Home REVIEW Review Redmi Pad SE: Tablet Terjangkau dengan Performa Andal

Review Redmi Pad SE: Tablet Terjangkau dengan Performa Andal

Review Redmi Pad SE

tabloidpulsa.id – Beberapa tahun belakangan, popularitas tablet kembali meningkat. Terutama saat-saat pandemi Covid-19 tengah melanda dunia. Dan hingga saat ini, kebutuhan akan perangkat tablet multi fungsi yang tinggi ini menjadi salah satu alasan Xiaomi menghadirkan pilihan baru tablet untuk hiburan dan produktivitas yang dilabel Redmi Pad SE.

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni di kisaran 2 juta rupiah saja, Redmi Pad SE menawarkan segudang kemampuan untuk mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat. Teknologi dan spesifikasi premium yang dibawanya, siap bersaing dengan tablet sekelasnya yang rata-rata dibanderol di level harga cukup tinggi.

Penasaran seperti apa performanya? Simak review lengkap Redmi Pad SE berikut ini.

Harga: Rp 1.999.000
Pilihan Warna: Graphite Gray, Mint Green
Paket Penjualan: Redmi Pad SE, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector, kartu ucapan

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)255.5 x 167.1 x 7.4 mm / 478 gram
SIM & JaringanNo SIM card; WiFi a/b/g/n/ac, Dual-band
Sistem Operasi (OS)MIUI 14 Pad, berbasis Android 13
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen11.0 inches, 347.5 cm2 (~81.4% screen-to-body ratio), 1200 x 1920 pixels, 16:10 ratio (~207 ppi density), IPS LCD, 90Hz, 400 nits (typ)
Prosesor/ CPUQualcom Snapdragon 680 (6 nm); Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage4 GB RAM/ 128 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Single:
8 MP, f/2.0, (wide), 1/4″, 1.12µm, AF
Video: 1080p@30fps

Depan Single:
5 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/5″, 1.12µm
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)8000 mAh Li-po (non-removable); Fast charging 10W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintTidak
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMTidakMemory externalYa
3G HSDPATidakGyroscopeYa
4G LTETidakQuad SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Snapdragon 680 (6nm) terbaik di kelasnyaTidak mendukung jaringan seluler
Layar 11” FHD+ dengan refresh rate 90HzVarian memori terbatas
Baterai besar dan tahan lamaLayar IPS LCD
Quad Speaker Dolby Atmos 

Desain

Jika sebelumnya tampilan luar sebuah tablet dianggap standar dan kurang menarik, kini sebagian besar vendor gadget mulai memperhatikan sisi ini.

Dan Xiaomi pun cukup serius mengakomodasi harapan konsumen akan pentingnya desain yang menarik di sebuah tablet. Redmi Pad SE menjadi salah satu bukti nyatanya.

Tablet terbaru Xiaomi yang menyasar segmen entry level ini tampil dengan balutan desain yang cukup menawan. Bodinya dibalut material metal yang kokoh. Berdasarkan data teknis, bagian rangkanya pun menggunakan material metal.

Inilah yang membuat konstruksi fisik Redmi Pad SE terasa solid saat dipegang. Tidak ada kesan tablet murahan, walaupun sejatinya tablet ini dibanderol dengan harga yang tidak sampai menyentuh angka 2 juta rupiah.

Jika dikomparasi dengan produk yang menggunakan material serupa, rata-rata brand lain mematok harga yang jauh lebih tinggi. Ini poin pertama yang membuat Redmi Pad SE unggul.

Selain memikat lewat material desain premium, tablet ini juga memiliki dimensi bodi yang tergolong tipis di kelasnya. Ukuran teknisnya 255.5 x 167.1 x 7.4 mm dengan bobot sekitar 478 gram.

Baca Juga:  Samsung Buka Pre-order Galaxy Tab S9 Series, Harga Mulai Rp 13 Jutaan

Dimensinya ini masih tetap kompak dan nyaman digunakan dalam mode potret maupun lanskap, dan tentunya cocok untuk penggunaan sehari-hari, baik di rumah atau saat bepergian.

Panel belakang, tepatnya di sudut kiri bawah terdapat logo ‘Redmi’ yang cukup tegas dan di bagian atas ada modul kamera berbentuk persegi dengan bagian atas berisi modul kamera yang memiliki lingkaran besar, dan sisi bawahnya dengan bagian berwana lebih gelap bertuliskan resolusi kamera 8.0MP.

