Home GADGET Review OPPO Enco Air2 Pro | Dengan ANC dan IP54

Review OPPO Enco Air2 Pro | Dengan ANC dan IP54

oppo enco buds air2 pro

tabloidpulsa.id – Bersamaan dengan penjualan perdana OPPO Reno8 Pro 5G dan Reno8 Z 5G, OPPO juga mulai menjual produk TWS premium mereka yakni Enco Air2 Pro. Dijual lebih mahal dari Enco Buds2 yang kami review di sini, produk ini membawa sejumlah kelebihan, fitur-fitur mewah juga desain yang memanjakan mata.

OPPO Enco Air2 Pro hadir dengan teknologi anti kebisingan dua arah. Artinya tidak hanya untuk panggilan saja, melainkan juga ANC untuk kenyamanan mendengarkan konten yang lebih fokus, layaknya TWS profesional dan premium lainnya.

Harga: Rp 1.099.000
Pilihan Warna: Putih
Paket Penjualan: TWS Enco Buds Air2 Pro, charging case, kabel data, 3 ukuran pilihan eartips, Buku manual.

Spesifikasi

  
Dimensi & Berat (mm&gram)66,84 x 51,45 x 25,04 mm / 41,8 gr (casing) ; 4,3 gr (earbuds)
SensorBluetooth 5.2 Binaural Audio
SeritifikasiIP54
AppHey Melody
Driver12.4 mm dynamic driver, 110.5 +- 3 dB@1kHz, 20 Hz – 20 kHz
CodecAAC. SBC
BateraiLi-ion 43 mAh (earbuds), 440 mAh (Charging case); 90 menit pengisian earbuds, 120 menit pengisian case
KELEBIHANKEKURANGAN
Memiliki fitur ANCHarga relatif mahal
Dual Mic untuk panggilan yang lebih jernih 
Driver besar dengan chamber yang mumpuni sehingga suara bisa dikeluarkan dengan solid 
Daya tahan baterai cukup lama 

Desain Unik di Casing dan Buds

Sekilas kita melihat ada yang aneh di casing Enco Air2 Pro ini. Hal yang sama dirasakan ketika kita melihat bagian buds nya. Kalau dilihat dari foto saja, terlihat ada yang unik. Yok, kita bahas satu per satu.

Pertama dari sisi casingnya. Sepertinya membawa semangat “Gelembung Udara” seperti di Buds Air terdahulu, OPPO membuat casing charger TWS ini terlihat separuh transparan. Kalau di Enco Air kan benar-benar transparan dengan warna tint sekitar 80%. Tidak benar-benar tranparan namun kita masih bisa melihat buds yang tersimpan ketika bertemu dengan cahaya yang tepat.

Baca Juga:  Review OPPO Reno5: Unggulkan Video dan Punya NFC

Nah di Enco Air2 Pro, penutup charging case dibuat dua lapis. Lapisan pertama merupakan lapisan solid, yang ditutupi dengan lapisan transparan di atasnya. Menarik karena ini menandakan konsistensi OPPO ketika membuat seri produk yang senafas.

Lalu beralih ke bagian buds, sekilas di bagian head driver atau bagian paling ujung atas yang masuk ke rongga telinga seperti ada tulisan L dan R. Awalnya kami pikir ini adalah stiker. Namun ternyata OPPO berhasil memberi kejutan, karena tulisan L dan R ini merupakan rongga hollow, alias lubang yang sengaja dibuka.

Kami curiga, lubang ini sengaja dibuat tidak sekedar menjadi petunjuk kanan dan kiri, namun juga berfungsi secara estetika, maupun memberikan dorongan pada performa driver setiap budsnya.

Seperti yang terlihat pada gambar, bentuk budsnya sendiri membawa stem, alias batang yang menjulur ke bawah. Hal ini sangat penting untuk meletakkan mic. Baik untuk berbicara saat panggilan, merekam audio ataupun sebagai mic untuk mendeteksi noise untuk kebutuhan ANC-nya nanti yang bakal kita bahas di bagian khusus.

Budsnya membawa sertifikasi IP54 yang berarti anti percikan air dan debu yang cuku signifikan. Cocok nih buat Anda yang gemar mendengarkan musik sambil berolah raga. Atau mereka yang suka merenung di pinggi kolam renang.

Ukuran Driver dan Teknologi Bluetooth

OPPO Enco Air2 Pro membawa ukuran driver 12,4 mm. Termasuk besar untuk ukuran TWS, mengingat TWS flagship OPPO Enco X saja ukurannya sekitar di 11 mm saja. Dengan semalin besar driver, maka semakin leluasa membran vokal saat menterjemahkan sinyal listrik hingga menjadi suara yang menimbulkan suara yang lebih luas dan mudah dikustom oleh si pembuat TWS.

Rentang suara yang luas ini biasanya banyak dimanfaatkan untuk memberikan dorongan pada frekuensi rendah, karena semakin rendah frekuensi maka semakin bass. Namun tetap menampilkan frekuensi tinggi dengan baik.

Baca Juga:  Canon PowerShot PICK Bisa Mengambil Foto atau Video Secara Otomatis

Saat Anda menonton video atau tayangan dengan musik latar yang sengaja dibuat sinematik, TWS ini akan sangat pas. Pesan yang disampaikan oleh video maker akan terasa lebih mendalam kita rasakan. Secara teori demikian.

