pro memiliki kamera utama 108MP sementara Mi 10T memiliki kamera utama 64MP (f/1.9), keduanya didampingi kamera ultra-wide 13MP (f/2.4) dan kamera makro 5MP (f/2.4). Dan di bagian depan ada kamera selfie berkekuatan 20MP (f/2.2).

Untuk mendukung performa keseluruhan, Xiaomi Mi 10T Series ditopang penyuplai daya berkapasitas 5000 mAh, yang mendukung teknologi fast charging 33W dan dikombinasikan fitur Middle Middle Tab (MMT) untuk pengisian yang lebih singkat.

Fitur pendukung lainnya mencakup modul fingerprint yang disematkan di sisi bodi, IR blaster, NFC, WiFi6, serta sistem operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Tidak ketinggalan, ada juga Hi-Res Audio untuk pengalaman hiburan yang lebih maksimal

Harga dan Ketersediaan

Hadir dalam dua pilihan warna yakni Lunar Silver dan Cosmic Black, seri Mi 10T akan dijual di JD.ID, mi.com, dan Mi Store pada tanggal 15 Desember dengan masa pre-order yang dibuka pada tanggal 10-14 Desember.

Sejumlah manfaat yang ditawarkan adalah perpanjangan masa garansi untuk perlindungan layar menjadi 2 tahun, dan mendapat Mi TWS Earphones 2 Basic untuk 3.000 pemesan pertama.

Untuk Harga Xiaomi Mi 10T varian RAM 8GB dengan ROM 128GB dibanderol Rp 5.999.000. Sedangkaan Xiaomi Mi 10T Pro RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB dilego seharga Rp 6.999.000.

Tips Belajar Menyenangkan di Rumah Saja, Dengan Samsung Galaxy Tab A7

tabloidpulsa.id – Sebagai salah satu efek dari pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Menurut Kemdikbud terdata 220.353 sekolah dan 42.587.055 siswa yang secara otomatis melakukan pembelajaran jarak jauh dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

Dengan pemberlakuan PJJ, mau tidak mau perangkat digital menjadi sebuah perangkat yang penting. Terutama sebagai sarana untuk mengirim dan menerima materi. Dari pengajar ke pelajar dan sebaliknya.

Selain smartphone, perangkat yang cocok untuk digunakan oleh siswa adalah tablet. Membawa layar yang lebih luas ketimbang ponsel, sehingga mudah dibaca dan mudah berinteraksi dengannya. Perangkat tablet juga lebih ringkas untuk dibawa kemana-mana sehingga tidak mengharuskan anak kita untuk duduk di satu tempat yang membosankan.

Salah satu produk tablet yang kami rekomendasikan, karena relatif terjangkau dengan dukungan penuh dari Google, adalah Samsung Galaxy Tab A7. Perangkat ini merupakan perangkat yang tepat untuk digunakan siswa dalam memberikan dukungan bagi keluarga, terutama anak, sehingga mereka bisa belajar, berkreasi, dan segala aspek pendukung dalam proses PJJ.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami punya beberapa tips terkait belajar di rumah. Agar proses kegiatan belajar dapat menjadi lebih menyenangkan di rumah dengan menggunakan perangkat yang tepat.

Belajar Dengan Layar Jernih dan Luas
Samsung Galaxy Tab A7 dilengkapi layar jernih seluas 10,4 inci, yang membuat materi pelajaran tampil jelas dan lega. Tidak hanya itu, perangkat ini juga memiliki fitur yang dinamakan Samsung Kids. Fitur ini dapat menjadi ruang kelas digital di mana anak bisa belajar dan bermain dengan aman.

Untuk mengaktifkan Samsung Kids caranya sangat mudah yaitu dengan menyeret menu layar ke bawah kemudian buka Quick Panel dan klik icon Samsung Kids. Pengguna akan melihat antarmuka khusus Samsung Kids beserta sejumlah aplikasi yang didesain khusus bagi anak-anak. Diantaranya Bobby’s Canvas yang merupakan media anak untuk menggambar di berbagai jenis permukaan. Ada juga Crocro’s Adventure yang merupakan permainan ‘block coding’ dimana anak dapat mempelajari elemen dasar dari pemrograman dan algoritma.

Untuk anak yang membutuhkan pengawasan atau anak yang lebih besar, tersedia fitur ‘Parental Control’. Dengan fitur ini, orang tua dapat memonitor dan memahami perilaku penggunaan tablet oleh anak secara lebih detail. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka oleh anak dan berapa jam penggunaannya. Fitur ini juga membantu membatasi ‘screen time’ anak serta membatasi mereka untuk membuka konten yang kurang atau tidak layak buat anak. Sebagai contoh, orang tua dapat mengatur kapan anak dapat membuka aplikasi Google Classroom dan kapan tidak dengan mengatur waktu berdasarkan jam. Orang tua juga dapat membatasi anak membuka aplikasi media sosial setelah jam belajar usai dalam pengaturan ‘daily playtime’.

Menggali Potensi Anak
PJJ juga menuntut anak mengerjakan tugas menggunakan rekaman video. Ini dapat menjadi potensi mengembangkan kemampuan ekspresi diri. Anak bisa memanfaatkan kamera utama atau kamera belakang Galaxy Tab A7 untuk melatih berekspresi. Berekspresi ini juga termasuk didalamnya kemampuan ‘public speaking’. Dengan kamera beresolusi 8 megapiksel plus fitur autofocus, tablet ini dapat diandalkan untuk merekam video beresolusi 1080p pada kecepatan 30fps. Buat rekaman, lihat hasilnya, analisa bersama untuk kesempurnaan dan rekam kembali hingga didapat hasil yang lebih baik. Bila dilakukan berulang-ulang, anak akan menjadi terbiasa dan menimbulkan kepercayaan diri untuk tampil di depan umum.

Anda dapat memanfaatkan fitur Quick Share untuk berbagi file rekaman tadi dengan anggota keluarga lain secara mudah, khususnya mereka yang memiliki perangkat Galaxy lain yang berdekatan. Cara mengakses fitur ini cukup mudah, yaitu dengan mencari menu Quick Share dari panel menu ‘dropdown’. Anda dapat berbagi file berukuran besar ke 5 perangkat Galaxy lainnya pada saat bersamaan.

