Home REVIEW Review ROG Phone 5s Pro | Versi Terbaik, Tetap Dikemas Unik

Review ROG Phone 5s Pro | Versi Terbaik, Tetap Dikemas Unik

ROG Phone 5s Pro

tabloidpulsa.id – Setelah merilis ponsel gaming ROG Phone 5 yang telah kami review di tulisan ini (LINK) pada Juni lalu, akhir tahun ini ASUS kembali memperkenalkan seri ROG Phone anyar yang diberi label ROG Phone 5s. Dan varian paling tinggi, ROG Phone 5s Pro telah masuk ke meja redaksi dan siap kami review meskipun dalam waktu yang relatif singkat.

Membawa nama ROG (Republic of Gamers) kontan menjadi sebuah beban bagi ponsel ini agar bisa menjadi benchmark di ranah game pada perangkat ponsel. Hal ini sudah dicoba oleh produk-produk sebelumnya dengan cara memaksimalkan spesifikasi hardware yang ada, semisal menggunakan chipset terbaik yang ada pada saat ponsel itu diperkenalkan, hingga yang paling ekstrim adalah dengan menempatkan tombol-tombol dan port yang memudahkan untuk bermain game.

ROG Phone 5s Pro pun demikian. Setelah berselang 6 bulanan, tentu saja dunia per-chipset-an sudah mengalami perkembangan, meskipun tidak terlalu signifikan. Ponsel ini tetap berupaya menampilkan chipset terbaik di kelasnya untuk saat ini.

Berikutnya di sisi kapasitas memori internal, juga telah disajikan dalam besaran terbaik yakni 512 GB. Belum lagi RAM, baterai dan sebagainya. Tanpa perlu banyak berbasai-basi lagi, cek review kami berikut ini.

Harga: Rp 18.999.000
Pilihan Warna: Phantom Black
Paket Penjualan: Ponsel ROG Phone 5s Pro, Hard Case, Charger Adaptor Fast Charging 65W, Kabel data USB Type C, AeroActive Cooler 5, karet seal cadangan, Buku manual.

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)172.8 x 77.3 x 9.9 mm/ 238 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi 6
Sistem Operasi (OS)ROG UI berbasis Android 11
Supported storage eksternalNo
Layar inci – Tipe Screen6.78 inci, ~82.0% screen-to-body ratio, 1080 x 2448 pixels, 20:9 ratio (~359 ppi density),  AMOLED, 144Hz, Gorilla Glass Victus, ROG Vision Monochrome PMOLED display (belakang)
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 888+ 5G (5nm); Octa-core (1×2.99 GHz Kryo 680 + 3×2.42 GHz Kryo 680 + 4×1.8 GHz Kryo 680, GPU: Adreno 660
RAM & Internal Storage18 GB RAM/ 512 GB ROM UFS 3.1
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang triple: 64 MP f/1.8 13 MP f/2.3 Ultrawide 5 MP f/2.4 Super Macro Video: 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@240fps   Depan Single: 24 MP f/2.5 Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)6000 mAh Li-po (non-removable), 65W Fast Charging

FITUR:

Baca Juga:  Review Xiaomi Mi 10T: Spesifikasi Flagship, Harga Terjangkau
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYaSistem PendinginYa

PLUSMINUS

KelebihanKekurangan
– Chipset flagship, dengan overclocking
– Sistem pendingin baru
– Tombol gaming touch sensitive tambahan
– Tata letak Port charging kedua yang gaming pisan
– Audio tersaji secara stereo dengan pemisahan yang akurat
– Layar AMOLED 144 Hz
– Pengisian daya baterai cepat hingga 65 Watt AeroActive Cooler ada di paket penjualan
Back Cover terlalu glossy sehingga mudah meninggalkan sidik jari
– Dirasakan ada sedikit panas berlebih, meski tidak separah produk sebelumnya

Desain dan Paket Penjualan

Sebelum masuk membahas desain ponsel secara keseluruhan, ada satu hal yang menarik, yakni pada bagian kemasan ponsel ini. Kardus ponsel ini membawa banyak persegi. Bukan kotak sederhana yang biasa digunakan ponsel lain. Cara membukanya pun unik, yaitu dengan menarik ujung bagian kanan dan kiri. Itu pun kita tidak akan langsung mendapati ponselnya, melainkan ilustrasi bak komik yang cukup menarik.

Baca Juga:  ASUS Tawarkan Diskon Rp 6 Juta di Hari Terakhir Indocomtech

Dalam paket penjualan ini, selain ponsel, Anda pun bisa menemukan aksesoris wajib semisal charger adapter 65W lengkap dengan kabel data USB Type-C, hard case untuk melindungi ponsel, sebuah cooler AeroActive dan beberapa karet seal cadangan untuk menutup bagian lubang yang terpapar, supaya tidak berdebu.

Beralih ke ponselnya, sama halnya dengan Rog Phone sebelumnya, sebagian besar bagian ponsel terlindungi oleh lapisan kaca keras, sehingga menjadi glossy. Ada bagian kecil pada back cover ini yang mampu menampilkan sejumlah logo, semisal logo ROG atau gambar lain yang bisa kita atur kemudian dari fitur Armoury Crate.

Ponsel ini bisa dibilang mengambil konsep kokoh dan “laki” banget, melalui ukuran ketebalan yang cukup membuatnya terasa bongsor, baik ketika dilihat maupun saat dipegang.