TWS ini membawa teknologi Bluetooth 5.2 yang menawarkan latensi rendah dan koneksi yang stabil. Codec Bluetooth yang didukung adalah SBC dan AAC. Jangkauan maksimal dari koneksi Bluetooth ini secara teori ada di angka 10 meter.

Sama seperti Enco lain, kita bisa menghubungkan Enco Air2 Pro ini dengan perangkat ponsel OPPO melalui protokol Pop Open Flash Connect. Cukup buka tutupnya lalu hubungkan dengan ponsel. Setelah terhubung, Anda tingga melakukan hal sama untuk menghubungkannya kembali.

Kualitas Suara untuk Musik dan Bermain Game

Tidak ada yang perlu dikeluhkan di sisi kualitas audio yang dikeluarkan oleh TWS OPPO Enco Air2 Pro ini. Semua jenis musik bisa ditampilkan dengan apik. Baik musik yang penuh dengan bass semisal musik dance elektronik, maupun Jazz dengan vokal yang lembut dan solid. Atau Rock dengan distorsi gitar yang rapat. Kita bisa merasakan semua detail suara dengan baik.

Codec yang didukung oleh TWS ini hanya sebatas SBC dan AAC, alias standar kualiatas audio Bluetooth yang jamak kita temukan di TWS lain. Tapi bukan berarti kita tidak bisa merasakan kualitas musik yang kita dengarkan. Meski tidak se-megah kalau kita mendengarkannya via interface kabel, setidaknya kita bisa merasakan koneksi yang stabil dan suara yang tidak patah-patah.

Seperti biasa kualitas tertinggi ada di AAC. Dan ini masih bisa dinikmati bahkan oleh audiophile yang mencoba mendengarkan musik via Bluetooth.

Untuk urusan gaming, TWS ini akan memberikan latensi yang super rendah. Artinya hampir tidak ada jeda saat suara seharusnya muncul di sistem hingga terdengar di TWS kita. Latency yang hanya 94 ms ini akan membuat kita bisa bereaksi lebih cepat saat mendengar ancaman dari arah manapun.

Baca Juga:  OPPO Luncurkan Reno5 Limited Edition Duo Box

Noise Cancellation Active dan untuk Panggilan

Ada dua teknologi Noise Cancellation di Enco Air2 Pro. Yaitu ANC alias Active Noise Cancellation, yang akan mereduksi suara bising di sekitar kita. Sehingga tidak terdengar atau volumenya jauh berkurang dibanding saat tidak mengaktifkannya.

ANC banyak digunakan untuk mereka yang ingin mendengarkan musik secara totalitas. Anda yang tidak mau ada suara deru motor dari luar, atau hembusan angin AC yang bakal mengganggu, bisa menggunakannya.

Terkadang ANC di perangkat TWS berbentuk buds terasa kurang efektif dibandingkan dengan Headphone berbentuk Over Ear. Tapi di Buds Air2 Pro ini ANC nya cukup membantu. Suara gemericik air ledeng di kamar mandi yang biasanya terdengar akan tereduksi sekitar 80%. Apalagi sambil mendengarkan lagu.

Menariknya, layaknya headphone dengan ANC lain, TWS Enco Air2 Pro ini juga memiliki mode tranparency yang memungkinkan kita mendengarkan suara di sekitar tanpa harus melepas earbuds. Ini penting, demi keamanan dan kenyamanan saat di tengah suasana kerja misalnya.

Lalu bagaimana dengan Noise Cancellation yang diperuntukkan bagi percakapan? OPPO meletakkan dua mic terpisah di setiap buds. Satu untuk  mendengarkan kita berbicara, sementara satu lagi akan mengenali kebisingan di sekitar kita. AI secara cerdas akan memisahkan suara kita dengan suara kebisingan, lalu mereduksi suara bising itu. Lawan bicara pun akan mendengarkan suara kita dengan lebih baik.

Durasi Baterai

Enco Air2 Pro didukung oleh baterai lithium berkapasitas 43 mAh pada earbuds dan 440 mAh pada charging case. Dengan membawa fitur ANC, ini akan cukup menantang. Jika Anda bermaksud mengaktifkan ANC setiap saat, maka daya tahan baterai ini bisa bertahan 20 jam termasuk charger casingnya. Sementara jika Anda tidak mengaktifkan ANC, maka Enco Air2 Pro sanggup mendukung kebutuhan kita hingga 28 jam lamanya.

Kesimpulan

TWS yang lebih profesional dari OPPO, Enco Air 2 Pro ini menawarkan desain yang enak dilihat, juga dengan kualitas audio yang mumpuni. Sebagai bonus, kita bisa mendapatkan fitur Active Noise Cancellation yang efektif meredam kebisingan saat kita mendengarkan musik di kereta misalnya, juga daya tahan baterai yang bisa bertahan seharian dalam sekali charging.

Previous articleTelkomsel Jalin Kolaborasi Strategis Bersama Feedloop dan Dukung Perhelatan BUMN Startup Day22
Next articlePrinter Portable Canon SELPHY CP1500 Resmi Diluncurkan
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here