Bertatap Muka Secara Digital Dengan Aman
Satu-satunya cara aman bagi anak untuk bertemu dan bermain bersama temannya adalah menggunakan aplikasi video conference. Samsung Galaxy Tab A7 dilengkapi kamera depan yang diposisikan tepat di bagian tengah atas tablet. Tentunya ini memudahkan Anak saat melakukan video conference dalam tampilan layar landscape. Pandangan mata anak akan tepat ke tengah layar sehingga tampilan ‘face-to-face’ dengan teman sekelas dan gurunya bisa tercipta secara akurat.

Samsung Galaxy Tab A7 ditenagai prosesor Snapdragon 662 yang mampu mendongkrak performa tablet secara maksimal. Wajar jika perangkat ini mampu bekerja optimal untuk pengalaman hiburan bagi anak dan keluarga. Banyak fitur atau aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk media hiburan ini. Anak dan keluarga dapat menikmati hiburan atau menciptakan suasana kebersamaan di rumah. Misalnya saja berolahraga bersama dengan video tutorial di aplikasi YouTube, memasak bersama, mencoba hal baru bersama dan banyak keseruan lainnya.

Dengan engine yang mumpuni Tab A7 juga mampu menjalankan game populer saat ini. Untuk itu, Samsung menyediakan dukungan Quad Speakers untuk bermain game dan hiburan lainnya. Quad speaker ini bisa menyajikan pengalaman mendengarkan audio yang lebih powerful dengan dukungan Dolby Atmos. Nikmati fitur ini dengan headphone yang kualitas sehingga suasana audio bioskop dapat dinikmati di rumah.

Samsung Galaxy Tab A7 sudah tersedia di Indonesia dalam pilihan warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000. Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 15 Desember 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp.449.000 yang dapat di redeem di aplikasi Samsung Gift Indonesia. (aldrin/usi)

Opensignal: 5G di Indonesia Lebih Superior Ketimbang Wifi dan 4G

opensignal 5g

tabloidpulsa.id – Meski belum tersebar secara luas dan bisa dinikmati oleh siapa saja, bahkan di Ibu Kota Jakarta, jaringan 5G di Indonesia dinilai oleh Opensignal memiliki kecepatan jauh lebih baik dari kecepatan WiFi dan 4G. Opensignal lembaga riset yang memfokuskan pada kualitas jaringan nirkabel baru-baru ini merilis sebuah artikel menarik bertajuk “5G in Indonesia is Far superior to Wifi, and 4G” memberikan pandangan bahwa 5G di Indonesia memiliki masa depan yang cerah.

Tulisan Opensignal ini dimulai dengan membandingkan kecepatan jariangan 4G dibandingkan Wifi, yang berdasarkan analisa mereka 4G masih memiliki sejumlah kelebihan. Baik jika dibandingkan dengan jaringan Wifi publik, maupun jaringan private. Tapi kecepatan 5G diketahui telah mampu melampaui kecepatan dua jaringan tersebut.

Jaringan 5G di Indonesia memiliki rata-rata kecepatan download hampir 4 kali kecepatan jaringan melalui Wifi. Untuk kebutuhan streaming, secara berturu-turut kita bisa mendapatkan pengalaman terbaik di jaringan 5G, 4G lalu Wifi. Tapi hal ini tidak berlaku ketika digunakan untuk bermain game multiplayer, di mana 5G masih di atas, kemudian disusul oleh Wifi untuk pengalaman nge game yang lebih baik lalu paling bawah ada 4G.

Data Opensignal memperlihatkan kecepatan download 4G melalui smartphone para pengguna di Indonesia rata-rata mencapai angka 17 Mbps. Ketika mereka mendapatkan kececpatan 14.6 Mbps saat terhubung Wifi. Jika dibandignkan dengan kecepatan 5G yang mencapai 54.6 Mbps rata-rata, artinya kecepatannya sudah mencapai 3.3 kali kecepatan 4G dan 3.9 kali lebih cepat dari WiFi.

Data berikutnya memperlihatkan kecepatan upload. Hampir sama, kecepatan uplaod melalui jaringan 5G memperlihatkan kecepatan yang paling tinggi yakni 19.6 Mbps. Artinya ini 2.5 kali lebih cepat dari upload melalui jaringan 4G yang ada di speed 7.7 Mbps. Dan 3.1 kali lebih cepat dari Wifi yang memiliki kecepatan 6.3 Mbps.

Kecepatan upload ini dinilai sangat penting terutama untuk berbagi konten melalui jejaring sosial, mengirimkan lampiran email yang berukuran besar, video calls atau ketika terhubung dengan jaringan VPN.

Pengguna smartphone di Indonesia juga memiliki pengalaman yang jauh lebih baik ketika menonton video streaming melalui jaringan 5G, dibandingkan dengan 4G dan Wifi. Dengan nilai 67.4, pengalaman nonton video via 5G ini sudah masuk ke kategori Very Good (65-75). Artinya kita bisa merasakan waktu loading yang cepat, hanya sedikit saja mengalami lag. Tapi sayangnya pengalmaan ini bakal bervariasi dan bisa dibilang inkonsisten tergantung video yang ditayangkan, resolusi dan providernya.

Sebagai pembanding Wifi dan 4G menempati dua kategori di bawahnya, yakni Fair (40-55). Anda bisa cek grafik yang disediakan oleh Opensignal berikut ini.

Selanjutnya untuk bermain game multipalayer, Wifi memberikan penglaman yang lebih baik ketimbang 4G. Dengan nilai 68.3 dari 100, Wifi menempati satu kategori di atas 4G yaitu fair. Sementara 4G masuk ke kategori Poor. Sekali lagi jaringan 5G mampu dominan dengan menempati kategori good fengan nilai 77.3.

Hasil ini memperlihatkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia kini bisa menikmati kecepatan download dan upload, termasuk menonton video streaming dan bermain game multipalyer ketika terhubung ke 5G. Tapi satu hal yang mungkin belum diketahui Opensignal adalah, 5G di Indonesia masih sangat terbatas, baik berdasarkan lokasi, maupun aksesibiltas bagi pengguna ponsel yang awam.