Masuk akal sih, karena selain membawa chipset dengan teknologi pembuangan panas yang lebih baik dari produk terdahulu dan baterai berkapasitas besar, ponsel ini juga harus menyertakan sejumlah tombol sentuh bawaan, semisal tombol punggung (L+B) dan port charger tambahan yang tidak mengganggu posisi saat kita ngegame.

Layar AMOLED dengan Perlindungan Ekstra

Sebagai ponsel gaming, ROG Phone 5s Pro juga membawa layar yang sudah mumpuni. Terutama di sisi resolusi serta refresh rate tinggi 144Hz. Meskipun belum terlalu banyak game yang mendukung frame rate tinggi.

Soal AMOLED dengan resolusi 2448 x 1080 pixel yang dibawa, tentu saja di sisi tampilan layar ini akan memanjakan mata. Namun soal sensivitasnya terhadap perubahan suhu saat bermain game yang kerap menghadirkan masalah pada responsivitas juga menjadi sesuatau yang tak bisa dielakkan.

Baca Juga:  ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop OLED Powerful dan Terjangkau

Beruntung ponsel ini memiliki sejumlah aksesoris tambahan yang akan membuat pengalaman gaming Anda makin seru. Rekomendasi kami sih adalah ROG Kunai 3 yang khusus untuk ROG Phone 5s, aksesoris ini akan memindahkan semua tombol virtual ke tombol fisik. Tapi dijual terpisah ya.

Dan sebagai ponsel yang bakal digunakan untuk beraktivitas ekstrim, layar ponsel ini pun telah dilindungi dengan Gorilla Glass Victus.

Performa Gaming

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa ponsel ini membawa chipset terbaik di kelasnya saat ini, yakni chipset flagship besutan Qualcomm yakni Snapdragon 888+. Bersama dengan GPU Adreno 660, chipset ini sudah mengalami overclocking atau peningkatan kinerja dari versi biasa, bahkan hingga 35% lebih baik dari seri ROG Phone generasi sebelumnya.

Dengan demikian, ponsel ini bisa dibilang aman dan mampu mengatasi semua kebutuhan game mobile yang ada saat ini. Sampai ke setingan rata kanan lah ibaratnya. Karena dilengkapi juga dengan RAM terbaik di kelas ponsel yakni 18GB RAM LPDDR5, juga penyimpanan 512GB.

Nah ini yang paling penting, origin-nya Snapdragon 888 family memang menghasilkan panas yang lumayan signifikan ketimbang seri yang lain. Dengan demikian merupakan salah satu tantangan bagi vendor untuk bisa menciptakan sistem pembuangan panas yang paling efektif, atau menurunkan kinerja chipset ini.

Opsi kedua tentu saja tidak diambil oleh ASUS, bahkan mereka melakukan overclocking alias memanfaatkan seri SD 888+. Dan ROG Phone 5s Pro memperkenalkan sistem pendingin baru GameCool 5 yang menggunakan struktur termal yang baru dan lebih optimal.

Hasilnya tentu sangat bervariasi, tergantung kinerja hardware saat itu. Maka dari itu kami mengapresiasi keputusan ROG PHONE dalam menyertakan AeroActive Cooler dalam paket penjualannya. Karena dengan aksesoris kecil ini, pendinginan pada chamber ponsel akan berjalan lebih baik lagi.

Seperti yang telah dijelaskan oleh pihak ROG phone bahwa komponen yang menyebabkan panas diletakkan sedemikian rupa sehingga berada di tengah-tengah ponsel. Dengan demikian tidak mengganggu pengguna saat bermain, dan juga bisa langsung diinginkan langsung di titik panas oleh AeroActive Cooler.

Kamera Tidak Sekedar Ada

Beralih ke sisi fotografi (dan videografi), ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera belakang dengan konfigurasi 3 kamera, terdiri dari kamera utama bersensor Sony IMX686 64MP f/1.8, kamera ultrawide 13MP f/2.4 dan kamera macro 5MP f/2.0.

Sementara di depan, ponsel ini menggunakan kamera 24MP dengan teknologi Quad Bayer f/2.45 yang setara dengan lensa 2.7mm. Kamera ponsel ni mampu menghasilkan foto yang apik dalam pencahayaan yang redup sekalipun, juga mampu digunakan untuk merekam video 4K bahkan 8K.

Baterai Besar

ROG Phone 5s Pro membawa baterai berkapasitas besar. Dengan teknologi dual battery, kapasitas total baterai ponsel ini adalah 6000 mAh.

Untuk melakukan pengisian daya yang efektif, ponsel ini pun kemudian membawa teknologi fast charging 65W, yang dipercaya mampu mengisi daya dari nol sampai penuh hanya membutuhkan waktu 52 menit.

Kesimpulan Sayangnya, ponsel ini hadir agak terlambat di tahun 2021 ini. Kalau saja lebih awal, bukan tidak mungkin ponsel ini masuk sebagai salah satu kandidat juara ponsel terbaik untuk nge-game versi PULSA Editors’ Choice 2021. Memuat semua hal terbaik yang ada di pasaran saat ini, ROG Phone 5s Pro ini layak disebut Flagshipnya para Mobile Gamer.             

Previous articleIndosat Luncurkan Local Content Creator Solo 2021
Next articleDOKU Dukung Universitas Hasanuddin Wujudkan Kampus Digital
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here