Home REVIEW Review OPPO Reno7 | Varian 4G Berpenampilan Seksi

Review OPPO Reno7 | Varian 4G Berpenampilan Seksi

oppo reno7 4g

tabloidpulsa.id – Akhirnya, anggota OPPO Reno7 series terakhir berhasil kami review dan sudah bisa naik hari ini. Tidak lain dan tidak bukan, OPPO Reno7 (4G). Perangkat OPPO Reno7 ini diakui yang paling terlihat seksi, baik dari sisi ketersediaan warna, maupun fitur kamera yang dimilikinya, kami anggap sebagai produk paling sesuai untuk digunakan 2 hingga 3 tahun mendatang.

Meskipun kabarnya bahwa varian berwarna oranye ini sudah ludes di pasaran, varian ini adalah yang terlihat paling berbeda dengan varian OPPO Reno7 Series lain. Baik saat dilihat, maupun saat digenggam di tangan. Ketika harus buru-buru keluar rumah, minimal kita bisa tahu bahwa kita tidak membawa ponsel adek atau kakak hanya dengan meraba bagian back cover saja.

Harga: Rp 5.199.000
Ketersediaan Warna: Sunset Orange, Cosmic Black
Paket penjualan: Ponsel OPPO Reno7, Charger adapter SuperVOOC 33W, Kabel data USB Type-C, Silicon case, buku manual, Pin Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)159.9 x 73.2 x 7.54 mm/ 175 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci, ~90.8% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, AMOLED, 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 680 (6nm); CPU Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
64 MP f/1.7 Main Camera
2 MP f/3.3, Mikroskop
2 MP f/2.4 Mono
Video: 1080p 30fps, 720p 30fps  

Depan Single:
32 MP f/2.4
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-ion (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Chipset 4G terkini dengan efisiensi daya yang lebih baikPerforma bukan yang terbaik di kelas harga yang ditawarkan jika hanya dilihat di atas kertas dan benchmarking
Fitur Kamera mumpuni terutama untuk kebutuhan portrait dan malam hariBelum memiliki speaker stereo
Fitur kamera mikroskop layak dicoba
Varian Sunset Orange memiliki tampilan yang mewah dan elegan 
Layar AMOLED 90Hz 
SuperVOOC 33W 
Kamera depan dengan sensor IMX709 

Desain
Dilihat dari sisi bentukan, desain OPPO Reno7 lebih mendekati OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno6 5G. Di mana bagian sisi ponsel membentuk sudut tegas, alias terkesan kotak. Tapi tetap tipis sehingga tidak menyulitkan saat digunakan dengan satu tangan.

Yang menarik, Reno7 menawarkan varian produk berwarna cerah. Menggunakan bahan fiberglass-leather untuk pertama kalinya di produk OPPO dengan warna oranye senja yang kalem sekaligus menyala. Keunikan ini tidak hadir di varian berwarna hitam alias hitam kosmik.

Namun apapun warnanya, ponsel ini tetaplah Reno7 yang membawa sejumlah keunggulan di sisi desain, AI fotografi dan performa multimedia yang mumpuni. Masih ada colokan audio 3.5 mm di ponsel ini, jadi meskipun corong speaker masih mono di bagian bawah saja, tapi kita bisa menikmati musik dan auido game dengan headset favorit yang kita miliki.

Fokus pada bagian back cover, produk yang kami review kebetulan adalah varian oranye senja, sehingga memberikan tekstur kesat kulit yang nyaman ketika beradu denga telapak tangan kita. Menggoda kita untuk tidak menggunakan silicon case bawaan ponsel ini.

Di sini, kita juga menemukan area kamera di bagian ujung kiri atas. Terdiri dari 2 lingkaran besar di sisi kiri dan beberapa lingkaran kecil di sisi kanannya. Kalau kita perhatikan, bagian margin atau tepian lingkaran besar paling bawah juga berbeda dengan tepian lingkaran kamera di atasnya. Tepian kamera besar yang ada di bawah ini merupakan lampu LED, mirip dengan yang kita temukan di Reno7 Z 5G.

