Home TIPS & TRICK Tips Belajar Menyenangkan di Rumah Saja, Dengan Samsung Galaxy Tab A7

Tips Belajar Menyenangkan di Rumah Saja, Dengan Samsung Galaxy Tab A7

tabloidpulsa.id – Sebagai salah satu efek dari pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Menurut Kemdikbud terdata 220.353 sekolah dan 42.587.055 siswa yang secara otomatis melakukan pembelajaran jarak jauh dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

Dengan pemberlakuan PJJ, mau tidak mau perangkat digital menjadi sebuah perangkat yang penting. Terutama sebagai sarana untuk mengirim dan menerima materi. Dari pengajar ke pelajar dan sebaliknya.

Selain smartphone, perangkat yang cocok untuk digunakan oleh siswa adalah tablet. Membawa layar yang lebih luas ketimbang ponsel, sehingga mudah dibaca dan mudah berinteraksi dengannya. Perangkat tablet juga lebih ringkas untuk dibawa kemana-mana sehingga tidak mengharuskan anak kita untuk duduk di satu tempat yang membosankan.

Salah satu produk tablet yang kami rekomendasikan, karena relatif terjangkau dengan dukungan penuh dari Google, adalah Samsung Galaxy Tab A7. Perangkat ini merupakan perangkat yang tepat untuk digunakan siswa dalam memberikan dukungan bagi keluarga, terutama anak, sehingga mereka bisa belajar, berkreasi, dan segala aspek pendukung dalam proses PJJ.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami punya beberapa tips terkait belajar di rumah. Agar proses kegiatan belajar dapat menjadi lebih menyenangkan di rumah dengan menggunakan perangkat yang tepat.

Belajar Dengan Layar Jernih dan Luas
Samsung Galaxy Tab A7 dilengkapi layar jernih seluas 10,4 inci, yang membuat materi pelajaran tampil jelas dan lega. Tidak hanya itu, perangkat ini juga memiliki fitur yang dinamakan Samsung Kids. Fitur ini dapat menjadi ruang kelas digital di mana anak bisa belajar dan bermain dengan aman.

Untuk mengaktifkan Samsung Kids caranya sangat mudah yaitu dengan menyeret menu layar ke bawah kemudian buka Quick Panel dan klik icon Samsung Kids. Pengguna akan melihat antarmuka khusus Samsung Kids beserta sejumlah aplikasi yang didesain khusus bagi anak-anak. Diantaranya Bobby’s Canvas yang merupakan media anak untuk menggambar di berbagai jenis permukaan. Ada juga Crocro’s Adventure yang merupakan permainan ‘block coding’ dimana anak dapat mempelajari elemen dasar dari pemrograman dan algoritma.

Untuk anak yang membutuhkan pengawasan atau anak yang lebih besar, tersedia fitur ‘Parental Control’. Dengan fitur ini, orang tua dapat memonitor dan memahami perilaku penggunaan tablet oleh anak secara lebih detail. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka oleh anak dan berapa jam penggunaannya. Fitur ini juga membantu membatasi ‘screen time’ anak serta membatasi mereka untuk membuka konten yang kurang atau tidak layak buat anak. Sebagai contoh, orang tua dapat mengatur kapan anak dapat membuka aplikasi Google Classroom dan kapan tidak dengan mengatur waktu berdasarkan jam. Orang tua juga dapat membatasi anak membuka aplikasi media sosial setelah jam belajar usai dalam pengaturan ‘daily playtime’.

Menggali Potensi Anak
PJJ juga menuntut anak mengerjakan tugas menggunakan rekaman video. Ini dapat menjadi potensi mengembangkan kemampuan ekspresi diri. Anak bisa memanfaatkan kamera utama atau kamera belakang Galaxy Tab A7 untuk melatih berekspresi. Berekspresi ini juga termasuk didalamnya kemampuan ‘public speaking’. Dengan kamera beresolusi 8 megapiksel plus fitur autofocus, tablet ini dapat diandalkan untuk merekam video beresolusi 1080p pada kecepatan 30fps. Buat rekaman, lihat hasilnya, analisa bersama untuk kesempurnaan dan rekam kembali hingga didapat hasil yang lebih baik. Bila dilakukan berulang-ulang, anak akan menjadi terbiasa dan menimbulkan kepercayaan diri untuk tampil di depan umum.

Anda dapat memanfaatkan fitur Quick Share untuk berbagi file rekaman tadi dengan anggota keluarga lain secara mudah, khususnya mereka yang memiliki perangkat Galaxy lain yang berdekatan. Cara mengakses fitur ini cukup mudah, yaitu dengan mencari menu Quick Share dari panel menu ‘dropdown’. Anda dapat berbagi file berukuran besar ke 5 perangkat Galaxy lainnya pada saat bersamaan.

Bertatap Muka Secara Digital Dengan Aman
Satu-satunya cara aman bagi anak untuk bertemu dan bermain bersama temannya adalah menggunakan aplikasi video conference. Samsung Galaxy Tab A7 dilengkapi kamera depan yang diposisikan tepat di bagian tengah atas tablet. Tentunya ini memudahkan Anak saat melakukan video conference dalam tampilan layar landscape. Pandangan mata anak akan tepat ke tengah layar sehingga tampilan ‘face-to-face’ dengan teman sekelas dan gurunya bisa tercipta secara akurat.

Samsung Galaxy Tab A7 ditenagai prosesor Snapdragon 662 yang mampu mendongkrak performa tablet secara maksimal. Wajar jika perangkat ini mampu bekerja optimal untuk pengalaman hiburan bagi anak dan keluarga. Banyak fitur atau aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk media hiburan ini. Anak dan keluarga dapat menikmati hiburan atau menciptakan suasana kebersamaan di rumah. Misalnya saja berolahraga bersama dengan video tutorial di aplikasi YouTube, memasak bersama, mencoba hal baru bersama dan banyak keseruan lainnya.

Dengan engine yang mumpuni Tab A7 juga mampu menjalankan game populer saat ini. Untuk itu, Samsung menyediakan dukungan Quad Speakers untuk bermain game dan hiburan lainnya. Quad speaker ini bisa menyajikan pengalaman mendengarkan audio yang lebih powerful dengan dukungan Dolby Atmos. Nikmati fitur ini dengan headphone yang kualitas sehingga suasana audio bioskop dapat dinikmati di rumah.

Samsung Galaxy Tab A7 sudah tersedia di Indonesia dalam pilihan warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000. Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 15 Desember 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp.449.000 yang dapat di redeem di aplikasi Samsung Gift Indonesia. (aldrin/usi)

Previous articleUC Harbolnas 12.12 Hadirkan Segudang Hadiah di Akhir Tahun
Next articleAcer Luncurkan 5 Laptop Terbaru dengan Intel Core Generasi ke-11
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here