Seperti yang telah disebutkan di awal, jaringan 5G masih bertumbuh belum menyebar secara merata. Jangankan ke seluruh pelosok Negeri, di ibu kota sendiri masih menjadi Pekerjaan Rumah yang cukup pelik. Semoga hal ini bisa segera diatasi oleh pihak-pihak terkait.

Traveloka Perkenalkan Tagline Baru “Life, Your Way”

life your way traveloka

tabloidpulsa.id – Pada 2 Desember lalu, Traveloka, Platform travel terdepan di Asia tenggara meluncurkan tagline baru yakni “Life, Your Way”. Tagline baru ini menurut rilis yang kami terima, semakin menegaskan kehadiran Traveloka sebagai platform travel yang menghadirkan pengalaman konsumen yang mengedepankan teknologi melalui beragam solusi layanan perjalanan. Tagline terbaru Traveloka. “Life, Your Way” mencerminkan misi perusahaan dalam memudahkan konsumen memenuhi aspirasi serta kebutuhan perjalannya.

Perubahan tagline ini sekaligus merespon terhadap peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Laporan e-Conomy SEA 20221 menyebutkan bahwa sektor perjalanan menunjukkan tren pemulihan yang bertahap dan akan mencapai pemulihan penuh pada tahun 2023 dan 2024. Laporan yang sama menyebutkan perjalanan domestik menunjukkan tren pemulihan yang lebih cepat, di mana tercatat bahwa pemesanan hotel di Asia Tenggara mencapai hampir 80% level sebelum pandemi. Sementara penumpang perjalanan udara domestik di Indonesia dan Malaysia masing-masing mencapai 70% dan 60% dibandingkan tahun 2019.

Menurut Data internal Traveloka juga pada kuartal III/2022, terdapat peningkatan pemesanan hingga 5x lipat untuk perjalanan destinasi internasional, dan lebih dari 30% peningkatan pemesanan pada perjalanan destinasi domestik. Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga 4x dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka, mengatakan, “Kebutuhan perjalanan konsumen terus mengalami perubahan, dan kami melihat adanya tren di mana para konsumen kini menginginkan adanya pengalaman perjalanan yang lebih personal. Traveloka meluncurkan tagline “Life, Your Way” untuk mempertegas posisinya sebagai perusahaan teknologi yang berpusat pada konsumen (consumer-centric) dari lintas generasi untuk memenuhi beragam kebutuhan mereka. Tiga kunci utama Traveloka yaitu, (1) solusi produk serta layanan yang menyeluruh; (2) jaminan layanan yang berkualitas dan fitur-fitur terbaik untuk meningkatkan kenyamanan konsumen; serta (3) Best value deals atau ketersediaan harga-harga yang menguntungkan bagi para konsumen. Kombinasi formula ini menjadikan Traveloka sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara.”

Sebagai perusahaan teknologi, Traveloka secara konsisten terus menghadirkan beragam produk yang dirancang untuk dapat mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan perjalanan mereka. Traveloka hadir dengan inovasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen, seperti:

1. Traveloka Points, program reward yang dibuat khusus bagi konsumen untuk dengan mudah mendapatkan points Traveloka setiap melakukan transaksi serta menyelesaikan misi yang tersedia di Reward Zone. Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, Traveloka Points yang terkumpul dapat dimanfaatkan kembali untuk mendapatkan diskon di produk-produk yang tersedia di Traveloka.

2. Traveloka juga baru-baru ini meluncurkan Traveloka Priority, program loyalitas inklusif yang menawarkan keuntungan eksklusif seperti diskon hotel dan prioritas layanan pelanggan bagi konsumen setia Traveloka.

3. Traveloka juga meluncurkan fitur Reschedule+, inovasi reschedule pertama dan terlengkap di Indonesia yang memungkinkan konsumen mengubah tidak hanya jadwal penerbangan, namun hingga destinasi dan maskapai penerbangan dalam satu kali pemesanan.

Tidak hanya di Indonesia, Traveloka juga siap memperkuat posisinya di Asia Tenggara dan menghadirkan pengalaman perjalanan dan gaya hidup terbaik di negara-negara kawasan di mana Traveloka menjadi satu-satunya platform perjalanan terkemuka dari Indonesia yang juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

“Traveloka menunjukkan keyakinan terhadap kemampuan dan kesiapan untuk dapat terus beradaptasi guna merespon apa yang dibutuhkan konsumen, saat ini dan di masa mendatang. Dengan menjadi brand yang semakin berpusat pada konsumen, kami berharap Traveloka dapat menjadi inspirasi sekaligus platform travel pilihan konsumen dalam mewujudkan aspirasi, mengeksplorasi berbagai destinasi baru, serta menemukan hidden gems untuk lebih memaknai hidup. Lebih jauh, melalui tagline yang baru ini Traveloka berupaya untuk menjadi brand yang semakin terdepan untuk menghadirkan kebahagiaan bagi para konsumen,” tutup Shirley.

Telkomsel Hadirkan Program Akhir Tahun “Rezeki Sakti”

Telkomsel Rezeki Sakti

tabloidpulsa.id – Sebagai salah satu program loyalitas bagi pelanggan prabayar di akhir tahun, Telkomsel menghadirkan program “Rezeki Sakti”. Program ini akan membuka kesempatan pada seluruh pelanggan Telkomsel Prabayar di seluruh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara untuk mendapatkan voucher GoPay, Shopee, Tokopedia, Indomaret, Alfamart, diamond untuk games Free Fire atau Mobile Legends secara langsung.

Kesempatan untuk mendapatkan hadriah langsung tersebut dapat dinikmati bagi pelangggan yang melakukan pembelian khusus Paket Combo Sakti, Internet Sakti, Giganet dan Hot Promo dengan minimal pembelian Rp 50 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui website telkomsel.com/rezekisakti dan UMB *363# dengan metode pembayaran pulsa atau e-wallet. Program ini berlangsung mulai 17 Oktober hingga 31 Desember 2022.

Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel, Tuty Rahma Afriza mengatakan, “Rezeki Sakti merupakan salah satu program loyalitas yang kami hadirkan kepada seluruh pengguna setia Telkomsel Prabayar untuk bisa merasakan berbagai keuntungan secara langsung setiap kali melakukan pembelian paket data tertentu dari Telkomsel. Di samping untuk memberikan pengalaman terbaik yang mengedepankan prinsip customer-centricity, kami juga ingin menghadirkan berbagai nilai tambah bagi pelanggan dalam menggunakan setiap produk dan layanan terdepan Telkomsel.”

Melalui program ini, setiap pelanggan yang telah berhasil membeli paket data sesuai ketentuan, akan mendapatkan notifikasi SMS dari 777, yang berisikan URL (tautan) untuk melakukan proses penukaran voucher. Pelanggan dapat memilih voucher yang diinginkan selama persediaan harian masih tersedia. Program Rezeki Sakti merupakan bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam menghadirkan lebih banyak nilai tambah dari produk dan layanan yang mendukung beragam kebutuhan maupun aktivitas digital pelanggan.

“Kami berharap Program Rezeki Sakti ini dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengakses beragam kebutuhan aktivitas digital, sekaligus melengkapi kebahagiaan bernilai tambah untuk pelanggan di akhir tahun 2022. Telkomsel senantiasa akan terus memperkuat perannya sebagai leading digital company dalam mendampingi setiap fase kehidupan masyarakat, dengan menghadirkan ragam produk dan layanan yang inovatif, solutif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” pungkas Tuty.

Berbagai informasi menarik mengenai program Rezeki Sakti dapat diakses lebih lanjut melalui telkomsel.com/rezekisakti.

Hyperkin Xenon, Hidupkan Kembali Desain Stik Xbox 360

hyperkin Xenon

tabloidpulsa.id – Memperingati hari dirilisnya konsol Xbox 360 dari Microsoft yang ke 17 tahun, Hyperkin memperkenalkan sebuah produk kontroler dengan desain yang menyerupai kontroler konsol XBOX 360 tersebut, yakni Hyperkin Xenon. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya ya. Hal ini merupakan percobaan kedua Hyperkin yang sebelumnya berhasil menghidupkan controller Duke milik Xbox pertama (original) di tahun 2018.

Melalui press release-nya Hyperkin menyatakan bahwa Xenon akan tersedia pada tahun 2023. Akan dibuat dalam bentuk kontroler berkabel alias wired, dengan desain yang identik dengan kontroler Xbox 360. Namun dengan kabel Type C yang bisa dilepas-pasang. Bahkan mereka menyebutnya sebagai replika sekaligus menjadi produk official yang mendapatkan lisensi penuh dari Microsoft.

Kontroler dengan tampilan jadul ini akan hadir sebagai kontroler untuk konsol terkini, semisal XBOX One, XBOX Series X|S dan PC. Hal ini bisa terlihat dari hadirnya beberapa tombol menu dan share yang kini telah diadopsi oleh kontroler Microsoft generasi terkini.

Menariknya, penamaan Xenon ini didasarkan pada code name konsol Microsoft generasi kedua saat masuk ke dalam tahap pengembangan, yakni project Xenon. Sebelum akhirnya diumumkan sebagai Xbox 360 di tahun 2005.

Hyperkin Xenon rencananya akan dirilis dengan beberapa pilihan warna, yakni Hitam, Putih, Merah Muda dan Merah Tua. Sampai saat tulisan ini Anda baca, belum ada informasi berapa ahrga kontroler ini, namun dari informasi yang dibagiakan oleh Hyperkin nampaknya kita harus bersabar sampai awal tahun depan.

Hyperkin sebelumnya telah merilis percobaan serupa, dengan menghidupkan kembali kontroler Xbox Original Duke Controller yang super besar. Dan berhasil meraih beberapa penghargaan di tahun 2018 sebagai kontroler terbaik, terutama sebagai produk third party berlisensi resmi. Hyperkin Duke sendiri sudah bisa didapatkan di beberapa kanal e-commerce lokal dengan harga sekitar Rp 1.500.000,- Apakah nanti Hyperkin Xenon memiliki harga yang sama?

Hyperkin Duke

Xbox 360 merupakan produk konsol kedua Microsoft setelah Xbox (original). Diperkenalkan pada tahun 2005 tepatnya di bulan November.

IDC: Pengiriman Tablet Global Turun 8,8 Persen YoY di Q3 2022

tabloidpulsa.id – Pengiriman tablet di pasar global turun 8,8 persen pada kuartal ketiga 2022. Menurut International Data Corporation (IDC), OEM mengirimkan 38,6 juta unit antara Juli hingga September dibandingkan dengan 42,4 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.  

Total pengiriman pada kuartal ini juga turun dibandingkan dengan 40,4 juta pada Q2,2022.  Di samping tablet, Chromebook juga mencatat pertumbuhan negatif dengan pengiriman turun 34,4 persen tahun-ke-tahun serta kuartal sebelumnya menjadi 4,3 juta unit.

Di kategori tablet, Apple terus memimpin industri dengan pangsa pasar 37,5 persen meski pengapalan turun 1,1 persen menjadi 14,5 juta unit year-on-year.  Samsung berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,4 persen dengan pengiriman 7,1 juta unit.  Kindle Amazon mengantongi tempat ketiga dengan 4,3 juta pengiriman dan pangsa pasar 11,1 persen.  Lenovo jatuh ke posisi keempat dengan penurunan pengiriman sebesar 36,6 persen YoY menjadi 2,7 juta unit.  Huawei menyelesaikan daftar lima besar dengan 2,4 juta pengiriman.  Produsen tablet lainnya mengapalkan 7,6 juta unit dengan pangsa pasar 19,7 persen.

Kecuali Huawei, semua OEM mencatat pertumbuhan negatif dari tahun ke tahun.  Menurut IDC, pabrikan baru seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, dan Realme tampaknya telah memicu persaingan yang kuat di jajaran perangkat yang lebih rendah.

Sedangkan untuk Chromebook, Acer menyalip Dell untuk posisi teratas dengan pangsa pasar 23,9 persen dan 1 juta pengiriman.  Dell dan HP berada di urutan kedua dan ketiga dengan penjualan masing-masing 0,9 dan 0,8 juta unit.  Lenovo mengantongi tempat keempat sedangkan Samsung menyelesaikan daftar lima besar.