Fungsi lampu ini, selain mempercantik notifikasi melalui menu breathing light atau cahaya bernapas dalam Bahasa Indonesia, juga sangat krusial untuk salah satu fungsi kameranya. Yakni Micro-Photography.

Layar dan Software
OPPO Reno7 membawa layar AMOLED dengan refresh rate maksimal di 90Hz. Memiliki bentangan 6.43 inci atau relatif normal. Tidak terlalu sempit ataupun lebar. Dengan resolusi tinggi yakni FHD+ atau berada di kisaran 2400 x 1080 pixel dengan kerapatan 409 ppi.

Menggunakan desain single punchole, bagian layar menutupi hampir sebagaian besar permukaan depan ponsel. Sekitar 90.8% bagian depan adalah layar yang aktif menampilkan gambar dan aktf menerima respon dari penggunanya.

Seperti biasa, kalau panel layarnya sudah AMOLED, maka sensor sidik jari cenderung diletakkan di bawah panel layar. Sehingga secara estetik mampu memberikan ruang lebih pada OPPO untuk mengurangi ketebalan ponsel dan juga menghilangkan bentukan-bentukan sensor sidik jari di area-area lain.

OPPO Reno7 juga membawa ColorOS terbaru yakni ColorOS 12.1 berbasis Android 12. Menawarkan banyak fitur bawaan yang aplikatif. Mulai dari editor video gratisan, hingga ke manajeman daya yang efektif mempertahankan ponsel hidup lebih lama dengan baterai yang tinggal 10%.

Termasuk kemampuan RAM expansion untuk meningkatkan ruang memori virtual dan juga efek-efek AI Portrait yang disediakan di bagian kamera.

CPU, GPU dan Memory
Berbeda dari varian Reno7 Series lain, Reno7 ini tidak membawa modem 5G. Untuk itu OPPO Reno7 membekalinya dengan chipset 4G terbaru untuk kelas menengah ke atas, yakni Snapdragon 680.

Chipset ini sudah pernah digunakan OPPO di produk lain, semisal OPPO A96. Membawa fabrikasi 6nm, yang memungkinkan penggunaan daya jauh lebih efisien. Chipset ini membawa CPU dengan 8 inti, terdiri dari 4 inti kryo 265 Gold (merupakan turunan Cortex A73) dengan clock speed di 2.4 GHz dan 4 inti Kryo 265 Silver (turunan Cortex A55) dengan clock speed 1.9 GHz. Dengan GPU Adreno 610, yang termasuk GPU kelas mid-high dengan performa yang sudah teruji.

Untuk kapasitas memori, baik RAM maupun ROM, OPPO hanya menyediakan satu pilihan saja. Yakni kombinasi RAM 8GB berjenis LPDDR4x dan ROM 256 GB berjenis UFS2.2. Sebuah kombinasi mumpuni untuk seorang content creator. Dan ditambah dengan fitur RAM expansion, kita bisa meminjam besaran ROM untuk dijaidkan RAM sementara hingga bertambah 5G menjadi 13GB total.

Saat diuji menggunakan Antutu dan GeekBench didapat skor yang relatif bagus. Yakni di kisaran angka 270 hingga 300 ribuan untuk antutu. Bukan nilai yang besar, mengingat harga yang ditawarkan. Tapi juga bukan nilai yang kecil, mengingat ColorOS 12.1 menawarkan ekosistem yang apik untuk berjalannya software pihak ketiga, termasuk game dan multitasking.

Kamera
OPPO Reno7, varian 4G ini dibekali sistem kamera utama dengan 3 lensa/kamera. Menjadi unik karena salah satunya adalah lensa atau kamera yang mampu menghasilkan foto mikroskopis, mampu melakukan perbesaran hingga 30 kali dari sebuah obyek yang sangat kecil, dan dari jarak yang sangat dekat. Di mana lensa hampir menempel pada obyek.