Bagian modul kamera ini dilapisi material serupa kaca yang membuat tampilannya menjadi lebih elegan.

Bagian belakang Redmi Pad SE ini memiliki tekstur yang kesat dan tidak licin saat dipegang. Cukup menarik, apalagi jika Anda tidak ingin melapisinya menggunakan cover khusus.

Oiya ngomong-ngomong soal cover, Xiaomi ternyata menyediakan aksesoris Redmi Pad SE cover yang bisa dibeli secara terpisah. Cover ini memiliki magnet khusus di bagian lipatan yang bisa menjadikan tablet ini berdiri dalam posisi lanskap.

Bergeser ke bagian tepi bodi Redmi Pad SE. Ada tombol volume di bagian kiri atas jika diposisikan dalam mode lanskap, persis di sebelahnya agak ke kanan ada port Memory Card tray.

Tombol power atau lock screen di posisikan sisi kiri atas yang sejangkauan dengan tombol volume dan dilengkapi pula dengan dua corong speaker serta tulisan Dolby Atmos di tengah-tengahnya.

Sementara di sisi sebrangnya ada dua corong speaker lagi, jack audio 3.5mm dan port USB-C untuk pengisian daya atau keperluan transfer data ke perangkat lain via kabel data.

Sebagai informasi, Redmi Pad SE sendiri hadir di Indonesia dengan dua pilihan warna trendi yakni Graphite Gray dan Mint Green.

Sejatinya, masih ada satu varian warna lainnya yakni Lavender Purple yang kabarnya baru tersedia untuk pasar global. Mudah-mudahan sih Xiaomi Indonesia menghadirkan juga pilihan warna tersebut ke tanah air.

Redmi Pad SE Cover

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Xiaomi juga menghadirkan sejumlah aksesoris pendukung bagi tablet terbarunya ini. Dan salah satunya adalah Redmi Pad SE Cover.

Kehadiran cover ini tentunya akan menambah kenyamanan saat menggunakan tablet ini. Bisa juga sebagai pelindung layar atau bodi saat dimasukan ke dalam tas.

Seperti kebanyakan cover tablet, Redmi Pad SE Cover juga memiliki bagian khusus yang dapat dilipat-lipat, dan menjadikannya layaknya kick-stand. Di bagian ini, Xiaomi menanamkan magnet khusus yang akan membuatnya bagian lipatannya melekat erat dalam mode kick-stand.

Untuk cover khusus ini, Xiaomi menjualnya secara terpisah seharga Rp 299.000 dan tersedia dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Dan di review Redmi Pad SE ini, kami mendapatkan warna cover putih.

Layar

Seperti review tablet kebanyakan, sektor ini merupakan aspek terpenting pada sebuah tablet, dan Xiaomi Redmi Pad SE tidak mengecewakan penggunanya.

Tablet ini dilengkapi dengan layar 11 inci beresolusi FHD+ (1200 x 1920 piksel) dengan rasio aspek 16:10 yang mendukung 16,7 juta warna, yang tentunya akan memberikan kenyamanan saat mengakses semua aplikasi, serta menikmati konten hiburan.

Kualitas gambar yang disajikan oleh layar Redmi Pad SE sangat tajam dan jernih. Bahkan, aksi menelusuri beragam menu pun jauh lebih lancar dan gegas berkat dukungan refresh rate tinggi 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.

Baca Juga:  Isi Surat Terbuka Country Director Xiaomi Indonesia Menutup Tahun 2020

Sementara untuk jenis layarnya sendiri, tablet ini hanya mendukung IPS LCD dan bukan AMOLED yang rata-rata mulai banyak diterapkan pada tablet masa kini.

Untuk ukuran sebuah tablet terjangkau, spesifikasi layar yang dibawa oleh Redmi Pad SE terbilang sudah cukup mumpuni.

Desain panel layarnya standar tablet kebanyakan, dengan area yang luas. Tiap sisi dihiasi dengan bezel yang masih cukup tebal, namun tidak mengurangi kenyamanan saat menggunakannya.

Xiaomi mengklaim bahwa layar Redmi Pad SE mendukung tingkat kecerahan layar hingga 400 nits. Artinya, layar tablet ini mampu menghadirkan tingkat kecerahan gambar dan warna yang cukup mumpuni.