Huawei Kuasai Pasar Wearable Device di China Pada Q3 2022

tabloidpulsa.id – Firma riset pasar Canalys baru-baru ini merilis data penelitiannya yang berisi laporan triwulanan pasar wearable device yang ada di Tiongkok untuk kuartal ketiga tahun ini. Dikutip dari GizmoChina, laporan tersebut menunjukkan bahwa raksasa teknologi China Huawei terus mendominasi pasar domestik meskipun kalah di luar negeri. 

Raksasa teknologi itu menguasai pangsa pasar 24% untuk memimpin paket.  Namun, pangsa pasar Huawei menunjukkan penurunan 27% dalam kinerja YoY-nya.

Xiaomi telah menjadi pemain kuat di pasar smart wearable sejak peluncuran model Mi Band yang sangat populer, terutama Band 2 yang revolusioner. Xiaomi membuntuti Huawei dengan pangsa pasar 22% yang merupakan pertumbuhan positif 6% YoY.

Di tempat ketiga adalah pendatang baru yang dikenal sebagai XTC yang memojokkan 10% pangsa pasar sementara raksasa teknologi AS dan pemimpin pasar global yang dapat dikenakan Apple berada di tempat keempat dengan pangsa pasar 9%.  Menariknya, pangsa pasar Apple mewakili lonjakan penjualan sebesar 53% dibandingkan tahun lalu.  Pertumbuhan besar ini mungkin disebabkan oleh peluncuran produk baru pada kuartal ini.

Terakhir, OPPO melengkapi peringkat 5 teratas dengan pangsa pasar 4%, mewakili pertumbuhan tahunan sebesar 12%.

Canalys juga merilis peringkat pasar global wearable device yang menunjukkan bahwa total 49 juta perangkat pintar yang dapat dikirimkan secara global pada Q3 2022. Ini menunjukkan peningkatan 3,4% dari tahun ke tahun. Laporan tersebut menunjukkan pola pertumbuhan smartwatch yang konsisten dan penurunan penjualan smart band.

Apple memimpin pasar global dengan pangsa pasar 20% diikuti oleh Samsung, Xiaomi, produsen India Noise, dan Huawei. Sangat mengesankan melihat Huawei menyalip di pasar global mengingat sanksi pemerintah AS terhadap perusahaan tersebut.

Garena Luncurkan Event Terbaru Free Fire: Football Fable

Free Fire Football Fable

tabloidpulsa.id Garena meluncurkan event global Football Fable di Free Fire yang dimulai sejak 30 November 2022 hingga 18 Desember 2022. Dengan slogan Skor Optimal, Style Maksimal, Survivors akan mendapatkan berbagai hal baru, mulai dari mode permainan hingga koleksi item dan konten eksklusif yang kental dengan nuansa sepak bola di dalam event  Football Fable.

Skin, events, dan mode baru bertema sepak bola

Salah satu item terbaru yang akan hadir dalam rangkaian event Football Fable adalah koleksi Magenta Striker dari dari brand Potential. Magenta Striker merupakan bundle box yang berisi item pilihan dari koleksi Potential sebelumnya dan serangkaian mode game terbaru bertema sepak bola yang bisa dinikmati secara terbatas.

Survivors juga bisa menikmati mode terbaru Football Squad di mana mereka akan berhadapan dengan tim lain untuk menjadi yang terbaik di lapangan. Seperti permainan sepak bola, setiap tim akan mendapatkan poin jika berhasil mencetak gol ke gawang lawan. Setiap pemain di dalam tim juga akan memiliki role dengan skill unik yang berbeda.

Setiap tim akan memiliki senjata khusus ‘Football Shooter’ yang akan membantu tim untuk mencetak gol. Dalam mode ini, Survivors bisa memperkuat pertahanan dan daya serang mereka dengan berbagai buffs dan items yang akan muncul secara acak dalam pertandingan.

Event Football Fable juga menghadirkan berbagai map baru dengan mode dan aturan permainan yang baru di Mode Craftland Free Fire. Semakin seru, Survivors juga bisa mendesain jersey sepak bola mereka sendiri di map Dodgeball di Free Fire Craftland.

Keseruan rangkaian event Football Fable telah dimulai sejak 30 November 2022 dengan perubahan tampilan lobby Free Fire dengan tema kemeriahan sepak bola. Perubahan tampilan juga akan terlihat pada Airship, Airdrops, Pesawat, dan item ingame lainnya yang mendapatkan makeover untuk merayakan peluncuran koleksi Magenta Striker dari brand Potential.

Sampai 18 Desember 2022, Survivors akan ditantang untuk menyelesaikan misi harian untuk mendapatkan berbagai rewards, seperti Magenta Striker Bundle, Incubator Vouchers, dan 100% Link Bonus. Survivors yang memainkan mode Football Squad juga akan mendapatkan backpack dan berbagai in-game item menarik lainnya.

Momen terpenting yang tidak boleh dilewatkan Survivors dalam rangkaian ini akan hadir pada 8 Desember 2022  melalui sub event ‘Goal or Troll’ yang hanya bisa dimainkan secara terbatas. Di dalam sub event ini, Survivors bisa menjadi penjaga gawang ataupun striker untuk mendapatkan milestone rewards berupa Weapon Royale Vouchers. Pemain yang berhasil mendapatkan skor tertinggi serta mengajak temannya untuk memainkan sub event ini akan mendapatkan rewards tambahan.

Puncak rangkaian atau peak day event Football Fable akan hadir untuk seluruh Survivors pada 10-11 dan 17-18 Desember 2022. Pemain yang secara rutin melakukan login dan menyelesaikan seluruh tantangan sepanjang event ini akan mendapatkan segudang hadiah menarik, mulai dari 100% Link Bonus, Pet Skin, hingga Incubator Vouchers.

