Home BLOG Konsol Generasi Berikutnya Makin Mendekati PC

Konsol Generasi Berikutnya Makin Mendekati PC

tabloidpulsa.id – Berbeda dengan perangkat PC, konsol game menawarkan lebih banyak kemudahan bagi penggunanya. Bisa dinikmati dengan kebutuhan daya yang relatif rendah, bisa diakses oleh segala umur, membutuhkan display yang tidak terlalu ribet selama ada port HDMI nya dan lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Namun demikian, meski harganya bisa dibilang lebih murah ketimbang merakit sendiri perangkat komputer dengan spek yang mendekati, konsol yang sekarang mendominasi sudut rumah di seluruh dunia masih punya banyak kelemahan. Terutama pada fleksibilitas tayangan, dimana kita bisa mengatur resolusi, frame rate dan hal lain yang ada hubungannya dengan kenyamanan bermain game.

Seperti yang telah kita ketahui, bermain game di PC atau laptop dengan spesifikasi mendekati konsol terkini (biasa kita sebut current gen-console) pun sanggup meningkatkan pengalaman bermain game dengan meningkatkan framerate tayangan hingga rata di 60fps. Entah harus mengorbankan resolusi yang dibuat lebih rendah, atau harus menambah kartu grafis yang lebih baik, kemudahan untuk mengganti beberapa parameter supaya cocok dengan cara bermain kita adalah salah satu hal yang dimiliki oleh gamer PC.

Current Gen Console, seperti XBOX One dan PS4 tidak menyediakan hal itu. Meski mereka sudah merilis versi yang sudah diperbaiki seperti XBOX X dan PS4 Pro pun, kita sulit untuk mendapatkan pengalaman yang sama di sisi grafis dengan gamer PC di seluruh daftar game yang ada. 

Nah, musim liburan Musim Dingin tahun 2020 ini, Microsoft dan Sony sudah mengumumkan konsol generasi berikutnya. Yakni XBOX Series X (dan varian Series S) dan Playstation 5. Sony Indonesia secara resmi telah mengumumkan akan membuka kran pre order pada tanggal 18 Desember besok. Dengan harga yang lumayan menjanjikan, sekitar 100 USD lebih mahal ketimbang harga retail saat diumumkan untuk seluruh dunia.

Sementara itu, Microsoft Indonesia tidak akan membawa secara resmi XBOX series X dan S ke Indonesia, sehingga kita harus bergantung pada kecekatan para distributor. Saat ini Anda bisa mendapatkannya di beberapa toko game terkemuka di seluruh Indonesia dengan harga yang bervariasi, mulai dari 6,7 jutaan Rupiah untuk Series S dan 12 jutaan Rupiah untuk Series X.

Apa yang menarik dari kedua konsol ini? Tulisan ini akan sedikit mengulas hal-hal yang bisa kita dapatkan dari Konsol Next Generation serta mengapa kami bilang, mereka kini makin mendekati pengalaman bermain PC.

Playstation 5

Meski terkesan terburu-buru akibat pancingan perusahaan konsol sebelah, Sony akhirnya mengumumkan hadirnya Playstation 5 pada tahun 2019. Kenapa buru-buru? Karena saat itu Sony belum menampilkan apa-apa, baru spesifikasi dan logo saja tanpa ada info tambahan.

Konsol ini diumumkan akan hadir pada tahun ini 2020 dan akhirnya konsol ini dipamerkan untuk pertama kali secara publik pada tanggal 11 Juni 2020.

PS5 akan membawa CPU custom AMD Zen2 yang mampu bekerja pada kecepatan 3.5GHz. Dipersenjatai dengan GPU custom dengan arsitektur RDNA 2, memiliki 36 CU (compute unit) yang bekerja optimal pada kecepatan 2.23 GHz dan berdaya komputasi 10.28 teraflop. GPU ini juga membawa fitur realtime ray tracing, layaknya GPU-GPU kekinian yang dimiliki oleh PC Gaming kelas atas.

Tidak berhenti sampai di situ, kami pun harus menyebutkan RAM yang digunakan yakni 16 GB GDDR6 SDRAM dengan bandwidht 448 GB/s dan juga media penyimpanan berupa SSD dengan 12 channel dan keepatan hingga 5.5 GB/s.

Apa yang kita baca dari gambaran spesifikasi di atas adalah: sebuah hardware yang bisa diandalkan untuk bermain game dengan tampilan 4K dan frame rate hingga 120fps. Wow kan?

Kita hanya perlu menambahkan perangkat TV yang sesuai. Kami menyarankan kita menyiapkan TV dengan port HDMI 2.1. Port ini mampu mendukung resolusi 4K (3840×2160), 8K (7680×4320) bahkan 10K. Termasuk dukungan HDR dan variabel refreash rate yang merupakan fitur unggulan dari PS5.

Gamer PC mungkin mengenal AMD Freesync, nah ada kemungkinan PS5 juga membawa fitur serupa entah secara build in pada komsol atau disematkan pada software game.

Dengan TV yang tepat, Anda akan menemukan pengalaman bermain game layaknya gamer PC dengan framerate tinggi dan rendah latency, sambil duduk di sofa bersama keluarga.

XBOX series X/S

Berbeda dengan Playstation yang hanya merilis satu konsol, dengan dua pilihan varian, dengan optical drive atau tidak, XBOX anyar dirilis dalam dua konsol berbeda, dengan desain dan pendekatan yang juga berbeda.

Paling tinggi adalah XBOX series X. Bentuknya lebih mirip dengan box speaker aktif, atau casing komputer Mini. Tapi tidak lebih besar dari PS5. Dalemannya juga relatif sama. Meski di sisi hardware XBOX Series X terlihat sedikit lebih unggul. 

Semisal di sisi CPU, XBOX series X memiliki clock speed yang lebih baik yakni 3.8 GHz. Juga di GPU, XBOX Series X membawa Custom AMD Radeon RDNA Nabi dengan CU yang lebih banyak yakni 52 dengan kecepatan 1,825 GHz dan daya komputasi 12 teraflops.

Kemudian di sisi ruang penyimpanan internal, XBOX series X kembali lebih unggul karena telah menyiapkan 1TB tanpa tersentuh, berbeda dengan PS5 yang hanya membawa sekitar 825GB.

Tapi ini hanya catatan spesifikasi di atas kertas. Masing-masing konsol tentu memiliki arsitektur yang berbeda dan itu akan diperlihatkan oleh bagaimana mereka mengeksekusi game atau konten ke hadapan gamer.

Ya, XBOX series X juga menawarkan pergalaman gaming yang serupa PC di sisi grafis. Yaitu tampilan game dengan resolusi tinggi dan framerate dinamis hingga 120 Hz. Menarik bukan?

Lalu bagaimana dengan XBOX Series S? produk ini merupakan alternatif untuk mereka yang tidak terlalu membutuhkan resolusi tinggi. Tetap menawarkan framerate yang sama, Series S hanya mampu menampilkan gambar hingga resolusi 1440p atau setara QHD. Dengan harga yang relatif lebih murah dan ukuran yang lebih kecil.

Jadi, konsol apa yang akan Anda bawa pulang nanti? Happy Gaming and Stay Safe!

Previous articleDJI Pocket 2, Perbaikan di Semua Lini
Next articleDJI MINI 2 : Sang Pengganti Mavic Mini, Bagai Langit dan Bumi
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here