Home BLOG Bermain-main dengan Fitur Game Reno5 F

Bermain-main dengan Fitur Game Reno5 F

bermain-main dengan fitur game
OPPO - PR

tabloidpulsa.id – Sesuai dengan janji kami di tulisan review OPPO Reno5 F kemarin, kali ini kami akan bahas lebih banyak ke fitur-fitur yang mempengaruhi kenyamanan kita dalam bermain game di OPPO Reno5 F. 

Karena Reno5 F menggunakan ColorOS 11, maka besar kemungkinan fitur yang akan kita bahas berikut juga bakal ditemukan di produk-produk dengan versi OS yang sama. Meskipun kami tidak bisa memberikan jaminan.

Catatan: Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.

Game Assistant, Tempat Bernaung Fitur-Fitur Keren

Setelah membahas fitur Ruang Game atau Game Space di tulisan sebelumnya, berikutnya kita akan membahas fitur game Assistant, atau asisten game. Anda bisa mengaksesnya ketika memainkan game. Lalu cari tombol mengambang yang ada di sisi kanan atau kiri permainan, kemudian geser ke dalam layar permainan untuk membuka sebuah area segi empat berisi setingan baru.

Area setingan baru ini menampilkan informasi CPU, GPU dan FPS di bagian paling atas, lalu di bawahnya ada ikon-ikon: facebook messenger, Whatsapp, notifikasi bertitik (bullet messaging sih seharusnya), Tolak panggilan telepon, blokir notifikasi, Screenshot, Screen recorder dan pesan (sms).

Anda bisa berinteraksi dengan ikon-ikon ini. Sentuh ikon-ikon ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsinya. Di mana tanda atau ikon yang berwara hijau (atau menyala) berarti sudah aktif dan sebaliknya jika berwarna putih, berarti belum aktif.

Lalu di bawahnya ada kotak lain lagi yang isinya ada pengaturan Focus Mode atau dalam bahasa Indonesia disebut Mode Fokus ke game, Mode Kinerja (untuk mengatur mode bermain yang sudah dijelaskan sebelumnya), Putar otomatis atau autoplay, dan berita game.

Di bagian bawah kotak ini ada tulisan eksklusif untuk “ruang game”. Sementara di bagian kiri pengaturan game assistant ini ada slider untuk mengatur kecerahan layar, dengan tanda kunci di atasnya, supaya saat bermain game tidak ada gangguan keredupan cahaya secara otomatis.

Mode Fokus, Hidupkan Satu untuk Matikan Semua

Di dalam fitur game assistant ada satu mode yang direkomendasikan jika Anda membutuhkan fokus luar biasa penuh hanya untuk game. Sesuai namanya, fitur ini disebut sebagai Focus Mode atau mode fokus.

Mode ini akan secara otomatis mematikan sejumlah fungsi, atau bisa dibilang mengaktifkan pemblokiran terhadap serjumlah fungsi yang dapat mengganggu permainan Anda. Jadi sebelum mengaktifkannya, lebih baik pelajari dulu apa saja fungsi yang diblokir dan apa efeknya jika dimatikan.

Mode fokus akan mematikan fungsi alarm, jadi semua daftar alarm yang berlangsung saat Anda bermain game tidak akan muncul. Pastikan bahwa Anda memang tidak punya rencana penting atau alarm meminum obat di rentang waktu bermain game.

Mode fokus juga mematikan semua notifikasi. Bagusnya nih, semua aplikasi yang tadinya diset untuk memunculkan notifikasi akan dimatikan untuk sementara. Pastikan AAnda tidak sedang memesan makanan lewat aplikasi, karena kalau sudah di depan rumah mereka tidak bisa menghubungi Anda melalui aplikasi.

Karena Mode fokus juga akan menolak semua panggilan masuk, maka kurir makanan Anda akan tertahan di depan rumah. Kasian ya? Pastikan sebelum bermain game, Anda sedang tidak membutuhkan koneksi telepon ya, tidak ada janji, atau tidak punya pacar yang posesif. Kenapa jadi curhat?

Mode fokus juga mematikan semua fungsi pengaturan cepat, navigasi menggunakan gesture seperi swap kanan kiri untuk kembali dan keluar dari aplikasi, dan terakhir juga akan mematikan fungsi game assistant yang baru saja dibahas di point sebelumnya.