Lintasarta Salurkan Bantuan Jaringan Komunikasi dan Dana Kemanusiaan

Lintasarta Donasi Gempa

tabloidpulsa.id – Gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu mengakibatkan korban jiwa lebih dari 300 orang disertai banyaknya bangunan runtuh, termasuk sarana dan prasarana umum. Lintasarta sigap melaksanakan serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR di Pilar Sehat Sejahtera melalui penyaluran bantuan mulai dari jaringan internet untuk mempermudah akses komunikasi di wilayah terdampak gempa, donasi, tenda serbaguna, dan kebutuhan mendesak lainnya. Penyerahan CSR Lintasarta diwakili oleh Choirul Friyuana, Central Indonesia Region General Manager Lintasarta, kepada Ika Mardiah, Kepala Dinas Komunikasi & Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

“Bantuan VSAT dan fiber optic ini diharapkan dapat mempercepat akses komunikasi dan respon bantuan di lapangan. Selain itu, bantuan kemanusiaan berupa donasi dan tenda serbaguna juga diharapkan dapat meringankan warga yang terdampak gempa,” ungkap Choirul FriyuanaCentral Indonesia Region General Manager Lintasarta.

Tidak lama setelah gempa terjadi, tim Lintasarta bergerak cepat bersama tim Jabar Quick Response melakukan mapping lokasi blank signal untuk Posko Komunikasi Gempa di Cianjur. Saat ini, sedang dilakukan instalasi jaringan komunikasi di sepuluh (10) titik lokasi, yang terdiri dari VSAT di empat (4) lokasi dan jaringan fiber optic (FO) di enam (6) lokasi. Hal ini menjadi bagian dari dukungan Lintasarta kepada Provinsi Jawa Barat dalam memastikan kelancaran internet dan jaringan komunikasi di lokasi terdampak.

Lintasarta juga menyalurkan bantuan donasi melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dipergunakan untuk kebutuhan dapur umum, layanan kesehatan, dan sembako. Sebagai tambahan, ZIS ROHIS Lintasarta melakukan gerakan “Gotong Royong Membangun Cianjur” melalui penggalangan dana di internal pegawai untuk memenuhi kebutuhan mendesak di lokasi bencana seperti kain terpal, selimut, snack, vitamin, hygiene kit dan paket sembako untuk orang dewasa dan anak-anak

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah, mengatakan, bantuan berupa akses jaringan komunikasi dan dana kemanusiaan dari Lintasarta akan sangat bermanfaat untuk masyarakat Cianjur dan akan meringankan beban warga yang saat ini sedang mengungsi.

“Kami berharap penyaluran melalui Diskominfo Provinsi Jawa Barat ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya masyarakat terdampak, dan dapat disalurkan dengan lebih tepat sasaran,” tutup Choirul.

Intip Cerita di Balik Inovasi Samsung Odyssey Ark

Samsung Odyssey Ark

 tabloidpulsa.id – Dalam dunia game, kita bisa menjadi kapten kapal perang atau pembalap tercepat di dunia. Para gamer mampu memasuki berbagai dunia virtual unik masing-masing berkat layar monitornya. Samsung Odyssey Ark, monitor gaming curved 1000R 55 inci pertama di dunia telah memperkenalkan dunia baru bagi para gamer.

Bagaimana layar game inovatif ini ditemukan? Simak proses pengembangan monitor yang dikisahkan oleh tiga ahli yang berusaha keras untuk menciptakan mahakarya, Odyssey Ark: Hyun Mook Choi, yang berhasil mengubah konsep Odyssey Ark-nya ke produk jadi, Jisoo Kim, yang mengerjakan desain produk untuk memberikan pengalaman bermain game terbaik bagi para gamer, dan Kyuseong Lee, yang merancang berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

(Dari kiri ke kanan) Kyuseong Lee di Future Planning Group, Jisoo Kim di Design team, Hyun Mook Choi di Future Planning Group, Samsung Visual Display Business

Awal dari Odyssey Ark: Menawarkan “Arena Gaming Unik Tempat Para Gamer Dapat Menonjol”

Bersama dengan Cockpit Mode vertikal, Samsung Odyssey Ark, layar gaming lengkung 1000R 55 inci pertama di dunia menawarkan bentuk yang luar biasa dan tak tertandingi. Form factor yang benar-benar baru datang dari hasrat akan ruang.

“Saya merancang konsep Odyssey Ark dengan pemikiran bahwa setiap orang mungkin memiliki impian untuk membuat arcade mereka sendiri dengan perangkat game favorit mereka.” Hyun Mook Choi, yang pertama kali merancang konsep Odyssey Ark, mengingat-ingat saat awal ide produknya timbul.

Jisoo Kim mengatakan desain produk ini terinspirasi oleh putranya yang berusia enam tahun yang membuat benteng untuk menciptakan ruangannya sendiri. Dia kemudian berpikir, layar yang fleksibel dapat memuaskan keinginan unik para gamer untuk memiliki ruang mereka sendiri. Kedua ahli ini menemukan kesamaan pemikiran dan menyempurnakan konsepnya.

Pada tahap awal desain, kami menemukan melalui wawancara bahwa sebagian besar pecinta game ingin memiliki ‘layar besar yang dapat melingkupi mereka dengan rapat,’” kata Choi. “Para gamer mendambakan sebuah layar khusus yang hadir secara luar biasa di kamar mereka dan dari situ kami menetapkan tujuan untuk menciptakan produk yang layak dipamerkan oleh para gamer.”

Perbedaan home gaming dari home theater dan home office adalah bahwa ia harus menawarkan “sebuah pelarian yang menyenangkan dari kehidupan sehari-hari”, alih-alih berbaur dengannya. “Itulah mengapa kami berpikir layar game lengkung 1000R 55 inci yang dapat berputar mampu memikat para gamer dengan form factor yang sama sekali berbeda,” kata Kim. “Odyssey Ark dikembangkan dengan desain yang canggih dan menonjol untuk membuat pengguna merasa bahwa mereka dapat menang dengan layar gaming ini. Kegembiraan visual juga ditambahkan dengan memungkinkan pengguna untuk memutar layar secara dinamis ke arah manapun.”

“Saat merancang rencana produk, kami memperhatikan fakta bahwa pasar game tidak lagi sekadar tentang bermain, tetapi telah berkembang di seluruh platform dengan menyerap setiap elemen hiburan, termasuk aspek visual dan peningkatan interaksi.” Dia dengan bangga menjelaskan, “Sejak awal, Odyssey Ark diposisikan sebagai ‘game changer’ untuk merintis pasar baru.”