Di belakang ada kamera 64MP AI sebagai kamera utama. Memiliki bukaan besar f/1.7 dengan sudut pengambilan gambar hingga 79 derajat. Berikutnya ada kamera Mikro atau disebut dengan Microlens, memiliki resolusi 2MP dengan bukaan f/3.3 dan sudut pengambilan gambar di angka 65 derajat. Lensa Micro ini bisa dengan mudah dikenali karena membawa LED ring light yang mengelilinginya.

Lalu masih di belakang, ada juga lensa kamera 2MP untuk kebutuhan mono. Memiliki bukaan f/2.4 dengan sudut pengambilan gambar di 89 derajat.

Sementara di bagian depan, kita bisa menemukan satu kamera selfie dengan dukungan sensor unik, IMX709. Membawa resolusi 32MP AI, dengan bukaan f/2.4 dan sudut pandang 85 derajat.

Sensor hasil pengembangan OPPO dan Sony membawa sejumlah teknologi, di antaranya adalah sensor RGBW (red-green-blue-white) yang merupakan pengembangan dari sensor RGGB klasik sehingga mampu menangkap 60% lebih banyak cahaya. Sementara Quadra binning memungkinkan hasil tangkapan lensa 16MP misalnya menjadi sebuah gambar yang padar, tanpa noise, lebih jelas dan lebih cerah setara dengan nilai yang sama pada sebuah foto 64MP.

Dua teknologi ini dimanfaatkan sangat efektif untuk hampir semua skenario penggunaan kamera. Sampai kami berpikir bahwa kamera ponsel ini tidak hanya bagus untuk selfie. Bahkan, kamera utama dan kamera depannya siap diajak untuk hunting foto malam yang pantas dipamerkan di sosial media Anda.

Jika Anda mengikuti produk OPPO Reno selama ini, tentunya sudah paham apa yang bakal Anda dapatkan pada sistem software kameranya. Sejumlah fungsi AI, perpaduan teknologi pada sensor dan software ColorOS memungkinkan kita untuk memotret foto yang terlihat profesional.

Disclaimer, seperti halnya penulis, tidak semua orang jago fotografi. Baik dari pemilihan sudut, obyek hingga bagaimana menghasilkan foto dengan pencahayaan yang optimal. Maka hadirnya fitur AI pada kamera Reno7 dan kemudahan dalam mengambil gambar yang ditawarkan akan menjadi penyelamat. Siapapun bisa mengambil foto bagus.

Ada fitur Selfie HDR di sana, termasuk di dalamnya Bokeh Flare Portrait, hingga portrait retouching, untuk mengutak-atik wajah sehingga terlihat lebih berseri. Semisal dengan menghilangkan jerawat atau sesuatu yang selama ini membuat Anda insecure.

Baterai
OPPO Reno7 4G dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh berjenis lithium-ion dengan teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 33W. Disandingkan dengan chipset hemat daya semisal Snapdragon 680, maka baterai ponsel ini bisa bertahan lama, setidaknya Anda bisa merasakan aman ketika harus di luar ruangan sepanjang hari. Dan kalaupun Anda terpaksa harus mengisi baterai di tengah jalan. Anda bisa melakukannya dengan cepat, karena hanya dengan mengisi daya 30 menit, baterai bakal terisi lebih dari 50%.

Kesimpulan
Tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang hobi fotografi, OPPO Reno7 juga hadir untuk memenuhi kebutuhan fashion penggunanya. Termasuk untuk bisa bergaul secarfa digital dengan bermain game online atau bahkan membuat konten apik dalam kondisi pencahayaan apapun.

Previous articleIDCamp Raih PR Awards 2022 untuk kategori Best CSR Communications
Next articleXiaomi Resmi Luncurkan Redmi 10A, Harga Rp 1 Jutaan
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here