Saat digunakan langsung di bawah sinar matahari, layar tablet ini masih sedikit mampu menampilkan konten di layar dengan cukup jelas. Untuk mengoptimalkannya, Anda bisa melakukan pengaturan tingkat brightness layar secara manual, atau mensetnya menyesuaikan kondisi cahaya sekitar.

Untuk yang hobi melakukan personalisasi tampilan layar, Xiaomi menghadirkan pengaturan lengkap mulai dari widget, wallpaper hingga theme.

Hal ini juga berkat dukungan antarmuka MIUI 14 for Pad berbasiskan Android 13, yang menawarkan User Interface yang pastinya sangat mudah untuk ditelusuri serta digunakan oleh pengguna.

Tidak ketinggalan, layar Redmi Pad SE juga ternyata telah didukung teknologi Eye-care Display dengan sertifikasi TÜV Rheinland certified Low Blue Light (Software Solution) dan TÜV Rheinland Flicker Free Certification.

Jadi, untuk yang hobi mantengin layar dan menonton film di tablet  untuk durasi waktu yang panjang, masih cukup terjaga kenyamanan matanya.

MIUI 14 for Pad

Tablet terbaru Xiaomi ini hadir dengan mengusung antarmuka terbaru yakni MIUI 14 untuk Pad, berbasiskan Android 13.

Tampilan desain antarmuka MIUI 14 ini terlihat bersih dan minimalis, dengan karakter ikon yang tampil lebih elegan.

Poin plusnya, antarmuka Redmi Pad SE ini mampu memaksimalkan pengalaman pengunaan pad dengan 200 aplikasi yang bisa diadaptasi secara horizontal.

Selain itu, antarmuka terbaru ini juga menghadirkan optimalisasi screen gesture tablet yang akan semakin mempermudah pengguna dalam multi-tasking.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan tablet, rasanya dengan user interface yang disuguhkan tablet ini tidak menjadi kendala. Bahkan, bisa jadi akan lebih mudah beradaptasi dan nyaman saat pengoperasiaanya.

Apalagi, antarmuka tablet ini juga mendukung sejumlah fungsi khusus yang memudahkan pengguna semisal floating windows dan gesture.

Untuk yang hobi baca, antarmuka tablet ini juga menawarkan optimasi layar dengan menghadirkan Reading Mode. Ada dua pilihan mode yang bisa diatur yakin Classic dan Paper.

Performa

Sektor ini biasanya yang paling ditunggu-tunggu. Seperti yang selalu digembar-gemborkan Xiaomi, meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, namun performa produknya selalu digadang-gadang juara di kelasnya. Demikian pula halnya di Redmi Pad SE ini.

Tablet ini dibekali Qualcomm Snapdragon 680 yang sejatinya merupakan chipset mobile yang kabarnya sedikit tertinggal dibanding produk tablet kekinian.

Meski begitu, dengan sokongan prosesor delapan inti yang tersusun atas 4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver serta GPU Adreno 610, Redmi Pad SE masih mampu untuk berkaselerasi dengan maksimal.

Baca Juga:  Review OPPO A77s | A Series dengan Desain Reno

Performa keseluruhan tablet ini terhitung cukup mumpuni di kelasnya. Semua fungsi dan aplikasi dapat dilibas dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Kemampuan multitasking di tablet ini juga tidak lepas dari dukungan RAM 4GB dan storage 128GB yang masih mendukung jenis memori LPDDR4X dan eMMC 5.1. Poin pluisnya, tablet ini mendukung memori ekspansi hingga kapasitas 1TB.

Anda yang hobi menyimpan file dokumen, foto, video, music dan sebagainya tidak perlu khawatir memori lagi.

Menariknya, Redmi Pad SE ternyata dibekali juga dengan fitur Memory Extension loh. Di sini, pengguna bisa meningkatkan kapasitas RAM dengan pilihan hingga 3GB.

Sesuai dengan peruntukannya sebagai tablet keluarga untuk menikmati hiburan, Redmi Pad SE tentunya cocok digunakan untuk menonton streaming video dan menikmati musik. Pasalnya, perangkat ini telah dibekali dengan Quad Speaker dengan teknologi Dolby Atmos.

Kualitas semburan audionya tidak perlu diragukan lagi. Selain jelas dan kuat, keluaran audionya juga cukup bulat dan tentunya akan nyaman di telinga.

Kombinasi ini juga cocok dinikmati saat bermain game. Berdasarkan hasil tes, hamper semua game mobile favorit anak muda bisa dijalankan dengan lancar di Redmi Pad SE. Sebut saja Mobile Legends, Free Fire, AoV hingga game balapan mobil semacam Asphalt 9.