Dibuat untuk Gaming! Cerita di Balik Proses Merancang Fitur yang Nyaman untuk Memenuhi Kebutuhan Individu

Para gamer telah menyambut hangat Samsung Odyssey Ark karena produk ini seperti berhasil membaca pikiran mereka. Kyuseong Lee, seorang penggemar game dan bagian dari Future Planning Group, bergabung dengan proyek ini dan memberikan ide. “Saya pertama kali memikirkan apa yang membuat saya merasa tidak nyaman selama bermain game dan berusaha untuk mencerminkan pola permainan para gamer dan tipe gaya hidup mereka,” katanya.

Dikombinasikan dengan kualitas gambar yang luar biasa, Odyssey Ark telah menjadi “sebuah layar game sejati untuk para gamer” dengan analisis pola penggunaan dan fitur game baru, seperti Flex Move Screen, Multi View, dan Ark Dial.

Bagian terpenting dalam pengembangan produk adalah teknologi kualitas gambar. “Kami mengadopsi prosesor yang sama yang digunakan di TV berkualitas terbaik untuk para gamer yang tidak segan mengeluarkan biaya untuk bermain game dengan lancar dengan kualitas gambar yang luar biasa,” kata Lee. Dikombinasikan dengan resolusi 4K, layar besar ini menghadirkan spesifikasi gaming terbaik dengan refresh rate 165Hz dan waktu respons 1 ms (GtG). Faktanya, ini adalah layar gaming 55 inci pertama yang mendukung refresh rate 165Hz.

Hyun Mook Choi, yang mendesain Flex Move Screen, menyoroti tujuan pengembangan produk dengan mengatakan, “Kebanyakan gamer menyukai multitasking, jadi mereka terus mengubah tempat meletakkan monitor utama di meja mereka dan menyesuaikan ukuran dan rasio layar berdasarkan apa yang akan dimainkan.” Flex Move Screen memungkinkan pengguna untuk memilih ukuran layar yang sempurna antara 55- dan 27-inci, serta rasio layar antara 16:9, 21:9 dan 32:9. Selain itu, fitur ini juga membantu pengguna menemukan postur paling nyaman dengan menyesuaikan posisi layarnya dalam layar besar 55 inci.

Ark Dial, pengontrol eksklusif untuk Odyssey Ark, dirancang untuk para gamer yang terus menerus menyesuaikan setting untuk menghemat waktu dan menemukan shortcut. Pengguna dapat dengan mudah mengubah tata letak dan pengaturan layar dengan Ark Dial serta mengontrol Multi View dengan cepat dan mudah. “Tes internal menunjukkan bahwa Ark Dial secara drastis mengurangi waktu untuk setting dari sekitar satu menit menjadi lima detik,” kata Kim. “Untuk tes Ark Dial, kami bahkan menyewa kendaraan mewah milik kenalan dan menguji seberapa lancar putarannya dan waktu respons jog dial.”

Selain itu, Odyssey Ark menghadirkan audio yang sangat imersif dengan Dolby Atmos pada 60W 2.2.2 channel dan Sound Dome Tech. Choi mendapat wawasan dari ulasan yang melibatkan gamer profesional, T1. “Berlawanan dengan pemikiran kami bahwa semua gamer ingin bermain game memakai headset, mereka lebih suka menggunakan speaker. Ini jelas menunjukkan bahwa arah suara yang sempurna dan efek suara yang seolah hidup dari game sangat penting.” kata Choi. “Itulah sebabnya Odyssey Ark menawarkan speaker multi-channel dan woofer tambahan.”

Studi dan Pengujian Berkelanjutan untuk Menciptakan Konsep Produk yang Benar-Benar Baru

Menciptakan produk baru berarti pengujian, eksperimen, dan studi yang terus-menerus. Selain itu, memperkuat kegunaan layar besar di meja adalah tugas yang menantang. Mereka mengadopsi kelengkungan 1000R untuk mengoptimalkan viewing angle jarak dekat dari layar 55 inci ini. Pelat tipis untuk bagian bawah membantu gamer menggunakan ruang secara efisien bahkan dengan layar yang besar.

Kim mengeksplor lebih dari 500 video tentang dekorasi ruang gaming dan film dokumenter terkait game untuk mempelajari bagaimana para gamer mendekor dan mengatur ruang mereka. “Untuk mengembangkan layar game melengkung 1000R 55 inci yang belum pernah ada sebelumnya, saya menonton video yang menampilkan kehidupan sehari-hari para gamer dan menganalisis gaya hidup mereka,” katanya.

Kemudian, mereka membuat maket produk dengan menggunakan form board dan melihat layar dengan proyektor untuk menemukan ukuran dan kelengkungan layar yang sempurna serta untuk mewujudkan ambisi Cockpit Mode vertikal.

Lee melakukan tinjauan selama dua minggu yang melibatkan gamer kawakan di AS dan mempelajari setiap detail kebutuhan gamer terkait fitur dan antarmuka. “Selama perjalanan bisnis empat hari, saya harus berurusan dengan berbagai masalah dan respon sepanjang siang dan malam. Tapi itu adalah waktu yang sangat berarti sehingga saya bahkan lupa betapa lelahnya saya!” kata Lee.

Setiap fitur baru membutuhkan waktu dan usaha yang signifikan karena banyak orang dari departemen yang berbeda bekerja sama untuk memverifikasi UX, GUI, kompatibilitas dengan fitur konvensional dan quality control. “Saya pikir ini adalah proyek pertama di mana begitu banyak orang dari berbagai departemen bergabung bersama untuk satu produk,” kata Choi. “Sungguh luar biasa bahwa setiap orang secara aktif berpartisipasi dalam proyek ini.”

Odyssey Ark Akhirnya Hadir. Lalu, Selanjutnya Apa?