Anda akan benar-benar fokus saat bermain game, seakan berada di dalam gua. Menariknya, dengan mode ini, sistem hardware pun akan fokus ke fungsi ini saja, termasuk koneksi yang akan makin lega. Seharusnya demikian.

Bullet Messaging, Agar Tetap Terhubung dengan Dunia Nyata

Oke, kalau Mode Fokus dirasa terlalu ekstrim, maka kita bisa kembali ke Menu Game Assistant untuk mengapresiasi salah satu fungsi yang disebut dalam bahasa Indonesia Notifikasi bertitik.. atau Bullet Notification.

Apa sih maksudnya? Mode notifikasi bertitik ini memungkinkan semua notifikasi perpesanan untuk tertampil dalam bentuk running text atau teks berjalan di sudut yang paling pas dengan arah pandangan mata gamer.

Kalau di acara teleisi, running text ini ada di bawah nah Bullet Notification ini akan terletak di sedikit lebih tinggi dari area tengah permainan. Jadi kalau Anda sedang bermain game tembak-tembakan, area cross hair tidak akan terganggu oleh teks ini.

Dan karena teks ini ditampilkan tanpa bakcground dan bisa kita ubah opacitynya, maka tidak akan mengganggu pandangan gamer. Baik ketika mengendap-endap di game PUBGM misalnya, atau tengah sibuk menahan gemouran hero lawan sambi memertahankan tower di AoV.

Oh iya saat tulisan ini dimuat, sedang berlangsung ASL 2021 Spring Week 1. Berlangsung sejak hari ini 7 April hingga 9 April. Dan yang nonton juga berkesempatan mendapat hadiah giveaway berupa OPPO Reno5. Cek beritanya di sini *LINK.

Floating Window alias Jendela Mengambang

Berikutnya adalah mode floating window pada game. Di mana layar game yang tengah aktif bisa tertampil di layar kecil yang mengambang (PIP), dan bisa dipindahkan ke setiap sudut ponsel tanpa menghentikan permainan yang tengah berlangsung.

Fungsinya untuk apa ya? Bisa jadi kalau Anda punya kesibukan di browser misalnya, atau tengah memonitor posisi kurir makanan lewat peta di aplikasi pesan makanan, Anda bisa mengintip layar aplikasi tersebut sambil tetap bermain di layar kecil.

Karena ketika layar mengambang seperti ini, kita masih bisa berinteraksi dengan setiap tombool sentuh yang hadir di game tersebut. Memang jadi lebih kecvil dari biasanya, dan meningkatkan kemungkinan salah pencet, tapi ini lebih baik, ketimbang Anda pindah ke aplikasi secara penuh tanpa tahu apa yang terjadi di dunia game.

Caranya gimana bang? Saat sedang bermain game, kita bisa menekan tombol multitasking, atau garis tumpuk tiga di sebelah tombol virtual home. Atau apabila Anda menggunakan gesture, maka angkat layar dari bawah dan tahan sebentar, lalu lepas untuk masuk ke mode switch app, alias layar multitasking. Temukan window game Anda, Tekan tanda dua titik di atas kanan window app game kita, lalu pilih floating windows, atau dalam bahasa indonesia disebut layar mengambang.

Jika Anda membutuhkan layar game untuk tertampil lebih kecil, tekan garis transparan di atas layar mengambang tadi untuk memunculkan sejumlah pilihan, lalu pilih Mini Window atau ikon paling kanan.

Sayangnya saat masuk mode mini window, kita sudah tidak bisa mengontrol permainan, hanya bisa melihat apa yang terjadi di dunia game. Kalau dirasa gengting dan Anda harus kembali, cukup tekan layar game di mode mini window ini untuk kembali ke mode floating window.

Saat Anda menutup floating window tanpa sengaja, jangan stres dulu! Karena game ini masih berjalan di bawah sistem, dan Anda perlu memanggilnya kembali dengan cara yang sama ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, atau melalui ikon game yang sedang Anda mainkan, tanpa terlempar dari sesi game yang berlangsung.

Previous articleFitur-Fitur Ini Bikin Auto Betah Main Game di Reno5 F
Next articleAdu Fitur realme 8 vs Samsung Galaxy A32, Mana yang Pantas Dilirik?
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here