Untuk Mobile Legends, tablet ini mampu menyuguhkan pilihan grafis di level ‘Ultra’ dan frame rate di opsi ‘High’. Selama dimainkan, game ini mampu berjalan stabil bahkan tergolong playable saat menampilkan bagian-bagian grafis game yang ramai.

Khusus untuk game, tablet ini juga mendukung fitur optimalisasi saat bermain lewat Game Turbo. Di sini, Anda bisa melakukan beragam pengaturan untuk mengoptimalkan gaming.

Selama review Redmi Pad SE untuk digunakan bermain game kurang lebih 30 menit, bodi tablet ini secara signifikan memang menunjukan kondisi yang berangsur panas. Kondisi ini sejatinya masih tergolong normal dan sesuai dengan spesifikasi hardware yang digunakan.

Meski begitu, penggunaan material metal premium serta teknologi pendingin standar yang dimilikinya, Redmi Pad SE mampu meminimalisir arus panas yang muncul saat pengoperasian tinggi.

Bagi yang masih penasaran dengan performa tablet ini, bisa juga melihat hasil benchmarknya menggunakan beberapa aplikasi seperti yang tertampil di bawah ini:

Kamera

Layaknya sebuah tablet, kehadiran kamera merupakan sebuah poin plus. Dan di Redmi Pad SE ini Xiaomi menanamkan kamera utama berkekuatan 8MP dengan bukaan lensa f/2.0 serta kamera depan 5MP dengan aperture f/2.2 yang posisinya centered.

Soal kualitas jepretan tentunya sangat standar dan sepertinya lebih kepada sebagai pelengkap saja. Untuk kamera depan yang posisinya tepat di tengah, sepertinya memiliki kelebihan dalam hal fungsionalitas.

Pasalnya, dengan posisi di tengah (bagian atas layar) dalam posisi lanskap, kamera ini akan sangat cocok dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan kerabat via panggilan video, sambil tentunya menikmati konten hiburan.

Selain bisa untuk foto, kamera depan maupun belakang tablet ini juga dibekali kemampuan untuk perekaman video. Kualitas maksimal yang bisa didukung adalah 1080p di 30fps.

Baterai

Untuk mendukung penggunaan, Redmi Pad SE dibekali dengan baterai berkapasitas super besar untuk ukuran tablet terjangkau masa kini. Berdasarkan data teknis, tablet ini menanamkan baterai tanam berkapasitas 8.000 mAh.

Daya baterai sendiri dapat diisi ulang menggunakan kabel USB-C yang sudah tersedia di paket penjualan. Dan menariknya, tablet ini mendukung quick charge 10W.

Berdasarkan hasil review Redmi Pad SE yang kami lakukan, pengisian daya baterai dari posisi 0% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih sedikit.

Secara performa, baterai yang diusung tablet ini bisa dimanfaatkan untuk menemani Anda menonton streaming video selama 2 jam lebih dengan konsumsi daya sekitar 15%. Kondisi ini tentunya dipengaruhi pula oleh beberapa kondisi, semisal koneksi internet via WiFi.

Untuk pengoperasian secara normal, hasil review menunjukan baterai Redmi Pad SE secara umum bisa menyediakan waktu hingga seharian penuh.

Xiaomi juga menghadirkan manajemen power yang andal di tablet ini, salah satunya dengan menambahkan fitur penghemat daya.

Kesimpulan

Redmi Pad SE adalah tablet yang mengesankan dengan kombinasi antara desain premium, layar yang memukau, performa unggul, dan audio berkualitas tinggi.

Tablet ini cocok untuk berbagai keperluan, dari hiburan hingga produktivitas. Dengan harga yang kompetitif, Redmi Pad SE menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari tablet berkualitas tinggi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Dengan demikian, Xiaomi terus mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam pasar teknologi yang inovatif dan terjangkau.

Nah, untuk yang penasaran dan ingin mendapatkan Redmi Pad SE, Xiaomi akan membuka kanal penjualan resminya mulai 9 September 2023 baik secara online maupun offline, dengan banderolan harga Rp 1.999.000.

Previous articleAgoda Ungkap Hal-Hal yang Mengesalkan Selama Penerbangan
Next articleCara Pakai 4 Inovasi Samsung Lipat Terbaru untuk Permudah Gaya Hidup
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here