Odyssey Ark mengejutkan dunia dengan layar gaming terbaik di kelasnya. Tetapi ketika ditanya tentang rencana selanjutnya, setiap ahli dengan seragam mengatakan, “Ini baru permulaan.” Lee berkata, “Ark itu masih dalam tahap awal. Kami akan terus memperbarui produk dengan mencerminkan preferensi para gamer.” Kim menambahkan, “Saya ingin mengatasi batasan fisik dan membuat layar yang lebih baik.” Choi berbagi ambisinya dengan mengatakan, “Kami akan melakukan segala yang mungkin untuk memungkinkan pengguna membenamkan diri dengan mulus dalam game apa pun dengan Ark.” Ke depannya, Odyssey Ark akan terus membuka kemungkinan baru bagi para gamer.

Samsung Odyssey Ark telah tersedia untuk konsumen Indonesia pada harga Rp. 42.999.000 di toko online Samsung.com/id. Hingga 31 Desember 2022, dapatkan penawaran khusus berupa potongan harga Rp 3.000.000 dan bonus hadiah langsung Samsung The Freestyle.

LINE dan Yahoo! JAPAN Gelar Tech-Verse 2022

Tech-Verse 2022

tabloidpulsa.idLINE Corporation dan Yahoo Japan Corporation telah merampungkan integrasi bisnis mereka pada tahun 2021 lalu, tetapi tahun ini menandai pertama kalinya kedua perusahaan mengadakan dan bekerja sama menggelar konferensi teknologi bersama Tech-Verse 2022.

Acara streaming Tech-Verse 2022 yang disiarkan secara langsung telah dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 November, dengan lebih dari 50,000 orang bergabung dalam acara yang sukses diselenggarakan ini secara daring.

Bersatu di bawah naungan Z Holdings Group, LINE dan Yahoo! JAPAN menyajikan sebanyak 86 sesi tentang berbagai topik terkait teknologi, berfokus pada tantangan dan solusi terkait data/AI, sisi server, aplikasi seluler, dan infrastruktur.

Tech-Verse 2022 dimulai dengan sesi pembukaan yang menampilkan CTO LINE Tomohiro Ikebe dan CTO Yahoo! JEPANG Masahiko Kokubo. Kedua CTO membahas kebutuhan untuk mengatasi berbagai tantangan yang penting seperti pertumbuhan data, keamanan dan perlindungan privasi, serta kewajiban untuk memastikan keandalan informasi, yang terus berkembang seiring dengan munculnya “era informasi”. Sesi ini kemudian diikuti dengan presentasi tentang strategi dan visi terkait teknologi dari kedua perusahaan yang menerangkan jika keduanya berupaya untuk memenuhi tanggung jawab serta berkomitmen untuk terus berkembang.

Ikebe juga memperkenalkan Information Universe (IU), platform data LINE yang dirancang khusus untuk mengelola data dalam jumlah besar secara efisien dan aman, serta menghadirkan pembaruan di LINE Blockchain.

Information Universe (IU)

LINE, yang memulai layanannya pada tahun 2011 dan saat ini memiliki hampir 200 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) secara global, telah membangun platform data yang dirancang untuk mengelola beban kerja data berskala besar serta mendemokratisasi analitik data, yang kami sebut Information Universe (IU). Selain IU, perusahaan juga telah membangun dan memanfaatkan MLU (Machine Learning Universe), sebuah platform milik LINE untuk memanfaatkan akumulasi data untuk pembelajaran mesin.

Lebih jauh lagi, Ikebe mengumumkan bahwa LINE telah berinvestasi dalam Federated Learning dengan Privasi Diferensial — Federated Learning menjadi jenis pembelajaran mesin terdistribusi yang mengurangi informasi dari perangkat individu, sedangkan Privasi Diferensial mengacu pada pendekatan statistik terhadap privasi yang melindungi privasi dengan menyuntikkan noise. Secara bersama-sama, pendekatan ini memungkinkan pengembangan pembelajaran mesin dan peningkatan kenyamanan dalam melindungi privasi pengguna.

LINE Blockchain dan Peluncuran Mainnet Generasi Ketiga

Pada sesi pembukaan, Ikebe juga mengumumkan perilisan mainnet generasi ketiga di akhir tahun ini. LINE telah meneliti dan mengembangkan blockchainnya sejak 2018 lalu, dan saat ini mengoperasikan berbagai layanan serta platform NFT terkait seperti DOSI dan LINE NFT. DOSI dan LINE NFT dirancang berdasarkan LINE Blockchain, teknologi blockchain milik perusahaan. Saat ini mainnet terbaru tengah dirilis dan dikembangkan sebagai proyek open source, serta akan menyediakan fungsi smart contract menggunakan WebAssembly, untuk meningkatkan kinerja aplikasi web.

CTO Yahoo! JAPAN Kokubo kemudian melanjutkan sesi tersebut dengan menghadirkan kasus-kasus teknologi baru yang diperkenalkan dalam data/AI dan keamanan, sehingga layanan dapat digunakan dengan lebih nyaman dan aman. Rekomendasi AI diberikan sebagai contoh representatif tentang bagaimana teknologi AI mengubah layanan lama, menghasilkan daftar dan pengelompokan rekomendasi kategori secara otomatis.

Kokubo juga menjelaskan bagaimana Yahoo! JAPAN sedang membangun platform data/AI dan memperkenalkan proses konfirmasi identitas tanpa kata sandi berdasarkan protokol FIDO (Fast Identity Online) untuk memberikan pengalaman dan keamanan pengguna yang lebih baik. Yahoo! JAPAN bergabung dengan FIDO Alliance pada tahun 2014 untuk memperkuat keamanan dan menjadi kasus pertama di dunia yang menerapkan autentikasi bersertifikasi FIDO2 untuk layanan komersial bagi konsumen.

Setelah sesi pembukaan, developer dari LINE, Yahoo! JAPAN, dan beberapa perusahaan Z Holdings Group lainnya — termasuk dely Inc., Demae-can Co. Ltd., Ikyu Corporation, ValueCommerce Co. Ltd., Z Lab Corporation, dan ZOZO Inc. — berbagi wawasan yang diperoleh tiap-tiap perusahaan melalui inisiatif operasi dan R&D. LINE dan Yahoo! JAPAN berencana memperkuat kemitraan mereka untuk mengatasi tantangan teknis yang dihadapi dan menyediakan layanan yang lebih nyaman. Di acara Tech-Verse di masa datang kita berharap keduanya dapat berbagi wawasan dan studi kasus secara lebih luas lagi.

Editor's Pick